Ad Break Facebook Adalah?, Kenali dan Cari Ilmunya Dulu Disini!

Bisnis

Pernah nonton video di Facebook, kemudian di tengah – tengah video tersebut disisipi dengan iklan dan Anda tidak bisa skip iklan tersebut? Pernahkah Anda mengalami hal ini?

Jika Anda pernah mengalaminya, maka Anda sudah pernah menemukan yang namanya Ad Break Facebook. Jadi, Ad Break Facebook adalah suatu fitur terbaru yang disediakan oleh Facebook supaya video yang terdapat di halaman facebook atau fanspage bisa disisipi dengan iklan.

Melalui hal tersebut, kini pengguna Facebook sudah bisa menghasilkan uang melalui Facebook. Setiap minimal 3 menit atas video yang kita unggah, disana akan disisipi oleh iklan selama 20 detik sesuai dengan topik atau video yang kita unggah. Sangat menarik bukan?

Agar Anda bisa lebih tahu dan lebih mengenal dengan Ad Break Facebook adalah yang seperti apa, kita akan membahas lebih lanjut tentang Ad Break Facebook dalam informasi berikut ini!

Ad Break Facebook Adalah…

Mengenai pengertian Ad Break Facebook sendiri sudah kita jelaskan di part sebelumnya yang mungkin Anda juga sudah baca. Nah, pada part ini kita akan lebih membahas tentang teknis dari Ad Break Facebook itu sendiri.

Jadi semisal kita mengunggah video mengenai asuransi kesehatan, maka iklan yang akan muncul adalah tentang asuransi kesehatan. Kemudian jika kita memanfaatkan ad break facebook video untuk mengunggah video mengenai sepakbola, maka iklan yang akan muncul nantinya juga adalah yang ada kaitannya dengan dunia sepakbola.

Jadi semua video yang dibuat akan selaras atau satu tema dengan iklan yang akan muncul pada video tersebut. Lantas, untuk memanfaatkan ad break Facebook sendiri, apa saja syarat ad break facebook yang harus ditaati?

Nah, ada beberapa syarat yang Anda harus taati karena dalam model ad break Facebook, prosedur monetisasinya sama halnya dengan memonetisasi suatu channel YouTube. Anda tak langsung bisa memonetisasi video yang Anda unggah karena ada beberapa syarat yang Anda harus penuhi.

Namun, karena sekarang ini Facebook dengan program Ad Break Facebook bisa dikatakan masih awal dibuka sistemnya, maka syaratnya pun masih belum seberat syarat YouTube. Syaratnya yaitu halaman Facebook kita minimal memiliki 10 ribu pengikut atau likers dan memiliki sebanyak 3000 penayangan selama 1 menit pada video yang menampilkan waktu selama 3 menit.

Selain Anda harus memperhatikan beberapa syarat tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini diantaranya :

Ketahui target umur penonton

Yang dimaksud disini adalah Anda harus tahu video yang nantinya Anda upload akan mengacu pada target rentang usia berapa. Misalkan jika target penikmat Anda adalah wanita usia 16 tahun sampai 30 tahun, maka Anda bisa membuat video tentang tutorial make up, review produk make up, fashion dan sebagainya yang identik dengan wanita usia tersebut.

Buatlah suatu konten yang menarik dan berguna

Semakin menarik dan berguna konten Anda maka akan semakin banyak jangkauan penonton Anda. Akan banyak orang yang betah berlama – lama berada di fanspage yang Anda miliki untuk menonton video yang Anda buat.

Ada banyak kok ide membuat video konten yang menarik untuk Anda terapkan. Anda bisa mulai cek berbagai video di YouTube dan kemudian buat versi Anda sendiri di Ad Break Facebook menjadi video versi yang lebih baik, lebih mengena, mudah dipahami dan pastinya menarik untuk penonton Anda.

Buat video dengan durasi diatas 3 menit

Anda harus paham bahwa syarat monetisasi video di Ad Break Facebook adalah dengan durasi setidaknya paling pendek 3 menit dan harus ditonton setidaknya 1 menit dari video tersebut. Hasilnya nanti akan diakumulasikan dari keseluruhan total menit video yang telah ditonton oleh penikmat video Anda dalam waktu 60 hari terakhir.

Dari 60 hari tersebut, Anda butuh sebanyak 30.000 tayangan dalam waktu satu bulan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Ad Break Facebook yang menjadi program monetisasi terbaru dari Facebook ini.

Lakukan promosi pada grup yang sesuai

Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya video yang Anda upload di halaman Facebook yang Anda bangun tersebut mendapatkan lebih banyak like dan komentar, maka caranya adalah dengan mempromosikan link video di grup – grup.

Namun yang Anda harus perhatikan bahwa catatannya adalah grup – grup tersebut harus setopik dengan video yang Anda buat tersebut. Agar tidak menyalahi aturan Facebook, Anda bisa share video ke grup yang berbeda sehari 3 kali saja. Jangan sampai berlebihan ya!

Jika Anda sudah memenuhi semua syarat dan aturannya, maka Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan Ad Break Facebook ini. Lantas, berapa persen uang yang akan Anda dapatkan dari Facebook Ad Breaks?

Tentunya Anda tidak akan mendapatkan sebanyak 100% dana yang Anda terima dari Facebook Ad Breaks tersebut. Facebook tentu akan meminta bagian kepada Anda. Rincian pembagian keuntungan dari program baru Facebook tersebut adalah sebesar 55% hasil untuk pengguna Facebook yang tergabung dalam program Facebook Ad Breaks, dan sebesar 45% untuk pihak Facebook sendiri.

Bagaimana? Sudah deal dengan penawaran tersebut?

Jika Anda sudah deal dengan penawaran tersebut dan siap mendapatkan keuntungan melalui program baru Facebook yaitu Facebook Ad Breaks, cara cari uang lewat Facebook melalui program baru Facebook yang Anda perlu lakukan adalah membuat halaman atau fanspage Facebook.

Namun jika Anda merasa malas atau merasa bahwa bidang ini kurang prospect untuk Anda, Anda bisa menjalankan bisnis di bidang offline. Bisnis kuliner misalnya. Lantas, bisnis kuliner apa saja yang prospectnya sangat baik?

Baca : Daftar Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku, Wajib Dicoba Nih!

Langkah – langkah membuat halaman atau fanspage Facebook sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda masuk ke halaman Facebook di https://www.facebook.com
  • Untuk tampilan desktop, Anda klik tanda panah arah bawah di bagian pojok kanan sebelah atas. Kemudian klik buat halaman atau create page.
  • Selanjutnya pilihlah topic halaman Facebook Anda. Nantinya akan Anda temukan sebanyak 6 pilihan kriteria yaitu tempat atau bisnis lokal, perusahaan, organisasi atau instansi, merek atau produk, artis, grup, hiburan, dan perjuangan atau komunitas.
  • Anda pilih salah satu dari kategori pilihan tersebut. Kemudian masukkan sub kategori di masing – masing pilihan dan nama halaman Facebook Anda.
  • Selanjutnya Anda isikan informasi yang dibutuhkan seperti halnya tentang, alamat situs website dan nickname untuk alamat URL halaman Facebook Anda.
  • Lakukan unggahan foto profil pertama Anda yang bisa Anda impor dari web dan dari komputer.
  • Klik selanjutnya dan klik simpan. Hasilnya halaman Facebook Anda berhasil dibuat

Kalau Anda sudah memiliki halaman Facebook dan sudah memenuhi kriteria untuk didaftarkan Facebook Ad Break, maka sekarang waktunya Anda cari tahu cara mendaftar Facebook Ad Breaks. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda masuk ke halaman Facebook yang Anda sudah monetisasi
  • Kemudian klik icon settings atau pengaturan
  • Di bagian tab monetization, terdapat sebanyak tiga sub menu yaitu Ad Break, Payout Setting dan Eligibility.

Ketiga sub menu tersebut masing – masing merupakan sub menu dengan fitur yang berbeda – beda. Ad Break merupakan fitur untuk mengatur iklan yang akan tampil di video Facebook.

Payout Settings berguna untuk proses withdraw atau pembayaran. Eligibility berfungsi untuk mengecek apakah halaman atau fanspage facebook sudah layak dimonetisasi atau belum.

Itulah berbagai hal menarik tentang Ad Break Facebook yang Anda harus tahu dan kenali ilmunya. Semoga informasi diatas sekaligus menjadi informasi yang menarik dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *