Cara Bisnis dengan Dropship yang Bikin Bisnis Dropshipmu Sukses Besar

Cara Bisnis dengan Dropship agar Sukses Besar

Bisnis

Bagaimana cara bisnis dengan dropship dimulai?

Ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan di era digital sekarang ini. Salah satunya adalah dropship. Bagi Anda yang masih belum paham apa itu dropship, disini kita akan mengenalkannya lebih dulu.

Jadi, dropshipping merupakan suatu model bisnis yang sangat populer bagi pengusaha baru, utamanya Gen Zen atau generasi milenial. Melalui bisnis model ini, Anda tak perlu menyimpan atau menangani pengiriman barang – barang yang Anda jual secara langsung karena orang yang menangani pengiriman barang adalah pihak penyedia barang atau resellernya. Jadi tugas Anda hanya sebagai perantara antara penyedia barang dengan pembeli.

Lantas, bagaimana cara bisnis dengan dropship dimulai?

Mengenai bagaimana cara bisnis dengan dropship dimulai, disini kami akan berikan informasinya untuk Anda. Simak dulu kemudian langsung eksekusi!

Cara Bisnis dengan Dropship yang Sukses

Selektif memilih produk

Selektif memilih produk

Dalam bisnis dropship, fokus Anda pastinya adalah tentang pemasaran dan pelayanan terhadap customer. Namun walau hal tersebut yang menjadi perhatian utama Anda, sangat penting juga bagi Anda untuk berusaha selektif memilih produk yang akan Anda jual.

Upayakan produk Anda adalah produk yang banyak dicari dan resiko penjualannya kecil. Misalkan Anda berbisnis dropship menjual gelas kaca. Gelas kaca adalah produk yang mudah pecah.

Jika reseller tempat Anda membeli barang kurang hati – hati dan mengakibatkan gelasnya pecah, tentu hal ini akan membuat pelanggan kurang respect dengan cara kerjanya sehingga nama toko Anda yang akan jelek. Karena itu, berhati – hatilah dalam memilih produk. Pastikan Anda selektif.

Lantas apa saja produk yang cocok dijual pada bisnis dropship?

Baca : Ide Bisnis Dropship Paling Menguntungkan, Pasti Sukses Bisnis Ini!

Lakukan riset

Tips bisnis dropship selanjutnya yang juga penting dan tak boleh diremehkan adalah melakukan riset. Ya, riset itu menjadi bagian yang juga sangat penting.

Mungkin diantara Anda masih ada yang berpikir bahwa sebuah produk yang memiliki sedikit pesaing bisa sukses. Sayangnya tidak demikian.

Ada banyak alasan mengapa suatu produk yang tidak punya banyak pesaing masih punya resiko tidak sukses. Salah satu alasan tersebut adalah karena produknya memang bukan produk yang dibutuhkan sehingga tidak banyak orang yang mencarinya. Akhirnya walau tak punya pesaing, produk tersebut tetap tidak bisa menguasai pasar.

Ada baiknya Anda pastikan untuk mencari produk yang memang memiliki persaingan karena hal tersebut menjadi suatu pertanda bahwa memang ada permintaan yang tinggi atas produk tersebut.

Pilih supplier yang terpercaya

Pilih supplier yang terpercaya

Bekerjasama dengan supplier yang salah dapat merusak reputasi bisnis Anda. Jadi, hal yang penting bagi Anda adalah tidak mempercepat langkah ini. Jangan terburu – buru memilih supplier. Pastikan semua riset dilakukan dengan tepat, termasuk riset supplier.

Salah satu masalah yang paling besar dalam bisnis dropship diantaranya adalah komunikasi dengan supplier. Karena itu memilih supplier yang mudah diajak komunikasi dan mudah dihubungi sangat penting. Pastikan Anda memilih supplier yang memiliki kecepatan respon memadai dan memiliki kemampuan untuk saling memahami satu sama lain.

Jika kemudian Anda tidak bisa 100% percaya diri dengan kemampuan komunikasi supplier Anda, maka Anda bisa melanjutkan pencarian supplier yang lain. Anda perlu memastikan supplier Anda bisa bekerjasama secara baik dengan Anda.

Cobalah untuk belajar bisnis online dari pengusaha lain yang punya pengalaman lebih. Anda juga bisa belajar dari berbagai macam sumber mulai dari belajar melalui situs web, blog bisnis salah satunya atursaja.com, sosial media, buku, literature dan sebagainya.

Bangun toko online Anda sebaik mungkin

Dalam bisnis apapun, termasuk dropship yang masih sangat berkaitan dengan bisnis online, hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah membangun sebuah toko online. Untuk membangun sebuah toko online, Anda bisa membangun website sendiri atau menggunakan platform marketplace.

Ada beberapa platform marketplace terpercaya di Indonesia yang penggunanya banyak dan recommended untuk toko online Anda seperti BukaLapak, Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan sosial media untuk melakukan pemasaran atas produk Anda.

Kini ada banyak cara jualan di sosial media yang Anda bisa dapatkan baik melalui situs website atau melalui blog. Bahkan jika Anda memiliki jumlah anggaran yang cukup besar, Anda bisa menyewa desain website untuk membuat sebuah halaman khusus. Ini bisa menjadi langkah pertama Anda untuk mulai bisnis yang brandingnya oke.

Berikan pelayanan sebaik mungkin

Berikan pelayanan sebaik mungkin

Dalam menjalankan suatu bisnis, yang tak kalah penting juga untuk diperhatikan adalah pelayanan. Sebagus apapun produknya dan konsep pemasarannya, kalau penjual tidak bisa melayani pelanggan dengan baik maka akan percuma karena pelanggan akan kabur begitu saja.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan pelayanan terhadap customer, diantaranya :

  • Lakukan 5S : salam, sapa, senyum, sopan dan santun
  • Tunggu mereka bertanya dan jawab pertanyaan mereka
  • Pahami arah pembicaraan customer
  • Tanyakan produk yang ingin mereka pesan dan segera lakukan pengecekan stok produk
  • Jangan buat customer menunggu terlalu lama
  • Cari tahu kepastian customer membeli atau tidak. Jika sudah ada kata sepakat, mintalah mereka transfer dan berikan janji kapan barang akan Anda kirim

Optimalkan semua aspek

Jika Anda ingin melakukan promosi produk tanpa mengeluarkan banyak biaya, maksimalkan semua platform yang Anda gunakan mulai dari sosial media seperti Instagram, Facebook dan yang lainnya.

Yang Anda perlu lakukan adalah konsisten dalam melakukan posting gambar produk atau pun konten. Pastikan Anda juga beriklan secara rutin dan kirimkan email ke customer Anda secara rutin juga.

Jangan sampai Anda lupa untuk mengoptimalkan kualitas produk dan diri Anda. Pastikan perbanyak ikuti seminar atau komunitas yang dapat menambah pengetahuan Anda mengenai bisnis yang sedang Anda jalani.

Dalam berbisnis, pastikan Anda tidak sedang coba – coba karena bisnis yang coba – coba alias tanpa keyakinan penuh bahwa nantinya akan sukses pasti sulit sukses. Hal tersebut juga karena Anda memiliki keraguan sehingga cara Anda untuk mengeksekusi juga pasti setengah – setengah.

Jadi pastikan jalani bisnis dengan kesungguhan dan jangan coba – coba. Lakukan bisnis sepenuh hati karena hal ini dapat menjadi salah satu jembatan untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis yang sedang Anda tekuni.

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis online, namun masih mencari ide bisnis online apa saja selain dropship yang bisa dijalankan, Anda bisa baca : 17 Ide Bisnis Online yang bisa dimulai sekarang. Akan ada banyak ide menarik yang Anda temukan setelah membaca informasi tersebut.

Itulah sekilas informasi tentang bagaimana cara bisnis dengan dropship yang bikin bisnis dropshipmu sukses besar. Selamat mencoba dan salam sukses wirausaha! Semoga semua usaha yang Anda lakukan sukses besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *