Checklist yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Bisnis Autopilot

Checklist yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Bisnis Autopilot

Bisnis

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis yang autopilot? Tentu semua pebisnis sangat mendambakan dan mengidam – idamkan agar bisnisnya bisa menjadi suatu bisnis autopilot suatu hari nanti. Lantas bagaimana cara yang tepat membangun bisnis autopilot?

Memang kita harus akui bahwa membangun bisnis autopilot bukan hal yang mudah. Ada banyak tantangan dan berbagai macam aspek yang perlu dipertimbangkan untuk membuat bisnis autopilot.

Anda juga perlu melakukan checklist atas beberapa hal dalam bisnis Anda untuk mengidentifikasi apakah bisnis Anda memang sudah siap menjadi bisnis autopilot atau tidak. Jika masih belum siap, jangan Anda paksakan.

Anda harus punya strategi yang tepat dulu sebelum mulai membangun bisnis Anda. Berikut beberapa checklist yang harus diperhatikan sebelum Anda membangun bisnis autopilot. Cek bisnis Anda sekarang juga!

Daftar Checklist Sebelum Membangun Bisnis Autopilot

Daftar Checklist Sebelum Membangun Bisnis Autopilot

Bidang produksi

Jika bisnis yang Anda jalankan melibatkan proses produksi atau manufaktur, maka Anda juga perlu membuat dan memikirkan sistem produksinya seperti apa. Hal ini sangat berguna untuk memastikan pesanan customer atau rencana produksi dapat ditepati baik kualitas, jumlah atau jadwal deliverynya. Didalamnya juga termasuk penyiapan bahan baku, quality control sampai dengan perawatan mesinnya.

Sistem operasional

Operational procedure merupakan sistem baku yang penting jika Anda ingin membangun bisnis autopilot. Sistem operasional akan memberitahukan kepada semua karyawan tentang bagaimana cara wajib menghandle operasional perusahaan dari order sampai dengan deliverynya pada customer.

Sejak closing oleh sales sampai dengan produk atau jasa diterima customer semuanya penting diperhatikan. Manajemennya harus oke. Didalam sistem operasional sendiri pembelian dan manajemen persediaan juga harus benar – benar diperhatikan karena sedikit saja kesimpangsiuran terjadi, bisnis Anda akan rusak.

Marketing

Marketing merupakan cara yang Anda bisa terapkan untuk mendatangkan calon customer atau lead dalam bisnis yang Anda jalankan. Tanpa marketing yang bagus, sebaik apapun produk yang Anda miliki dan seperti apapun grade kualitas produk Anda, bisa dipastikan tak akan banyak orang yang peduli dan membeli produk Anda.

Tim marketing dalam suatu bisnis memiliki tugas penting dalam mengomunikasikan suatu produk kepada target customer melalui berbagai macam channel baik secara online atau pun secara offline. Sebagai contoh, Anda bisa sebar brosur, memasang baliho, memasang iklan facebook sampai dengan ikut dalam kegiatan pameran.

Sales

Sales dalam bisnis adalah tonggak kesuksesan bisnis itu sendiri. Bisnis tidak akan bisa berjalan tanpa adanya produk yang terjual. Sales merupakan suatu cara seorang pebisnis melakukan konversi terhadap calon pembeli menjadi pembeli hingga berakhir dengan tujuan menjadikan mereka sebagai loyal customer.

Melalui sales Anda bisa menentukan proses penjualan dalam bisnis Anda apakah memerlukan presentasi atau via chat. Dalam procedural sales, Anda bisa menyiapkan training untuk karyawan, mengasah cara presentasi, menyiapkan demo untuk produk serta material pendukung sales yang lainnya.

Perencanaan keuangan dan laporan keuangan

Bisnis tidak akan pernah bisa ketahuan untung ruginya jika antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi tidak terkontrol karena tidak adanya laporan keuangan dan perencanaan keuangan. Karena itu antara perencanaan keuangan dan laporan keuangan menjadi dua aspek yang sangat penting dalam kemajuan sebuah bisnis.

Sistem keuangan mengatur berbagai macam aspek mulai dari penjualan tunai, pelunasan dari customer, pembayaran supplier, cicilan utang, mutasi kas kecil, dan sebagainya. Sistem tersebut bertugas dalam memastikan perusahaan agar memiliki cukup uang untuk terus melakukan prosedur operasional yang menguntungkan serta terhindar dari kerugian.

Jika pun ada kerugian, hal tersebut bisa segera diketahui dan ditangani lebih cepat sehingga potensi bisnis gulung tikar tidak akan terjadi.

Admin

Sistem admin merupakan bagaimana cara Anda mencatat semua hal yang berkaitan dengan transaksi keuangan untuk tujuan analisa dan laporan keuangan yang kita sudah bahas sebelumnya. Bagi Anda pemilik suatu bisnis terlebih jika ingin bisnis Anda menjadi bisnis yang autopilot, maka Anda harus mementingkan memiliki seorang admin yang memiliki dedikasi dan tanggung jawab menghandle administrasi dan keuangan bisnis Anda.

Jika kebetulan Anda sudah cukup dana, untuk memudahkan kinerja seorang admin Anda bisa manfaatkan aplikasi yang didalamnya mencukupi keseluruhan sistem admin dan sistem keuangan. Dengan memanfaatkan aplikasi yang sesuai tentu saja Anda dapat melihat kondisi stok dan keuangan kapan saja dan dimana saja. Pegawai juga akan lebih terbantu dalam menyelesaikan semua tanggung jawab dan tugas yang dia emban.

HR (Human Resource)

Apa itu pentingnya sistem Human Resource dalam sebuah bisnis?

Melalui sistem Human Resource, sistem ini mengatur Anda bagaimana perekrutan, penyeleksian, serta juga development team agar menjadi superteam yang pada akhirnya akan melaksanakan berbagai sistem didalam usaha Anda.

Human Resource ini memiliki tugas dan wewenang dalam mengawasi jalannya kesesuaian antara bagian yang satu dengan yang lain dalam bisnis Anda.

Jika salah satu dari checklist diatas masih belum bisa Anda pastikan semuanya ada, baiknya Anda perbaiki dulu manajemen bisnis Anda supaya kelak ketika bisnis Anda berkembang tak ada hambatan apapun yang menghalangi dan bisa menjadi sistem bisnis autopilot tanpa hambatan.

Mengenai bagaimana tahapan cara dalam membangun bisnis autopilot agar sukses, baca : Langkah Tepat Membangun Sistem Bisnis Autopilot Agar Bisnis Terus Berkembang

Lantas, apa saja jenis bisnis yang bisa dijadikan sebagai bisnis yang autopilot dan sangat potensial untuk berkembang pesat?

Contoh Bisnis Autopilot yang Potensial

Bisnis situs web

Bisnis situs web

Menyiapkan bisnis online merupakan cara lain yang penting dalam membuat sebuah proyek bisnis agar bisa berjalan otomatis. Dengan Anda membuat situs web sendiri, Anda bisa membangun sumber pendapatan secara pasif.

Melalui situs web, Anda bisa menjaring semakin banyak orang untuk datang ke website Anda yang didalamnya menjelaskan tentang berbagai macam produk yang Anda jual. Melalui cara ini secara tidak langsung sistem bisnis yang autopilot sudah berjalan.

Bisnis membuat blog

Di kalangan milenial bisnis ini sangat diminati. Bisnis ini mirip dengan bisnis pengembangan web dan programming. Hanya saja tidak semua orang bisa menjalankan bisnis ini karena dibutuhkan suatu skill khusus untuk menjalankannya.

Dalam membuat blog, Anda harus bisa membuat blog dan mampu mengisi blog tersebut dengan artikel. Pekerjaan ini memang sangat simple namun manfaatnya sangat besar karena bisa dibaca oleh semua orang. Selain itu jika blog Anda terdaftar adsense, penghasilan pasif dari iklan adsense bisa Anda dapatkan.

Belum lagi ketika blog Anda memiliki traffic yang bagus, maka akan banyak brand dengan berbagai produknya yang melirik blog Anda dan berniat menjalin kerjasama dengan Anda. Anda akan mendapatkan produk brand mereka dan terkadang ada yang memberikan sejumlah dana lebih untuk Anda. Sangat menarik bukan bisnis yang satu ini?

Affiliasi marketing

Affiliasi marketing

Seiring dengan penggunaan internet yang semakin meningkat, perkembangan bisnis juga semakin meningkat tajam. Bisnis afiliasi muncul dengan semakin merebaknya bisnis online yang hadir di era sekarang ini.

Lantas bisnis afiliasi ini bisnis yang seperti apa sebenarnya?

Secara singkat bisnis afiliasi adalah kerjasama. Anda harus membuat sebuah web yang isinya adalah suatu konten yang mengarahkan pengunjung untuk membeli produk perusahaan yang menjalin sistem afiliasi dengan Anda.

Nantinya client akan membayar sejumlah komisi kepada Anda setiap kali Anda menjual sesuatu. Jadi intinya dalam bisnis ini Anda membantu pemasaran suatu perusahaan untuk menjual produknya lebih banyak lagi.

Membuat eBook dan kursus online

Membuat dan menjual eBook merupakan salah satu ide bisnis online yang paling populer beberapa waktu belakangan ini. Sejak internet diakses public secara meluas, semakin banyak orang yang telah melakukan bisnis menjual ebook dan menyediakan layanan kursus online.

Banyak dari mereka yang berhasil meraup untung banyak mulai dari menghasilkan ratusan ribu rupiah sampai bahkan jutaan ribu rupiah. Bisnis ini adalah bisnis yang simple. Anda hanya perlu membuat satu eBook kemudian Anda perlu menjual online dan mendapatkan pendapatan pasif tanpa perlu kerja dua kali.

Bisnis pengiriman

Bisnis pengiriman

Bisnis pengiriman bisa menjadi bisnis autopilot yang dijalankan. Anda bisa menyediakan tempat kerja bagi para kurir. Mereka yang melakukan pekerjaan kirim mengirim barang. Semakin banyak orang yang jualan online maka bisnis pengiriman tidak akan pernah sepi pengunjung.

Bisnis di bidang perdagangan saham dan mata uang online

Dalam menjalankan bisnis ini yang Anda perlu lakukan hanyalah memasang sebuah perangkat lunak perdagangan atau platform di komputer Anda. Anda kemudian perlu membuka perdagangan akun dan menyetor sejumlah uang didalamnya. Anda pun perlu melakukan kegiatan buy and sell. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah dari selisih buy and sell yang dilakukan.

Dalam perdagangan saham dan forex, Anda tidak perlu menjual produk apapun kepada siapa pun. Anda tidak perlu merekrut siapapun atau memasang iklan. Tak perlu ada pemasaran dalam bisnis autopilot ini. Anda juga tidak perlu membuat sebuah website dan tidak perlu membuat email atau membalas email siapapun. Anda hanya perlu memantau grafik harga. Lihat harga naik dan turun.

Anda bisa membeli ketika harga turun dan jual ketika harga naik sehingga Anda bisa mendapatkan potensi laba dari selisih antara harga jual dan harga belinya.

Memiliki cabang toko dimana – mana

Memiliki cabang toko dimana – mana

Bisnis dagang pun sebenarnya bisa dijadikan bisnis dengan sistem autopilot jika Anda sudah memiliki brand yang bagus, karyawan yang bisa dipercaya, standarisasi produk yang bermutu dan SOP yang baik.

Anda bisa membuka banyak cabang untuk meningkatkan margin Anda dan memperluas sektor pasar Anda. Dengan membuka banyak cabang dan banyak orang yang bekerja untuk Anda, maka secara otomatis bisnis Anda akan lebih mudah berkembang dan terkonsentrasi menjadi sebuah bisnis yang autopilot.

Akan tetapi bagi pebisnis pemula yang merasa belum mampu menjalankan bisnis autopilot atau malah Anda masih berada di posisi menggali ide bisnis, baiknya Anda perluas dulu pengetahuan Anda tentang dunia bisnis. Baca : Ide Bisnis Jasa Apa Saja yang Akan Berkembang 2020 Ini?

Demikian sekilas informasi tentang membangun bisnis autopilot yang Anda bisa terapkan. Jadikan bisnis Anda sebagai bisnis yang potensial dan salam wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *