Kelebihan PayLater dan Resiko Menggunakan Aplikasi PayLater, Wajib Tahu Nih Sebelum Mencoba!

Kelebihan PayLater dan Resiko Menggunakan Aplikasi PayLater, Wajib Tahu Nih Sebelum Mencoba!

Keuangan

Memasuki era digital sekarang ini membuat kita semakin dekat dengan terobosan – terobosan baru dalam dunia keuangan. Salah satu contohnya adalah hadirnya aplikasi Paylater yang merupakan salah satu terobosan keuangan terbaru yang memungkinkan semua orang membeli apapun yang mereka inginkan saat ini juga dan bisa dibayarkan belakangan.

Bagi orang – orang yang memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu dan hal tersebut tak dapat dibendung lagi, tentu saja menggunakan Paylater menjadi jawaban atas kebutuhan mereka tersebut. Sebagai sebuah terobosan baru dalam dunia keuangan, plus minus Paylater pasti ada.

Mengenai apa saja kelebihan Paylater dan resiko menggunakan Paylater, berikut informasinya untuk Anda!

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Paylater

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Paylater

Prosedur pendaftarannya sangat mudah

Soal bagaimana prosedur pendaftarannya dalam penggunaan aplikasi Paylater memang sangat mudah. Bahkan semuanya berlangsung sangat cepat dibandingkan Anda melakukan pembuatan kartu kredit.

Dengan seiring sejalan bersama perkembangan zaman yang semakin modern, Anda bisa melakukan pendaftaran di berbagai e-commerce atau aplikasi e-wallet dengan mengandalkan aplikasi Paylater saja. Setelah Anda download aplikasinya, masukkan data diri Anda dengan melengkapi dokumen pendukung yang Anda harus unggah diantaranya seperti KTP, KK, NPWP dan juga BPJS.

Dengan kemudahan yang semacam ini menjadikan Paylater bisa dikatakan menjadi poin utama di mata para milenial yang memegang teguh prinsip kepraktisan dalam menjalankan setiap tindakan yang dilakukan.

Legalitasnya sudah diakui dan tata laksananya diawasi OJK

Bagi Anda generasi milenial yang merasa suka dengan adanya program Paylater, jangan Anda merasa takut menemukan biaya tersembunyi di luar cicilan yang dibebankan sebagai kewajiban Anda. Hal tersebut tidak akan berlaku dan tidak akan Anda temukan dengan menggunakan paylater.

Hal tersebut karena hampir seluruh perusahaan yang menyediakan layanan paylater sudah terdaftar dan diawasi tata laksananya secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut menjadikan kelebihan paylater tidak akan membuat pengguna mengalami kerugian ketika akan membayar sejumlah tagihan mengingat semua yang melingkupi biaya yang dibebankan diinformasikan secara transparan.

Masa tenor pembayaran sangat fleksibel

Dengan Anda memanfaatkan aplikasi paylater yang disediakan oleh e-commerce atau aplikasi e-wallet, Anda dapat menikmati berbagai macam keuntungan khususnya terkait dengan pembayaran cicilan. Rata – rata pilihan tenor cicilan yang diberikan oleh pihak penyedia paylater sangat bervariasi mulai dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan.

Yang menarik juga, terdapat beberapa e-commerce dimana salah satunya seperti Traveloka yang memberikan kebebasan pengguna dari biaya bunga setiap bulannya jika memilih masa tenor paling lama dalam kurun waktu sekitar 3 bulan lamanya.

Pengguna paylater tidak perlu melakukan top up

Tidak seperti dompet digital pada umumnya yang mengharuskan pengguna dompet digital melakukan top up, pengguna paylater tidak perlu melakukan top up. Layanan paylater tidak menyimpan saldo pada akun penggunanya.

Metode pembayaran yang satu ini hanya memberikan sejumlah limit untuk digunakan dalam melakukan pembelian atas sebuah produk. Salah satu paylater yang sekarang ini sudah menerapkan sistem seperti ini adalah Traveloka.

Di Traveloka, Anda bisa mendapatkan kembali limit awal secara otomatis jika pembayaran cicilan sebelumnya memang telah dilakukan pelunasan. Jadi semuanya akan kembali seperti semula setelah melakukan transaksi dan setelah pelunasan transaksi dilakukan.

Selain Traveloka, ada juga beberapa aplikasi paylater yang sekarang ini sudah bisa Anda akses. Baca : Aplikasi Paylater Terbaik di Indonesia dan Perkembangannya, Cek Dulu Disini!

Memberikan berbagai macam promo yang menarik

Hal ini memang turut menjadi daya tarik paylater selanjutnya yang memang sangat diburu kaum milenial. Padahal jika dipikir secara logika, siapa sih yang mau memberikan promo ketika masih dalam kondisi berhutang?

Namun nyatanya hal tersebut tidak berlaku untuk mereka yang menggunakan layanan pay later dari berbagai e-commerce atau e-wallet ternama yang ada di Indonesia. Sejatinya aturan main semacam itu jelas menguntungkan tidak hanya untuk pihak pengguna, melainkan juga bagi sebuah perusahaan.

Promonya sendiri memang diatur agar perusahaan tidak mengalami kerugian namun tetap memberikan hal yang menarik bagi konsumen atau pengguna paylater. Rata – rata jenis promo yang diberikan seperti cashback atau potongan harga untuk produk tertentu yang populer.

Pengguna paylater

Hampir semua e-commerce serta aplikasi e-wallet yang ada di Indonesia saat ini menyediakan layanan paylater. Salah satu tujuannya antara lain adalah untuk membantu meningkatkan pamor dari perusahaan sekaligus membantu masyarakat dari berbagai kalangan untuk memenuhi semua kebutuhan tanpa dipusingkan soal harga dan tagihan hari itu juga.

Untuk target pengguna sendiri bermacam – macam. Ada paylater yang menargetkan pengguna mulai dari mahasiswa, ada juga yang minimal umurnya 21 tahun. Semuanya tergantung kebijakan manajemen paylaternya sendiri – sendiri.

Resiko Menggunakan Aplikasi Paylater

Resiko Menggunakan Aplikasi Paylater

Walau punya berbagai macam kelebihan, menggunakan paylater nyatanya juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan yang menjadi resiko menggunakan aplikasi paylater diantaranya :

Perilaku konsumtif yang berlebihan

Dengan kemudahan melakukan pembelian, hal tersebut tanpa disadari memberikan suatu dorongan secara impulsif dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya hal tersebut, seringkali justru membuat orang membeli barang – barang yang hanya mereka inginkan sementara dan sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Karena itu jika Anda adalah penggila promo dan suka membuka aplikasi paylater, Anda harus berhati – hati mengalami sindrom membeli barang yang Anda tidak terlalu butuhkan. Hal tersebut akan mengacaukan siklus keuangan Anda.

Biaya yang tidak disadari

Masyarakat utamanya kaum milenial sangat suka hal yang cepat dan praktis. Bahkan terkadang mereka tidak memahami berbagai biaya yang langsung aktif ketika mereka menggunakan fitur paylater seperti biaya subscription, biaya cicilan dan biaya lain yang bisa berbeda dari masing – masing aplikasinya.

Nah, biaya yang seperti ini tanpa disadari tidak masuk dalam hitungan namun memberatkan disaat tagihan datang. Jadi Anda harus teliti benar, apa saja biayanya dan kalkulasikan sebelum memutuskan untuk menggunakan.

Terjadinya penunggakan yang beresiko pada BI checking

Melalui BI checking, lancar atau tidaknya pembayaran nasabah akan terlihat dengan jelas. Jika terjadi tunggakan pada transaksi paylater, maka tagihan tersebut akan berdampak pada catatan reputasi kredit yang kurang baik.

Dampak jangka panjangnya, hal tersebut akan menjadi penyebab pengajuan kredit lain yang sifatnya lebih penting untuk digunakan seperti kredit kendaraan atau pengajuan kredit properti mengalami penolakan ke depannya.

Resiko identitas yang diretas

Salah satu resiko besar yang tanpa banyak orang sadari namun selalu mengintai di sekitar kita adalah terjadinya peretasan. Walau setiap aplikasi sudah menyiapkan keamanan tingkat tinggi bagi setiap penggunanya, resiko para criminal siber dalam menemukan cara meretas database di akun transaksi pengguna dan kemudian memanfaatkannya untuk hal – hal yang tidak bertanggung jawab tetaplah ada. Karena itu Anda harus tetap waspada.

Menyebabkan gangguan atas pengaturan keuangan

Kemudahan dalam melakukan pembelian fasilitas paylater dari berbagai aplikasi seringkali menimbulkan gangguan atas pengaturan keuangan pribadi dengan banyaknya cicilan yang dibebankan.

Dana yang disisihkan dalam melakukan pembayaran tagihan paylater akhirnya terpakai juga untuk berbagai keperluan tidak terduga sewaktu – waktu sehingga hal tersebut juga berpotensi menimbulkan resiko tidak mampu membayar lebih tinggi karena keuangan yang terganggu.

Jadi itulah beberapa hal tentang aplikasi paylater yang Anda harus tahu baik kelebihan atau pun resikonya. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *