Mau Jualan di Mobil? Coba 13 Ide Usaha yang Laris ini Yuk!

Mau Jualan di Mobil? Coba 13 Ide Usaha yang Laris ini Yuk!

Punya kendaraan yang nganggur? Coba pakai jualan di mobil yuk! Ada banyak pilihan ide usaha yang bisa Anda mulai. Dari kuliner hingga jasa.

Bisnis yang Anda kerjakan tentu harus disesuaikan dengan jenis mobilnya. Apakah MPV, LCGC, pick-up, boks, van, atau yang lainnya. Tujuannya adalah supaya dimensinya bisa disesuaikan dengan produk yang dijual.

Read More

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas satu per satu inspirasi bisnis yang dapat menghasilkan uang dari mobil secara mudah. Selamat menyimak.

6 Ide jualan di mobil pick-up

Salah satu jenis mobil yang cocok sekali untuk usaha adalah pick-up. Harga mobilnya juga lumayan murah sehingga banyak sekali yang memilih jenis kendaraan ini.

Ada banyak peluang usaha yang bisa dimulai dengan menggunakan mobil pick up, berikut di antara jenis bisnis yang sudah terbukti sukses:

Perabot atau peralatan rumah tangga

Silakan coba jualan perabot rumah tangga dengan memanfaatkan boks belakang pick up. Bawalah produk seperti mangkok, centong, penutup makanan, wajan, panci, dan yang lainnya.

Produk ini cocok buat jualan keliling perumahan atau perkampungan dengan membawa pengeras suara.

Anda juga bisa memanfaatkan spot yang biasanya dipakai oleh pedagang kaki lima bersama-sama untuk menjajakan dagangan.

Tahu bulat

Ide jualan di mobil pick up tahu bulat

Menjual gorengan dalam kondisi masih hangat dan fresh tentu menarik banyak pembeli. Karena sebagian besar orang lebih suka makan makanan yang hangat.

Salah satu gorengan yang bisa dijual di atas mobil pick up adalah jualan tahu bulat. Untuk membuatnya makin menarik, biasanya para penjual juga memutar rekaman suara yang unik.

Cara jualan di mobil pick up dengan membawa tahu bulat goreng ini biasanya dilakukan dengan berkeliling di pemukiman warga, bisa di perumahan atau perkampungan.

Bersama dengan tahu bulat, Anda juga bisa menjual produk lain seperti otak-otak.

Bakpao

Bakpao adalah jajanan yang cukup disukai oleh anak-anak sehingga kans jualan laris sangat tinggi.

Berbeda dengan tahu bulat yang tidak perlu etalase besar di atas pick up, Anda butuh etalase kaca untuk bakpao.

Hal ini karena ukuran bakpao lebih besar. Selain itu, dengan menaruh bakpao di etalase kaca, calon pembeli yang melihatnya jadi bisa lebih tertarik. Karena tampilan bakpaonya ada yang berwarna warni.

Untuk memulai bisnis ini, yang dibutuhkan adalah kompor dan pengukus yang digunakan untuk menjaga bakpao tetap hangat, empuk, dan mengembang. Taruhlah beberapa di kukusan. Sementara yang lain harus disimpan di etalase.

Selain bisa dijual secara berkeliling, Anda juga bisa menjualnya dengan cara diam di pinggir jalan sambil menunggu calon pembeli.

Sayur

Banyak sekali pedagang sayur yang jualan di mobil. Bahkan, beberapa waktu lalu ada yang sampai viral di media sosial.

Biasanya, mereka menggunakan mobil pickup untuk menjalankan usaha. Sayuran dan barang dagangan lain biasanya ditaruh di bagasi belakang mobil pick up.

Penataan yang rapi dan kelengkapan produk merupakan kunci dari keberhasilan bisnis ini. Semakin rapi penataannya, bersih, dan lengkap itemnya, orang akan jauh lebih tertarik untuk membeli.

Anda bisa berjualan berkeliling dan berhenti pada saat ada yang menyetop. Bisa juga memanfaatkan salah satu spot kosong di pinggir jalan sebagai tempat jualan.

Juallah sayuran saat masih fresh atau segar. Pilihlah waktu yang tepat untuk berjualan, seperti pagi dan sore hari.

Buah

Anda tentu pernah melihat orang yang berjualan buah di pinggir jalan, bukan? Nah, biasanya mereka menggunakan mobil pick up sehingga dagangannya lebih jelas terlihat dari berbagai sisi.

Buah yang dijual umumnya adalah buah-buahan yang sedang musim. Misalnya, saat sedang musim mangga, mereka akan menjual lebih banyak mangga dibandingkan jenis buah lainnya.

Saat sedang musim semangka dan buah naga juga begitu. Agar menarik, para penjual menaruh informasi harga per kilo dengan huruf dan angka yang besar.

Tujuannya adalah agar orang-orang yang lewat bisa membaca dan tertarik untuk membeli.

Jasa pindahan

Anda bisa membuka jasa pindahan dengan pasang iklan baris di OLX. Selain bisa memasang tarif untuk pengantaran, Anda juga bisa menyewa kuli bantu untuk angkat-angkat barang.

2 Ide jualan pake mobil boks

Bila kendaraan yang Anda miliki adalah boks atau van, maka ada beberapa pilihan bisnis yang bisa dilakukan, di antaranya:

Food truck

Ide jualan pake mobil boks food truck

Sesuai dengan namanya, usaha ini bisa dijalankan dengan memakai mobil boks yang sudah dimodifikasi sehingga bisa dibuka di dua sisi. Sisi yang satu untuk masuk ke bagian dalam box, sisi kedua digunakan untuk berjualan.

Biasanya yang dijual dengan cara ini adalah martabak, terang bulan, nasi goreng, atau menu makanan cepat saji lainnya.

Menu cepat saji seperti ini cocok dijual di malam hari. Jadi, kebanyakan penjualnya sudah mulai bersiap berjualan saat sore. Mereka memilih titik jualan yang sama agar mudah diingat oleh pembelinya.

Jasa antar barang (ekspedisi) menggunakan mobil box

Selain usaha makanan dan produk berupa barang, Anda juga bisa membuka usaha jasa dengan mobil boks. Contohnya adalah ekspedisi barang.

Barang-barang yang diantarkan bisa lebih aman karena berada di dalam boks. Selain itu, penataannya juga jauh lebih mudah.

Jasa antar ini biasanya bukan antar perorangan, melainkan dari perusahaan ke toko grosir, apotek, atau semacamnya.

3 Usaha dengan mobil xenia, avanza , dan MPV LCGC lainnya

MPV merupakan jenis mobil sejuta umat. Hampir semua orang punya. Nah, jika Anda punya mobil seperti Avanza, Xenia, Ayla, atau semacamnya, coba buka usaha seperti ini:

Jualan oleh-oleh khas

Tren berjualan oleh-oleh khas seperti keripik, brownis kukus, dan makanan ringan lainnya sudah terjadi beberapa tahun lalu. Anda pun bisa mencobanya dengan memanfaatkan bagasi mobil MPV.

Karena dimensi produknya tak terlalu besar, Anda pun bisa memanfaatkan mobil LCGC seperti Ayla, Brio, dan Agya. Tutup jok belakang untuk membuat dimensi bagian belakang lebih lega lagi.

Fashion: Jilbab, daleman hijab, dan baju

Mobil Xenia, Avanza, dan Inova bisa dipakai untuk berjualan fashion. Contohnya adalah daster, hijab, dan baju muslim. Anda mungkin perlu menggunakan hanger dan patung wajah untuk membuatnya makin menarik.

Manfaatkan bagian atas mobil untuk menaruk patung, aksesoris, atau hasil kreasi sendiri bila perlu.

Bila Anda memakai kendaraan dengan dimensi yang lebih kecil, misalnya Ayla dan Agya maka cocoknya memilih produk fashion yang dimensinya kecil juga. Misalnya lebih fokus ke jilbab dan dalamannya.

Antar jemput anak sekolah

Usaha dengan mobil xenia avanza dan mpv lcgc lainnya antar jemput anak sekolah

Mobil MPV yang cenderung besar cocok sekali untuk membuka jasa antar jemput sekolah. Untuk melakukan ini butuh pemasaran yang bagus. Tapi jika baru mulai usaha, bisa ke tetangga-tetangga dulu promonya.

2 Ide dan tips peluang usaha jualan pakai mobil lainnya

Selain jenis bisnis di atas, Anda bisa mencoba peluang bisnis ini:

Jualan di bagasi mobil van

Tak hanya makanan cepat saji sebagaimana ditulis di atas, Anda juga bisa membuka usaha warung dengan menu makanan khas Indonesia memakai mobil. Contohnya adalah pecel.

Seringkali menu ini dijual di pagi hari menggunakan mobil van atau kadang juga pick up. Kalau menggunakan van, bagian bagasi belakang harus dibuka untuk bisa berjualan dengan cara ini.

Cara memanfaatkan mobil kredit untuk travel atau rental

Untuk membayar angsuran, silakan buka usaha travel keluar kota atau rental mobil. Selain pilihan bisnis tersebut, ada juga yang memanfaatkan kendaraan kredit untuk mendaftar di taksi online atau daring.

Itulah beberapa inspirasi jualan di mobil dan tips bisnis yang bisa Anda coba. Masih banyak pilihan lain yang dapat dikembangkan sesuai kreativitas masing-masing. Sebagian besar peluang usaha dan bisnis di atas butuh mengeluarkan modal. Jadi, apabila tidak ada modal, silakan cari modal usaha gratis terlebih dulu.

Related posts