Format SMS Banking BNI Lengkap dan Terbaru 2020

by -123 views

Salah satu jenis layanan yang disediakan oleh perbankan guna mempermudah proses transaksi keuangan adalah SMS banking. Menjangkau ke seluruh rentang usia nasabah serta tidak mengharuskan adanya tipe smartphone tertentu. Anda diharuskan untuk memahami format SMS banking BNI terlebih dahulu guna memperlancar proses transaksi.

Sebenarnya format SMS banking BNI hampir sama dengan jenis perbankan lainnya. Hanya saja ada kode tertentu yang harus Anda perhatikan. Hal inilah yang menjadikan BNI SMS banking transfer memiliki kaidah alur yang unik. Untuk itu agar tidak salah langkah dalam memahami macam-macam format SMS banking BNI, silakan simak penjelasan lengkapnya di beberapa bab berikut ini.

Cara Daftar SMS Banking BNI dan Prosedur Aktivasinyadaftar sms banking bni

Sebelum membahas mengenai format sms banking BNI, Anda harus paham terlebih dahulu bagaimana cara registrasi dan aktivasi sms banking BNI. Untuk pendaftarannya sendiri hampir mirip dengan registrasi BNI mobile banking, Anda bisa melakukannya via ATM atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. Hal terpenting yang harus Anda siapkan adalah kartu identitas diri, buku tabungan dan ATM untuk produk BNI, serta dokumen lain sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Silakan ikuti instruksi dari customer service di kantor cabang terdekat guna melanjutkan pembahasan mengenai format sms banking BNI.

Pelajari Syntax BNI SMS Banking 2020 Berikut!syntax bni sms banking 2020

Dalam memahami format SMS banking BNI, selain cara registrasi dan aktivasinya Anda pun  harus paham format syntax SMS banking BNI *141# yang dipergunakan. Agar lebih jelas bagaimana format SMS banking BNI terbaru 2020, ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini.

1.      Format SMS Banking BNI Virtual Account Valid

Format SMS banking BNI selain digunakan untuk keperluan transfer ke sesama atau antar bank. Ternyata format sms banking BNI tersebut pun dapat dipakai untuk keperluan SMS banking BNI virtual account. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda simak.

Format SMS banking BNI khusus virtual account adalah TRF (spasi) nomor virtual account BNI yang Anda miliki (spasi) nominal transaksi. Misalnya, TRF 83428429249 250000. Silakan kirim format tersebut ke nomor 3346.

2.      Format Cek Saldo SMS Banking BNI

Format SMS banking BNI ketika Anda akan melakukan cek saldo tentu berbeda dengan situasi dimana Anda akan melakukan transfer. Jika format cara  transfer uang lewat SMS banking BNI mengharuskan Anda untuk menginput kode bank mandiri atau lainnya. Untuk proses ini Anda tidak perlu melakukannya, sehingga format SMS banking BNI nya dapat disimak berikut ini.

Ketik SAL kirim ke 3346. Silakan Anda ikuti semua prosedur yang diinstruksikan sistem.

3.      Format Transfer SMS Banking BNI

Format SMS banking BNI untuk proses transaksi transfer dapat dibedakan atas beberapa proses, yakni sesama nasabah pengguna BNI dan bank lain. Anda bisa menyesuaikan format tersebut sesuai dengan kondisi dan keadaan. Agar tidak salah, silakan perhatikan kode format cara transfer SMS banking BNI secara lebih rinci di pembahasan bab berikutnya.

Cara Transfer SMS Banking BNI ke Sesama Nasabah

Saat Anda melakukan transaksi menggunakan SMS banking hal itu berarti, Anda sudah selangkah mengoptimalkan fitur yang disediakan oleh pihak perbankan. Tak seperti proses cara daftar internet banking BNI yang cukup menyita konektivitas internet. Proses transaksi menggunakan SMS banking hanya membutuhkan adanya pulsa secukupnya. Berikut adalah format SMS banking BNI saat Anda melakukan transfer ke sesama nasabah BNI.

  1. BNI SMS banking format standarnya adalah Transfer (spasi) nomor rekening tujuan (spasi) nominal saldo yang dikehendaki.
  2. Format kode SMS banking BNI ketika melakukan transfer ke sesama dengan menambahkan berita adalah transfer (spasi) nomor rekening tujuan (spasi) nominal saldo yang akan ditransfer (spasi) #berita#.
  3. Variasi pilihan terakhir untuk format SMS Banking BNI proses transfer ke sesama pengguna dengan tambahan notifikasi adalah transfer (spasi) nomor rekening tujuan (spasi) nominal saldo yang akan ditransfer (spasi) nomor telepon penerima.

 

Agar format SMS banking BNI tersebut bermanfaat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Maka Anda harus melakukan proses transfer layaknya cara transfer uang lewat  sms banking BRI. Tak ada spesifikasi khusus dari handphone yang Anda gunakan. Anda tidak harus memahami kode bank, sebagai contoh untuk kode bank BNI syariah 009 misalnya. Cukup ikuti format SMS banking BNI yang disebutkan di atas. Hal yang terpenting adalah kecukupan pulsa karena biaya pulsa yang dibebankan ke pengguna. Kebijakan tersebut tentu tidak berlaku jika Anda adalah pengguna produk syariah, karena proses SMS banking BNI syariah berbeda.

Baca juga : Cara Transfer SMS Banking BRI: Aktivasi dan Biaya Proses

Cara Transfer BNI SMS Banking ke Rekening Bank Lain

Jika pembahasan sebelumnya merinci tentang format SMS banking BNI proses transfer ke sesama nasabah pengguna. Kali ini Anda akan diajak untuk memahami format transfer SMS banking BNI ke rekening bank lain. Untuk format SMS banking BNI nya dapat disimak sebagai berikut.

Transfer (spasi) antarbank (spasi) kode bank + nomor rekening tujuan transfer (spasi) nominal saldo yang akan ditransfer (spasi) # #. Kirim format SMS banking BNI tersebut ke nomro 3346.

Jadi, misalkan Anda akan mengikuti cara transfer SMS banking BNI ke BRI, maka hal yang harus diperhatikan adalah kode transfer BRI SMS banking. Sehingga penulisan format SMS banking BRI ketika menerima transfer dari BNI adalah Transfer (spasi) 002934352025 450000 # #. Kirim ke nomor 3346.

Akan berbeda lagi ketika Anda melakukan transfer ke mandiri. Maka hal yang diperhatikan adalah kode SMS banking mandiri yakni 008. Selain kode bank, hal lain yang perlu diindahkan adalah limit transfer antar bank BNI tiap kali melakukan proses transaksi. Anda bisa menanyakannya pada customer service kantor cabang terdekat guna mendapatkan informasi update terbaru.

Hal-Hal yang Harus Anda Pahami Seputar Teknis Cara SMS Banking BNI

Pembahasan format SMS banking BNI memang tak hanya spesifik pada satu transaksi keuangan saja. Pasalnya semua proses tersebut memiliki standard format yang berbeda, sehingga mengharuskan pengguna untuk jeli dalam memahami tiap kodenya tersebut. Hal ini tentu tidak berlaku ketika Anda menggunakan BNI internet banking, karena cara transfer mobile banking BNI ke BRI misalnya tidak akan menggunakan kode format tersebut. Sebagai tambahan informasi, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait teknis format SMS banking BNI.

1.      Berapa Biaya SMS Banking BNI Terbaru Saat Ini?

Agar Anda bisa lebih optimal dalam mengaplikasikan format SMS banking BNI pada setiap transaksi keuangan. Anda harus paham berapa biaya yang dibebankan ke pengguna. Untuk tiap transaksi Anda akan dikenai biaya pulsa bervariasi yakni antara Rp 300 hingga Rp 750 sesuai provider yang digunakan.

2.      SMS Banking BNI Terblokir, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Bisa saja dijumpai saat Anda mengaplikasikan format SMS banking BNI, ternyata SMS banking milik Anda malah terblokir. Jika demikian, maka silakan ikuti prosedur yang diinstruksikan oleh customer service.

3.      Adakah Cara Menonaktifkan SMS Notifikasi BNI?

Masih sama dengan poin nomor dua, jika kasus ini terjadi pada Anda maka silakan kunjungi kantor cabang terdekat guna pemrosesan lebih lanjut.

 

Itu dia pembahasan format SMS banking BNI yang bisa Anda jadikan referensi. Hal lain seputar cara top up OVO SMS banking BNI, cara daftar m banking BNI lewat HP, atau terkait teknis cara melihat history transaksi BNI lewat ATM dapat Anda cari di website www.bni.co.id.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *