Tata Cara Pendaftaran dan Syarat Membuat BPJS Kesehatan 2020

Apakah kamu yakin sudah memenuhi syarat membuat bpjs kesehatan 2020? Pastikan semua dokumen sudah kamu siapkan beserta salinannya agar pendaftaran bisa berjalan dengan lancar. BPJS Kesehatan adalah badan hukum milik pemerintah yang bertanggung jawab memberikan jaminan kesehatan nasional sebagai pengganti Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Segala penyelenggaraan yang dilakukan BPJS Kesehatan didasarkan pada peraturan undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang Padan Penyelenggara Jaminan Sosial. Juga mengacu pada peraturan tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dalam undang-undang nomor 40 tahun 2004.

Setiap masyarakat berhak mendapatkan jaminan kesehatan nasional baik secara mandiri atau yang terdaftar melalui instansi maupun perusahaan. Kamu bisa mendaftar bpjs secara online maupun offline setelah memenuhi semua persyaratan membuat bpjs mandiri.

6 Persyaratan Pembuatan BPJS Kesehatan Mandiri6 persyaratan pembuatan bpjs kesehatan mandiri

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran bpjs mandiri, maka kamu harus memenuhi seluruh syarat membuat bpjs kesehatan terbaru 2020. Setiap warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang bekerja di Indonesia memang wajib didaftarkan oleh perusahaannya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Namun bagi masyarakat umum juga berhak untuk melakukan pendaftaran bpjs kesehatan mandiri secara online maupun offline. Syarat mendaftar bpjs mandiri yaitu:

  1. Kartu Keluarga (KK)

Bagi peserta mandiri yang bukan pekerja penerima upah ataupun bukan pekerja, salah satu syarat membuat bpjs 2020 adalah kartu keluarga. Siapkan dokumen asli serta fotokopi kartu keluarga.

  1. Buku tabungan

Syarat membuat bpjs mandiri lainnya adalah buku tabungan. Kamu perlu memfotokopi bagian halaman depan buku tabungan yang berisi informasi pemilik rekening, nomor rekening dan kantor cabang. Pastikan nama pemilik tabungan juga tertera dalam kartu keluarga.

  1. Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Pengenal bagi WNA

Kartu tanda penduduk (eKTP) atau kartu pengenal bagi WNA adalah syarat buat bpjs mandiri yang wajib dipenuhi. Kartu pengenal Warga Negara Asing dapat berupa paspor, surat izin kerja, nomor visa tinggal terbatas maupun kartu izin tinggal tetap/sementara.

  1. Pasfoto 3×4 terbaru

Selanjutnya kamu harus menyiapkan persyaratan buat bpjs yaitu pasfoto calon peserta bpjs kesehatan berukuran 3×4. Jika kamu mendaftar secara online, maka kamu perlu menyiapkan soft file pasfoto tersebut.

  1. Email dan nomor HP aktif

Persyaratan daftar bpjs mandiri lainnya adalah kamu harus menyiapkan akun email dan nomor hp yang aktif. Email dan nomor hp ini akan berfungsi sebagai verifikasi akun bpjs mandiri.

  1. Memilih Kelas Mandiri
  2. NPWP

Baca juga : Cetak Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Via Online

Tata Cara Pendaftaran BPJS Online Mandiritata cara pendaftaran bpjs online mandiri

Setelah kamu memenuhi seluruh syarat membuat bpjs kesehatan 2020, kamu bisa daftar bpjs kesehatan online 2020. Prosedur pendaftaran peserta bpjs kesehatan baik badan usaha, pekerja maupun bukan pekerja dijelaskan secara rinci di https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Terdapat beberapa cara daftar bpjs kesehatan online 2020 yaitu:

  1. Cara daftar bpjs online 2020 melalui aplikasi

Setelah melengkapi syarat syarat membuat bpjs kesehatan mandiri, kamu bisa daftar bpjs melalui aplikasi. Aplikasi BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN yang bisa kamu download secara gratis di Play Store atau App Store. Buka aplikasi Mobile JKN lalu pilih “DAFTAR” di bagian bawah tampilan aplikasi untuk daftar bpjs online tahun 2020. Masukkan seluruh data diri secara lengkap dan benar. Data diri yang harus diisi meliputi nama lengkap, alamat lengkap, pilihan kelas serta fasilitas kesehatan apa saja yang ingin kamu dapatkan.

Setelah mengisi dan menyimpan data diri, kamu akan mendapatkan email verifikasi berupa nomor registrasi atau virtual account. Nomor va ini berguna untuk melakukan pembayaran iuran bpjs kesehatan yang pertama. Batas maksimal pembayaran iuran yaitu 14-30 hari setelah menerima nomor virtual account. Kamu bisa melakukan pembayaran iuran bpjs kesehatan melalui ATM, iBanking, mBanking maupun teller. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan identitas elektronik atau eID yang dikirim melalui email. Kamu bisa mencetak kartu bpjs kesehatan tersebut secara mandiri atau datang ke kantor bpjs kesehatan.

  1. Cara daftar bpjs mandiri online melalui website bpjs kesehatan

Selain melalui aplikasi, cara bikin bpjs mandiri maupun pekerja badan usaha secara online juga bisa dilakukan melalui website resmi bpjs kesehatan. Caranya yaitu dengan mengakses www.bpjs-kesehatan.go.id atau www.bpjs.go.id. Langkah selanjutnya pendaftaran melalui website sama seperti kamu melakukan pendaftaran via aplikasi. Status kepesertaan bpjs kesehatan akan aktif setelah kamu membayar iuran yang pertama. Namun untuk badan usaha juga bisa melakukan pendaftaran bpjs kessehatan secara online melallui website Online Single Submission atau www.oss.go.id. Pastikan kamu telah menyiapkan seluruh persyaratan bpjs kesehatan mandiri dalam bentuk soft file.

Tata Cara Membuat BPJS Mandiri Secara Offline

Syarat membuat bpjs kesehatan 2020 secara offline sama dengan online. Hanya saja kamu harus membawa dokumen fisik serta salinan KK atau KTP yang perlu dikumpulkan. Masukkan seluruh persyaratan bpjs mandiri dalam satu map dan datang ke kantor cabang bpjs kesehatan terdekat untuk melakukan pendaftaran secara offline. Tata cara pendaftaran bpjs kesehatan mandiri di kantor bpjs kesehatan yaitu:

  1. Menyerahkan formulis dan dokumen persyaratan

Kamu perlu mengisi formulir pendaftaran calon peserta baru bpjs kesehatan. Formulis tersebut berisi data diri lengkap. Kemudian serahkan formulir dan seluruh persyaratan mengurus bpjs mandiri di loket bpjs kesehatan.

  1. Isi form kesediaan

Selanjutnya kamu akan disuruh mengisi form kesediaan autodebet dari bank atau fintech yang bekerja sama dengan bpjs kesehatan.

  1. Validasi data

Setelah kamu menyetujui seluruh syarat dan ketentuan, maka petugas loket bpjs kesehatan akan melakukan entri data dan validasi data calon peserta bpjs kesehatan yang baru. Selama proses ini kamu bisa pulang tanpa harus menunggu di kantor bpjs kesehatan.

  1. Mendapatkan nomor virtual account

Jika validasi data berhasil dan autodebit berhasil diverifikasi maka kamu akan menerima nomor virtual account yang dikirim melalui sms. Proses ini biasanya berlangsung kurang lebih selama 14 hari kerja.

  1. Pembayaran iuran

Setelah mendapatkan nomor virtual account, maka kamu harus segera melakukan pembayaran iuran yang pertama kali. Kamu bisa melakukan pembayaran iuran bpjs kesehatan melalui transfer bank, dompet digital (DANA atau Link aja) atau market place (Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada atau Bukalapak).

  1. Mendapatkan identitas peserta bpjs kesehatan

Setelah melakukan pembayaran, kamu harus menyimpan bukti pembayaran tersebut untuk kemudian dibawa ke kantor bpjs kesehatan tempat dimana kamu melakukan pendaftaran. Maka kamu akan mendapatkan identitas elektronik (e-ID) sebagai peserta bpjs kesehatan yang baru. Kamu  bisa mencetak kartu bpjs kesehatan secara mandiri via online maupun mencetak kartu di kantor bpjs kesehatan tersebut.

 

Agar proses pendaftaran tidak terhambat dan bisa segera diverifikasi, pastikan semua dokumen sebagai syarat membuat bpjs kesehatan 2020 valid dan telah terpenuhi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *