20 Contoh Kerjasama Di Rumah, Masyarakat dan Sekolah

contoh kerjasama di rumah

Salah satu contoh kerjasama di rumah yaitu membantu membersihkan rumah bersama keluarga. Namun apakah hanya itu saja? Apalagi contoh kerja sama di rumah? Bagaimana dengan contoh kerjasama di sekolah atau lingkungan masyarakat? Kerja sama sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan tertentu. Kerja sama dilakukan secara bersama-sama untuk memudahkan dan meringankan suatu pekerjaan. Sebagai mahkluk sosial, manusia pasti pernah dan butuh kerja sama dengan manusia lain. Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bekerja. Berkat adanya kerja sama, setiap individu dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien serta meningkatkan produktivitas.

Contoh Kerjasama di Lingkungan Rumahcontoh kerjasama di lingkungan rumah

Secara tidak sadar mungkin kamu telah melakukan contoh kerjasama di rumah. Baik bersama ayah, ibu, kakak, adik atau anggota keluarga lain yang tinggal bersama. Kerjasama dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ringan hingga berat. Berikut 10 contoh kerjasama di lingkungan rumah:

  1. Membersihkan rumah

Salah satu bentuk kerjasama di rumah yaitu membersihkan rumah setiap akhir pekan atau waktu-waktu tertentu. Setiap anggota keluarga bisa saling bekerja sama untuk membersihkan rumah. Sehingga kebersihan rumah akan selalu terjaga.

  1. Memasak

Memasak bersama-sama adalah salah satu contoh kerjasama di lingkungan rumah. Anak-anak bisa membantu ibunya memasak seperti memotong cabai atau sayur, mengambilkan piring dan lain sebagainya. Selain bisa meringankan pekerjaan, anak-anak juga bisa belajar memasak.

  1. Menyiram tanaman

Apakah kamu memiliki kebun atau pot bunga yang dirawat bersama? Hal itu merupakan salah satu kerjasama di rumah. Kamu bisa berbagi tugas dengan anggota keluarga yang lain untuk menyiram tanaman dan merawat tanaman.

  1. Memelihara binatang

Selain tanaman, banyak keluarga yang memelihara binatang peliharaan baik kucing, anjing, kelinci atau hewan peliharaan yang lain. Kamu bisa bekerja sama di rumah untuk bergantian menjaga dan memberi makan hewan peliharaan.

  1. Membersihkan kamar

Salah satu contoh kerja sama membersihkan rumah yaitu setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas kebersihan kamar masing-masing. Hal ini akan membantu pekerjaan rumah dan waktunya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan lain. Kamu juga bisa saling bekerja sama dengan kakak atau adik untuk membersihkan kamar bersama-sama.

  1. Berdiskusi

Tidak hanya dalam melakukan suatu pekerjaan, berdiskusi juga termasuk kerja sama di lingkungan rumah. Sebuah keluarga bisa mengadakan musyawarah untuk menentukan sesuatu seperti destinasi liburan di akhir pekan atau hanya untuk saling bertukar pikiran.

  1. Melakukan tugas dan peran yang berbeda

Kerjasama dirumah tidak hanya melakukan satu kegiatan bersama-sama. Tetapi bisa juga melakukan kegiatan yang berbeda-beda sesuai dengan tugas dan perannya di dalam rumah. Misalnya ayah yang bekerja sedangkan ibu bertugas mengurus rumah dan anak-anak.

  1. Mencuci piring dan pakaian

Kebiasaan mencuci piring dan pakaian sendiri setelah digunakan merupakan contoh kerjasama di lingkungan keluarga. Hal ini untuk meringankan pekerjaan ibu di rumah.

  1. Menghemat energi

Melakukan penghematan energi bisa dilakukan dengan kerjasama dalam keluarga. Misalnya mematikan tv atau lampu saat tidak digunakan, mematikan kran air dan penghematan energi lainnya. Antar anggota keluarga bisa saling mengingatkan untuk menghemat energi.

  1. Saling berbagi dan saling menghargai

Salah satu manfaat kerjasama di rumah adalah terciptanya keluarga yang rukun dan harmonis. Sesama anggota keluarga saling membantu sehingga tidak ada pekerjaan yang terlalu sulit. Selain kerjasama membersihkan rumah, saling berbagi dan menghargai pendapat juga termasuk kerjasama.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Rumus Akar Di Excel Dan Penggunaannya

Contoh Kerjasama di Lingkungan Sekolahcontoh kerjasama di lingkungan sekolah

Bukan hanya contoh kerjasama di rumah, tetapi kamu melakukan kerjasama dimanapun termasuk di sekolah. Kerjasama di sekolah dilakukan antar murid baik kakak kelas atau adik kelas, guru, kepala sekolah hingga petugas sekolah. Adanya kerjasama di sekolah akan membuat siswa menjadi nyaman menuntut ilmu sehingga proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan lebih lancar. Contoh kerja sama di sekolah yaitu:

  1. Kerja bakti

Di sekolah biasanya murid-murid akan disuruh untuk melakukan kerja bakti membersihakn lingkungan sekitar sekolah. Termasuk menyapu halaman, mencabut rumput liar, merawat dan menyiram tanaman atau kegiatan lainnya. Selain melatih kerja sama, kegiatan ini juga melatih murid untuk mencintai dan membersihkan lingkungan sekitar mereka.

  1. Kerja kelompok

Bukan hanya pekerjaan rumah yang dilakukan secara individu, tetapi murid juga diwajibkan untuk mengerjakan tugas atau kerja kelompok. Hal ini untuk melatih kerja sama antar sesama siswa.

  1. Jadwal piket

Salah satu bentuk kerja di sekolah adalah adanya jadwal piket. Jadwal piket dibentuk disetiap kelas yang berisi 5 hingga 7 orang setiap harinya. Siswa diwajibkan membersihkan kelas mereka seperti menyapu, menata meja dan kursi, mengelap kaca, membersihkan papan tulis atau menata buku.

  1. Kegiatan ekstrakulikuler

Di sekolah pasti ada kegiatan ekstrakulikuler setelah jam pelajaran berakhir. Ada banyak jenis ekstrakulikuler yang bisa dilakukan siswa seperti kegiatan olahraga, pramuka ataupun prakarya. Kegiatan ini harus dilakukan oleh banyak orang sehingga melatih kerja sama antar siswa.

  1. Proses belajar mengajar

Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan contoh kerja sama yang dilakukan antara siswa dengan guru.

Contoh Kerjasama di Lingkungan Masyarakat

Beberapa contoh kerjasama di rumah juga bisa diterapkan di lingkungan masyarakat. Karena dalam hidup bertetangga kita harus saling rukun sehingga menciptakan lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman. Beberapa contoh contoh kerjasama di lingkungan masyarakat yaitu:

  1. Siskamling

Siskamling biasanya dilakukan oleh laki-laki dewasa di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan untuk menjaga keamanan wilayah mereka dari penjahat atau pencuri. Biasnaya akan ada pos ronda dan jadwal siskamling di setiap rt.

  1. Kerja bakti

Bukan hanya di rumah atau sekolah, kerja bakti juga biasa dilakukan di lingkungan masyarakat. Kerja bakti bisa dilakukan secara rutin setiap bulan atau dalam rangka menyambut hari besar nasional seperti hari raya kemerdekaan. Kerjasama di lingkungan masyarakat misalnya membersihkan selokan, memotong rumput belukar, membersihkan jalan dan lain sebagainya.

  1. Membantu saat hajatan

Di lingkungan masyarakat biasanya ketika ada hajatan antar warga akan saling membantu dan bekerja sama. Baik laki-laki maupun perempuan akan saling bergotong royong untuk membantu warganya yang sedang hajatan.

  1. Membantu saat berduka

Selain suasana pesta, saat tetangga berduka maka kita juga harus membantu mereka. Misalnya ketika sakit maka kita bisa menolong untuk mengantarkan tetangga yang sakit tersebut. Ketika ada anggota keluarga yang menginggal maka kita bisa bekerja sama untuk membantu pemakamannya.

  1. Musyawarah RT/RW

Contoh kerja sama di lingkungan masyarakat yang lain adalah adanya musyawarah di tingkat RT/RW. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan warga.

Sekarang kamu sudah tahu contoh kerjasama di rumah, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Kerjasama akan mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang aman dan nyaman serta hubungan yang harmonis.

Related posts