3 Cara Transfer Paket Data Telkomsel Paling Mudah dan Singkat

cara transfer paket data Telkomsel

Sekarang ini Telkomsel mempunyai fitur transfer paket data internet untuk para pelanggan prabayar yang dimanfaatkan ketika berada dalam situasi mendesak. Saat ini pengguna Telkomsel semakin bertambah saja. Inilah mengapa Telkomsel bisa menjadi salah satu operator telekomunikasi berbasiskan seluler yang terbesar di Indonesia. Kini pembahasan kita pun terkait cara transfer paket data Telkomsel.cara transfer paket data Telkomsel

Jumlah pelanggan Telkomsel saja sekarang sudah mencapai sekitar 160 juta pengguna. Layanan Telkomsel menjadi produk paket internet berbayar dengan jaringan luas sehingga mampu beroperasi pada 3G maupun 4G. Agar mampu memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk peroleh paket internet. Maka tersedialah fitur transfer paket data internet.

Read More

Mungkin belum banyak yang mengerti akan hal ini. Tetapi jangan khawatir lagi sebab sekarang kita bakalan membahasnya lebih meluas. Menariknya layanan transfer kuota internet tersebut bisa dipergunakan sesama pelanggan prabayar Telkomsel. Semisal saja kartu As, simPATI, bahkan Loop. Hanya saja terdapat syarat maupun ketentuan tertentu untuk bisa melakukan transfer.

Bagi para pengguna layanan tersebut tentunya mampu berbagi kuota internet baik dengan teman maupun orang terdekat. Tentu saja berbagai paket data juga ada batasan kuota minimalnya dalam sekali transaksi. Sudah pasti layanan tersebut paling cocok bagi keluarga dimana orang tua mampu memberikan batasan kuota internet yang dipergunakan anak. Sehingga pemakaian kuota internet terasa lebih hemat.

Saat lakukan transfer paket data internet, pengirim biasanya bakalan dikenakan biaya transaksi senilai Rp 5.000 per transaksi. Sementara itu masa berlaku kuota internet tersebut selama tiga hari semenjak kuota internetnya diterima. Batasan transfer kuota minimal sebesar 50MB dan maksimal 500MB. Dalam sehari, pelanggan bisa transfer maksimum enam kali transaksi atau total 3GB.

Cara Mudah Transfer Paket Data Telkomsel

Apabila anda berkeinginan berbagi kuota internet dengan teman. Tentunya anda harus memahami berbagai macam cara transfer paket data Telkomsel yang mudah. Adapun cara yang mampu anda tempuh di antaranya :

Pergunakan kode dial

Cara transfer paket data Telkomsel yang satu ini memang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Bagi siapa pun anda yang berkeinginan berbagai kuota data internet. Tidak ada salahnya mencoba cara ini. Adapun langkah yang harus dilalui yakni :

  1. Pergunakan kode dial *500*2#yang mampu anda ketikkan pada dial number smartphone.
  2. Klik tombol ok atau panggil. Tunggu beberapa menit.
  3. Setelahnya bakalan muncul pop up, lalu ketik angka 1 supaya mampu melanjutkan transaksinya.
  4. Apabila sudah berganti pop up maka anda bisa memasukkan nomor tujuannya.
  5. Klik kirim.
  6. Masukkan saja jumlah kuota yang bakalan ditransfer.
  7. Konfirmasi pengirimannya dengan cara mengetikkan angka 1.
  8. Proses pun selesai.

Apabila anda sudah selesai melalui semua prosesnya maka sms notifikasi pun akan hadir. Bahkan teman anda pun juga memperoleh notifikasi memperoleh kuota data internet. Biasanya transfer kuota internet ada aturan masa aktif minimalnya 4 hari saja.

Menggunakan aplikasi MyTelkomsel

Apabila sebelumnya anda mempergunakan dial up. Sekarang anda bisa juga menggunakan aplikasi MyTelkomsel secara gratis melalui Play store. Adapun langkah yang perlu anda lakukan yakni:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel.
  2. Buka aplikasi kemudian daftarkan nomor  Telkomsel anda.
  3. Anda bakalan diarahkan menuju menu dashboard.
  4. Klik pada bagian menu beri hadiah.
  5. Nanti bakalan muncul beberapa pilihan tersedia pada bagian menu. Selanjutnya pilih transfer kuota.
  6. Terdapat sebuah perintah memasukkan nomor tujuan teman.
  7. Ketikkan kuota yang anda kirimkan.
  8. Tunggulah sampai notifikasinya muncul jika transaksi sudah berhasil.

Biasanya notifikasi bakalan muncul lewat SMS menuju ke handphone anda serta penerima dari operatornya. Dengan begitu penerima pun bisa menikmati kuota internet yang sudah anda kirimkan.

Menggunakan USSD

Cara transfer paket data Telkomsel yang selanjutnya tentu saja melalui kode USSD. Cara ini biasanya menjadi cara yang dipergunakan banyak pengguna Telkomsel. Dimana cara tersebut dinilai lebih mudah dan cepat. Adapun langkah yang perlu anda ikuti yakni:

  1. Ketikkan *363#pada dial up selanjutnya klik ok ataupun panggil.
  2. Apabila pop up sudah muncul sebaiknya tentukan pilihan menu paket lainnya.
  3. Pop up pun bakalan berganti beberapa saat kemudian.
  4. Klik kirim pada bagian layar smartphone.
  5. Masukkan nomor tujuan pengiriman paket data internet.
  6. Biasanya hadir pilihan harian, mingguan bahkan bulanan. Jadi sesuaikan menurut kebutuhan.
  7. Jika memang sudah sesuai selanjutnya klik pilihan tersebut.
  8. Tunggu sampai muncul notifikasi sms pada handphone  anda jika transaksinya berhasil dilakukan.

Tentunya cara tersebut memang paling mudah untuk dilakukan. Anda pun kini bisa berbagi paket data internet kepada teman.

Bagi pengguna Simpati untuk minimum paket yang harus dimiliki sebesar 3GB per 30 harinya dengan harga Rp 60.000. bisa anda transfer menuju sesama pengguna Simpati. Biaya transfer 100MB yakni Rp 1.000 dengan masa aktif selama 1 hari dan 1GBbiaya transfer Rp 10.000 dengan masa aktif sekitar 30 hari.

Bagi anda pengguna kartu AS maka minimum paket 800MB per 30 harinya seharga Rp 50.000. Bisa anda tranferkan sesama penggunanya. Biaya transfer untuk 100MB senilai Rp 2.000 masa aktifnya sehari saja. Sedangkan 1GB seharga Rp 15.000 masa aktifnya 30 hari.

Syarat Ketentuan Transfer Paket Data Telkomsel

Apabila anda melihat beberapa cara yang sudah tersedia di atas tentunya pemahaman terkait syarat transfer paket data juga perlu diketahui. Adapun beberapa ketentuan yang perlu anda ketahui yakni:

  • Usahakan anda mempunyai pulsa cukup

Ketika melakukan proses transfer memang dikenakan potongan pulsa senilai Rp5,000 rupiah. Inilah mengapa anda perlu memiliki saldo minimum sebesar Rp 1.000 rupiah. Setidaknya persiapkan Rp 6.000 rupiah agar mampu melanjutkan proses transfer.

  • Pastikan nomor penerima sama operatornya

Kali ini seharusnya anda memastikan penerimanya memang bagian pengguna Telkomsel. Sehingga transfer kuota berjalan lancar. Seharusnya penerima transfer itu berjenis AS, Halo bahkan Simpati. Sebab sekarang layanan transfer kuota data menuju nomor lain masih belum bisa dilakukan.

  • Mempunyai kuota internet cukup

Jika memang berkeinginan melakukan transfer paket data internet sebaiknya anda mempunyai 500MB supaya prosesnya berjalan dengan baik. Jika memang kuotanya tidak memenuhi maka secara otomatis proses transfer bakalan dibatalkan. Bahkan kuota internet yang mampu anda kirimkan minimalnya 50MB dengan maksimal 500MB.

  • Pengiriman paket data maksimal 3GB per hari

Kali ini dalam pengiriman kuota  internet biasanya maksimal sebesar 3GB per harinya sehingga anda mampu mengirimkan paket data senilai 500MB secara berkala. Pastinya cara yang satu ini sangat berbeda sekali dibandingkan anda pergunakan cara sms.

Apabila anda sudah memahami cara transfer paket data Telkomsel di atas. Maka proses transfer pun bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti setiap langkah yang sudah tersedia supaya tidak ada kendala ketika melakukan prosesnya. Usahakan memilih salah satu cara yang dirasa paling mudah bahkan sesuai dengan kemauan. Semoga saja proses pengiriman kuota data internet kepada teman selesai lebih cepat dengan cara yang dijadikan pilihan.

Related posts