2 Cara Transfer M Banking BCA Paling Lengkap Penjelasannya

Sudah pasti banyak dari kalian semua yang pernah melakukan transfer dana kepada siapapun. Namun terkadang tak semua orang mempunyai banyak waktu atau lokasi yang terdekat dengan ATM. Nah saat ini kalian tak perlu khawatir, sebab terdapat cara transfer m banking BCA dengan mudah.cara transfer m banking bca

Bagi kalian pengguna bank BCA, saat ini terdapat banyak sekali fitur yang memudahkan kalian dalam melakukan transaksi. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem mobile banking yang memudahkan kalian melakukan transaksi keuangan ke seasa pengguna bank atau antar bank.

Kemudian BCA merupakan salah satu bank yang menggunakan sistem mobile banking. Lalu dalam penggunaan mobile banking untuk transaksi, terdapat sejumlah hal yang perlu kalian ketahui. Berikut diantaranya  :

Apa Itu BCA Mobile?

Seperti diketahui, BCA Mobile merupakan sebuah platform yang memudahkan para pengguna BCA dalam melakukan transaksi non tunai. Sehingga, kalian tak perlu repot-repot datang ke bank atau mesin ATM, sebab kalian hanya perlu menggunakan sebuah smartphone saja.

Kemudian dalam mengakses layanan ini, kalian perlu memiliki pulsa atau kuota internet. Paling tidak ponsel kalian terhubung dengan koneksi internet, bisa juga menggunakan sinyal WiFi.

Sedangkan dengan aplikasi BCA Mobile, di dalamnya terdapat cukup banyak layanan. Salah satunya adalah layanan Mobile Banking BCA atau m-BCA. Selain itu, terdapat beberapa layanan lain yang tak asing, seperti InfoBCA dan KlikBCA.

Baca juga : 3 Cara Transfer BNI Ke BCA, Pahami Tutorial Lengkapnya

Registrasi dan Aktivasi Mobile Banking BCA

Sama halnya dengan aplikasi mobile banking lainya, dalam penggunaan layanan Mobile Banking BCA maka harus mengaktifkan layanan terlebih dahulu. Kemudian, kalian harus meregistrasikan nomor rekening yang akan digunakan pada mobile banking.

Lalu dalam melakukan registasi dan pengaktifan layanan, kalian harus mempersiapkan beberapa syarat saja. Diantaranya adalah KTP, buku tabungan, dan ponsel. Setelah itu, kalian datang saja ke Bank BCA terdekat. Selanjutnya, kalian meminta arahan dari Customer Service dan install aplikasi BCA Mobile di Play Store atau App Store.

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening Tujuan Transfer

Sedangkan untuk Cara transfer m banking BCA salah satunya adalah mendaftarkan terlebih dahulu nomor yang menjadi tujuan. Berikut cara mudahnya :

  • Pertama, kalian masuk ke aplikasi BCA Mobile,
  • Kemudian, kalian masukkan kata sandi agar bisa masuk ke menu layanan Mobile Banking BCA. Namun jangan sampai kalian salah dalam memasukkan kata sandi sebanyak 3 kali. Sebab, hal ini beresiko akan akan membuat layanan mobile banking terblokir.
  • Lalu, kalian masuk ke menu transfer dan pilih menu “Daftar Transfer”,
  • Di sana terdapat dua pilihan daftar transfer “Antar Rekening” dan “antar bank”. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan rekening penerima dana sesama pengguna BCA, kalian dapat mendaftarkan 3 rekening sekaligus. Namun ketika ingin mendaftarkan penerima dana antar bank, maka kalian hanya bisa mendaftarkan 1 nomor rekening saja.
  • Contohnya adalah ketika kalian memilih transfer antar rekening, lalu kalian masukkan nomor rekening penerima, dan klik tombol “Send”. Maka, ponsel kalian secara otomatis akan mengirimkan SMS ke pihak BCA dalam rangka mendaftarkan nomor rekening penerima tersebut. Dalam transaksi SMS pendaftaran penerima dana transfer akan memotong pulsa sebesar Rp1. 500.
  • Setelah itu, muncul sebuah konfirmasi nama penerima dana transfer yang sesuai dengan data penerima transfer setelah SMS berhasil terkirim,
  • Selanjutnya, setelah pendaftaran nomor rekening selesai, maka nomor rekening tersebut akan masuk dalam daftar transfer kalian. Kalian juga harus memastikan agar data penerima transfer tidak salah, supaya transaksi aman.
  • Yang harus kalian ketahui adalah pendaftaran nomor rekening penerima transfer hanya berlaku sekali saja. Sebab setelah terkonfirmasi, nomor rekening tersebut akan tersimpan. Sehingga, kalian hanya cukup mengakses daftar penerima transfer di menu transfer.

Cara Transfer M Banking BCA ke Sesama Pengguna BCA

Setelah kalian mendaftarkan nomor rekening penerima transfer, kemudian kalian sudah bisa melakukan transaksi keuangan. Cara transfer m banking BCA di sini sangat mudah sekali, terlebih dengan sesama pengguna bank BCA.

Pertama, kalian masuk ke aplikasi dan masuk ke menu m-Transfer, lalu masuk ke menu transfer. Kemudian untuk transfer ke sesama pengguna, kalian masuk ke menu transfer sesama rekening. Setelah itu, kalian pilih nomor rekening yang menjadi tujuan transfer.

Berikutnya kalian masukkan jumlah uang yang akan dikirim. Pada aplikasi ini memudahkan kalian dalam menambahkan keterangan transfer. Kemudian kalian akan di bawah ke menu konfirmasi nomor penerima. Terakhir, kalian akan diminta nomor PIN BCA dan pastikan kalian tak salah input PIN.

Setelah PIN terkonfirmasi, maka transaksi sukses. Lalu untuk mengecek bukti transfer, kalian bisa masuk ke sub menu inbox pada menu m-transfer. Ketika kalian menggunakan aplikasi ini, kalian tak dikenakan biaya sepersen pun atau gratis.

Cara Transfer M Banking BCA ke Antar Bank

Sedangkan untuk cara transfer m banking BCA antar bank, caranya kurang lebih hampir sama dengan sesama bank. Pertama, kalian pastikan nomor penerima sudah terdaftar atau sudah kalan registrasikan.

Kemudian, kalian buka aplikasi Mobile Banking dan masuk ke m-Transfer. Kalian pilih menu Antar Bank. Pada menu ini, kalian bisa melihat bank apa saja yang pernah kalian daftarkan. Contohnya kalian pernah mendaftarkan 2 bank BRI, 1 Bank BNI, dan Bank Mandiri. Jika kalian ingin mengirim ke Bank BNII, maka kalian pilih nomor rekening yang hendak kalian transfer.

Lalu kalian masukkan jumlah uang yang akan di transfer. Ketika semua informasi dirasa sudah benar, maka kalian klik saja ‘Send’. Setelah itu, aplikasi tersebut akan memberi konfirmasi kembali terkait dengan bank penerima, nama penerima, dan jumlah uang. Apabila semuannya sudah sesuai, kalian konfirmasi dengan klik ‘OK’.

Kemudian transaksi tersebut akan segera diproses ketika muncul warna hijau pada lampu indiktor. Jika transaksi keuangan tersebut berhasil, maka aplikasi tersebut akan memberikan bukti transfer. Bukti tersebut bisa kalian lihat pada menu inbox.

Transfer ke BCA Virtual Account

Sedangkan cara transfer m banking BCA yang terakhir adalah transfer ke BCA Virtual Account. Jenis transaksi keuangan yang satu ini memudahkan kalian dalam melakukan transfer tanpa harus mendaftarkan nomor rekening. Bahkan menariknya, tak ada biaya atau gratis dalam jenis transfer yang satu ini. Kalian bisa menggunakan cara ini dengan mudah, berikut merupakan langkah-langkahnya :

  • Pertama, kalian masukkan kode akses m-BCA agar bisa login,
  • Kemudia kalian pilih menu m-Transfer,
  • Lalu kalian klik pada “BCA Virtual Account”,
  • Setelah itu, kalian masukkan Nomor Virtual Account tujuan atau kalian bisa memilih apabila sudah pernah transfer menggunakan virtual account. Maka, secara otomatis nomor tersebut sudah berada di dalam “Daftar Transfer”,
  • Selanjutnya, kalian masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer. Ingat, kalian jangan sampai lupa untuk memastikan jumlah yang tertera dengan benar,
  • Kemudian kalian masukkan PIN m-BCA,
  • Lalu setelah pembayaran selesai, kalian bisa simpan notifikasi yang muncul sebagai bukti pembayaran,

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itu ulasan mengenai Cara transfer m banking BCA. Kemudian yang perlu kalian perhatikan adalah, kalian simpan kode akses dan PIN m-BCA pada tempat yang aman. Hal ini bertujuan supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *