3 Cara Transfer BNI Ke BCA, Pahami Tutorial Lengkapnya

cara transfer bri ke mandiri ikuti cara termudah ini

Kalian pasti tahu bahwa cara transfer BNI ke BCA sebenarnya tidak sama dengan transfer ke sesama bank. Dalam transfer tersebut, kalian perlu melakukan tambahan dikarenakan tujuan bank berbeda. Nah kalian tak perlu khawatir, sebab di bawah ini akan diulas mengenai cara transfer tersebut.

Seperti diketahui, Bank BNI menjadi salah satu yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lalu bank BNI ini kerap digunakan untuk melakukan transaksi keuangan atau transfer. Kemudian sebelum melakukan transfer, terdapat sejumlah hal yang harus kalian perhatikan. Salah satunya adalah kode bank yang menjadi tujuan transfer, termasuk Bank BCA.cara transfer bri ke mandiri ikuti cara termudah ini

Hal tersebut dikarenakan setiap bank mempunyai kode yang berbeda-beda. Kode tersebut ditambahkan di depan nomor rekening tujuan. Kemudian tak hanya kode bank saja, melainkan juga dengan biaya transfer. Sebab, transfer antar bank akan dikenai biaya admin. Lalu beban biaya akan memotong saldo kalian secara otomatis.

Sedangkan dengan lama pengiriman, tidak butuh berapa lama pada proses pengiriman transfer tersebut. Bahkan proses langsung masuk, kecuali ada sebuah gangguan sistem yang bisa menghambat proses. Namun yang jelas bahwa selama ini transfer BNI ke BCA memang tak membutuhkan waktu lama.

Mengenal Apa Itu Bank BNI

BNI merupakan sebuah singkatan dari Bank Nasional Indonesia. Bank BNI merupakan salah satu bank lokal yang memberikan banyak fasilitas, termasuk dengan transfer ke antar bank. Kemudian Bank BNI menjadi salah satu Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik. Sebelumnnya, BNI mencatat saham pada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada tahun 1996.

Lalu saat ini saham-saham BNI sebesar 60% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia. Lalu sisanya sebesar 40% dimiliki masyarakat, baik individu atau insititusi, domestik dan asing. Sedangkan Bank BNI juga tercatat sebagai bank nasional tebesar ke 4 di Idonesia. Hal tersebut bisa kalian lihat dari total aset, total kredit, dan total dana dari pihak ketiga.

Kode Transfer BNI ke BCA

Sebelum kalian mengetahui Cara transfer BNI ke BCA, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu kode transfer. Sebenarnya, kode tersebut juga berlaku pada bank lain. Seperti bank Mandiri ke BNI, BCA ke BRI, atau yang lain. Berikut merupakan kode transfer bank BCA :

  • Kode Transfer BCA: 014

Biaya Transfer BNI ke BCA

Sedangkan dengan biaya atau tarif yang disebutkan merupakan sebuah biaya admin untuk transfer. Biaya admin nampaknya tak selamanya akan tetap, namun biaya ini dinilai masih sama untuk beberapa tahun ke depan. Berikut merupakan biaya transfer BNI ke BCA :

  • Biaya Transfer BNI: Rp6.500

Estimasi Waktu Proses

Jika berdasar dari pengalaman atau cerita para pengguna bank BNI, memang cukup cepat dalam proses transfer tersebut. Namun yang jelas jika laporan dari BNI sudah masuk, maka bisa dipastikan bahwa transfer sudah berhasil. Seketika, kalian harus cek saldo apakah masih tetap atau sudah berkurang (masuk ke rekening tujuan).

Setelah kalian membaca dan mengetahui sejumlah hal mengenai transfer BNI ke BCA di atas, sudah waktunya bagi kalian bisa memahami Cara transfer BNI ke BCA. Kalian simak saja ulasan mengenai cara tersebut di bawah ini :

Cara Transfer BNI ke BCA lewat BNI Mobile

Sebelum kalian menggunakan metode BNI Mobile, alangkah baiknya jika kalian mengaktikfkan terlebih dahulu BNI Mobile. Caranya adalah kalian datang saja ke bank BNI terdekat. Nah setelah aktif, begini cara transfer anyar bank, berikut diantaranya :

  • Pertama, kalian buka aplikasi BNI Mobile
  • Kemudian, kalian masukkan USERID dan MPIN agar bisa masuk ke aplikasi BNI Mobile,
  • Lalu, kalian Pilih menu Transfer dan pilih antar Bank,
  • Setelah itu, kalian pilih Input baru,
  • Pada menu Bank Tujuan, kalian pilih BCA Centang bagian daftar favorite ( hal ini dilakukan supaya nanti jika kalian ingin transfer lagi ke rekening tersebut, kalian tak perlu melakukan input data lagi),
  • Kemudian pada kolom nama, kalian isi dengan nama pemilik rekening tujuan atau penerima,
  • Lalu kalian isi jumlah transfer yang ingin kalian transfer,
  • Pada bagian berita, kalian bisa mengisinya berupa sebuah keterangan atau kalian juga bisa mengosongkannya,
  • Setelah itu, akan muncul keterangan detail mulai rekening tujuan nama pemilik dan jumlah transfer,
  • Apabila kalian sudah yakin dan benar, maka kemudian kalian masukkan password transaksi/pin dan tekan lanjut,
  • Kalian tunggu saja proses transfer hanya beberapa saat,
  • Kalian bisa lihat inbox untuk melihat keberhasilan transfer tersebut,

Dengan menerima laporan detail transfer sudah berhasil, maka kalian bisa gunakan untuk barang bukti sekaligus sebagai laporan kepada pemilik rekening tujuan.

Baca Juga : Cara Transfer BRI ke Mandiri, Ikuti Cara Termudah Ini

Cara Transfer BNI ke BCA Lewat SMS Banking

Kemudian cara transfer ke BCA melalui SMS Banking. Pada metode ini, kalian harus berhati-hati, sebab dalam melakukan transfer menggunakan metode ini terkadang orang lain bisa melihat SMS dan PIN kalian. Sehingga setelah selesai kalian melakukan transfer, langsug saja kalian hapus riwayat transfernya.

Nah sedangkan dengan Cara transfer BNI ke BCA melalui SMS Banking cukup mudah. Kalian simak saja tutorial lebih lengkapnya di bawah ini :

  • Pertama, kalian buka aplikasi SMS di HP,
  • Kemudian kalian tulis format transfer seperti di bawah ini

TRANSFER<space>ANTARBANK<space>Kode Bank+No Rek Tujuan<space>Nominal#Kode Referensi#

Contoh: TRANSFER ANTARBANK 01485637927642 100000##

  • Lalu angka 014 di depan nomor rekening tujuan merupakan sebuah kode bank BCA. Jika transfer ke Bank BCA, kalian harus menggunakan kode tersebut,
  • Setelah itu, kalian kirim ke 3346,
  • Tunggu sebentar dan akan muncul SMS balasan untuk konfirmasi ttransfer dengan memasukkan PIN,
  • Proses transfer akan berhasil, lalu kalian akan mendapat balasan detail laporan transfer,

Cara Transfer dari BNI ke BCA Melalui ATM

Cara transfer dari Bank BNI ke Bank BCA yang terakhir ini merupakan cara yang paling ditemui. Namun cara ini kurang efektif bagi kalian yang jauh dari mesin ATM. Namun tak ada salahnya jika kalian mengetahui cara transfer menggunakan ATM, berikut tutorialnya :

  • Pertama, masuk ke ATM dan masukkan kartu atm BNI milik kalian,
  • Masukkan PIN dan pilih menu lainnya,
  • Kemudian kalian pilih Transfer dan pilih dari rekening tabungan,
  • Lalu kalian pilih ke Rek. bank lain dan masukkan kode bank BCA 014 dan dilanjut dengan nomor rekening tujuan,
  • Kalian klik ‘Tekan’ jika benar
  • Lalu kalian masukkan nominal transfer
  • Setelah itu, kalian ‘Tekan’ jika benar dan ‘Ya’,
  • Selesai,

Akhir Kata

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan Cara transfer BNI ke BCA ? Sebab hanya sekali dua kali saja, pasti kalian semua sudah hafal. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts