5 Cara Membuat Proposal Usaha Yang Paling Benar.

  • Whatsapp
cara membuat proposal usaha

Ketika akan memulai atau mengembangkan suatu usaha atau bisnis, biasanya pemilik usaha akan menggaet pra investor untuk bisa mendapatkan modal. Dalam mencari investor sendiri bukanlah hal yang gampang, sebab mereka tidak akan mudah menanamkan modalnya begitu saja. Oleh karena itu, para pemilik usaha perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat proposal usaha untuk bisa meyakinkan calon investor tersebut.cara membuat proposal usaha

Pengertian Proposal Usaha

Proposal usaha adalah dokumen tertulisa yang didalmnya berisi tentang proyeksi serta gambaran untuk membangun atau mengembangkan sebuah usaha atau bisnis. Lebih singkatnya proposal usaha akan menjadi gambaran rencana bisnis yang kamu jalankan ke depan agar investor tertarik untuk menanamkan modalnya.

6 Cara Membuat Proposal Usaha Dengan Tepat

Untuk bisa menarik investor, tentunya proposal usaha yang kamu buat haruslah unik dan menarik. Sebuah proposal usaha akan lebih mudah menarik investor jika dibuat secara jelas, singkat, dan padat serta tidak bertele-tele. Cara membuat proposal usaha yang unik sendiri terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan.

Pembuatan proposal harus didasarkan pada struktur serta rangkaian kata yang to the point (langsung pada intinya). Dengan berlandaskan pedoman tersebut, diharapkan calon investor akan lebih mudah proposal secara keseluruhan. Berikut ini trik dalam menyusun proposal usah dengan tepat:

  1. Membuat pendahuluan

Trik pertama yang harus dicantumkan dalam sebuah proposal usaha adalah pendahuluan. Pendahuluan disini akan memudahkan investor untuk mengetahui apa dan bagaimana latar belakang usaha yang akan dijalankan. Kamu dapat mencantumkan visi misi, rencana tujuan kedepan serta target yang akan dijangkau. Ini menjadi poin penting yang harus diperhatikan karena untuk membuat investor percaya bahwa menanamkan modal modal di usaha kamu tidak akan membuatnya rugi.

  1. Cantumkan profil bisnis atau badan usaha

Setiap badan usaha pada umumnya memiliki struktur organisasi yang sistematis. Baik itu menggunakan sistem atau bersama tim ataupun antara pemilik perusahaan dengan para pekerjanya.

Jika perusahaan tau bisnis yang kamu jalankan telah memiliki struktur organisasinal yang baik, maka dalam proposal usaha cantumkan nama-nama dari pemegang setiap jabatan. Mulai dari HRD, manajer, supervisor, marketer dan lain sebagainya. Informasi ini penting untuk menunjukkan kepada investor bahwa kamu menjalankan bisnis atau usaha tersebut secara serius.

  1. Tentukan target konsumen

Setelah bagian awal selesai, selanjutnya dalam membuat proposal usaha kamu juga harus mencantumkan siapa target pasar yang ingin dijangkau. Untuk mengetahui siapa saja target konsumen tersebut kamu dapat  melihatnya dari berbagai sisi. Mulai dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, tempat tinggal dan juga tingkat ekonomi.

Dengan menambahkan target pasar pada cara membuat proposal usaha maka akan menadi sebuah nilai plus. Sebab itu artinya usaha kamu memang memiliki pasar karena mampu mengetahui untuk siapa usaha tersebut ditunjukkan.

  1. Mencantumkan strategi marketing dan promosi

Agar investor lebih yakin untuk memberikan dana pada usaha atau bisnis kamu, maka cantumkan juga strategi promosi dan pemasaran yang akan dilakukan. Paparkan secara jelas strategi bagaimana yang akan dilakukan serta teknik promosi apa yang paling tepat untuk bisa menarik konsumen. Dengan pemahaman yang jelas dan detail, investor akan lebih mudah dalam menganalisa berapa kemungkinan keuntungan yang bisa didapatkan nantinya.

  1. Menyusun laporan keuangan

Hal penting selanjutnya yang tidak boleh dilupakan dalam membuat proposal usaha adalah laporan keuangan. Buatlah laporan keuangan secara jelas, rinci dan transparan. Laporan keuangan ini berisi tentang alokasi dana yang kamu butuhkan untuk bisa menjalankan suatu usaha/bisnis.

Baca Juga : Cara Transfer BRI ke Mandiri, Ikuti Cara Termudah Ini

Jangan lupa juga membuat skema perhitungan profit yang akan didapatkan serta perjelas berapa perhitungan bagi hasil yang diinginkan. Informasi ini akan mempermudah investor dalam menentukan berapa jumlah keuangan yang perlu mereka keluarkan. Serta berapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan atas usaha yang kamu jalankan.

Tips Membuat Proposal Usaha

Disamping kamu harus memahami bagaimana cara membuat proposal usaha yang benar, penting juga memperhatikan bagaimana tips dalam membuatnya. Dengan menggunakan beberapa tips dibawah ini, maka akan membuat para investor lebih yakin untuk menanamkan modalnya pada  usaha yang kamu jalankan.

  1. Menunjukkan kepribadian

Ketika akan membuat sebuah proposal usaha, pastikan jika kamu menyusunnya dengan menunjukkan kepribadian yang berkaitan masuk ke dalamnya. Dengan menggunakan trik ini investor akan lebih mudah melihat siapa kamu sebagai pemilik usaha. Tunjukkan pula antusiasme kamu dalam menyusun proposal agar investor semakin yakin atas proposal yang kamu ajukan tersebut.

  1. Menulis secara singkat dan jelas

Dalam membuat sebuah proposal usaha, kebanyakan orang pada umumnya cenderung menulis keahlian yang dimiliki atau biasa disebut dengan jargon. Namun sebaiknya dalam membuat jargon tersebut ditulis menggunakan kata yang singkat namun jelas. Sebab hal itulah yang memang mendaji pokok bahasan sehingga berikan penjelasan yang terbaik.

Setiap investor tentu memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, beberapa orang bisa saja memahami setiap bahasan proposal usaha dengan mudah dan ada juga yang sebaliknya. Ini tentu menjadi perhatian tersendiri, dan kamu dituntut untuk bisa membuat para pembaca tertarik dengan apa yang kamu tulis. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan penjelasan menggunakan bahasa yang jelas, singkat, sederhana dan logis.

  1. Menggunakan gambar secara cerdas

Selain tulisan, salah satu bagian yang dibutuhkan dalam pembuatan proposal usaha adalah gambar. Dengan menggunakan gambar-gambar, proposal usaha yang kamu buat juga lebih menrik dan tidak membosankan. Tetapi, pastikan bahwa gambar yang digunakan juga tidak berlebihan.

Gambar akan berperan sebagai penyalur ide yang memngkinkan para investor akan tertarik saat membacanya. Pastikan juga bahwa gambar-gambar yang digunakan tidak mengganggu para pembaca.

  1. Bangun argumen yang masuk akal

Proposal usaha yang baik adalah proposal yang menjelaskan secara jelas bagaimana suatu bisnis dijalankan. Didalam proposal usaha kamu wajib menjelaskan bagaimana cara-cara yang akan ditempuh untuk memajukan bisnis. Oleh karena itu, agar investor bisa percaya, Cara terbaik yang bisa digunakan yakni dengan mencari fakta terbaik serta argument pendukung.

Buat tema bisnis menjadi kuat lewat berbagai penjelasan yang baik dan terarah serta dapat ditarik menjadi sebuah kesimpulan yang masuk akal. Pikirkan segala argument apa yang muncul dan berseberangan, dengan begitu kamu akan lebih siap untuk mempresentasikannnya.

  1. Hindari typo (kesalahan pengetikan) dan copy paste

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam cara membuat proposal usaha adalah hindari melakukan copy paste dari proposal orang lain. Kamu hanya dapat menggunakan proposal yang sudah ada hanya sebagai acuan atau referensi. Sehingga pemakaian frasa yang dianggap mendukung bisa ditempatkan secara teoat.

Disamping itu, cara membuat proposal usaha yang baik adalah proposal yang tidak memiliki banyak kesalahan baik dari segi penulisan atau pengetikan beserta dengan datanya. Pastika data-data yang kamu gunakan di dalam proposan merupakan fakta yang valid, sehingga investor merasa yakin dengan apa yang kamu tulis.

Related posts