Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI

  • Whatsapp
cara transfer uang lewat atm bni

Cara transfer uang lewat ATM BNI sebenarnya mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ternyata masih banyak loh orang yang merasa kesulitan untuk melakukannya. Bagi mereka yang masih belum fasih menggunakannya, biasanya mereka masih menggunakan jasa teller bank untuk melakukan transfer dengan kata lain mereka masih menggunakan cara konvensional untuk transfer uang.

Kehadiran Automatic Teller Machine yang kemudian disingkat ATM, sebenarnya berfungsi untuk mempermudah beberapa proses transaksi yang biasanya harus dilakukan di bank. Mesin ini memiliki kegunaan utama untuk membantu para nasabah dalam proses transaksi uang agar lebih praktis, cepat, dan juga mudah. Dan juga, agar para nasabah tidak harus berlama-lama mengantri di bank.

Dengan adanya ATM, ada harapan agar para nasabah mengurangi tingkat intensitas untuk melakukan transaksi lewat teller bank. Tapi tak hanya ATM saja loh yang digunakan untuk memudahkan transaksi para nasabah. Di zaman digital ini, sudah banyak bank yang menyediakan transaksi lewat internet banking, SMS banking, dan juga mobile banking.

Tersedianya ragam pilihan metode transaksi keuangan tersebut, tentu sangat membantu para nasabah agar lebih mudah dalam melakukannya. Namun, teknologi awal yang diperkenalkan untuk mempermudah setiap transaksi, adalah kehadiran ATM yang bisa juga disebut dengan Anjungan Tunai Mandiri.

Secara kesejarahan, ATM diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1987 oleh CIMB Niaga yang dulunya diberi nama bank Niaga. Setelah adanya ATM yang dikeluarkan oleh CIMB Niaga, bank BCA kemudian menyusul untuk menyediakan ATM pada tahun 1988. Dan kemudian, bank-bank lain segera menyusul mereka.

Dengan menggunakan ATM, kamu bisa melakukan beragam transaksi ke hampir seluruh dunia. Termasuk dalam proses transaksi menerima ataupun mengirimkan uang, membayar tagihan, dan juga ketika kamu melakukan pembayaran.

Salah satu bank yang juga menyediakan ATM untuk memudahkan para nasabahnya adalah bank BNI. Bank ini merupakan salah satu bank tertua yang ada di Indonesia. Dan hingga saat ini, salah satu bank terbesar di Indonesia ini juga telah memiliki ATM yang banyak tersebar di berbagai wilayah. Dari kota-kota besar hingga ke pelosok-pelosok negara Indonesia.

Bank BNI sendiri, memiliki dua jenis ATM. Mereka menyediakan ATM untuk penarikan tunai dan juga ATM untuk setoran tunai. Nah, terkait cara transfer uangĀ  lewat ATM BNI adalah sebagai berikut:

Inilah Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI Mudah Dipahami

Seperti yang sudah dituliskan di atas, untuk melakukan transaksi ataupun transfer melalui ATM merupakan suatu hal yang praktis dan juga mudah. Kamu hanya perlu untuk mengikuti beberapa petunjuk yang bisa kamu lihat di layar monitor ATM. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk transfer uang lewat ATM khususnya bank BNI:

  • Kamu harus memasukkan kartu ATM BNI yang dimiliki ke dalam mesin ATM. Jangan lupa, kamu harus memastikan posisi ATM ketika dimasukkan, sudah sesuai dengan ketentuan dari petunjuk yang disediakan.
  • Pilihlah bahasa pengantar yang tentu bisa kamu mengerti. Biasanya hanya ada dua pilihan bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Agar lebih memudahkan kamu, pilihlah opsi Bahasa Indonesia.
  • Masukkan PIN 6 digit dari ATM BNI milikmu. PIN yang merupakan singkatan dari Personal Identification Number adalah kode ataupun angka yang sebelumnya telah kamu buat saat pertama kali membuka rekening. Pada tahap ini, kamu jangan terlalu sering melakukan kesalahan. Kalau melakukannya, ATM yang kamu miliki bisa tertelan oleh mesin ATM BNI.
  • Setelah kamu selesai memasukkan PIN, oleh layar monitor kamu akan ditampilkan menu penarikan dalam beberapa nominal. Selain itu, kamu juga akan ditampilkan opsi penarikan dalam jumlah lain, informasi mutasi, dan juga menu lain yang di dalamnya memuat opsi cek saldo tabungan, transfer dan beberapa opsi lainnya.
  • Untuk melakukan transfer, kamu harus memilih opsi Menu Lain. Setelah memilihnya, kamu akan ditampilkan beberapa opsi lagi seperti transfer, penarikan tunai, informasi saldo tabungan, dan lain sebagainya.
  • Untuk melakukan transfer, tentu kamu harus memilih menu Transfer.
  • Setelah memilih opsi tersebut, kamu akan diberikan dua pilihan dari dua jenis rekening; rekening giro dan rekening tabungan. Agar lebih mudah, pilih saja jenis rekening tabungan yang kamu miliki.
  • Tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor rekening tujuan. Jika transfer yang akan kamu lakukan untuk sesama bank BNI, maka pilih opsi ke Rekening BNI. Akan tetapi, jika kamu ingin melakukan transfer ke bank lainnya, maka pilihlah opsi ke Rekening bank lain. Untuk bisa transfer ke bank lain, sebelumnya kamu harus memasukkan kode dari bank yang kamu tuju. Biasanya, kode dari seluruh bank yang ada di Indonesia bisa kamu akses dari opsi Daftar Bank.
  • Tahap selanjutnya setelah kamu memilih tujuan rekening, adalah memasukkan nomor rekening yang dituju. Dalam memasukkannya, harap dilakukan dengan cepat namun hati-hati agar tidak sering salah. Kalau kelamaan, biasanya kamu harus mengulangi dari tahap memasukkan PIN ATM bank BNI milikmu.
  • Setelah menuliskan nomor rekening tujuan transfer, langkah selanjutnya adalah kamu harus memasukkan nominal uang yang ingin kamu transfer. Disini ada ketentuan minimum, yakni Rp 10.000 dalam sekali transfer. Jika angka yang kamu masukkan sudah benar, selanjutnya pilih opsi Tekan Jika Benar.
  • Kemudian, kamu akan disuruh untuk memasukkan kode referensi. Namun ini bersifat opsional. Jadi kamu bisa memilih untuk tidak mengisinya dan melanjutkan tahap transfer. Pilih lagi opsi Tekan Jika Benar.
  • Di tahap ini, kamu akan diminta konfirmasi ulang dengan diberi tampilan kode rekening tujuan serta nama pemilik rekening tersebut. Jika kamu rasa nomor dan nama rekening sudah tepat, pilih opsi Ya. Namun, jika data yang ditampilkan ada yang tidak sesuai, maka kamu bisa memilih opsi Tidak.
  • Jika pada tahap sebelumnya kamu memilih opsi Ya. Maka proses transfer yang kamu lakukan sudah bisa dikatakan berhasil. Kamu hanya tinggal menunggu proses tersebut dijalankan oleh mesin ATM secara otomatis.
  • Jika kamu sudah selesai melakukan transfer dan tidak memiliki keperluan lain, maka pilihlah opsi Tekan Jika Tidak untuk menyelesaikan proses transaksi.
  • Selesai. Setelah transaksi sudah selesai, jangan lupa untuk menunggu kartu ATM BNI keluar dari mesin ATM. Dan, jangan lupa untuk mengambil dan membawanya kembali. Setelah itu, biasanya akan keluar kertas sebagai bukti transaksi yang telah kamu lakukan. Di dalamnya berisi nominal jumlah transaksi yang dilakukan dan juga sisa saldo yang ada di dalam rekening yang kamu miliki.

Dengan melakukan beberapa tahap tentang cara transfer uang lewat ATM BNI, kamu akan lebih mudah dan tentu lebih cepat dalam melakukannya. Akan tetapi, cara ini cocok bagi kamu yang memiliki keperluan pribadi untuk transfer.

Jika kamu punya bisnis dalam skala besar, kamu masih bisa menggunakan cara transfer uang lewat ATM BNI ini. Akan tetapi, kegiatan tersebut akan memakan waktu dan tenaga lantaran kamu harus bolak-balik pergi ke ATM BNI yang tersedia. Untuk kamu yang punya bisnis dalam skala besar, lebih baik menggunakan metode transfer lain seperti internet banking ataupun menggunakan mobile banking.

Cara tersebut lebih mudah dan lebih praktis daripada melakukan transfer melalui ATM BNI. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi kamu, ya!

Related posts