Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus di Android Tanpa Ribet!

cara mengembalikan video yang terhapus di android

Terkadang, ada momen dimana kamu harus kebingungan lantaran video yang dibutuhkan dalam gawai yang dimiliki tiba-tiba hilang atau tidak sengaja terhapus. Saat kebingungungan itulah, akan muncul pertanyaan bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus di android.

Sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan untuk mengembalikan video yang hilang. Ada cara yang rumit dan ada yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Untuk cara yang rumit, kamu harus melakukan root terlebih dahulu agar bisa melakukannya. Tapi jangan khawatir, kamu nggak perlu ribet nge-root gawai kamu, kok!

Cara mudah tersebut dibagi menjadi dua, yakni dengan menggunakan software di komputer atau laptop dan juga menggunakan aplikasi yang ada di playstore dan bisa kamu download secara gratis. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan video yang terhapus.

Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus di Android Menggunakan Software Komputer/Laptop

Seperti yang dikatakan di awal, salah satu cara sederhana dan mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan video yang terhapus adalah dengan menggunakan software di dalam komputer ataupun laptop. Dengan software ini, kamu bisa mendapatkan kembali video yang hilang dan sangat kamu butuhkan.

  1. Wondershare MobileTrans

Software yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan video yang terhapus adalah Wondershare MobileTrans. Tentu, kamu harus melakukan download dan proses instalasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Setelah kamu menginstall software ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, kamu harus menyambungkan perangkat android yang dimiliki pada komputer atau laptop menggunakan USB
  • Setelahnya, buka software Wondershare MobileTrans
  • Ketika software sudah berjalan, kamu akan disediakan empat menu
  • Pilih menu Android Data Recovery
  • Setelah kamu mengkliknya, secara otomatis software akan bekerja dan melakukan scanning terhadap android yang kamu miliki
  • Saat proses scanning selesai, kamu akan ditunjukkan beberapa file yang sebelumnya sengaja ataupun tidak sengaja terhapus
  • Untuk mengembalikannya sangat mudah, cari tombol Recovery
  • Klik tombol tersebut
  • Dan, softwar akan secara otomatis melakukan recover terhadap video-video kamu yang dihapus ataupun terhapus
  • Selesai
  1. Recuva

Software kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan videomu yang terhapus adalah Recuva. Sebelum bisa mengembalikan videomu, tentu kamu harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu ke dalam PC ataupun laptop yang kamu miliki. Setelah selesai melakukan instal, langsung saja ikuti beberapa langkah di bawah ini

  • Jalankan software ini terlebih dahulu
  • Sambungkan perangkat android yang kamu miliki ke komputer ataupun laptop dengan menggunakan kabel USB
  • Setelah tersambung, akan muncul tujuh opsi file apa yang ingin kamu kembalikan dan ingin kamu dapatkan kembali
  • Jika kamu ingin mengembalikan video, maka klik opsi Video
  • Lalu klik tombol OK
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk menjelaskan posisi file tersebut berada
  • Pilihlah opsi In Spesific Location
  • Kemudian pilih pengembalian file dalam android yang kamu miliki
  • Setelah kalian klik Ok, software akan secara otomatis melakukan scanning
  • Tunggu hingga proses selesai dan videomu akan kembali seperti yang kamu inginkan
  • Selesai

Kedua software tersebut bisa kamu gunakan untuk mengembalikan video yang terhapus. Akan tetapi, hal tersebut membutuhkan laptop ataupun PC untuk melakukan proses pengembalian video terhapus. Dan, sepertinya kamu agak merasa kesulitan dengan cara-cara tersebut.

Tapi tenang, selalu ada cara alternatif yang bisa kamu lakukan. Salah satu cara lain yang bisa digunakan untuk mengembalikan video terhapus miliki kamu adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa kamu untuk di playstore

Apa saja aplikasinya? Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus di Android Menggunakan Aplikasi

Seperti yang dikatakan tadi, kamu bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore untuk mengembalikan videomu yang terhapus. Cara ini bisa dikategorikan sebagai cara paling mudah untuk melakukan proses pengembalian file terhapus, karena kamu hanya butuh mendownload beberapa aplikasi ini :

  1. File Recovery – Recover Deleted Files

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah File Recovery – Recover Deleted File. Kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Setelah selesai, lakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Masuk ke dalam aplikasi tersebut
  • Ketika masuk, kamu akan disediakan empat menu utama; Photo Recovery, Video Recovery, dan Audio Recovery
  • Kalau kamu ingin mengembalikan video, maka pilih opsi Video Recovery
  • Klik tombol tersebut
  • Setelah klik, aplikasi secara otomatis melakukan pemindaian dan video-video kamu yang terhapus akan muncul dengan sendirinya
  • Pilih beberapa video yang ingin kamu kembalikan
  • Caranya, klik tombol Restore Now
  • Selesai

Cara ini tergolong sangat mudah karena hanya butuh sedikit waktu dan alat yang sederhana, yakni hanya dengan android yang kamu miliki.

  1. Aplikasi GT Recovery

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan video yang hilang adalah GT Recovery. Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik yang bisa kamu gunakan untuk keperluan tersebut. Dulunya, aplikasi ini mengharuskan penggunanya untuk melakukan root terlebih dahulu.

Tapi sekarang, GT Recovery bisa digunakan tanpa melakukan root sama sekali. Cara yang bisa dilakukan juga cukup mudah, pemindaian yang dilakukannya juga otomatis. Untuk menggunakannya, langsung saja cari dan download di playstore.

Setelah mendownload dan menginstallnya, buka aplikasi tersebut. Di tampilan awal, kamu akan disediakan sepuluh opsi yang ingin kamu recover keberadaannya. Ada Photo, Video, Pesan, Nomor Kontak, Wifi, Whatsapp, dan beberapa opsi lain yang bisa kamu gunakan.

Jika kebutuhanmu adalah mengembalikan video yang terhapus, maka yang harus dipilih adalah opsi Video. Setelah opsi tersebut kamu pilih dan tekan, maka aplikasi secara otomatis melakukan scan terhadap video-video yang sengaja maupun tidak sengaja kamu hapus.

Setelah proses scanning selesai, langkah selanjutnya adalah memilih video mana yang ingin kamu pulihkan keberadaannya. Ketika proses pemilihan video yang ingin dipulihkan sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol Restore.

Setelah mengklik, kamu diharuskan menunggu beberapa saat. Dan, selamat! Video yang pernah kamu hapus secara sengaja maupun tidak, akan kembali sesuai dengan keinginanmu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan video yang terhapus. Dengan cara itu, kamu bisa tenang lantaran keinginanmu bisa dicapai. Apalagi dengan cara yang mudah. Opsi pertama yakni dengan menggunakan software di PC ataupun laptop dan opsi kedua adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa kamu download secara gratis di Playstore.

Kehadiran teknologi sejatinya memang untuk mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal, termasuk untuk melakukan pengembalian video. Adanya teknologi, akan semakin memudahkan para penggunanya dapat melakukan apa saja yang diinginkan. Dan, tak lupa dengan cara yang lebih sederhana dan juga cara yang lebih mudah.

Related posts