13 Manfaat Push-Up Setiap Hari Sebelum Tidur

  • Whatsapp
13 Manfaat Push-Up Setiap Hari Sebelum Tidur

Benar ngga sih kalau manfaat push up sebelum tidur bisa bentuk otot bagian atas tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memiliki badan yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi kalau tujuan anda berolahraga ialah untuk membentuk otot perut. Maka, salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu push up secara rutin sebelum tidur.

Yaps, manfaat push up ini ternyata cukup baik bagi tubuh. Selain itu, jenis olahraga ini merupakan cara diet yang cukup efektif, lho. Bahkan, untuk mendapatkan manfaatnya kamu gak perlu ruang yang luas dan waktu yang lama. Simple, bukan?

13 Manfaat Push-Up Setiap Hari Sebelum Tidur

Manfaat Push Up Sebelum Tidur

Kebanyakan orang mungkin menganggap remeh manfaat push up sebelum tidur. Padahal gerakan ini adalah jenis latihan olahraga yang bisa melatih beragam otot.

Adapun manfaat push up setiap hari sebelum tidur untuk kesehatan ialah sebagai berikut :

1. Membakar Kalori

Manfaat push up sebelum tidur yang paling dasar yaitu kamu bisa membakar kalori. Oleh karena itu, gerakan olahraga tersebut bisa dilakukan sebagai salah satu aktivitas fisik yang efektif dalam menjaga kesehatan.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Mendapatkan postur tubuh yang ideal merupakan salah satu manfaat push up sebelum tidur. Melakukan olahraga ini dengan teratur dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, sehingga juga berpengaruh pada perkembangan postur tubuh yang juga semakin baik.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Melakukan gerakan push up sebelum tidur dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga hal ini dapat menghilangkan plak yang menempelpada pembuluh darah dan tentunya membantu untuk kesehtan jantung. Karenanya manfaat lain push up sebelum tidur adalah menjaga kesehatan jantung.

4. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Manfaat push up sebelum tidur lainnya adalah dapat mengurangi risiko osteoporosis. Kegiatan yang padat setiap harinya dan usia yang semakin bertambah tentunya dapat mempengaruhi kekuatan tulang kamu. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kekuatan tulang.

Olahraga ringan yang dapat mempertahankan kekuatan tulang salah satunya adalah push up. Dengan bantuan asupan kalsium setiap harinya, tulang tidak akan mudah keropos atau mengalami osteoporosis.

Jadi, dengan melakukan push up dan menjaga pola makan yang sehat setiap harinya, maka kamu akan terbebas dari risiko osteoporosis.

5. Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas

Meski hanya fokus pada tubuh bagian atas, karena lebih banyak menggunakan otot bagian atas tubuh, yaitu triceps (otot bagian luar lengan atas) dan dada. Push up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya. Karena pada saat melakukan gerakan push-up yang baik, maka otot-otot lain, termasuk otot perut, punggung, dan tungkai akan ikut aktif. Hal ini menjadi salah satu manfaat push up sebelum tidur yang bisa dapatkan.

6. Mencegah Cedera Bahu dan Punggung Bawah

Manfaat push up sebelum tidur lainnya adalah dapat mencegah cedera bahu dan punggung bawah. Push up yang dilakukan secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

Selain itu, push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

7. Meningkatkan Proses Metabolisme

Lancarnya metabolisme tubuh membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat. Metabolisme yang lancar juga dapat menghindari diri kamu dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

Saat melakukan push up secara rutin, sistem kerja otot pun ikut terlatih. Aliran tubuh pun akan menjadi semakin lancar karenanya. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi manfaat push up sebelum tidur, yaitu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

8. Meningkatkan Mood Keesokan Hari

Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika kamu terbiasa push up sebelum tidur, maka pada saat bangun tidur keesokan harinya, suasana hati akan terasa lebih bahagia. Inilah salah satu manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan.

Dengan melakukan push up sebelum tidur, aktivitas keesokan harinya akan dihadapi dengan lebih bersemangat dan bekerja lebih efektif.

9. Meningkatan Kekuatan Sendi

Manfaat push up meliputi peningkatan dukungan sendi, tonus otot, dan kekuatan. Push up sangat efektif untuk memperkuat otot di sekitar sendi bahu. Otot dan tendon di area bahu bertanggung jawab untuk menjaga tulang lengan atas di soket bahu. Namun, penting untuk meningkatkan jumlah push up secara bertahap untuk membangun kekuatan otot yang cukup. Membebani otot yang lemah secara berlebihan dapat menyebabkan cedera otot dan tendon.

10. Peningkatan Kekuatan Tubuh dan Kekuatan Otot

Ada beberapa variasi push up, dan setiap jenis push up mengaktifkan otot dengan cara yang berbeda.

Sebuah studi kecil tahun 2015 yang dipublikasikan di Journal of Athletic Training melibatkan delapan sukarelawan mengamati variasi push up berikut dan membandingkan efeknya pada kelompok otot yang berbeda:

  • Push Up Standard: Kedua tangan terpisah selebar bahu dan langsung sejajar dengan bahu. Tubuh bagian atas, sejajar dengan kaki, dan seluruh tubuh tetap kaku.
  • Pushup Lebar: Jarak antara kedua tangan dua kali lipat dari jarak di SP.
  • Narrow Push Up: Tangan berada di bawah tengah tulang dada, atau tulang dada, dengan ibu jari dan telunjuk masing-masing tangan bersentuhan.
  • Forward Push Up: Kedua tangan terpisah selebar bahu tetapi 20 cm di depan bahu.
  • Backward Push Up: Kedua tangan terpisah selebar bahu tetapi 20 cm di belakang bahu.

Studi tersebut menemukan data berikut:

  • NP menghasilkan aktivasi terbesar dari otot trisep dan pektoralis mayor, atau pecs.
  • FP dan BP menghasilkan aktivasi terbesar dari otot perut dan punggung.
  • BP mengaktifkan jumlah terbesar dari kelompok otot secara keseluruhan.
  • Backward Push Up mungkin merupakan variasi push up yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kondisi dan kekuatan tubuh bagian atas. Sementara Narrow Push Up paling cocok untuk orang yang mencoba meningkatkan ukuran, atau kekuatan trisep dan dada mereka.

11. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Kekuatan otot yang meningkat dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah mengaitkan kekuatan otot dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi tahun 2019 yang dipublikasikan Nutrition, Obesity, and Exercise menyelidiki hubungan antara jumlah push up yang dapat dilakukan seseorang dan risiko mereka mengembangkan masalah kesehatan kardiovaskular 10 tahun kemudian. Sebanyak 1.104 pria paruh baya aktif ambil bagian dalam penelitian ini.

Para peneliti menemukan perbedaan yang signifikan antara dua kelompok laki-laki; mereka yang mampu melakukan lebih dari 40 push up, dan mereka yang mampu melakukan kurang dari 10.

Laki-laki dalam kelompok 40 lebih push up 96 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah kardiovaskular dibandingkan laki-laki dalam kelompok kurang dari 10 push up.

12. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Sudah dijelaskan sebelumnya manfaat push up pada sendi dan otot. Nah, akibat sendi makin kuat, keseimbangan tubuh pun akan meningkat.

Keseimbangan ini akan berdampak pada keseharian kita, seperti saat berjalan kaki, berolahraga lari, menggendong anak, dan menenteng kantong belanja yang berat.

13. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak hanya bisa dilakukan di pagi atau sore hari, kamu yang memiliki jadwal yang sibuk bisa mencoba melakukan push up sebelum tidur. Pasalnya, ada manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan, misalnya adalah meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia.

Dengan begini, kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan keesokan harinya bisa bangun tidur dengan segar dan lebih fokus dalam menjalani aktivitas harian.

Cara Melakukan Push Up yang Benar Supaya Tidak Cedera

  • Tengkurap di atas lantai. Gerakan ini dilakukan dengan cara badan menghadap ke lantai, kemudian ambil jarak antara dua tangan selebar bahu.
  • Angkat tubuh menggunakan lengan dengan kuat. Setelah itu, Anda bisa melakukan gerakan menekan dan menarik yang masih bertumpu pada kedua tangan.
  • Turunkan tubuh sejajar dengan siku, sehingga terlihat membentuk sudut 90 derajat.
  • Gerakan push-up yang benar adalah gerakan badan yang seimbang dan sejajar, sehingga tidak boleh terlihat bagian tulang belakang ataupun bokong yang tidak rata.
  • Push-up untuk laki-laki terkadang berbeda dengan perempuan. Kaum pria biasanya bertumpuan pada ujung jari kaki. Sementara wanita bisa dilakukan dengan menggunakan lutut sebagai tumpuannya, alias setengah badan.

Related posts