SMS banking bank Nagari siap mempermudah urusan Anda untuk bertransaksi dengan cepat, mudah, dan aman. Layanan ini sifatnya otomatis dan tidak membuat Anda harus hafal format SMS.

Bank Nagari merupakan salah satu perbankan daerah yang memiliki nama besar di Indonesia. Cabangnya lumayan banyak dengan jumlah nasabah yang terus meningkat.

Pencapaian ini tentu tak bisa lepas dari keseriusan pihak bank dalam memberikan kenyamanan dan fasilitas kepada para nasabahnya. Salah satunya adalah fasilitas SMS banking yang akan membuat transaksi makin cepat melalui smartphone.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lengkap mengenai layanan SMS di perbankan Nagari ini, jadi selamat menyimak sampai selesai.

Apa itu Bank Nagari?

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat merupakan sebuah perbankan yang didirikan sejak tanggal 12 Maret 1962. Mengikuti ketetapan undang-undang, bank ini dibentuk dengan peraturan daerah, yakni pemerintah daerah tingkat 1, Provinsi Sumatera Barat.

Namanya mulai dikenal dan disebut “Nagari” sejak tahun 1996. Tujuan penamaannya adalah agar mudah diucapkan dan dikenal oleh masyarakat.

Produk bank Nagari

Berbicara mengenai produknya, perbankan ini sama dengan perbankan swasta atau negeri yang memiliki produk simpanan (tabungan), pinjaman, dan sudah ada versi syariah-nya.

 produk bank nagari

Adapun produk simpanan yang dimilikinya adalah:

  1. Sikoci Rencana.
  2. Sikoci Pendidikan.
  3. Deposito
  4. Sikoci Bisnis.
  5. Simpeda
  6. Sikoci Pensiun.
  7. Tabungan Sikoci.
  8. Giro.

Sementara untuk pinjamannya juga sudah beragam, seperti:

  1. KRK.
  2. KK-BPR.
  3. KPR-FLPP.
  4. KCU Umum.
  5. KK-Koperasi.
  6. KI-MG.
  7. KPR-MG
  8. KPUM.
  9. KMKK.
  10. KJD.

Khusus untuk syariah, perbankan daerah ini sudah mengeluarkan produk tabungan syariah buat para nasabahnya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas produk simpanannya saja. Ulasan lengkapnya di bawah ini:

Sikoci Rencana

Sesuai dengan namanya, ini adalah sejenis tabungan yang khusus buat nasabah yang ingin menabung secara rutin dalam periode waktu tertentu untuk mewujudkan impiannya.

Tabungan ini bisa dibuka dengan setoran awal Rp 100.000,- dan khusus dibuka dengan mata uang rupiah juga.

Sikoci Pendidikan

Jika Anda mau membuka tabungan untuk putra-putri agar pendidikannya terjamin, maka pilihannya adalah Sikoci pendidikan. Anda cukup menyediakan uang Rp 100.000,- saja untuk membuka tabungan ini.

Sama dengan Sikoci Rencana, setoran Sikoci pendidikan juga bersifat rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu.

Deposito

Deposito ini sama dengan Sikoci Rencana dan Pendidikan yang memang fokus buat tabungan. Bedanya, deposito adalah sejumlah uang yang memang disimpan di bank dalam jangka waktu tertentu.

Uang ini tidak bisa dicairkan bila jatuh temponya belum tiba. Anda bisa mendepositokan uang rupiah dan valuta asing di sini.

Sikoci Bisnis

Jika Anda membuka tabungan Sikoci bisnis, maka Anda bisa membuat SMS banking bank Nagari secara langsung. Hal ini karena jenis tabungan ini memang dibuat khusus buat pebisnis yang memiliki mobilitas keuangan tinggi.

Artinya, mereka memiliki arus debit kredit yang cepat dan sering bertransaksi harian. Jadi, kebutuhan akan layanan e-banking tak terelakkan lagi.

Untuk membuka Sikoci bisnis, nasabah perlu menyediakan uang Rp 1.000.000,- sebagai setoran awal.

Simpeda

Ini adalah sejenis simpanan yang lahir atas kerja sama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dengan BPDSI atau Bank Pembangunan Daerah Indonesia.

Sikoci Pensiun

Kalau Anda butuh tempat penyimpanan buat persiapan pensiun, Sikoci Pensiun tempatnya. Jika memilih jenis produk tabungan ini, maka Anda perlu menyetorkan uang secara rutin dalam jumlah yang sama pada jangka waktu tertentu.

Setoran awal jenis tabungan ini adalah Rp 100.000,-.

Tabungan Sikoci

Sejenis produk yang memang khusus menabung dengan kemudahan transaksi yang akan membuat nyaman para nasabah.

Giro

Cocok sekali buat pebisnis atau pemilik perusahaan yang sering bertransaksi dengan bilyet giro.

Apabila dilihat sekilas, jenis tabungan bank ini kebanyakan memiliki setoran awal yang sangat ringan. Jadi, cukup recommended buat Anda yang mau menyimpan uang.

SMS banking bank Nagari

Saat membuka rekening pertama kali, jangan lupa tanyakan soal layanan e-banking yang melekat pada tabungannya sehingga transaksi online kian lancar.

Salah satu fasilitas e-banking yang akan memudahkan Anda adalah SMS banking. Berbeda dengan SMS banking BCA yang membutuhkan format SMS saat hendak berkirim pesan, di sini Anda hanya perlu mengunduh aplikasi.

Aplikasi Play Store dan App Store

sms bank nagari di play store
sms bank nagari Via play.google.com

Aplikasi untuk bertransaksi melalui SMS bisa diunduh melalui Play Store dan App Store. Cara kerjanya mudah. Anda cukup melakukan langkah di bawah ini:

  1. Login ke akun SMS banking.
  2. Kemudian pilih menu sesuai kebutuhan.
  3. Selanjutnya, aplikasi akan secara otomatis mengirimkan SMS berisi format pesan sesuai dengan menu yang dipilih dan informasi yang dimasukkan ke aplikasi ke nomor 3118.
  4. Silakan klik Kirim (Send).
  5. Tunggu balasan. Biasanya isi pesannya adalah perintah untuk memasukkan dua digit PIN secara acak.
  6. Silakan ketuk angka sesuai perintahnya dan Kirim sekali lagi.
  7. Tunggu sampai informasi yang Anda butuhkan muncul dalam bentuk pesan teks.

Itulah cara mudah bertransaksi menggunakan aplikasi SMS banking dari Bank Nagari.

Fitur yang tersedia pada layanan SMS banking Bank Nagari

Layanan ini menyediakan beberapa fitur, seperti:

  1. Pengecekan saldo.
  2. Mutasi rekening dan inquery.
  3. Transfer sejumlah dana baik ke sesama bank Nagari atau antar bank.
  4. Pembelian dan pembayaran.

Cara daftar SMS banking bank Nagari

cara daftar sms banking bank nagari

Untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur dan aplikasinya sebagaimana disampaikan di atas, Anda harus mendaftarkan diri dulu. Siapkan persyaratannya dan ikuti langkah registrasi di bawah ini:

Syarat pendaftaran

  1. Pastikan Anda adalah nasabah PT BPD Sumatera Barat dan sudah memiliki buku tabungan dengan pilihan simpanan yang memungkinkan Anda mendapatkan layanan SMS banking.
  2. Layanan ini hanya bisa diaktifkan khusus untuk rekening atas nama perorangan.
  3. Sudah punya ATM bank Nagari.
  4. Mengisi formulir pengajuan yang ada di kantor cabang terdekat.

Jangan lupa, bawa kartu identitas diri saat Anda melakukan pendaftaran.

Cara registrasi

Registrasi bisa Anda lakukan sendiri melalui ATM bank nagari. Anda harus mendaftarkan nomor HP yang akan dipakai untuk berkirim pesan.

Bila langkah pertama ini berhasil, maka Anda bisa menggunakan SMS banking untuk bertransaksi non finansial, misalnya mengecek saldo tabungan.

Nah, untuk bisa melakukan transaksi finansial, seperti transfer, pembayaran, dan yang lainnya, Anda perlu melengkapi langkah registrasi di kantor cabang dan meminta bantuan pada customer service.

Di sini, petugas akan membantu Anda dengan cepat dan tanggap sehingga layanan aktif dan siap untuk digunakan.

Apabila kesulitan melakukan langkahnya dari awal, Anda juga bisa meminta tolong sekalian sejak awal. Jadi tak perlu mendaftar sendiri di ATM. Cukup isi formulir pengajuannya dan terima jadi saja karena petugas siap membantu.

Demikian informasi mengenai produk dan layanan SMS banking bank Nagari yang melekat pada produk simpanan-simpanan tertentu saja. Semoga lancar registrasi dan selamat bertransaksi aman di perbankan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here