Jika bicara tentang cara supaya blog menghasilkan uang, kita akan selalu berpikir bahwa satu – satunya cara untuk mendapatkan uang dari blog adalah melalui adsense. Apa itu adsense?

Adsense merupakan suatu program kerjasama periklanan yang diselenggarakan oleh Google melalui media internet. Jadi pemilik suatu blog, website atau YouTube bisa bekerjasama dengan Google untuk memonetize website atau channel YouTubenya dengan program adsense ini. Ada gak ya cara pasti agar Blog menghasilkan uang selain dari adsense ?

Mengenai program kerjasama periklanan sendiri sebenarnya ada banyak macamnya. Tidak hanya adsense yang bisa diandalkan. Masih banyak model kerjasama periklanan lain selain adsense yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Hanya saja tak banyak orang yang tahu tentang hal tersebut. Karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengulasnya untuk Anda. Lantas, apa sajakah cara menghasilkan uang selain adsense yang bisa dimanfaatkan?

Cara Supaya Blog Menghasilkan Uang Selain Adsense

Menyediakan slot iklan (Private ads)

Menyediakan slot iklan (Private ads)

Jika selama ini Anda hanya memanfaatkan Google Adsense sebagai satu – satunya alternatif penghasilan Anda, maka itu artinya Anda hanya mendapatkan satu sumber penghasilan saja. Besar dari penghasilan Anda pun tergantung jumlah klik dan hasilnya tidak bisa menentu.

Akan tetapi lain halnya jika Anda menyediakan slot iklan sendiri, maka biaya dan durasi waktunya bisa Anda tetapkan sendiri sehingga penghasilan bisa Anda targetkan sendiri pada akhirnya. Dengan begitu Anda tidak hanya tergantung atas clicking seseorang atas iklan yang terpasang.

Sebagai contoh, Anda bisa siapkan slot iklan dengan harga 500 ribu rupiah per bulan.

Itu artinya orang yang ingin beriklan di website Anda, mereka harus membayar sebesar 500 ribu rupiah per bulan kepada Anda. Bagaimana jika nantinya Anda menyediakan sebanyak 4 slot iklan per bulan? Itu artinya bahwa dalam satu bulan Anda bahkan bisa mendapatkan dana sebesar 2 juta rupiah hanya dari satu sumber saja. Bukankah hal ini lumayan?

Lantas, apakah Anda tertarik dengan cara pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog ini?

Jika Anda tertarik untuk melakukan cara menghasilkan uang ini supaya blog menghasilkan uang selain dari sumber adsense, maka ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan diantaranya yaitu :

  • Traffic visitor harus tinggi. Jadi jika Anda ingin menerapkan cara pertama ini, minimal traffic visitor harian blog Anda ribuan seharinya agar pengiklan juga berminat mengiklankan produk di blog Anda.
  • Posisi iklan harus potensial. Pastinya pengiklan sangat ingin supaya iklan mereka di klik. Karena itu, Anda harus meletakkan iklan di posisi yang potensial seperti di bagian atas konten dan sidebar blog.
  • Pastikan relevansi konten dengan apa yang diiklankan itu ada. Jadi jika blog Anda membahas tentang kesehatan, baiknya Anda upayakan mencari pengiklan yang memiliki produk tentang kesehatan. Jangan Anda mencari pengiklan produk teknologi, mereka tidak akan berkenan mengiklankan produknya di tempat Anda.

Affiliasi marketing

Apa itu Affiliasi marketing? Program affiliate ini merupakan suatu program promosi dari link. Jadi tugas Anda sebagai seorang affiliate marketer adalah membagikan link suatu perusahaan yang menawarkan kerjasama affiliasi di blog Anda.

Kemudian jika ada orang yang klik link yang Anda tanam di blog Anda tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi dari clickers. Program affiliasi yang ditawarkan sendiri sekarang ini sudah ada banyak bentuknya.

Ada produk fisik atau pun produk digital yang menawarkan program afiliasinya. Bahkan mulai dari produk yang murah sampai dengan yang mahal sekalipun menawarkan program afiliasinya. Salah satu contoh website yang kini membuka layanan afiliasi atas produk fisik yaitu Amazon Affiliate.

Sementara contoh website yang membuka layanan afiliasi atas produk digital yaitu Clickbank. Anda bisa pilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda bisa daftar disana dan kemudian ambil link affiliasinya.

Setelah itu Anda bisa tanamkan di artikel blog Anda. Anda akan dapatkan komisi setelah ada client yang klik link affiliate tersebut yang dibagikan di blog Anda. Mudah bukan prosedur mendapatkan keuntungan melalui program ini?

Menjual produk melalui website Anda

Menjual produk melalui website Anda

Jadi, website Anda juga bisa digunakan untuk menjual suatu produk. Lantas, apa sajakah produk yang bisa dijual secara online melalui website Anda? Agar blog menghasilkan uang, hal ini bisa dilakukan.

Tentu saja bisa dikatakan semua produk bisa dijual secara online melalui website Anda. Anda bisa menjual produk fisik, produk digital atau pun produk jasa dengan menawarkannya melalui website sehingga pengunjung website Anda akan melihat, mempertimbangkan apa yang Anda tawarkan dan berakhir dengan closing atau pembelian.

Jika Anda tertarik untuk menawarkan produk fisik melalui blog, Anda bisa jual produk kuliner. Namun pastikan produk kuliner yang Anda jual adalah produk kuliner yang tidak mudah basi sehingga walau dikirim ke luar kota sekalipun tidak akan beresiko.

Mengenai apa saja produk kuliner yang cocok untuk Anda jual dan prospek pasarnya cerah, Anda bisa baca : Daftar Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku, Wajib Dicoba Nih!

Flipping blog

Apa yang dimaksud dengan flipping blog? Bahasa sederhana dari flipping blog artinya cari uang lewat blog dengan jualan blog atau website itu sendiri. Blog menghasilkan uang dari hasil penjualan pastinya tidak sedikit lho pendapatannya.

Jadi ada suatu website terpopuler yang biasa sering digunakan blogger untuk menjual blog mereka. Website populer tersebut bernama flippa. Ketika Anda mengakses flippa, Anda bisa cari tahu disana berapa harga dari sebuah website. Anda pasti akan tercengang melihat harganya.

Tak tanggung – tanggung, harganya ada yang bahkan berkisar ratusan dolar sampai dengan puluhan ribu dolar. Bahkan juga ada yang sampai jutaan dolar. Yang membedakan harga dari sebuah blog jelas adalah kualitasnya.

Semakin tinggi kualitas suatu blog, maka akan semakin mahal semuanya. Jika bicara mengenai kualitas, kualitas sendiri bukan hanya berbicara tentang traffic sebenarnya. Akan tetapi masih banyak faktor lain seperti halnya mengenai kesehatan domain, hosting dan yang lainnya yang juga berpengaruh pada kualitas suatu blog yang akan dijual.

Continuity program

Continuity program

Apa itu continuity program? Yang dimaksud dengan continuity program adalah suatu website member berlangganan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak blogger yang meraup uang dengan continuity program. Program yang seperti ini di luar negeri memang benar – benar booming.

Hal tersebut karena memang sistemnya berlangganan. Sehingga penghasilan yang didapat pun tiap bulan akan selalu mengalir. Bahkan bisa dikatakan nilainya cenderung selalu naik dari waktu ke waktu. Hal tersebut terjadi karena setiap bulan membernya akan cenderung bertambah.

Jika Anda tertarik dengan konsep continuity program untuk mendapatkan penghasilan, ada dua cara yang Anda bisa lakukan untuk melakukan program ini yaitu dengan cara manual atau cara otomatis. Cara manual artinya Anda harus melakukan segala hal secara manual. Sebagai contoh, jika client Anda memilih pembayaran bulanan setiap tanggal 5, maka setiap tanggal 5 Anda harus menagih client dengan menelepon atau chatting mereka.

Sementara melalui cara otomatis bisa dengan Anda menggunakan website melalui bantuan beberapa tool premium yang ada.

Blog review

Nah, peluang cari uang melalui blog yang lainnya adalah blog review. Untuk program yang satu ini sebenarnya di Indonesia masih sangat jarang sekali terjadi. Jadi Anda bisa mendapatkan uang dengan cara melakukan review atas produk dari orang lain. 

Tugas yang Anda miliki sangat simple sebenarnya. Anda hanya diminta untuk melakukan review atas sebuah produk. Kemudian hasil review tersebut bisa Anda posting didalam blog. Mengenai besarnya upah pun tergantung dari pemilik produknya berkenan bekerjasama membayar Anda berapa untuk review yang Anda lakukan.

Nah, ada banyak bukan cara supaya blog menghasilkan uang selain adsense yang bisa dicoba? Anda bisa mulai memanfaatkan salah satunya. Jadi jangan hanya terpaku pada adsense karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui blog selain adsense. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here