Cara Pembayaran Paspor Via ATM BNI

by -4 views

Pembayaran paspor via atm bni dapat dilakukan dalam rangka agar dapat memberikan kepastian pelayanan, biaya, serta transparansi kepada masyarakat. Selain itu, hal ini juga diharapkan bisa mengurangi antrian yang terjadi pada saat pembayaran di kantor imigrasi, serta dapat memudahkan proses rekonsiliasi dan juga untuk mendukung program dari pemerintah agar melakukan pembayaran PNBP atau penerimaan  negara bukan pajak secara online.

Untuk cara bayar paspor itu sendiri dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan dari pihak bank bni. Sekarang pembayaran paspor via atm bisa dilakukan tanpa merasa khawatir, karena aman, mudah, serta cepat hanya dengan melalui seluruh outlet dari bank. Untuk pelayanan bayar paspor via atm bni, baik paspor baru, penggantian, atau cara pembayaran pembuatan paspor bisa dilakukan secepatnya serta diterapkan di 115 kantor imigrasi yang ada di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Pembayaran Paspor Via ATM BNI

bagaimana cara pembayaran paspor via atm bni

Ada beberapa metode untuk cara membayar paspor yang dapat membantu anda, karena dengan adanya bayar paspor online, diharapkan bisa meminimalisir antrian. Berikut cara pembayaran paspor via atm, yaitu:

  1. Cara pembayaran paspor via bank BNI
  • Cara membayar paspor melalui mobile banking BNI

Pertama anda membuka aplikasi BNI Mobile, selanjutnya anda masukkan  user id serta mpin. Lalu anda pilih fitur pembayaran dan juga pilih fitur mpn g2. Setelah itu anda pilih rekening debet serta masukkan nomor tagihan beserta kode billing. Anda juga perlu pastikan kebenaran pembayaran paspor, apabila sesuai masukkan password dan pilih lanjut. Apabila transaksi berhasil maka bukti pembayaran paspor untuk bukti penerimaan negara akan dikirim lewat email.

  • Cara membayar paspor melalui ATM BNI

Pertama anda masukkan kartu atm BNI pada mesin atm BNI. Selanjutnya anda pilih bahasa Indonesia dan masukkan PIN. Setelah itu anda pilih menu lain, lalu pilih pembayaran dan pilih pajak atau penerimaan negara. Selanjutnya anda pilih pajak atau PNBP atau bea dan cukai serta masukkan kode billing. Agar dapat memastikan kebenaran nominal pembayaran paspor, lalu anda pilih tekan ya. Lalu anda ambil struk bukti pembayaran paspor yang digunakan sebagai bukti penerimaan negara.

  • Cara membayar paspor melalui internet banking BNI

Pertama anda akses situs https://ibank.bni.co.id/, lalu anda pilih bahasa Indonesia serta memasukkan user id dan juga password, lalu anda pilih login. Pilih menu transaksi, pilih menu pembelian atau pembayaran dan pilih pembayaran tagihan. Selanjutnya pilih list opsi penerimaan negara dan pilih pajak, ditjen anggaran, dan masukkan kode billing, pilih jenis mata uang dan pilih rekening debet, masukkan password. Langkah terakhir anda download bukti pembayaran paspor sebagai bukti penerimaan negara.

  • Cara membayar paspor EDC BNI

Gunakan mesin EDC yang digunakan khusus untuk pembayaran penerimaan negara. Tekan tombol f1 dan gesek kartu dan menampilkan nomor kartu pilih yes. Masukan Kode billing dan pin kartu, tekan enter. Apabila data billing sudah benar anda tekan tombol enter. Lalu anda masukkan kembali PIN untuk konfirmasi transaksi dan tekan tombol enter. Apabila berhasil mesin EDC akan mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran paspor untuk bukti penerimaan negara.

Baca juga : 4 Jenis Kerja Online Dibayar

Bagaimana Cara Pembayaran Paspor Via Bank Lain?

bagaimana cara pembayaran paspor via bank lain

1.Pembayaran paspor via Bank Mandiri

  • Cara pembayaran paspor melalui mobile banking mandiri

Pertama anda buka aplikasi mandiri online dan pilih login. Setelah itu anda pilih fitur bayar, lalu pilih fitur penerimaan negara dan pilih nomor rekening sumber. Selanjutnya anda pilih penyedia jasa pajak, PNBP, atau cukai serta memasukkan id atau kode billing. Konfirmasikan kebenarannya dan pilih konfirmasi serta pilih lanjut. Apabila muncul layar konfirmasi maka anda masukkan MPIN, lalu akan muncul resi dan resi akan dikirim lewat email untuk bukti penerimaan negara.

  • Cara pembayaran paspor melalui ATM Mandiri

Pertama untuk pembayaran paspor via ATM Mandiri yaitu dengan memasukkan kartu ATM mandiri, lalu anda pilih bayar atau beli serta pilih penerimaan negara dan pilih pajak, PNBP, atau cukai. Selanjutnya masukkan id atau kode billing. Setelah itu pastikan kebenaran pembayaran paspor dan pilih ya. Lalu, setelah selesai pembayaran paspor online via ATM Mandiri, anda ambil struk bukti pembayaran paspor untuk bukti penerimaan negara.

  • Cara pembayaran paspor melalui EDC Mini ATM

Pertama anda pilih menu penerimaan negara dan tekan ok, lalu pilih pembayaran pajak, PNBP, atau cukai dan tekan ok. Setelah itu gesek kartu atm dan tekan ok. Lalu anda konfirmasi dengan tampilan kode biller dan tekan lanjut serta masukkan id atau kode billing dan tekan ok. Pada layar EDC menampilkan konfirmasi dan pilih lanjut. Setelah itu tampil konfirmasi amount, pilih lanjut dan tekan ok. Maka mesin EDC akan mengeluarkan struk bukti pembayaran paspor untuk bukti penerimaan negara.

2. Pembayaran paspor melalui Bank BRI

  • Cara pembayaran paspor melalui ATM BRI

Pertama untuk bayar paspor via ATM BRI anda masukkan kartu, pilih bahasa Indonesia, dan masukkan pin. Setelah itu pilih transaksi lain dan pilih pembayaran serta pilih lainnnya. Selanjutnya anda pilih MPN dan masukkan kode billing, maka muncul konfirmasi pembayaran dan tekan benar. Lalu ambil struk bukti pembayaran paspor untuk bukti penerimaan negara.

  • Cara pembayaran paspor melalui internet banking BRI

Pertama anda akses http://ib.bri.co.id dan login dengan username dan password. Pilih menu pembayaran tagihaan, pilih menu pembayaran MPN, masukkan id atau kode billing, dan klik kirim. Pastikan transaksi pembayaran paspor anda benar dan klik permintaan token. Kode mtoken dikirim melalui sms di nomor hp yang terdaftar, masukkan mtoken dan password, klik kirim dan simpan bukti pembayaran paspor.

  • Cara pembayaran paspor melalui EDC BRI

Pertama  pilih menu ATM dan tekan tombol navigasi mesin EDC BRI, pilih MPIN, gesek kartu atm di track card EDC BRI dan masukkan pin ATM BRI. Selanjutnya masukkan kode billing atau ID, tekan tombol warna hijau atau enter, pastikan kebenaran transaksi pembayaran paspor benar dan pilih lanjut. Ambil struk dari EDC sebagai bukti penerimaan negara.

3. Pembayaran Paspor melalui Bank BTN

  • Cara pembayaran paspor melalui mobile banking BTN

Pertama pilih fitur pembayaran, pilih pajak, pilih rekening suber pembayaran, pilih jenis billing bukan pajak, masukkan kode billing, dan pastikan kebenaran pembayaran paspor sesuai dan masukkan pin serta pilih ok. Muncul pembayaran paspor berhasil dan bukti pembayaran paspor akan dikirim melalui email yang terdaftar untuk bukti penerimaan negara.

  • Cara bayar paspor melalui ATM BTN

Masukkan kartu ATM dan masukkan PIN, pilih transaksi lainnya, pilih pembayaran, pilih MPN G2, masukkan kode billing, pilih lanjut, dan pastikan transaksi sesuai dengan nominal pembayaran paspor dan pilih ya. Mesin ATM mengeluarkan struk untuk bukti penerimaan negara.

 

Bagi anda yang belum mengetahui tentang bagaimana cara pembayaran paspor via atm bni dan bank yang lainnya. Mungkin beberapa penjelasan diatas dapat membantu anda, apabila ingin melakukan pembayaran paspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *