14 Cara Alami Ampuh Mengobati Sakit Tenggorokan

14 Cara Alami Ampuh Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi virus dan bakteri, alergi, iritasi, dan paparan polusi, seperti asap rokok. Pengobatannya bisa bermacam-macam, termasuk dengan aneka obat alami sakit tenggorokan yang mudah ditemukan dan bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah loh. 

Sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus, karena itu pemakaian antibiotik untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus tentu saja hal yang sia-sia.

Antibiotik seharusnya digunakan untuk membunuh bakteri, bukan virus. Pemakaian antibiotik secara berlebihan bisa mengakibatkan kuman menjadi kebal. Hal ini akan berujung kepada resistensi antibiotik yang sulit ditangani, bahkan menimbulkan infeksi berat yang mematikan.

Banyak variasi pengobatan alami untuk sakit tenggorokan yang bisa dilakukan sendiri. Kebanyakan dari pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan tersebut mungkin sudah Anda kenal sejak lama.

14 Cara Alami Ampuh Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Ampuh Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Cepat dan Alami

Berikut beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah :

1. Air Garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan.

Sebuah studi menemukan bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Namun ingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

2. Madu

Baik dicampur dengan teh atau diminum langsung, madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), mengonfirmasi efektivitas madu dalam meredakan batuk. Selain itu, studi lain juga mendukung klaim bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Dengan khasiatnya ini, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

3. Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Kemampuannya ini dimiliki karena mengandung sifat antibakteri. Hanya saja, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya.

Saat hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Nama senyawa tersebut adalah allicin. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit.

Jika tidak sanggup untuk memakannya secara mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah secara mentah.

4. Sup Ayam Hangat

Jangan pernah menganggap makanan enak tidak pernah bisa dijadikan obat. Sup ayam hangat bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan  tenggorokan kering.

Menikmati sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan meski tenggorokan sakit sekalipun. Dengan mengonsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat tetap terpenuhi, sekaligus juga mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

5. Teh Hangat

Meminum teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat dari jenis apa pun, entah herba atau nonherba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh, agar sakit tenggorokan lebih cepat sembuh.

6. Licorice

Obat alami sakit tenggorokan yang satu ini dikenal juga dengan sebutan akar manis. Licorice bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lendir sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat.

Namun perlu diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan licorice sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi.

7. Minum Susu Kunyit

Susu hangat dengan sejumput kunyit bubuk merupakan obat tradisional untuk melawan infeksi dan penyakit yang diperparah dengan lemahnya kekebalan tubuh, termasuk radang tenggorokan. Itu karena kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi.

8. Minum Banyak Air Mineral

Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi. Karena itu pastikan kebutuhan cairan selalu tercukupi dengan air mineral. Selain itu cairan juga menjaga agar selaput lendir senantiasa lembap agar iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah.

9. Makan Buah Pisang

Pisang kaya akan vitamin, vitamin B6, kalium, dan kalsium yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab radang serta batuk.

10. Cuka Sari Apel

Obat sakit tenggorokan dari bahan alami yang pertama adalah cuka sari apel. Cuka bersifat asam dan dapat membantu membunuh bakteri di tenggorokan, sekaligus membantu meredakan sakit tenggorokan. Cara ini juga diyakini mampu membantu melonggarkan dahak yang berpotensi mengiritasi tenggorokan.

Cara penggunaan cuka sari apel sebagai obat sakit tenggorokan : Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 250 ml air. Kita juga bisa mengombinasikannya dengan 1 sendok teh garam untuk memberikan fungsi obat kumur dari cuka.

11. Peppermint

Bukan permen, namun gunakan daun tanamannya sebagai obat sakit tenggorokan secara alami. Komponen utama adalah peppermint adalah mentol, yang dapat bertindak sebagai dekongestan dengan cara mengencerkan lendir. Peppermint dapat meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk kering.

Cara menggunakan peppermint sebagai obat sakit tenggorokan secara alami adalah minumlah teh peppermint. Kita juga bisa menambahkan sedikit minyak peppermint ke diffuser atau mengoleskan sedikit minyak atsiri ke bagan dada.

12. Istirahat

Ini adalah hal penting dalam proses pemulihan saat sakit tenggorokan. Memiliki tidur malam yang cukup dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Selain itu, mengurangi bicara juga bisa membantu mengistirahatkan tenggorokan kita hingga terasa lebih nyaman.

13. Menggunakan Humidifier

Alat pelembap udara ini dapat membantu melembapkan udara kering dan menjaga tenggorokan kering tetap lembap. Jika tidak memilikinya, kita bisa menampung air panas mengalir di dalam wadah kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uap yang dihasilkan. Selain itu, kita juga bisa mandi air hangat dalam waktu lama. Udara lembap dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang bengkak dan dapat membantu jika kita juga mengalami suara serak.

14. Kompres Air Hangat

Gunakan kompres air hangat di leher menggunakan heating pad atau botol berisi air hangat. Menghangatkan tenggorokan dapat membantu menenangkan kelenjar getah bening. Namun, pastikan menggunakan handuk basah untuk membungkus wadah air hangat tersebut sebelum ditempelkan ke leher.

Selain menggunakan berbagai obat alami sakit tenggorokan yang sudah disebutkan di atas, hal yang tidak boleh dilupakan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah berhenti merokok, sebab merokok dapat menyebabkan tenggorokan kering, iritasi, dan meradang sehingga sakit tenggorokan akan menjadi lebih susah sembuh. Istirahat cukup juga berperan penting dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Related posts