16 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

16 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tak hanya lezat, manfaat buah naga merah untuk kesehatan pun beragam. Selain menjaga daya tahan tubuh, berbagai kandungan nutrisi di dalam buah ini juga diduga dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Nah, simak artikel ini untuk tahu lebih jauh tentang manfaat buah naga lainnya.

Buah naga merah merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau, buah ini juga mudah ditemukan, baik di supermarket atau pedagang tradisional.

Rasa yang manis dengan kandungan air yang banyak dan daging buah yang bertekstur lembut, membuat buah ini nikmat disantap terutama saat cuaca sedang panas.

Selain bisa memanjakan lidah, buah naga juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sayang rasanya jika melewatkan beragam manfaat dari buah yang masih satu keluarga dengan kaktus ini.

16 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kandungan Gizi dari Buah Naga

Buah naga memiliki sejumlah varietas, yang ditandai dengan perbedaan warna kulit dan daging buahnya. Di Indonesia, ada dua varietas atau jenis buah naga yang umum ditemukan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Meski memiliki warna yang berbeda, keduanya memiliki kandungan gizi yang hampir serupa. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram buah naga merah mentah adalah :

  • Air: 85,7 gram
  • Energi: 71 kal.
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 3,1 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Abu: 0,4 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Fosfor: 14 mg
  • Zat besi: 0,4 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 128 mg
  • Seng (Zinc): 0,4 mg
  • Vitamin B1: ,5 mg
  • Vitamin B2: 0,3 mg
  • Niasin atau vitamin B3: 0,5 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Tak hanya kandungan di atas, buah naga juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin E dan magnesium. Selain itu, Cleveland Clinic menyebut, buah ini juga mengandung likopen, yaitu senyawa dari kelompok karotenoid yang memberikan warna merah pada buah.

Likopen memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit. Selain likopen, buah naga juga mengandung senyawa antioksidan lainnya yang penting bagi tubuh, yaitu betalain dan hydroxycinnamates.

Manfaat Buah Naga Merah

Ada beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur, antara lain :

1. Mencegah Anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui dapat mencegah tubuh dari anemia. Ini berkat kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Zat besi merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan terganggu dan Anda berisiko tinggi mengalami anemia. Dengan mengonsumsi buah naga merah, kebutuhan zat besi tubuh akan tetap terjaga.

2. Memelihara Kesehatan Tulang

Kalsium diperlukan tubuh untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga diperlukan oleh organ, otot, dan saraf di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Buah naga merah diketahui mengandung kalsium di dalamnya. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan buah naga merah sebagai camilan sehat untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

3. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Buah naga merah merupakan jenis buah yang kaya antioksidan dan zat antosianin, yaitu pewarna alami yang memberikan warna cerah pada buah.

Kedua zat tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan membantu tubuh terhindar dari risiko terkena kanker.

4. Merangsang Pembentukan Kolagen

Kandungan vitamin C yang ada pada buah naga merah bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Dengan demikian, kelenturan dan kesehatan kulit akan tetap terjaga dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Tak hanya untuk kesehatan kulit, vitamin C pada buah naga merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mencegah Migrain

Vitamin B2 dan vitamin B3 merupakan jenis vitamin yang juga diperlukan oleh tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B, maka tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk migrain, katarak, preeklampsia, dan penyakit jantung.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa antioksidan di dalam buah naga, baik dari likopen maupun hydroxycinnamates, juga memiliki khasiat untuk membantu mencegah kanker. Dilansir dari Food Insight, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buah naga. Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dilakukan dengan menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Tak hanya itu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi buah naga juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah naga, baik buah naga merah maupun putih. Adapun antioksidan membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel, yang merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit.

10. Meredakan Batuk dan Flu

Sejalan dengan khasiat di atas, buah naga juga dapat membantu meredakan batuk dan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Meski ini bukan pengganti obat, tetapi buah naga dapat membantu menurunkan penderitaan Anda. Pasalnya, mengonsumsi makanan atau buah mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga bisa mempercepat penyembuhan.

11. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan camilan sehat sehari-hari Anda. Pasalnya, buah naga kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, Anda akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit. Sejalan dengan ini, Anda pun bisa terhindar dari obesitas.

12. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam buah naga juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Mengonsumsi makanan berserat bisa membantu mengontrol gerakan usus, sehingga Anda bisa mencegah sembelit. Selain itu, buah naga juga mengandung oligosakarida, yaitu salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

13. Melawan Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis menimbulkan iritasi parah pada persendian, sehingga penderitanya bisa mengalami kesulitan gerak. Adapun mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda melawan penyakit ini. Pasalnya, senyawa antioksidan pada buah ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan.

14. Mengurangi Jerawat

Selain mencegah tanda penuaan, manfaat buah naga untuk kulit lainnya adalah mengurangi jerawat. Oleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. Manfaat yang dapat Anda peroleh karena kandungan vitamin C pada buah ini.

15. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Bagi Anda yang menggunakan pewarna rambut, jus buah naga juga bisa membantu merawat rambut Anda. Anda hanya cukup mengoleskan jus buah naga atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada kulit kepala Anda. Dengan cara ini, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut Anda untuk bernapas dan tetap sehat serta halus.

16. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium, yang terdapat pada buah naga. Sebagai contoh, zat besi pada dalam buah naga dapat membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B dapat mencegah bayi cacat lahir. Selain itu, serat pada dalam buah naga juga bisa membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Meski demikian, kesehatan tubuh tidak hanya dapat diperoleh hanya dengan mengonsumsi buah naga saja. Anda tetap dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, mencukupi waktu istirahat, dan mengelola stres dengan baik.

Bila Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi buah naga merah, seperti gatal, bengkak, atau kemerahan di kulit, periksakanlah diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts