8 Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

8 Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan sudah diketahui sejak dahulu kala. Berkat manfaatnya ini, daun sirih merah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional untuk menangani sejumlah masalah kesehatan.

8 Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Di Indonesia, daun sirih merah (Piper crocatum) biasanya dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya atau dikunyah langsung. Selain itu, ada juga suplemen yang dibuat dari ekstrak daun sirih merah.

Sirih merah sudah sering digunakan sebagai obat oral atau pun obat topikal. Tumbuhan endemik dari Sulawesi ini memiliki kandungan banyak zat seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, dan tanin.

Sirih merah ini juga mudah dikembangbiakkan serta banyak memberi khasiat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat sirih merah yang dapat kalian ketahui :

Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan

Anda bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah berkat beragam senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, fenol, alkaloid, polifenolat, tanin, saponin, dan senyawa minyak atsiri.

Berikut adalah beragam manfaat daun sirih merah bagi kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sirih merah mengandung senyawa saponin. Sifat antiseptik yang dimiliki senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka terbuka.

Selain itu, senyawa tanin di dalam daun sirih merah juga dapat memicu terbentuknya kolagen (protein yang memberi tekstur elastis pada kulit). Kolagen dapat membuat tepi luka untuk menyusut dan menutup. Dengan begitu, luka bisa sembuh dengan lebih cepat.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus, yang dapat menyebabkan infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).

3. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis.

Pasalnya, berbagai senyawa di dalam daun sirih merah, seperti flavonoid dan fenol memiliki sifat antiinflamasi, yang bermanfaat unuk meredakan peradangan akibat penyakit rheumatoid arthritis.

4. Melawan Radikal Bebas

Kandungan flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari risiko mengalami berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas berlebih, seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, penyakit Alzheimer, dan kanker.

5. Mengobati Diabetes

Daun sirih merah juga sudah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam darah sebesar 10–38%. Manfaat daun sirih merah yang satu ini diduga didapat dari kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang ada di dalamnya.

6. Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan dan mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat daun sirih merah ini didapatkan dari minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi, seperti Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal, dan Actinomices viscosus.

7. Menghilangkan Bau Badan

Manfaat sirih merah yang keempat yaitu untuk menghilangkan bau badan. Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula, di mana keduanya dapat mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Dengan mengonsumsi air rebusan dari daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Anda juga bisa mengaplikasikan tumbukan dari daun sirih ke ketiak untuk mengatasi bau badan.

8. Atasi Kulit Gatal

Manfaat sirih merah yang ke enam adalah untuk mengatasi kulit gatal. Sirih merah memiliki sifat anti inflamasi yang kuat, sehingga tidak hanya mampu mencegah jerawat, tapi juga mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, hingga gigitan serangga. Beberapa penelitian menyatakan sifat antiseptik pada daun sirih merah lebih baik dari sabun atau produk antiseptik buatan.

Meski memang ada banyak manfaat daun sirih merah, tetapi beragam manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan daun sirih merah sebagai obat untuk mengatasi penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan pengobatan yang tepat, sesuai kondisi kesehatan Anda.

Related posts