Mudahnya Cara Daftar Jenius, Aktivasi, dan Menabung Online

by Ihsan

Mau buka rekening tanpa ke bank? Coba saja cara daftar jenius! Dengan ini, Anda bisa menabung, bertransaksi, dan dapat kartu tanpa harus antre di teller.

Jenis tabungan ini memang seperti e-money, tapi dengan kelebihan yang luar biasa. Sebab selain bisa digunakan untuk bertransaksi, Anda juga bisa memakainya layaknya buku rekening yang dibuat secara offline.

Yang membuatnya makin menarik lagi, dengan membuka tabungan online ini, Anda tidak perlu membayar biaya administrasi bulanan, biaya administrasi transfer antar banknya murah, dan tak perlu khawatir rekening dorman meski tidak digunakan bertransaksi.

Seperti apa sebenarnya Jenius ini? Kami akan mengulasnya lengkap dalam artikel ini. Jadi, yuk disimak baik-baik.

Definisi jenius adalah

Jenius adalah sejenis aplikasi perbankan digital yang dicetuskan oleh Bank BTPN. Dengan aplikasi ini, nasabah bisa savings (menabung), mengatur keuangan, bertransaksi finansial dan non finansial, hingga punya rekening bank sendiri dari layar smartphone.

definisi jenius adalah

Transaksi yang masuk ke aplikasi ini juga tak hanya terbatas di Indonesia. Tetapi juga bisa sampai di luar negeri. Sebab Anda bisa menabung dalam rupiah dan valas dengan cepat dan mudah. Semudah mengoperasikan HP.

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 11 Agustus 2016 dan disambut baik oleh para calon nasabah. Kini, selain bisa diakses lewat aplikasi. Jenius juga bisa diakses melalui web.

Bagi generasi milenial yang sering menggunakan layanan internet dan melakukan banyak hal berbasis digital, rekening ini jelas sangat menguntungkan.

2 Cara daftar jenius yang super mudah!

Hampir semua orang yang tahu fitur Jenius akan langsung tertarik untuk membuka tabungan Jenius BTPN. Bila Anda termasuk salah satunya, ketahui bahwa rekening online ini bisa dibuka oleh semua warga negara Indonesia yang sudah memiliki KTP.

cara daftar jenius yang super mudah

Kalau KTP masih dalam proses pengurusan, maka calon nasabah bisa menyertakan surat keterangan dilengkapi dengan SIM atau kartu identitas lain.

Kalau misalnya yang dimiliki KTP versi lama, bukan e-KTP, ini tidak masalah. Proses registrasi tetap bisa dilakukan.

Namun, jika memang belum pernah memiliki KTP sama sekali dan sampai sekarang tidak punya, maka akun Jenius tidak bisa dibuat.

Intinya, asalkan ada KTP, smartphone, dan bisa mengoperasikan HP, Anda berhak membuka akun Jenius.

Cara daftar jenius bila punya NPWP

Bila Anda sudah memiliki NPWP, maka dokumen ini wajib dilampirkan pada saat membuat akun. Jadi, langkah registrasinya adalah:

  1. Download aplikasi Jenius yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.
  2. Siapkan KTP untuk proses pendaftaran.
  3. Buka aplikasi dan mulailah mendaftar.
  4. Isikan data pribadi, yakni email aktif dan nomor HP yang masih aktif.
  5. Foto KTP Anda dan upload.
  6. Siapkan nama untuk personalisasi akun. Mulai dari $Cashtag dan Kartu Debit.
  7. Buatlah password yang terdiri dari kombinasi angka, huruf kecil, dan kapital. Password ini digunakan untuk otentikasi transaksi finansial.
  8. Buatlah PIN yang terdiri dari 6 digit. PIN ini dipakai untuk login ke akun di aplikasi.
  9. Pendaftaran sudah selesai. Proses berikutnya adalah mengaktifkan akun.

Aktivasi bisa dilakukan melalui video call atau datang ke kantor cabang BTPN (booth Jenius) terdekat. Pada proses inilah NPWP harus ditunjukkan.

Cara daftar jenius tanpa NPWP, cocok untuk mahasiswa

Bila tidak punya NPWP, langkah pendaftarannya sebenarnya sama dengan cara di atas. Bedanya nanti ada di proses aktivasi. Saat mengaktifkan akun, Anda akan diminta menunjukkan NPWP penanggung, boleh dari pasangan atau orang tua.

Maka dari itu, bila Anda ingin langsung lanjut ke proses aktivasi setelah registrasi ini, siapkan juga NPWP orang tua atau pasangan saat proses pendaftaran.

Cara mengaktifkan Jenius

Setelah melalui cara daftar Jenius di atas, lakukan aktivasi dengan pilihan metode di bawah ini:

Video call dengan Jenius Crew

Untuk opsi pertama yakni video call dengan Jenius Crew, modal yang harus Anda miliki adalah koneksi internet yang bagus dan stabil. Jika merasa sinyal di daerah Anda kurang bagus, maka silakan pilih opsi kedua.

Akses melalui video call ini terbatas dari jam 08.00 WIB sampai 21.00 WIB setiap hari. Tidak termasuk hari libur nasional.

Langsung datang ke BTPN atau booth Jenius terdekat

Jika sinyal di daerah Anda tak cukup bagus, maka sebaiknya aktifkan akun di lokasi Jenius terdekat. Biasanya, lokasi booth jenius ini berada di maal kota besar. Jadi, sebelum berangkat, silakan pastikan dulu dari rumah, lokasi mana yang bisa melayani aktivasi Jenius.

Silakan cari dengan memasukkan nama kota atau kabupaten tempat Anda tinggal saat ini.

Tutorial aktivasi Jenius yang simpel dan mudah

Untuk mulai melakukan aktivasi, Anda tinggal membuka aplikasinya dan melanjutkan proses yang sudah ada sebelumnya:

  1. Klik Aktivasi Sekarang.
  2. Silakan pilih metode aktivasi, misal klik Aktivasi dengan Video Call.
  3. Aplikasi akan meminta akses ke mikrofon dan kamera pada smartphone, jadi silakan klik Izinkan.
  4. Anda akan masuk ke antrean bila semua Jenius Crew masih melayani calon nasabah lain. Silakan tunggu sebentar. Sambil menunggu silakan siapkan KTP, dokumen pendukung lain seperti SIM, NPWP, dan tanda tangan di atas kertas putih. SIM dan NPWP yang Anda tunjukkan harus memiliki nama yang sama dan sesuai dengan yang tercantum di KTP.
  5. Jika sudah terhubung, ikutilah instruksi yang diberikan oleh kru.
  6. Agar proses bisa berjalan lancar, pastikan ruangan yang Anda pakai untuk video call memiliki pencahayaan yang bagus.
  7. Tunggu email konfirmasi yang menyatakan bahwa akun sudah aktif setelah semua proses selesai dilakukan.

Note: Jika saat melakukan cara daftar Jenius pertama kali, Anda tidak memiliki NPWP dan masih menggunakan NPWP penanggung, maka pastikan untuk mengunggah NPWP atas nama pribadi paling lambat 2 minggu setelah kartu tersebut jadi atau diterbitkan.

Cara menabung di Jenius

Untuk mulai menabung di Jenius, ada berbagai kemudahan yang ditawarkan. Bila biasanya di bank lainnya Anda harus menyetorkan sejumlah uang sebagai setoran awal dengan besaran yang sudah dipatok.

cara menabung di jenius

Di sini, Anda bebas menentukan berapa nominal setoran awalnya. Bahkan, tidak akan jadi masalah meskipun setoran awalnya nol rupiah.

Aplikasi ini juga tidak memiliki saldo minimum sehingga sangat memudahkan para nasabahnya karena uang bisa ditarik seluruhnya.

Bila ingin mulai menabung, Anda bisa menggunakan fitur transfer antar bank. Kemudian pakai kode bank di bawah ini:

  1. 213 (kode bank BTPN) + nomor rekening Jenius. Pilihan pertama ini memungkinkan Anda untuk mengirim sejumlah dana langsung ke tabungan. Anda bisa transfer dana melalui ATM, mobile, dan internet banking. Terserah mana fasilitas yang Anda punya dan nyaman untuk digunakan.
  2. 213 + 365 + Nomor HP yang terdaftar. Saldo tabungan juga dapat terisi dengan metode ini. Sangat simpel karena Anda tak perlu menghafalkan nomor rekening. Proses pengiriman dana bisa dilakukan dari bank lain melalui ATM, internet banking, dan mobile banking.
  3. Langsung mengisi saldo di lokasi Jenius terdekat melalui mesin EDC.

Itulah cara daftar jenius, aktivasi, dan panduan untuk mulai menyetor uang serta menabung lebih banyak dana. Selamat mencobanya dan rasakan berbagai manfaatnya untuk transaksi online.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: