Tabungan jenius BTPN merupakan terobosan baru di dunia perbankan. Nasabah bisa buka rekening hanya berbekal HP dan tak perlu ke bank. Amazing!

Ini adalah salah satu jenis tabungan yang benar-benar akan menguntungkan nasabah. Betapa tidak, setiap nasabah bisa melakukan transaksi dengan nyaman sejak saat pembuatan rekening hingga bertransaksi. Semuanya bisa dilakukan hanya lewat smartphone.

Asalkan punya HP, bisa mengoperasikan smartphone dengan baik, dan sinyal di daerah Anda kuat, Aplikasi ini dapat digunakan dan akan benar-benar menguntungkan.

Tabungan ini sangat cocok buat para pebisnis online yang memang membutuhkan sebuah dompet digital yang bisa dipakai untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Untuk mengenal lebih jauh tentang tabungannya, silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Tabungan jenius BTPN adalah

Sesuai dengan namanya, tabungan ini memiliki konsep yang sangat genius. Bahkan bisa dibilang idenya sangat brilian.

 tabungan jenius btpn adalah

Betapa tidak, nasabah yang biasanya harus bertatap muka dengan customer service, teller, dan petugas bank lain saat hendak membuka rekening kini tak perlu dilakukan lagi.

Anda bisa mengisi data diri sendiri melalui aplikasi untuk membuka tabungan ini. Sama dengan pembukaan rekening yang langsung datang ke bank, Anda pun akan menerima kartu debit dan memiliki akun aktif untuk bertransaksi online dengan mudah.

Layanan ini diluncurkan oleh BTPN sejak tahun 2016. Dulunya, jenis tabungan Jenius BTPN ini bisa diakses dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store buat pengguna android dan App Store buat pengguna iPhone.

Sekarang, nasabah juga bisa mengaksesnya melalui website. Artinya, Anda bisa memakai HP atau PC untuk membuka akun. Pilihannya lebih banyak dan fleksibel.

Di situs BTPN dijelaskan bahwa produk ini merupakan sebuah inovasi digital banking di Indonesia. Dengan Jenius, nasabah memiliki kendali penuh atas pengaturan keuangan dan hidupnya. Semuanya bisa dilakukan langsung melalui layar HP.

Di sini ada fitur Life Finance yang terdiri dari $Cashtag, Send It, Split Bill, Pay Me, eCard, SaveIt, dll.

7 Kelebihan tabungan jenius BTPN

kelebihan tabungan jenius btpn

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh tabungan digital ini, di antaranya adalah:

Setoran awal tidak ditentukan dan tidak ada saldo minimum

Sebenarnya, saat ini perbankan lain juga banyak yang mengadopsi sistem pembuatan rekening via internet. Namun, Jenius tetap memiliki keunikan sendiri.

Keunikan yang sekaligus menjadi kelebihannya adalah nasabah bebas menentukan nominal setoran awal.

Tidak seperti di bank lain yang mengharusnya nasabahnya menyetor Rp 500.000,- atau Rp 250.000 pada saat pembukaan rekening, di sini nasabah justru bebas menentukan nominalnya. Saldo awalnya bahkan boleh nol.

Selain itu, bila biasanya ada saldo minimum yang sifatnya harus mengendap dan tidak bisa dicairkan, di Jenius itu semua tak berlaku. Saldo minimum di sini adalah nol. Jadi, nasabah bisa mengambil seluruh isi saldo di tabungannya.

Biaya administrasi gratis dan ketentuan biaya lainnya yang menguntungkan

Produk ini juga tidak mengharuskan nasabahnya membayar biaya administrasi. Dengan kata lain, biaya administrasi bulanannya nol (gratis).

Selain itu, biaya yang dibebankan kepada nasabah saat melakukan transfer ke rekening bank lain juga murah. Hanya Rp 3.000,- per transaksi.

Nominal ini jelas lebih murah dibandingkan dengan di bank lainnya.

Suku bunga yang sangat tinggi

Suku bunga di sini sangat tinggi dan tanpa persyaratan batasan tabungan. Untuk deposito, bunganya adalah 6% per tahun. Suku bunga ini berlaku untuk deposito minimal Rp 10.000.000,-.

Khusus untuk tabungan Jenius BTPN, bunganya adalah 4% per annual yang langsung diberikan tiap bulan. Selain persentase ini lebih besar bila dibandingkan dengan di bank lain, untuk mendapatkannya juga tak ada batasan minimal saldo.

Jadi, berapapun saldo di tabungan Anda, perhitungannya tetap sama.

Tersedia rekening valas

Jika Anda hobi traveling atau sering bertransaksi menggunakan mata uang dolar, maka membuka rekening valas adalah solusi yang paling cocok. Bagusnya, dengan rekening digital ini Anda bisa membuka rekening valas dengan satu dua kali klik melalui aplikasinya.

Anda tak perlu menyiapkan berbagai macam data dan dokumen yang biasanya disyaratkan saat pengurusan secara offline. Yang memang secara logika rasanya sangat bikin ribet.

Selain mata uang asing, tabungan ini juga memungkinkan Anda untuk membuat VCC atau transfer ke paypal. Jadi, keuntungan yang didapatkan memang sangat banyak.

Ada fitur pinjaman jenius dana tunai dengan bunga yang terjangkau

Bila Anda ingin meminjam uang, jenius juga sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Bunganya ringan, tak sebesar pinjol. Jadi, bisa dicoba.

Bisa top up emoney

Anda juga bisa melakukan top up emoney seperti pada Go Pay, Dana, OVO, dan yang lainnya.

Dapat memonitor pengeluaran secara langsung

Keunggulan tabungan jenius BTPN lainnya adalah Anda bisa memonitor pengeluaran secara langsung. Hal ini karena semua transaksi yang terjadi secara real time bisa langsung dicek di HP.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Jenius BTPN. Tabungan ini masih memiliki keunggulan lain. Jadi, coba buat sekarang!

Karena memang fokusnya secara online, produk BTPN ini cocok buat para pebisnis yang memiliki transaksi padat.

Jadi, jika Anda sedang menjalankan bisnis online dan toko grosirnya jauh dari tempat Anda tinggal, maka membuka rekening ini sangat direkomendasikan.

Sebagai contoh, lokasi Anda di Malang dan sedang jualan baju yang produknya diambil dari tempat kulakan baju murah di Solo. Dari sini jelas, bahwa Anda tidak bisa menghindari transaksi secara online.

3 Kekurangan jenius BTPN

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Anda perlu mengetahui kekurangan ini agar bisa menyesuaikan dengan kondisi atau justru mencari solusinya.

Berikut ini beberapa kekurangan jenius BTPN:

Jangkauannya masih belum merata

Meski tabungan jenius BTPN memiliki banyak sekali keunggulan, tapi nyatanya rekening ini tidak bisa diakses oleh semua orang. Alasannya adalah:

  1. Untuk aktivasi ada pilihan harus datang ke booth jenius yang lokasinya hanya ada di kota-kota besar. Yakni di maal-maal tertentu saja. Apabila Anda tinggal di desa, cek dulu lokasi booth-nya sebelum melakukan registrasi.

kekurangan jenius btpn jangkauan sinyal belum merata

  1. Oleh BTPN, keterbatasan booth ini disiasati dengan fitur aktivasi via video call. Tapi bagi yang tinggal di daerah yang jaringan internetnya buruk, hal ini tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Jaringan ATM yang terbatas

Kita memang tidak bisa memungkiri bahwa keberadaan ATM BTPN tidak seperti BRI, BCA, bank mandiri, atau BNI. Jumlahnya terbilang masih sangat terbatas. Jadi, ini juga perlu dijadikan bahan pertimbangan.

Biaya top up emoney yang mahal

Untuk mengisi saldo emoney menggunakan Jenius, Anda perlu membayar biaya transaksi sebesar Rp 3.000,-. Padahal di tempat lain ada yang hanya Rp 1.000,- saja.

Itulah beberapa kekurangan tabungan jenius BTPN yang harus Anda tahu. Bila dibandingkan dengan kelebihannya, rasanya kekurangan ini tak seberapa karena jauh lebih sedikit. Anda juga bisa menyiasatinya agar kekurangan ini tak begitu berdampak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here