Mau memulai usaha fashion? Cek tempat kulakan baju murah di Solo yang menyediakan produk berkualitas dan dijamin ori.

Surakarta merupakan sebuah kota yang sudah dikenal dengan hasil produk garmennya. Tak hanya batik, sekarang ada banyak sekali jenis produk asli Solo yang dijual baik secara online maupun offline.

Ada banyak reseller baik dari dalam maupun luar kota yang sengaja menjadikan Solo sebagai kiblat untuk berbelanja murah kemudian dijual lagi.

Yang menarik, di sini Anda tidak hanya mendapatkan produk dengan harga murah dan lengkap. Tetapi kualitasnya juga bisa dipertanggungjawabkan.

Penasaran di mana saja Anda bisa membeli produk saat berada di Surakarta? Kami akan mengulasnya secara lengkap di sini.

Ini 6 tempat kulakan baju murah di Solo yang harus dikunjungi

Ada banyak tempat di Surakarta yang kini jadi pusat garmen. Produknya sangat beragam, mulai dari kain hingga pakaian jadi dengan model menarik.

Contoh pakaian yang dijual adalah kebaya, baju muslim, batik, daster, baju tidur, hingga pakaian sehari-hari.

 tempat kulakan baju murah di solo yang harus dikunjungi

Jika Anda sering berbelanja secara online, maka untuk menemukan produk asli Solo tidak akan sulit. Ada banyak sekali pilihannya.

Meski begitu, pada kesempatan kali ini kami hanya akan fokus membahas 6 pusat grosir baju Solo di bawah ini:

Pasar klewer

Pasar klewer merupakan pusat perbelanjaan produk fashion yang sangat terkenal di Surakarta. Di sini, banyak sekali grosir dan pembuat produk garmen yang menjajakan dagangannya.

Popularitas toko ini sudah ada sejak zaman dulu. Pengunjungnya tidak hanya orang yang berasal dari Solo, melainkan juga orang-orang yang datang dari luar kota.

Bahkan secara khusus, pasar ini seolah menjadi pusat belanja oleh-oleh buat saudara saat sedang berlibur ke kota yang kental dengan budaya jawanya ini.

Jadi jangan heran bila ada banyak bus pariwisata yang terparkir dekat pasar klewer bila Anda sedang berkunjung ke Surakarta.

Popularitas pasar ini tidak lepas dari harga produk yang dibanderol oleh para penjual. Di sinilah para pengunjung bisa beli produk dalam partai besar dengan harga yang sangat miring. Bahkan, bila pandai menawar Anda akan mendapatkan harga termurah.

Kalau sudah langganan dan memang berniat mau dijual lagi, jelas harganya sudah pakem murahnya. Intinya, kalau Anda memang niat mau jualan baju lagi. Kulakan di sini cukup direkomendasikan.

Beberapa produk yang bisa dibeli di sini adalah mukena, daster, baju muslim, handuk, kain, dan produk lainnya. Komplit!

PGS – Pusat Grosir Solo

Sesuai dengan namanya, Pusat Grosir Solo, di sini para pengunjung bisa membeli produk dengan harga murah khusus grosir.

pgs pusat grosir solo
pusat grosir solo via instagram.com @pgs_surakarta

Lokasi PGS sangat mudah dijangkau dan cukup nyaman. Anda bisa kulakan barang seperti kebaya atau kain kebayanya, kaos, tas, sandal, mukena, baju-baju, hingga sepatu. Semuanya lengkap di sini.

Para pedagang online shop yang ada di Solo biasanya mengambil barang di sini untuk dijual kembali di marketplace atau lewat media sosial. Jadi, soal harga jangan tanya. Pasti murahnya.

Beteng Trade Center (BTC)

BTC merupakan sebuah maal yang letaknya bersebelahan dengan PGS. Berbeda dengan PGS yang menjual beragam produk garmen, BTC khusus menjual kain. Anda bisa membeli kain untuk membuat seragam kantor, sekolah, atau yang lainnya di sini.

Selain bisa membeli secara meteran, para pengunjung juga bisa langsung mendapatkan kain sarimbit atau satu set kain secara setelan.

BTC merupakan tempat yang cocok buat Anda yang senang menjahitkan baju sendiri dengan model-model yang unik. Atau jika tidak demikian, maka Anda juga bisa menjual kainnya secara online atau ke tetangga sehingga mereka juga bisa bikin baju sendiri sesuai model yang diinginkan.

Kampung batik kauman

Sesuai dengan namanya, di sini adalah pusat kerajinan batik. Selain bisa melihat batik-batik home made yang langsung dibuat oleh pengrajinnya, Anda juga bisa melihat galeri batik secara langsung.

Ada berbagai jenis hasil batik di sini. Sejak dari kain, baju-baju, dan yang lainnya. Lokasi kampung batik ini ada di belakang masjid agung Surakarta.

Kampung batik laweyan

Tempat kulakan baju murah di Solo berikutnya adalah kampung batik laweyan. Di sini masih ada pengrajin yang membatik untuk menghasilkan baju-baju khas Solo. Tapi memang jumlahnya tak sebanyak dulu.

Selain bisa membeli hasil dari kerja keras para pengrajin yang dipasang di galeri-galeri mereka, Anda juga bisa belajar membatik di sini.

Online (marketplace)

Terakhir, para pemilik usaha grosir baju murah solo Jawa Tengah kini banyak yang menjual baju secara online. Salah satu marketplace yang dipilih adalah Shopee.

Biasanya, para pembelinya berasal dari luar kota yang kemudian menjual lagi barang tersebut ke teman, tetangga, atau kolega-kolega. Anda bisa coba cari di marketplace mengenai grosir baju Solo online yang murah.

Tips memilih grosir baju murah di Solo Surakarta yang ori dan terbaik

Meski ada banyak pilihan tokonya, Anda tidak bisa begitu saja kulakan di sembarang tempat tanpa tahu kredibilitas tokonya.

tips memilih grosir baju murah di solo surakarta yang ori dan terbaik

Agar pelanggan Anda juga suka dengan produknya, lebih baik lakukan seleksi dengan baik. Berikut ini beberapa tips memilih produk jualan yang bisa dilakukan:

Ketahui dulu jenis barang yang mau dijual

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih mau fokus jualan apa. Apakah baju, gamis, batik, atau yang lain.

Setelah itu, Anda harus mempelajari produk tersebut secara lebih detail. Mulai dari kualitas seperti apa yang bagus, harga pasarnya seperti apa, dan cara perawatan produknya bagaimana, dll.

Anda harus menguasai dulu produk yang akan dijual. Sama dengan seorang marketing yang harus belajar product knowledge sebelum mulai menjual produk tertentu.

Penguasaan akan produk merupakan keharusan bagi semua penjual barang. Tak hanya baju saja, tetapi semuanya. Bahkan, saat seseorang mau mencoba cara bisnis rongsok bagi pemula sekalipun, mereka harus paham produk dengan baik.

Cek kualitas secara langsung

Jika Anda berniat menjual baju dan bisa langsung membelinya ke tengkulak, maka cek dengan benar kualitasnya. Bagaimana tingkat ketebalan kain yang digunakan, rapi atau tidak jahitannya, apakah warna yang digunakan luntur, atau komponen lainnya.

Pastikan kualitasnya bagus sehingga saat dijual pun Anda bisa merasa lebih percaya diri dan dapat menjelaskan dengan sigap saat ada customer yang bertanya.

Cek harga barang yang mau dibeli

Sebelum memastikan mau membeli di pemasok mana, Anda harus cari dulu pemasok yang mau memberikan harga murah tapi kualitasnya bagus.

Tujuannya adalah agar bisa menentukan harga jual yang tetap kompetitif sesuai harga pasar tapi tetap mendapatkan laba yang lumayan. Jadi, jangan sampai rugi.

Jika online, beli dulu beberapa dan cek kualitasnya

Tiga tips di atas khusus buat Anda yang memang bisa secara langsung membeli barang ke toko grosir baju murah solo. Tapi kalau belinya online, maka lakukan tips di bawah ini agar dapat menjaga kualitas barangnya:

  1. Beli dulu beberapa produk dengan item-item yang menarik.
  2. Cek kualitasnya secara langsung.
  3. Bila memang cocok bisa diulangi lagi. Jika tidak, silakan cari toko lain untuk kulakan.

Jaga komunikasi dan jalin kerjasama yang baik dengan tengkulak

Terakhir, apabila sudah menemukan tempat jualan baju grosir murah terpercaya, jalinlah komunikasi dan kerja sama yang baik dengan penjualnya. Bagaimanapun, kerja sama ini akan terjalin dalam jangka panjang. Jadi harus dijaga agar saling menguntungkan.

Demikian informasi tentang beberapa tempat kulakan baju murah di Solo dan tips untuk mendapatkan barang yang original atau ORI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here