Terbukti! Dengan mengikuti cara sukses berdagang telur yang tepat, Anda bisa mendapatkan omzet puluhan juta rupiah per bulan, bahkan per minggu. Tergantung pasarnya.

Sudah banyak yang membuktikan hal ini. Mereka kini sudah menjadi pengusaha telur sukses dengan omset ratusan juta rupiah.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai trik sukses mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah, risiko yang mungkin, berikut kisah sukses para pengusaha telur di Indonesia.

Pengusaha telur sukses

pengusaha telur sukses

Ada banyak sekali pemilik usaha grosir telur yang sukses, di antaranya adalah:

Aris Bhattara

Nama Aris Bhattara cukup dikenal di dunia bisnis telur. Pria ini dapat menghasilkan omzet sekitar 3 juta per hari setelah menjalankan usaha selama 6 bulan saja. Dua tahun berjalan, omzetnya ada di angka 35 juta per 2 minggu.

Jenis produk yang dijual tak terlalu khusus. Dia cenderung memilih untuk menjual berbagai jenis telur.

Dulunya, Aris merupakan buruh pabrik yang juga pernah jadi banker di bank daerah. Berbekal dari pelatihan yang ia dapatkan saat masih menjadi banker, pria ini tergerak untuk keluar dari pekerjaannya dan memantapkan diri untuk membuka usaha.

Hal ini karena pada saat pelatihan, dia bertemu dengan banyak entrepeneur yang mendatangkan inspirasi tersendiri.

Bimo

Bimo merupakan seorang pria yang sukses dengan usaha jualan telur asin di Bantul. Cara sukses berdagang telur ala Bimo adalah menjual telur asinnya ke distributor-distributor dan tembus ke minimarket dan supermarket.

Ia mengemas dengan baik produk telur asinnya sehingga aman untuk dikirim-kirim. Dalam 1 pc atau box, terdapat 3 telur asin tergantung jenis atau rasanya. Satu box ini dijual dengan harga Rp 10.000,- saja.

Ke depan, bisnisnya juga akan merambah ke market online dengan cara tergabung dalam Go Food. Dengan begini, pangsa pasarnya pun lebih luas dan bisa langsung menyentuh ke end-user.

7 Cara sukses berdagang telur

cara sukses berdagang telur

Untuk bisa sukses seperti para pengusaha yang sudah berhasil duluan, Anda bisa coba cara di bawah ini:

Pilih jenis telur yang ingin dijual

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah Anda mau jual telur apa. Di Indonesia, ada beberapa jenis yang diperjualbelikan. Ada yang laris dan dibutuhkan setiap hari, ada pula yang memang memiliki pangsa pasar khusus, jadi pembelinya tak terlalu banyak.

Berikut ini beberapa unggas yang telurnya diperjualbelikan di Indonesia:

  1. Ayam ras (ayam horen). Produknya biasanya dijual di toko-toko kelontong. Peminatnya sangat banyak sehingga pangsa pasarnya luas.
  2. Ayam kampung. Cirinya berwarna putih, ukurannya lebih kecil dari ayam ras. Produk ini memiliki pangsa pasar yang khusus. Peminatnya tak banyak tapi harganya memang lebih mahal ketimbang telur dari ayam ras.
  3. Produk ini juga punya peminat khusus. Umumnya dibeli oleh penjual martabak dan pembuat telur asin. Produk mentahnya jarang yang dijual langsung ke end-user atau rumah tangga.
  4. Produk ini lumayan banyak peminatnya. Bisa dijual mentah, bisa juga dijual dalam kondisi matang. Kalau mau grosir, biasanya langsung ke pedagang-pedagang makanan, sistemnya semacam supplier.

Dari beberapa pilihan telurnya, yang paling banyak peminatnya adalah ayam ras. Tapi Anda juga bisa mencoba usaha telur puyuh atau bebek. Kalau ingin cepat terjual karena dibutuhkan setiap hari, maka pilihannya jelas ayam negeri (ras).

Mencari agen telur ayam dan jenis lain yang amanah/terpercaya

Jika sudah yakin dengan pilihan jenisnya, maka tugas Anda sekarang adalah mencari pemasok atau supplier. Coba datang ke peternak ayam atau agen-agen penjual telur.

Tanyakan harganya dengan baik. Mintalah harga murah bila mengambil dalam jumlah banyak. Hal ini penting sebab harga telur mengikuti kondisi ekonomi. Kadang dalam sehari bisa naik turun secara drastis.

Jangan sampai Anda kalah harga dengan pedagang lain, tapi jangan merusak harga pasar dengan menjualnya terlalu murah.

Anda harus mencari lebih dari satu pemasok agar saat terjadi sesuatu pada pemasok utama, Anda tetap bisa mendapatkan telur dalam kondisi baik dari pemasok kedua. Jadi, bisa saling melengkapi dan tidak akan kehabisan.

Tentukan tips jualan atau cara menawarkan dagangan telur

tentukan tips jualan atau cara menawarkan dagangan telur

Jika produknya sudah siap, itu berarti saatnya untuk melakukan pemasaran dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa trik pemasaran cara sukses berdagang telur yang bisa dilakukan:

Usaha jual telur keliling

Bisnis ini memang belum banyak dilakukan orang. Tapi Anda tetap bisa mencobanya. Kenapa? Karena dalam dunia pemasaran kita mengenal istilah “lebih baik menjemput bola dari pada menunggunya.”.

Maksudnya, lebih baik kita aktif mencari pembeli dari pada menunggunya di toko. Siapa tahu mereka yang malas keluar rumah atau lebih senang beli online bisa tertarik membeli jika melihat  ada yang dagang berkeliling dan mendatangi rumah secara langsung.

Cara menjual telur ayam online dan jenis lainnya

Jika berkeliling terlalu melelahkan, maka Anda bisa diam di rumah dan menjual produknya secara online. Dengan begini, meski di rumah, Anda tetap memiliki pangsa pasar yang luas.

Cara berjualannya sangat mudah, misalnya:

  1. Jualan lewat facebook atau media sosial lain dengan bonus free delivery dengan batasan jarak tertentu.
  2. Menjual langsung di marketplace dan memberikan note khusus disesuaikan dengan tingkat keamanan produknya.
  3. Tergabung dalam Go Food untuk olahan telur yang sudah dimatangkan, dll.

Dengan begini, maka pangsa pasar akan meluas dan semakin banyak yang tahu usaha Anda.

Membuka usaha toko

Produk ini bisa dijual bersama produk lain seperti sembako. Kalau Anda punya modal, silakan buka usaha lain juga.

Kalau modalnya masih kecil, Anda bisa jualan di pasar-pasar kaget yang biasanya ada di pagi hari. Lengkapi kebutuhan dapur seperti minyak goreng, tepung, beras, atau yang lainnya. Karena di pasar kaget, Anda tidak perlu menyediakan stok dalam jumlah besar.

Langsung dijual ke warung makan

Yang paling cepat laku adalah dengan cara membuka usaha grosir telur. Jadi, Anda bisa bekerja sama dengan usaha warung makan di sekitar rumah. Pasarkan secara pribadi dan ungkapkan bahwa Anda mau jadi pemasok telur.

Anda siap memberikan harga yang murah dan mengantar langsung ke rumah. Siapa tahu akan terjalin kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan.

Memilih lokasi usaha dengan tepat

Bila Anda mau membuka toko, maka pastikan untuk memilih lokasi yang tepat. Misalnya di area perumahan, pasar kaget, pasar utama di kecamatan, dan yang lainnya.

Kalau di perumahan, pilihlah pinggir jalan di mana orang sering berlalu lalang. Jangan lupa kasih tulisan harga besar untuk menarik para calon pelanggan.

Jaga dan perhatikan terus kualitas telur

Telur memiliki masa sendiri agar bisa tetap terjaga kualitasnya. Telur ayam misalnya, hanya bisa bertahan selama sekitar 2 minggu. Setelah itu, kualitasnya cenderung menurun dan tidak bagus.

Cara sukses berdagang telur yang jitu adalah dengan menjaga kualitas ini. Tempatkan telur pada wadah yang pas. Bila ada yang pecah segera pisahkan dari yang lain agar tidak menimbulkan bau busuk.

Penentuan harga yang kompetitif

Pasanglah harga yang kompetitif. Jangan terlalu mahal karena saingannya banyak. Ini juga termasuk produk yang dicari setiap hari. Makanya ibu-ibu rumah tangga pasti mencari yang paling murah.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan risiko jualan telur saat menentukan harga. Risikonya adalah:

  1. Kualitas menurun sampai busuk.
  2. Sulit mencari ukuran pas 1 kg sehingga timbangannya kebanyakan lebih berat. Sangat rentan bila dijual secara ecer.
  3. Mudah pecah.

Hitunglah persentase telur-telur yang pecah setiap kali Anda kulakan. Jadikan ini sebagai biaya tambahan saat menentukan harga jual agar tidak terlalu merugi.

Alat transportasi yang sesuai

Untuk kemudahan jual beli telur, Anda harus memiliki alat transportasi yang sesuai. Anda bisa memakai mobil pick up pada saat membeli telur dari distributor. Jangan mengendarainya terlalu kencang dan tetap jaga keseimbangannya.

Pada saat pengantaran ke konsumen, gunakan sepeda motor agar lebih simpel. Tapi ini tergantung jumlah pesanannya juga. Kalau banyak, silakan pakai mobil saja.

Terakhir, yang paling penting dalam cara sukses berdagang telur adalah mau tekun, pantang menyerah, dan terus berdoa. Jadi, kunci suksesnya tidak hanya dalam bentuk usaha, melainkan juga berdoa untuk mendapatkan rezeki yang berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here