8 Usaha Kuliner Modal Kecil Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan.

usaha kuliner modal kecil

Usaha Kuliner Modal Kecil–Saat pandemik seperti saat ini, tak patut rasanya untuk putus asa dengan keadaan. Sulit pasti, tapi peluang usaha terus ada dan terbuka, bagi siapa saja yang mau berusaha dan terus berupaya. Nah, atursaja.com kali ini akan berbagi untuk para pembaca salah satu usaha modal kecil yang bisa dan cocok dilakukan di era serba sulit seperti ini.

Modal usaha yang diperlukan tidak harus besar, kamu bisa memulainya dengan modal dibawah 1 juta. Jadi buat kamu yang masih bingung memilih usaha kuliner rumahan karena terkendala modal besar, semoga ide bisnis kuliner modal kecil ini dapat menjadi rekomendasi buat kamu.

Read More

Jangan khawatir walaupun usaha kuliner modal kecil hanya di bawah 1 jutaan, bisnis seperti ini tidak pernah sepi pembeli, sebab merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Selain selalu menjanjikan, mengawali usaha kuliner makanan atau minuman dengan modal minim pastinya Kamu akan lebih mudah mengatur dan melihat berapa laba perhari.

8 Usaha Kuliner Modal Kecil

Yuk, simak usaha kuliner modal kecil apa saja yang bisa segera kamu lakukan dan coba tanpa perlu menunggu nanti.

1. Nasi Kuning atau Nasi Bungkus

Salah satu usaha kuliner yang menjanjikan, mudah dan murah yakni jualan nasi kuning atau nasi bungkus, karena modalnya kecil tidak sampai 1 juta. Jika kamu tidak bisa membuat sendiri, kamu bisa kulakan atau beli terus jual lagi, atau jika ingin lebih bermanfaat, kamu bisa mengajak tetangga kamu yang bisa masak untuk membuat nasi bungkus.usaha kuliner jual nasi kuning

Silahkan kamu membuatnya dengan memberinya lauk pauk seperti ikan teri, telur, atau ayam goreng dan sambal buat yang suka pedas. Kemarin saya sudah bahas tentang Tips Usaha Kuliner Unik Kekinian Biar Lebih Sukses Dari Kompetitor, Silahkan di baca siapa tahu bermanfaat.

Untuk penjualan sendiri, Kamu bisa menjualnya pada pagi hari di hari-hari kerja. Karena sekarang ini banyak pekerja hanya mencari makanan instan untuk di santap sebelum berangkat kerja. Biar penjualannya lebih mudah, bisa dengan menitipkan di warung-warung terdekat dengan cara bagi hasil.

Siapa tahu dengan mengawali usaha ini Kamu kelak bisa membuka usaha rumah makan sederhana. Amin…

2. Makanan Ringan atau Cemilan

Kuliner modal kecil seperti makanan ringan juga selalu berpeluang karena bukan hanya anak-anak, sebagian yang dewasa dalam sehari, makanan ringan atau cemilan biasanya di jadikan makanan pokok, hingga lupa makan karena merasa kenyang hanya dengan santap cemilan.

Jadi Karena modal kamu tidak banyak, kamu dapat memproduksi sendiri makanan ringan dari rumah. Contoh Makanan Ringan yang bisa Kamu produksi seperti :

1. Aneka Cemilan Kerupuk
Kerupuk Bawang
Kerupuk Ikan
Kerupuk Udang
Kerupuk Dari Nasi
Kerupuk Jagung
Kerupuk Jengkol
Kerupuk Opak
Kerupuk Putih

2. Aneka Cemilan Dari Kacang Kacangan
Kacang Sembunyi
Kacang Telur
Kacang Bawang
Kacang Crispy
Kacang Disco
Kacang Goreng

Untuk bungkusannya sendiri Kamu bisa menggunakan plastik yang transparan, dengan dibantu api lilin dalam pengemasan biar lebih hemat lagi. Kalau sudah siap, silahkan jual di depan rumah kamu sendiri atau buka warung kecil.

Biar semakin banyak yang beli, Kamu harus berusaha mencari warung-warung terdekat terlebih dahulu untuk menawarkan bagi hasil dari cemilan yang ingin kamu titipkan.

3. Jualan Kue Basah Dan Kering

Sama halnya dengan makanan ringan atau cemilan, memproduksi berbagai aneka kue basah atau kering juga bisa kamu coba seperti kue :

Donat, Lapis, Kue Cantik Manis, Kue Dadar, Bolu Kukus, dan aneka kue tradisional ciri khas dari daerah kamu tinggal.

Cara menjualnya bisa dengan meminta bantuan kepada orang yang mau menjualnya secara berkeliling dengan bagi hasil. Dan Kamu sendiri menjualnya di depan rumah. Sebagai tambahan biar semakin banyak beli, tawarkan juga di warung terdekat.usaha kuliner modal kecil jual kue basah

Mudah kan…?

Tapi eitss tunggu dulu, karena ada kekurangan buat kue tertentu yang kamu buat. Yaitu kue tertentu memiliki sifat yang cepat kadaluwarsa yakni hanya 1 harian seperti contoh kue dadar atau lapis.

Jadi Kamu membutuhkan usaha keras karena harus menjual kue tertentu dalam kurun waktu sehari. Sebab kue tersebut tidak bisa bertahan selama 2-3 hari.

Tapi walaupun begitu nantinya Kamu juga bisa memperkirakan harus berapa banyak yang dibuat dalam sehari supaya nggak ada yang tersisa.

4. Katering Rumahan

Usaha kuliner seperti katering kecil-kecilan juga bisa jadi pilhan yang baru memiliki modal kecil. Namun, supaya usaha kecil kecilan katering rumahan ini bisa berjalan lancer, kamu harus menerima panjar atau pembayaran di muka terlebih dahulu ya ( minimal bisa 50% dari total biaya dari pemesan ). Ini supaya sebagai tkamu jadi dan kamu bisa membelikannya bahan baku terlebih dahulu.

Apa saja keuntungan dari usaha kuliner modal kecil rumahan ini?

Keuntungan yaitu karena tidak adanya makanan yang akan tersisa. Sebab jumlah pesanan yang akan dibuat akan disesuaikan dengan jumlah pemesan.

Tertarik dengan usaha katering kecil-kecilan dengan modal kecil seperti ini ?

5. Distributor Makanan Ringan

Nah kalau Kamu yang tidak memiliki keahlian membuat aneka kuliner khususnya makanan ringan, Kamu bisa mencoba menjadi distributor cemilan dalam kemasan. Namun, Kamu perlu menyesuaikan jumlah produk yang ingin Kamu jual sesuai dengan yang kamu punya.

Cara menjualnya sendiri, bisa dengan menjualnya di depan rumah kamu. Atau menjualnya pada pangsa pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook. Selain menjadi distributor makanan ringan, kamu juga bisa menjadi distributor di pabrik roti.

Sebab untuk memproduksi roti membutuhkan modal yang tidak sedikit, Namun ini juga makanan ringan yang termasuk laris di konsumsi. Jadi kamu bisa mencoba usaha seperti menjadi distributor roti secara kecil-kecilan.

Kamu dapat menjual berbagai aneka roti tapi harus yang disuplai dari pabrik roti itu sendiri. Ini supaya harga roti yang di berikan bukan harga konsumen melainkan harga distributor.

Cara menjualnya juga bisa di lakukan dengan cara menjualnya keliling kampung, atau kalau Kamu sudah mahir dengan teknologi, bisa menjualnya secara online menggunakan media sosial seperti facebook maupun instagram.

Baca Juga : Usaha Warung Makan Omzet Jutaan per Hari? Ini Caranya!

7. Jualan gorengan

Usaha jualan aneka gorengan bisa di bilang usaha kuliner yang menjanjikan. Walaupun tidak sedikit orang yang menjalankan usaha kuliner modal kecil seperti ini. Karena pada kenyatan-nya hampir semua yang menjalankan usaha jualan gorengan laris-manis.

Hal ini bisa Kamu perhatikan dari kebiasaan orang-orang disekitar kita yang begitu banyak gemar makan gorengan. Hal seperti ini tak lepas karena dari segi harga gorengan tersebut sangat terjangkau.

Jadi dengan mempunyai modal kecil di bawah 1 jutaan, usaha kuliner seperti jualan gorengan bisa menjadi peluang usaha rumahan buat Kamu. Karena sangat menjanjikan keuntungan apalagi memproduksinya pun sangatlah mudah.

Sebab pada umumnya peralatan yang butuhkan untuk produksi gorengan bisa menggunakan alat alat dapur yang sudah tersedia di rumah Kamu. Dan untuk kebutuhan seperti belanja bahan bakunya juga terjangkau dan sangat mudah di dapat.

Kemungkinannya hanya bahan baku seperti minyak goreng saja bahan yang bisa dikatakan mahal kalau kamu memang menggunakannya sekali saja. Tapi pada kenyataannya, Masih banyak penjual gorengan yang menggunakan minyaknya hingga berulang kali. Asalkan minyak tersebut masih layak di gunakan dan higienis.

Jadi buat yang berminat mencoba jualan gorengan, kamu bisa langsung memulainya karena modalnya tidak besar. Contoh gorengan yang termasuk laris di masyarakat seperti :

Tahu Isi
Pisang Molen
Bakso Goreng
Pisang Goreng
Bakwan

Nah, sebagai tambahan buat pisang goreng, bisa Kamu padukan dengan menawarkan minuman seperti saraba.

Kalau Kamu mau menjual gorengan secara keliling atau menetap di tempat tertentu yang banyak orang-orang lalu lalang, silahkan buat gerobak dan lengkapi gerobak dengan wajan, kompor, tabung gas elpiji dan perlengkapan lainnya.

Selanjutnya tinggal meningkatkan kreatifitas kamu dengan membuat rasa unik pada gorengan akan kamu buat. Usahakan supaya rasanya unik dan enak biar membuat orang orang ketagihan untuk membeli gorengan Kamu.

8. Jualan Jus atau Es Buah

Sudah lihat kalau sekarang ini begitu banyak gerai yang menjual bermacam jenis minuman jus atau Es buah dengan berbagai variasi rasa. Harganya sendiri sangat terjangkau buat kantong dewasa bahkan sampai anak anak.usaha kuliner modal kecil menjanjikan

Usaha kuliner modal di bawah 1 juta ini paling berpotensi menghasilkan kalau Kamu mampu menemukan lokasi yang strategis dan tepat seperti di sekitar kampus, sekolah maupun di tempat-tempat wisata.

Dan ada juga yang meraih kesuksesan menjalankan usaha jualan es buah atau jus dengan sewa kios dan tempat depan supermaket seperti indomaret, alfamidi, maupun di sekitar tempat perbelanjaan.

Nah selanjutnya, kamu tertarik jenis usaha kuliner yang mana? Tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba, sebab untuk usaha kuliner rumahan tidak harus melulu dengan modal besar. Hanya dengan modal kecil saja kamu sudah dapat menjalankannya. Kuatkan tekad dan mental untuk segera menjadi pengusaha.

Ingat, usaha kuliner merupakan usaha dari masa ke masa yang terus berkelanjutan tak ada hentinya. Jadi, jangan khawatir mengelola usaha kuliner seperti ini tidak menguntungkan. Asalkan Kamu terus Berusaha, Berdoa dan Tak pernah lelah menghadapi usaha yang Kamu jalankan, Pasti Kamu akan SUKSES. Amin… Semoga bermanfaat.

Related posts