Cara Daftar Dan Cara Top Up DANA Terbaru

by -70 views

Ada beberapa cara top up DANA yang bisa kamu lakukan. Jika pada zaman dulu orang-orang hanya bisa bertransaksi secara manual menggunakakn uang kertas atau logam. Tetapi kini kamu bisa bertransaksi menggunakan metode pembayaran digital dengan DANA. Dompet digital DANA adalah metode pembayaran digital yang baru berdiri sejak tahun 2018. DANA memberikan pelayanan pembayaran, memberikan poin serta transaksi keuangan non-tunai lainnya. Adanya DANA memberikan kemudahan kepada pelaku ekonomi dalam menjalankan bisnis, tanpa harus lupa membawa dompet atau mengantri di ATM. Kamu bisa langsung membayar belanjaan hanya dengan satu kali klik. Untuk bisa menggunakan segala kemudahan ini, kamu hanya perlu daftar di aplikasi DANA.

Selain bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi, cara topup DANA juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kamu bisa top up DANA di ATM, iBanking, Indomaret, Alfamart hingga kantor pos. DANA juga selalu memberi promo-promo menarik di berbagai merchant yang bekerja sama di seluruh Indonesia. Kamu bisa download aplikasi DANA di Play Store maupun App Store yang hanya berukuran 33MB.

4 Langkah Mudah Daftar Menjadi Member DANA4 langkah mudah daftar menjadi member dana

Sebelum tahu cara top up DANA, tentunya kamu harus sudah memiliki akun DANA. Pengguna DANA terbagi menjadi pengguna regular dan premium. Tentu saja manfaat bagi pengguna premium lebih banyak dibandingkan regular. Salah satunya selain top up saldo dana dari bank, kamu juga bisa menarik saldo DANA ke rekening bank. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menjadi pelanggan premium DANA. Berikut cara mendaftar akun DANA dan upgrade DANA premium:

  1. Registrasi akun DANA

Kamu bisa topup DANA dengan mudah setelaah regitrasi akun. Pastikan kamu telah download aplikasi dana di hp. Kemudian buka aplikasi dan registrasi menggunakan nomor telpon yang aktif. Pilih “Lanjut” ke proses berikutnya.

  1. Masukkan kode OTP

Setelah memasukkan nomor telpon, kamu harus menunggu beberapa saat hingga mendapatkan SMS verifikasi yang berisi kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut di halaman aplikasi DANA. Pastikan nomor telpon yang kamu daftarkan masih aktif dan terisi pulsa agar bisa mendapatk SMS berisi kode OTP tersebut. Jika kamu baru pertama kali registrasi DANA dan mendapat rekomendasi dari teman, kamu bisa memasukkan kode promo untuk mendapatkan promo menarik dari DANA. Tetapi jika tidak memiliki kode promo kamu bisa melewatinya ke proses selanjutnya.

  1. Lengkapi data diri

Langkah selanjutnya adalah melengkapi data diri seperti nama lengkap, nama panggilan serta foto diri. Pastikan fotomu terlihat jelas dan tidak blur agar cepat diverifikasi oleh pihak DANA kemudian klik “Daftar”.

  1. Buat PIN DANA

Langkah terakhir adalah untuk menjamin keamanan akun yaitu dengan memasukkan PIN yang terdiri dari enam digit. Setelah itu kamu bisa menggunakan berbagai fitur dari DANA dengan cara mengisi saldo DANA.

Bagaimana Cara Upgrade Akun DANA Premium?cara upgrade akun dana premium

Baik pengguna regular maupun premium menggunakan cara top up DANA yang sama. Tetapi bagi pengguna premium bisa isi saldo DANA hingga 10 juta rupiah. Kamu juga bisa tarik tunai dan mendapatkan keuntungan lain serta diskon yang lebih besar khusus pengguna DANA premium. Untuk upgrade akun dana menjadi premium caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengiapkan eKTP saja. Caranya yaitu dengan login ke aplikasi DANA seperti biasa. Kemudian masuk ke menu “Saya” dengan klik ikon bergambar manusia di pojok kanan bawah. Pilih “Verifikasi Akun Anda” untuk melanjutkan. Untuk menjadi DANA premium kamu harus mengirimkan foto selfie serta foto e-KTP dengan gambar yang jelas. Selanjutnya adalah mengisi informasi nomor kartu keluarga di kolom yang disediakan lalu pilih “Kirim” atau “Konfirmasi”. Selanjutnya tugas pihak DANA yang akan memverifikasi akunmu dalam 1×24 jam. Jika lolos maka kamu sudah berhasil upgrade DANA menjadi premium.

Baca juga : 5 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Dan Nikmati Kuota Super Besar

Bagaimana Cara Top Up DANA?

Cara top up DANA bisa dilakukan melalui berbagai macam cara dimanapun kamu berada. Jadi kamu tidak perlu khawatir harus top up DANA dimana, karena kamu juga bisa melakukannya secara online. Berikut beberapa cara isi ulang DANA:

  1. Cara top up DANA via pulsa

Kamu bisa top up DANA pakai pulsa dengan mudah. Namun untuk bisa melakukan top up DANA via pulsa, kamu harus menginstal aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk top up DANA dengan pulsa yaitu Viapulsa, byPulsa atau Converin. Cara top up DANA pakai pulsa yaitu dengan masuk ke aplikasi convert pulsa jadi uang. Kemudian pilih provider jaringan untuk isi saldo DANA, kamu bisa mengisi saldo DANA dengan pulsa dari Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Smartfren atau Tri. Caranya adalah dengan pilih Converin dari pulsa ke e-money. Selanjutnya masukkan pilih operator dan masukkan nomornya. Masukkan jumlah nominal pulsa yang akan di tukar dan pilih DANA untuk topup saldo DANA. Lalu masukkan nomor akun dan atas nama akun tersebut. Klik “Tukar” untuk menyelesaikan prosesnya.

  1. DANA top up via ATM

DANA bekerja sama dengan beberapa bank swasta di Indonesia seperti bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN dan yang lainnya. Kamu juga bisa isi saldo DANA melalui bank baik menggunakan ATM, iBanking atau mBanking. Sebelum melakukan top up melalui transfer bank, kamu harus mendapatkan virtual account melalui akun DANA. Caranya adalah dengan memilih top up di halaman depan, kemudian pilih metode pembayaran melalui transfer bank. Maka akan muncul nomor virtual account yang harus kamu isi menggunakan ATM, iBanking atau mBanking. Kemudian datang ke ATM terdekat dan pilih menu “Transfer”. Pilih menu “Ke Rekening Virtual Account” dan masukkan nomor va DANA yang sudah kamu dapatkan. Masukkan nominal pengisian pulsa dan ikuti langkah selanjutnya hingga selesai.

  1. Cara isi saldo DANA melalui kantor pos

Kamu bisa melakukan top up DANA melalui kantor pos Indonesia. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu datang ke salah satu gerai Pos Indonesia terdekat di kotamu. Pergi ke kasir dan katakana kamu ingin melakukan top up saldo DANA. Berikan nomor ponsel yang terdaftar DANA dan nominal top up DANA. Maka secara otomatis saldo DANAmu sudah terisi. Untuk mengisi saldo DANA di kantor pos kamu bisa memilih nominal minimal Rp50.000 dan kelipatannya hingga maksimal Rp500.000.

  1. Cara isi saldo DANA melalui merchant

Kamu bisa isi saldo DANA melalui beberapa merchant yang bekerja sama dengan DANA seperti Indomaret, Alfa group, Ramayana hingga Blue Mart. Cara mengisi saldo DANA di semua merchant sama. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor yang terdaftar di aplikasi DANA. Pergi ke kasir dan sebutkan nominal top up DANA yang akan kamu lakukan. Maka kasir akan memproses top up mu dalam hitungan detik. Untuk pengisian saldo DANA di merchant akan dikenakan biaya penanganan yang berbeda-beda.

Selain beberapa cara top up dana di atas, kamu bisa melakukan beberapa cara lainnya dengan memilih menu top up di bagian depan aplikasi DANA.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *