Cetak Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Via Online

by -8 views

Jika dulu layanan cetak kartu BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan hanya bisa dilakukan di kantor BPJS. Tapi kini kamu bisa print kartu bpjs kesehatan sendiri secara online. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan instansi milik pemerintah yang bertanggung jawab menjamin kesejahteraan sosial masyarakat. BPJS terbagi menjadi dua yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang kini berubah menjadi BPJAMSOSTEK. Pada awal terbentuknya, masih banyak kendala dalam pengelolaan BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan termasuk dalam pengadaan kartu peserta BPJS. Untuk itu sejak tahun 2014 pemerintah telah mengeluarkan identitas elektronik (e-ID) BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta mendapatkan nomor identitas tunggal. E-ID ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu BPJS Kesehatan pada umumnya. Sehingga kini kamu bisa cetak kartu bpjs kesehatan online secara mandiri.

Cara Print Kartu BPJS Kesehatan yang Sudah Terdaftarcara print kartu bpjs kesehatan yang sudah terdaftar

Untuk bisa cetak kartu bpjs, pastikan bahwa kepesertaan BPJS Kesehatanmu sudah terdaftar. Kamu bisa mendaftarkan BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan lewat instansi dimana kamu bekerja. Maupun mendaftarkan diri secara mandiri dengan memilih kelas I, II atau III. Jika kamu sudah terdaftar sebagai peserta bpjs maka kamu bisa download kartu bpjs kesehatan dan print kartu bpjs tersebut secara mandiri. Cara cetak kartu bpjs kesehatan sendiri yaitu:

  1. Cetak kartu bpjs kesehatan via aplikasi

Salah satu cara cetak kartu bpjs kesehatan adalah melalui aplikasi bpjs kesehatan. Apllikasi ini bisa kamu download di Play Store atau App Store yaitu Mobile JKN dengan ukuran 19MB. Selain cetak kartu bpjs online, ada beberapa fitur lainnya di dalam aplikasi. Fitur tersebut yaitu:

  • Informasi peserta
  • Pendaftaran peserta baru
  • Pendaftaran pelayanan kesehatan
  • Mengubah data peserta
  • Premi
  • Catatan pembayaran
  • Pendaftaran auto debit
  • Informasi obat yang ditanggung
  • Pembayaran
  • Skrining
  • Pengaduan keluhan
  • Riwayat pelayanan
  • Cek va dan
  • Info jkn

Cara cetak kartu bpjs kesehatan melalui aplikasi yaitu dengan login melalui aplikasi dengan memasukkan nama akun dan kata sandi. Pilih menu “Peserta” di halaman awal aplikasi dan cari “Ubah Data Peserta”. Walaupun tidak ingin mengubah data peserta, tetapi kamu harus memilih menu tersebut untuk bisa cetak kartu bpjs sendiri. Pilih “peserta BPJS Kesehatan Mandiri”. Dapatkan kartu BPJS Kesehatan dengan klik “Cetak kartu e-ID”. Untuk bisa print bpjs kesehatan sendiri kamu harus mengirimkan kartu e-ID ke email. Cara cetak kartu bpjs kesehatan mandiri adalah dengan ke email dan cari pesan masuk berisi e-ID. Kamu bisa download dan print kartu tersebut kapan saja dibutuhkan.

  1. Cara mencetak kartu bpjs kesehatan melalui website

Selain via aplikasi, kamu juga bisa print kartu bpjs kesehatan online melalui website resmi bpjs kesehatan. Cara print kartu bpjs online adalah dengan mengunjungi website bpjs kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id. Bagi perusahaan yang ingin mendaftarkan karyawannya menjadi peserta bpjs kesehatan dapat dilakukan melalui website e-DABU. Cara cetak kartu bpjs kesehatan di edabu bagi karyawan secara mandiri yaitu:

  • Login ke website menggukanan userID dan kata sandi bpjs kesehatan
  • Klik menu “Data” dengan ikon teropong di pojok kiri atas
  • Pilih menu “Cari Data”
  • Masukkan kriteria pencarian data umum. Kamu bisa memilih salah satu kriteria pencarian yaitu No. kartu, NIK, nomor KK, nama atau nomor pegawai.
  • Klik menu “Cari”
  • Centang semua kriteria nomor kartu
  • Pilih “Cetak Kartu” untuk mencetak hasil e-ID
  • Setelah muncul jendela baru berisi kartu e-ID pilih ikon bergambar printer di pojok kanan atas. Maka kamu telah berhasil cetak kartu bpjs kesehatan badan usaha secara mandiri.

Baca juga : Cara Daftar Dan Cara Top Up DANA Terbaru

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online yang Hilang/Rusakcara cetak kartu bpjs kesehatan online yang hilang

Apakah kamu pernah kehilangan kartu bpjs kesehatan? Atau kartu bpjs kesehatanmu rusak akibat terlipat, sobek atau kotor? Bagaimana cara cetak kartu bpjs yang hilang atau rusak? Simak cara cetak ulang kartu bpjs secara mandiri. Cara cetak kartu bpjs sendiri yang hilang/rusak dapat dilakukan sama seperti cara mencetak kartu bpjs yang baru melalui aplikasi maupun secara online. Kamu bisa print ulang kartu bpjs dengan tingkat validitas yang sama. Namun kamu perlu mengurus kartu bpjs yang hilang atau rusak dengan beberapa prosedur berikut ini:

  1. Mengurus laporan kehilangan di kantor polisi

Untuk bisa mengganti kartu bpjs dengan yang baru, kamu harus membuat laporan kegialangan ke kantor polisi terdekat di kotamu. Lengkapi semua prosedur dan langkah-langkah di kantor polisi untuk bisa mendapatkan surat keterangan kehilangan.

  1. Mengunjungi kantor bpjs terdekat

Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan kartu bpjs kesehatan dari kantor polisi, kamu harus pergi ke kantor bpjs terdekat. Kamu bisa mengunjungi kantor cabang bpjs terdekat yang sudah ada di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Melalui customer service atau mall pelayanan

Selain pergi ke kantor bpjs kesehatan secara langsung, untuk bisa cetak kartu bpjs kesehatan dari perusahaan yang hilang atau rusak kamu bisa melakukannya di mall pelayanan atau customer service. Nomor customer service bpjs kesehatan yaitu 1500400.

  1. Membawa dokumen persyaratan

Hal yang harus kamu persiapkan untuk mengurus kartu bpjs yang hilang atau rusak adalah persyaratan dokumen. Cara mendapatkan kartu bpjs yang baru kamu harus melengkapi beberapa dokumen seperti:

  • Kartu tanda penduduk (eKTP)
  • Kartu keluarga
  • Surat pernyataan hilang bermaterai Rp 6.000 atau
  • Surat keterangan kehilangan dari kantor polisi

Cara Print Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sendiri

Selain cetak kartu bpjs kesehatan mandiri, kamu juga bisa cetak bpjs ketenagakerjaan secara mandiri. Cara print kartu bpjs ketenagakerjaan sama dengan cara print bpjs kesehatan yang bisa dilakukan melalui aplikasi maupun website. Cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan melalui aplikasi yaitu dengan download aplikasi BPJSTKU di Play Store atau App Store dengan ukuran 19MB. Caranya adalah dengan login via aplikasi menggunakan email dan kata sandi yang terdaftar. Kemudian akses akun dengan memilih menu “Profil”. Akses menu settings atau “Pengaturan” dan pilih “Tambah KJP”. Masukkan nomor KJP yang terdaftar atas nama akunmu lalu klik menu “Layanan” untuk mengakses “Kartu Digital”.

Cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan hampir sama dengan cetak kartu via aplikasi. Kamu bisa mengunjungi situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id kemudian masuk enggunakan email dan kata sandi. Langkah untuk mencetak kartu bpjs ketenagakerjaan dengan masuk ke menu pengaturan dan tambah KJP lalu pilih Penerima Upah/Bukan Penerima Upah/Pekerja Migran Indoensia. Kamu bisa cetak kartu dengan memilih “Kartu Digital”. Di dalamnya terdapat informasi lengkap mengenai kepesertaan bpjs ketenagakerjaan. Dengan adanya fitur kartu digital ini kamu tidak perlu khawatir lagi jika kartu hilang atau rusak, karena bisa menunjukkan kartu digital bpjs ketenagakerjaan.

 

Sekarang kamu sudah bisa cetak kartu bpjs kesehatan kapanpun dan dimanapun tanpa harus membuang waktu dan tenaga dengan pergi ke kantor bpjs.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *