Pengertian Kewirausahaan beserta Tujuan dan Karakteristiknya

by -10 views

Anda tentu sering mendengar kata kewirausahaan. Namun, sudahkah anda mengetahui definisinya? Saat ini banyak yang telah mendeskripsikan tentang kewirausahaan. Kali ini, anda akan memperoleh informasi tentang definisi kewirausahaan dan  juga karakteristiknya.

Mendengar kata kewirausahaan menjadi hal yang biasa. Apalagi jika anda pernah duduk di bangku SMK. Kewirausahaan menjadi salah satu mata pelajaran yang diambil. Lalu, apa itu kewirausahaan? Anda dapat mencari tahu penjabarannya agar dapat mengetahui makna dan tujuannya.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Secara umum, kewirausahaan adalah suatu sikap seseorang dengan kreativitas yang tinggi. Biasanya orang dengan jiwa kewirasuahaan memiliki daya guna untuk membuat sesuatu, aktif, dan banyak memberikan banyak manfaat untuk orang lain. Agar lebih jelas, berikut pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

Tujuan adanya Kewirausahaan

Kewirausahaan menjadi salah satu aktivitas yang sudah banyak dikembangkan di tanah air untuk menunjang perekonomian masyarakat. Hal itu dapat terjadi karena banyaknya kewirausahawan yang memberikan dorongan kepada masyarakat untuk mulai aktif berkreasi. Berikut beberapa tujuan dari kewirausahaan.

  • Ketersediaan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
  • Membuat jaringan bisnis baru untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja.
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan hidup sendiri serta masyarakat sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan baru atau menggiatkan masyarakat untuk memiliki jiwa kewirausahaan.
  • Memberikan semangat kepada warga lainnya untuk kreatif dan berwirausaha dengan melihat peluang yang ada disekitar.
  • Mendorong pengusaha muda untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk memajukan perekonomian.

Apa Saja Karakteristik dari Kewirausahaan?

Terdapat beberapa karakteristik kewirausahaan yang mendukung keberhasilan. Jika anda ingin berhasil dalam usaha anda, maka anda dapat mengikuti beberapa karakteristik dari kewirausahaan berikut ini.

  1. Disiplin

Disiplin menjadi kunci utama dalam keberhasilan saat berwirausaha. Apalagi dalam berwirausaha, anda menjadi pemimpinnya. Disiplin menjadi sangat penting untuk kemajuan bisnis yang sedang anda jalankan. Kedisiplinan yang anda terapkan juga dapat berdampak kepada karyawan anda saat bekerja.

  1. Jujur

Dalam berwirausaha, anda hendaknya mengutamakan sikap jujur. Anda harus fokus memajukan usaha anda tanpa adanya kecurangan. Sikap amanah dapat mengantarkan anda kepada kepercayaan customer. Selain itu, kejujuran akan berdampak pada keberlangsungan bisnis anda.

  1. Komitmen yang Tinggi

Dalam kewira usahaan komitmen menjadi bagian yang penting. Anda harus berkomitmen untuk mengembangkan bisnis. Anda harus berpegang teguh pada diri sendiri bahwa anda akan menjadi wirausahawan yang sukses. Komitmen jugalah yang akan mengantarkan anda pada sikap tidak mudah menyerah untuk menggapai tujuan.

  1. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan inovatif selalu menjadi karakteristik yang dimiliki oleh wirausahawan. Tentunya dengan kreativitas, anda akan menemukan ide untuk membuat sesuatu yang berbeda. Inovasi yang belum ada sebelumnya juga dapat mengantarkan anda pada kesuksesan. Anda dapat mensukseskan bisnis anda dengan hal-hal baru yang belum ada sebelumnya.

  1. Realistis

Dalam berwirausaha, tentunya anda harus realistis. Setiap langkah yang anda ambil harus dilakukan dengan teliti. Anda dapat membuat perhitungan tersendiri untuk setiap keputusan yang akan ditetapkan dalam bisnis anda. Realistis akan membuat anda lebih fokus pada tujuan.

  1. Mandiri

Sikap mandiri berarti anda dapat menjalani usaha tanpa menggantungkan kepada orang lain. Kewirausahaan menuntut anda untuk dapat memberikan keputusan yang tepat demi kemajuan bisnis. Agar usaha anda dapat berjalan, tentu mengandalkan orang lain menjadi sikap yang harus dihindari.

Baca juga : Ovo Premier, Cara Mudah Daftar dan Upgrade

Apa Saja Manfaat Kewirausahaan?

apa saja manfaat kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki manfaat untuk siapa saja yang menjalankannya. Dengan mengetahui manfaatnya, anda juga akan memahami arti kewirausahaan yang sesungguhnya. Terdapat beberapa manfaat dari kewirausahaan diantaranya adalah:

  1. Sikap Optimisme

Kewirausahaan membawa orang yang menjalaninya memiliki sikap optimisme. Setiap orang akan memiliki keyakinan untuk dapat membangun usaha sendiri. Selain itu, sikap optimisme sangat penting agar anda mampu menghadapi setiap tantangan dalam menjalankan usaha anda. Sikap ini juga akan membantu anda untuk terus bersemangat dalam menjalani keseharian anda.

  1. Mengoptimalkan Kemampuan Diri

Menjalankan kewirausahaan akan membantu anda untuk dapat mengoptimalkan kemampuan diri anda. Pasalnya, anda harus kuat menghadapi tantangan yang akan terjadi. Selain itu, anda juga harus memikirkan cara agar usaha anda dapat berjalan dan memberikan profit.

  1. Mencapai Keuntungan

Mendapatkan keuntungan dapat menjadi motivasi utama dalam menjalankan bisnis. Keuntungan menjadi hal yang penting agar bisnis dapat terus berjalan. Dalam hal ini, anda memegang kendali penuh terhadap setiap langkah yang akan diambil.

  1. Membuka Lapangan Kerja Baru

Keberhasilan anda dalam berwirausaha akan memberikan dampak positif terhadap orang lain. Salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan. Dalam menjalankan bisnis, anda akan membutuhkan orang lain dan tidak dapat berjalan sendirian. Dengan adanya lapangan pekerjaan, maka akan menekan angka pengangguran.

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan

Tidak semua orang dapat berwirausaha. Anda dapat mendapatkan informasi lebih tentang kewirausahaan untuk mengetahui ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan. Jika anda memiliki ciri-ciri seperti berikut ini, mungkin anda salah satu orang yang memiliki jiwa kewirausahaan.

  1. Memiliki Kemauan yang Keras dan Bersemangat

Seorang dengan jiwa kewirausahaan biasanya memiliki kemauan yang keras dan semangat yang tinggi. Biasanya memiliki jiwa kepemimpinan untuk mendorong orang disekitarnya melakukan hal sesuai yang diarahkan.

Jiwa kepemimpinan juga penting dalam bisnis karana dalam menjalankan usaha, tentunya harus mampu memimpin karyawan. Agar karyawan bersemangat menjalankan tugasnya, tentunya anda juga harus memiliki sikap yang semangat. Kemauan dan semangat menjadi modal utama untuk menjalankan bisnis.

  1. Memiliki Sikap Berani

Sikap berani disini berarti berani untuk berinovasi dan berkreasi. Selain itu, biasanya orang dengan jiwa kewirausahaan juga berani mengambil resiko. Selain itu, berani juga berarti berani terlepas dari zona nyaman dan memulai hal baru untuk mencapai kesukesan. Biasanya langkah yang diambil juga berbeda jika dibandingkan dengan orang pada umumnya.

  1. Tidak Konsumtif

Untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik, tentunya didukung dengan kemampuan pengelolaan dana. Hal itu juga berarti, seorang dengan jiwa kewirausahaan tidak berlaku konsumtif dan tidak berlebihan dalam menggunakan dana yang dimiliki. Perilaku tidak boros ini juga akan membawa dampak baik ketika menjalankan usaha, agar pengeluaran yang dilakukan hanya untuk hal yang diperlukan.

  1. Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik

Analisis menjadi hal yang penting dalam menjalankan usaha. Analisa juga dibutuhkan untuk melihat target pasar, penetuan harga, dan juga untuk menganalisa laba rugi. Selain itu, salah satu analisis yang penting adalah analisis terhadap peluang untuk menentukan produk apa yang paling dibutuhkan sehingga strategi yang diambil dapat dijalankan dengan tepat.

Kini anda telah mengetahui apa itu kewirausahaan beserta karakteristik, ciri-ciri, dan manfaatnya. Jika anda ingin berwirausaha, maka anda harus menanamkan sikap dan jiwa kewirausahaan untuk mendukung kesukesan anda dalam berbisnis. Untuk membantu program berwirausaha anda, anda bisa kunjungi e-trainingonline.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *