10 Contoh Usaha Keliling Pakai Motor

by -2 views

Di masa pandemi seperti saat ini membuat sebagian dari masyarakat terkena dampaknya seperti di phk dari tempat kerja. Selain itu banyak yang malas dan takut untuk keluar rumah. Maka dari itu anda bisa memanfaatkan dengan membuka usaha keliling. Anda bisa membuka usaha keliling pakai motor, terlebih apabila didaerah anda masih minim yang berjualan dengan motor. Mulai dari jualan sayur pada perumahan hingga jualan makanan kecil yang ada di area sekolah maupun perkantoran.

Maka dari itu hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai peluang usaha keliling yang menjanjikan, jika anda tekun untuk menjalaninya. Manfaat dari dagang keliling pakai motor akan lebih praktis serta efisien. Selain itu, terdapat strategi jualan keliling pakai motor seperti jualan alat-alat rumah tangga dengan menggunakan sistem kredit. Memilih waktu yang tepat untuk jualan keliling pakai motor, seperti jualan sayur dan juga lauk pauk di pagi hari sebelum jam 7 pagi.

Apa Saja Contoh Usaha Keliling Pakai Motor?

apa saja contoh usaha keliling pakai motor

Ada beberapa contoh jualan keliling yang menguntungkan menggunakan motor, karena saat ini kebanyakan orang akan malas keluar rumah membeli makanan, sehingga hal ini dapat membuka peluang anda untuk usaha jualan keliling. Berikut apa saja contoh usaha keliling pakai motor, yaitu:

  • Jual sayuran serta lauk pauk

Jualan sayur menjadi dagang keliling terlaris yang dapat anda jadikan sebagai ide untuk berjualan. Hal ini karena, setiap hari para ibu-ibu pasti memerlukan sayuran segar untuk dimasaknya. Sehingga hal ini menjadi potensi jualan untuk anda, selain itu sayuran serta lauk pauk menjadi kebutuhan yang tidak pernah ada habisnya. Untuk berjualan sayur dan lauk pauk, maka anda harus memikirkan waktu yang tepat agar dapat berjualan.

  • Menjual ayam potong

Hal ini mirip seperti berjualan sayur, menjual ayam potong juga menjadi kebutuhan ibu-ibu pada saat berbelanja. Saat ini juga sudah banyak sekali pedagang yang mengecer ayam potong memakai motor. Untuk penjualannya sendiri juga dapat meningkat dengan signifikan, sebab dapat dijangkau lebih banyak tempat serta lokasi yang susah untuk dijangkaunya.

  • Menjual bubur ayam

Menjual bubur ayam juga dapat dilakukan menggunakan motor. Jenis usaha dagang keliling bubur ayam ini bisa menjadi ide untuk anda. Untuk waktu berjualan yang tepat yakni pada saat pagi hari, sebab waktu tersebut menjadi yang paling tepat untuk menikmati hidangan ringan tersebut. Makanan yang tidak berat seperti bubur ayam yang tentunya akan sangat digemari orang, agar bisa bersemangat menjalani waktu dipagi hari.

  • Menjual jajanan anak

Anak-anak sangat identik dengan jajanan, namun orang dewasa juga menyukai jajanan. Hampir setiap hari pastinya akan membeli jajan, baik itu di sekitaran rumah, kantoran, pinggir jalan, maupun disekolah. Jajanan yang dapat dijual menggunakan motor yakni siomay, batagor, cimol, tahu bulat, cilok, telur gulung, dan jajanan yang lainnya.

  • Menjual minuman

Menjual minuman dapat menjadi salah satu usaha jualan keliling, anda dapat menjual minuman seperti es dawet, jamu, es krim, dan minuman yang lainnya. Jualan minuman sangat cocok sekali jika anda berjualan diwaktu siang hari, pada saat cuaca sangat panas, karena orang ingin minum yang segar-segar.

  • Menjual buah-buahan

Menjual buah-buahan menggunakan motor mungkin masih jarang untuk ditemui. Sehingga hal ini dapat anda manfaatkan untuk bisa membuka peluang agar bisa mendapatkan penghasilan. Anda bisa memilih buah yang segar dan yang banyak diminati, karena biasanya orang akan malas keluar rumah untuk membeli buah. Selain itu, buah-buahan juga menjadi hal yang cukup banyak orang yang menikmati, anda bisa berjualan pada pagi atau sore hari.

  • Menjual ikan konsumsi

Ikan menjadi salah satu menu favorit yang banyak dicari serta dikonsumsi. Hal ini tentunya dapat membuka peluang untuk anda agar bisa berjualan keliling menggunakan motor pada waktu pagi hari maupun sore hari. Selain itu, anda juga dapat mencari tempat pelelangan ikan tawar atau laut agar semakin laku.

  • Menjual telur

Telur juga menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari. Maka anda dapat memanfaatkannya sebagai usaha keliling menggunakan motor. Anda bisa menjual telur ayam atau telur asin dari bebek yang siap konsumsi. Untuk menjaga telur agar tidak mudah pecah, maka anda bisa menyiapkan rak kayu dengan alas menggunakan jerami dari tanaman bekas padi.

  • Menjual kebutuhan bumbu dapur

Bumbu dapur tentunya menjadi salah satu hal yang dicari oleh para ibu-ibu untuk memasak. Maka dari itu, anda bisa menjualnya secara keliling menggunakan motor. Untuk kebutuhan bumbu dapur yang dapat anda jual seperti, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, merica, jahe, kunyit, dan yang lainnya. Karena kebutuhkan tersebut terkadang menjadi hal yang sangat dibutuhkan jika bumbu dapur habis tanpa diketahui.

  • Menjual bakso atau mie ayam

Makanan bakso atau mie ayam ini sangat banyak yang menyukai baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Maka dari itu, ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha keliling pakai motor. Anda bisa berdagang pada waktu sore hari, terlebih jika cuaca yang dingin akan lebih banyak yang membelinya sebagai penghangat badan.

Baca juga : Bisnis Cafe, Bagaimana Tips Memulainya?

Apa Manfaat dari Usaha Keliling Pakai Motor?

apa manfaat dari usaha keliling pakai motor

Usaha keliling bukan berarti tidak memiliki modal, namun dengan usaha keliling menggunakan motor anda bisa memiliki keuntungan yang cukup banyak, karena hal ini tidak membutuhkan modal yang cukup banyak, berikut manfaat dari usaha keliling menggunakan motor, yaitu:

  1. Fleksibel dalam hal ini berarti usaha keliling pakai motor, maka bisa berpindah-pindah tempat serta memilih tempat. Sehingga anda bisa berkeliling mencari konsumen yang akan membelinya, hal ini tentunya cukup membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.
  2. Anda bisa mendatangi pembeli secara langsung, sehingga hal ini memudahkan pembeli tanpa perlu pergi jauh untuk membelinya. Selain itu, berjualan keliling menggunakan motor tentunya lebih menghemat dibandingkan dengan menyewa tempat yang tentunya akan dikenakan biaya sewa tempat.
  3. Tidak perlu membayar listrik, keamanan serta biaya tambahan yang lainnya, sehingga hal ini cukup menghemat biaya pengeluaran. Selain itu, anda juga bebas untuk berdagang dengan waktu kapan saja serta dimana saja. Sehingga hal ini tentunya akan bisa cepat laku terjual untuk jualannya.

Sebelum anda menjalankan usaha keliling pakai motor, maka periksalah terlebih dahulu motor anda sebelum berangkat berjualan. Hal ini dapat mengantisipasi masalah yang tidak diinginkan yang bisa menghambat usaha anda. Maka, anda harus lakukan service pada bengkel agar kondisi motor anda tetap dalam keadaan yang layak jalan. Bagi anda yang ingin membuka usaha keliling pakai motor, mungkin penjelasan di atas dapat membantu anda sebagai ide untuk berjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *