4 Cara Transfer Kuota XL Paling Mudah

Anda pengguna layanan XL yang ingin mencari cara transfer kuota XL? Satu hal yang cukup disayangkan dari layanan provider yang satu ini adalah dihapuskannya fitur transfer kuota yang menjadi andalan pengguna. Fitur ini memang dapat memudahkan pengguna  yang ingin berbagi kuota internet dengan sesama pengguna. lantas adakah alternatif cara lain yang bisa Anda coba?

cara transfer kuota xl

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Cara Transfer Kuota XL

Informasi tentang cara transfer kuota XL dapat diakses melalui situs resmi provider XL  dimana dijelaskan bahwa pengguna paket Xtra Combo hanya dapat mengirim ke paket Xtra Combo VIP melalui kode dial *123*123#. Selain itu, dijelaskan pula persyaratan untuk melakukan transfer kuota ini, diantaranya

  • Fitur transfer kuota dapat digunakan pengguna XL prabayar
  • Kuota yang dapat ditransfer adalah kuota utama maupun kuota akumulasi dari paket Xtra Combo ke paket Xtra Combo VIP dimana pengguna harus berlangganan kedua paket tersebut. Masing-masing kuota paket akan berjalan sesuai masa aktifnya serta diperpanjang secara otomatis
  • Transfer kuota dapat dilakukan hingga berulang-kali tanpa biaya selama kuota di paket Xtra Combo masih tersedia dan dalam status aktif
  • Kuota dari paket Xtra Combo ditambahkan ke kuota akumulasi paket Xtra Combo VIP

Alternatif Cara Transfer Kuota XL

Jika Anda terkendala dengan syarat dan ketentuan transfer kuota di atas, masih ada alternatif cara lain yang bisa dipertimbangkan. Jika Anda tidak berlangganan paket Xtra Combo ataupun Xtra Combo VIP, masih bisa mencoba cara lain yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan. Yaitu dengan melakukan transfer pulsa ke sesama nomor XL. Sedangkan cara untuk melakukan transfer pulsa ini tersedia dalam beberapa pilihan, di antaranya:

Fitur Berbagi Pulsa XL melalui SMS

XL menyediakan fitur berbagi pulsa yang bisa langsung Anda akses melalui SMS dengan format tertentu. Langkah-langkahnya pun terbilang sederhana saja dan bisa dijelaskan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Pesan di smartphone Anda dan buat pesan baru
  2. Masukkan nomor XL yang jadi penerima transferan pulsa
  3. Kemudian ketik SMS dengan format: Bagi<spasi>nominal pulsa. Pastikan nominal pulsa yang dikirim cukup untuk membeli paket internet yang akan dibeli nantinya
  4. Periksa kembali, apakah nomor penerima dan format SMS sudah sesuai
  5. Jika sudah, silakan klik tombol Kirim
  6. Setelah itu, tunggu pesan balasan sistem yang meminta konfirmasi pengiriman pulsa
  7. Konfirmasi permintaan Anda dengan mengetik huruf Y pada kolom balasan lalu kirim
  8. Akan ada konfirmasi balasan tentang permintaan Anda
  9. Setelah ada pesan balasan dari sistem yang menyebutkan bahwa pengiriman pulsa berhasil, silakan Anda cek sisa pulsa di kedua nomor XL
  10. Setelah pulsa transferan tersebut masuk ke nomor XL penerima, silakan gunakan pulsa tersebut untuk membeli paket internet XL yang dibutuhkan

Transfer pulsa juga bisa Anda lakukan dengan mengirim SMS ke nomor 168.  Tak jauh berbeda, Anda juga hanya perlu membuka aplikasi Pesan kemudian membuat pesan baru. Hanya saja, format SMS yang perlu Anda ketik adalah Bagi<spasi>nomor XL penerima<spasi>nominal pulsa. Setelah dirasa sesuai, silakan kirim pesan tersebut ke 168.

Langkah selanjutnya, tentu saja Anda perlu menunggu SMS balasan dan memasukkan balasan dengan format yang benar. Setelah berhasil, silakan cek sisa pulsa dan belilah paket internet setelah pulsa transferan tersebut masuk.

Fitur Berbagi Pulsa XL melalui Kode Dial

Anda juga bisa memilih opsi cara lain untuk melakukan transfer, yaitu memanfaatkan kode dial tertentu untuk mengakses fitur berbagi pulsa. Anda yang bermasalah dengan cara pertama di atas, bisa memilih metode dial yang lebih cepat dan tak kalah sederhana ini. Langkah yang perlu Anda lakukan antara lain

  1. Buka aplikasi Telepon atau Panggilan
  2. Kemudian tekan kode dial *123*8461# diikuti tombol Panggil atau OK
  3. Sistem akan menampilkan pop-up balasan yang memuat beberapa pilihan
  4. Pada tampilan tersebut, temukan pilihan Bagi Pulsa
  5. Masukkan angka yang mewakili pilihan Bagi Pulsa tersebut kemudian tekan OK
  6. Setelah tampilan balasan muncul, silakan Anda input nomor XL yang menjadi penerima pulsanya
  7. Pastikan Anda sudah memasukkan nomor penerima dengan benar sebelum tekan OK
  8. Pada tampilan berikutnya, masukkan jumlah pulsa yang ingin Anda kirim lalu tekan OK. Pastikan bahwa nominal yang Anda kirim dapat digunakan untuk membeli paket internet XL.
  9. Tunggu balasan dari sistem yang menginformasikan bahwa pengiriman pulsa sedang diproses

Jika kode dial di atas belum berhasil, Anda juga bisa mencoba kode dial lainnya yang tujuannya masih sama, yaitu untuk mengirim pulsa. Caranya pun tak jauh berbeda, hanya saja kode yang perlu Anda tekan pertama kali setelah membuka aplikasi Telepon adalah *123*168#. Setelah menekan OK, Anda hanya perlu mengikuti detail yang ditampilkan pada tampilan.

Fitur Berbagi Pulsa XL melalui Aplikasi MyXL

Apabila kedua cara di atas masih kurang sesuai harapan, maka tak ada salahnya Anda mempertimbangkan opsi ketiga, menggunakan aplikasi self-service dari XL. Aplikasi MyXL sendiri menawarkan akses ke berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan XL untuk para pelanggan, termasuk berbagi pulsa. Aplikasi ini bisa Anda download dari penyedia aplikasi resmi perangkat Anda.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah mendownload, menginstal dan login menggunakan nomor XL yang akan melakukan transfer pulsa. Selain itu, pastikan Anda memiliki layanan internet XL yang aktif.
  2. Buka tampilan aplikasi MyXL kemudian temukan menu Bagi Pulsa di halaman utama aplikasi.
  3. Silakan pelajari tampilan menu kemudian masukkan nomor XL yang akan dikirimi pulsa.
  4. Di bawah kolom unutk memasukkan nomor tersebut, isikan pula nominal pulsa yang ingin dikirim pada kolom di bawah.
  5. Setelah itu, tak ada salahnya Anda memeriksa kembali apakah nomor yang Anda masukkan tadi sudah benar dan nominal pulsanya sesuai dengan harga paket internet yang akan dibeli atau belum.
  6. Jika sudah dipastikan benar, silakan ketuk tombol kirim.
  7. Setelah proses tersebut selesai, akan ada SMS balasan dari sistem yang berisi kode verifikasi. Kode ini diperlukan untuk mengonfirmasi permintaan Anda untuk melakukan transaksi pengiriman pulsa lewat aplikasi MyXL. Buka SMS tersebut kemudian salin (copy) kode verifikasi.
  8. Buka kembali aplikasi MyXL lalu tempel (paste) kode verifikasi di kolom yang tersedia.
  9. Lanjutkan untuk memproses pengiriman pulsa.
  10. Setelah pulsa berhasil terkirim, silakan beli paket internet XL sesuai kebutuhan.

Syarat dan ketentuan untuk cara transfer kuota XL seperti yang dijelaskan pada situs resmi mungkin tak selalu sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. untuk itulah ada opsi lain yang bisa Anda coba, salah satunya adalah dengan melakukan transfer pulsa untuk kemudian dibelikan kuota internet pada nomor XL penerima. Dengan begitu, Anda pun tetap bisa berbagi meski tidak berlangganan paket Xtra Combo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *