Cara Transfer Uang Lewat Alfamart, Berikut 3 Langkahnya.

cara transfer uang lewat alfamart

Indonesia memiliki banyak sekali perusahaan ritel yang sangat terkenal salah satunya adalah Alfamart. Perusahaan ini hadir tak hanya dengan menjual berbagai barang melainkan juga melayani transfer uang, pembayaran, dan lain sebagainya. Untuk informasi cara transfer uang lewat Alfamart, dapat kamu simak di bawah ini:cara transfer uang lewat alfamart

Pahami Langkah-Langkah Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Langsung saja kita masuk ke pembahasan yang pertama yaitu cara transfer uang lewat Alfamart, yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan Syaratnya

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan seluruh persyaratannya sebelum menuju ke Alfamart. Ya, kamu tak bisa hanya datang membawa uang dan ingin mentransfernya. Syaratnya adakah sebagai berikut:

  1. Kartu Pengenal, kamu bisa menggunakan KTP, SIM, atau bisa juga menggunakan Paspor jika punya.
  2. Kemudian, sediakan nomor HP yang saat ini kamu gunakan. HP-nya jangan ditinggal di rumah tapi harus kamu bawa dan juga aktif ya.
  3. Selanjutnya, bawa uang yang akan kamu kirimkan kepada orang lain tersebut.
  4. Bawa juga biaya administrasinya sebesar Rp15 ribu,
  5. Nomor HP tujuan orang yang akan dikirimi uang lewat Alfamart.

Menuju ke Kasir Alfamart untuk Melakukan Transfer

Setelah semua persyaratan sudah lengkap maka selanjutnya menuju ke kasir Alfamart untuk melakukan transfer tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Katakan pada kasir bahwa kamu akan melakukan transfer uang
  2. Kasir akan meminta semua persyaratan yang telah ditulis di atas yaitu tanda pengenal, nomor HP aktif, uang yang dikirim, biaya administrasi, dan nomor tujuan.
  3. Kemudian, kasir akan memproses permintaan kamu.
  4. Tunggu proses selesai hingga kamu mendapatkan kode pengiriman ke dompetku dikirimkan oleh Alfamart ke nomor kamu
  5. Kode tersebut harus kamu simpan dan tidak boleh diketahui siapa pun kecuali si penerima uang kamu nantinya.

Transaksi selesai selama, si calon penerima bisa langsung ke Alfamart untuk mengambil uangnya.

Kekurangan dan Kelebihan dalam Melakukan Transfer Uang Lewat Alfamart

Transaksi dengan menggunakan Alfamart untuk transfer itu ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Kekurangan dan kelebihan dari cara transfer uang lewat Alfamart selengkapnya dapat kamu simak di bawah ini:

Ada Biaya Administrasi

Pertama, terletak pada biaya administrasi yang ditetapkan oleh Alfamart. Ya, biayanya cukup mahal yaitu Rp15 ribu. Sebenarnya, uang Rp15 ribu itu bukan sekadar untuk administrasi saja. Biaya itu terbagi menjadi dua yaitu Rp10 ribu untuk biaya pengiriman dan Rp5 ribu untuk biaya administrasinya.

Tapi, jika digabungkan sudah pasti kamu harus menyediakan uang sebesar Rp15 ribu untuk satu kali transaksi. Jika kamu transfer dalam jumlah kecil maka uang administrasi ini cukup memberatkan karena bisa jadi lebih besar dari uang yang kamu transfer loh. Tapi, jika kamu tak keberatan dengan hal tersebut tentunya tak akan jadi masalah yang besar.

Pengambil Tidak Perlu Membayar Uang Administrasi

Selanjutnya mengenai keuntungannya yaitu penerima transfer tidak perlu membayar yang administrasi. Sedangkan untuk mengambilnya, tata caranya adalah seperti berikut:

  • Penerima pergi ke Alfamart dan menuju ke kasir
  • Penerima harus mengatakan pada kasir jika ingin mengambil uang dengan atas namanya
  • Kemudian, menunjukkan kodenya kepada kasir dari pengirim
  • Kasir akan mengecek kebenaran kodenya.
  • Jika sudah terbukti itu benar maka kasir akan mencairkan uang untuk penerima
  • Penerima mendapatkan uang dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan

Aman Dilakukan

Transfer dengan menggunakan metode Alfamart ini diyakini sangat aman dilakukan. Kamu tak perlu menggunakan berbagai jenis kartu atau menggunakan buku rekening. Semuanya dilakukan secara digital di mana kode hanya diberikan kepada pengirim uang.

Selama kode tidak disebarkan ke orang lain dan hanya diberikan kepada penerima maka uang akan tetap aman. Kode yang telah ditukarkan sudah tidak bisa ditukarkan kembali sehingga walaupun diketahui orang tetap tak akan bisa dicairkan lagi.

Mudah dan Terjangkau Masyarakat

Tak hanya mudah saja, transaksi dengan menggunakan Alfamart juga sangat mudah dan terjangkau oleh masyarakat secara luas. Untuk mentransfer uang, kamu hanya perlu datang ke kasir Alfamart. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Alfamart sudah ada di semua tempat bahkan dalam satu kecamatan ada lebih dari satu.

Alfamart merupakan tempat yang paling dekat dengan masyarakat sehingga sangat terjangkau. Siapa saja bisa ke sana untuk melakukan transfer uang ini. Bahkan orang yang tak memiliki rekening sama sekali bisa berkirim uang.

Kemudahan yang selanjutnya adalah tidak perlu mengantre seperti di bank. Ya, antrean di Alfamart tak sebanyak antrean di bank sehingga kamu tak perlu berlama-lama membuang-buang waktu bukan?

Selain itu, untuk melakukan transfer kamu tak perlu melakukan pengisian formulir yang sangat panjang seperti di bank. Cukup tunjukkan tanda pengenal saja kamu sudah bisa melakukan transfer uang layaknya di bank ke seluruh Indonesia.

Tidak Membutuhkan Rekening Bank

Seperti yang telah disinggung di bagian atas bahwa untuk transfer melalui Alfamart ini tidak membutuhkan rekening bank sama sekali. Si pengirim dan juga penerima tak perlu memiliki rekening bank tapi tetap bisa saling mengirimkan uang.

Cukup praktis untuk masyarakat yang sangat awam dengan sistem perbankan yang cukup rumit. Ya, masih banyak orang khususnya di desa-desa yang tidak paham dengan sistem bank sehingga tak memiliki rekening. Mereka merasa lebih mudah dengan menunjukkan kode dan mendapatkan uang dari Alfamart.

Minimal Pengiriman Uang adalah Rp10 Ribu

Minimal pengiriman uang yang ditetapkan oleh Alfamart itu hanya Rp10 ribu jadi cocok sekali untuk kamu yang hanya ingin transfer dalam jumlah kecil. Bayangkan saja jika kamu hanya ingin transfer uang Rp10 ribu tapi harus mengantre panjang di bank.

Baca Juga : Cara Transfer Uang Lewat HP, Pakai Bank Atau Dompet Digital

Belum lagi masih ada banyak prosedur yang harus dilakukan sehingga hanya akan membuang-buang waktu saja. Dan, ternyata banyak sekali orang yang malu melakukan transfer uang kecil di bank loh. Jika kamu adalah salah satunya maka Alfamart bisa jadi pilihan yang tepat bukan?

Maksimal Nominal Transfer Hanya Rp100 Ribu

Walaupun minimal transfernya sangat murah, tapi ternyata nominal maksimal yang bisa ditransfer itu sangat terbatas. Ya, kamu hanya bisa mengirim uang sebanyak Rp100 ribu saja dalam satu kali transaksi transfer uang.

Jadi, jika kamu akan mengirim uang dalam jumlah yang besar seperti Rp500 ribu maka akhirnya yang biaya administrasi yang harus kamu bayarkan lebih mahal, Ya, Rp15 ribu dikali 5, lumayan kan?

Nah, itu dia cara transfer uang lewat Alfamart yang bisa dilakukan siapa saja dengan sangat mudah. Banyak kelebihan namun tetap saja ada kekurangan untuk melakukannya namun tetap disesuaikan dengan selera masyarakat sendiri. Ada yang merasa terbantu, ada yang merasa terlalu ribet, semuanya tak bisa disalahkan karena selera setiap orang itu relatif.

Related posts