Cara Transfer ke Bank Lain Tanpa Ribet dan Cepat

cara transfer ke bank lain

Pada dasarnya, cara transfer ke bank lain sangat mudah dan nggak ribet sama sekali. Kamu hanya butuh waktu sekian menit untuk menyelesaikan proses transfer. Walaupun nggak ribet dan sangat mudah, kamu tetap harus hati-hati agar nanti tidak salah ketika memasukkan kode bank dan juga nomer rekening tujuan transfer kamu.

Tapi, dengan kemudahan yang diberikan, ada biaya yang harus kamu bayar dalam proses transfer tersebut. Walaupun membayar, tarifnya tidak terlalu tinggi kok. Misalkan saja, jika kamu memiliki rekening bank BRI dan ingin melakukan transfer ke bank BNI, kamu dikenai tarif transfer sebesar Rp 6.500, tidak terlalu mahal kan?

Read More

Uang yang kamu transfer akan masuk secara realtime kok. Jadi jangan khawatir, proses transfer uangnya nggak terlalu lama. Setelah transfer, pihak penerima bisa langsung mengecek saldonya yang bertambah. Kalaupun belum berhasil, bisa jadi masih ada gangguan dari bank pengirim ataupun penerima.

Cara Transfer ke Bank Lain Dengan Mudah

Caranya hampir sama kok dengan transfer ke bank yang sama. Kamu hanya perlu melakukan dan memilih serangkaian cara yang sekarang sudah banyak disediakan. Ragam cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Melalui ATM

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri(ATM) yang banyak tersebar di berbagai wilayah. Cara ini banyak digunakan untuk transfer untuk keperluan pribadi.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah tentu mendatangi ATM terdekat yang ada di kotamu. Tetapi, sebelum kamu melakukannya, kamu harus lebih dulu membuat kartu ATM yang bisa kamu urus di kantor cabang dari bank yang kamu pilih. Untuk mendapatkan ATM juga nggak ribet, hanya perlu melakukan beberapa verifikasi yang dibantu oleh teller bank.

Setelah kamu sampai, barulah masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM. Disana kamu akan diberikan pilihan awal berupa pemilihan bahasa; Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nah, agar lebih mudah, lebih baik pilih bahasa Indonesia saja. Setelah itu, masukkan nomor PIN yang telah kamu buat ketika meminta mendaftar nomor rekening.

Setelah memasukkan nomor PIN, barulah pilih opsi Menu Lain dan tekan opsi selanjutnya, yakni Transfer. Sebenarnya, ada banyak opsi yang bisa dipilih. Ada opsi cek saldo, penarikan tunai dalam jumlah tertentu, serta beberapa pilihan lainnya. Jika telah selesai memilih opsi Transfer, barulah kamu pilih opsi ke Bank Lain.

Nantinya, kamu langsung ditampilkan kolom untuk memasukkan nomor rekening. Tetapi jangan lupa untuk melihat Daftar Kode Bank yang bisa kamu tekan untuk dipilih. Lihatlah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Untuk kodenya, di akhir artikel ini juga akan ditambahkan.

Setelah kamu mendapatkan kode bank tujuan, barulah masukkan kode tersebut yang langsung diikuti oleh nomer rekening penerima uang transfer yang kamu lakukan. Setelah itu lanjutkan sesuai dengan petunjuk. Biasanya akan muncul informasi terkait nomor rekening dan nama pemilik rekening. Ketuk Benar jika kamu merasa nomor rekening dan nama pemiliknya sudah tepat.

Kemudian, masukkan nominal uang yang akan kamu transfer. Dan setelahnya, lanjutkan proses transfer dengan menekan tombol Ya. Sisanya kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Dan setelah selesai, jangan lupa untuk mencabut ATM milikmu dan juga melihat struk bukti transaksi yang berisi nominal uang yang ditransfer dan juga sisa saldo kamu.

Ini adalah cara pertama. Untuk cara kedua adalah sebagai berikut.

  1. SMS Banking

Nah, ini adalah cara transfer ke bank lain kedua yang bisa kamu gunakan. Hampir sama dengan cara transfer yang pertama. Sebelum melakukan SMS banking, kamu harus memastikan dulu bahwa nomor rekening kamu sudah terdaftar dan sudah diaktifkan untuk memakai SMS banking.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan juga sederhana dan mudah. Kamu hanya perlu menuliskan pesan yang dikirimkan ke nomor tertentu. Ada perbedaan format penulisan SMS banking di beberapa bank yang ada di Indonesia.

Bank BRI ke bank lain : TRANSFER(spasi)Kode Bank Tujuan + Nomor Rekening Tujuan(spasi)Nominal Transfer(spasi)PIN dan kirim pesan tersebut ke 3300

Bank BNI ke bank lain : TRF(spasi)ANTARBANK(spasi)Kode Bank + Nomor Rekening Tujuan(spasi)Nominal Transfer(spasi)## dan kirim pesan tersebut ke 3346

Bank Mandiri ke bank lain : TRB(spasi)Kode Rekening(spasi)Kode Bank Tujuan + Nomor Rekening Tujuan(spasi)Nominal Transfer dan kirim pesan tersebut ke 3355

Dengan beberapa format pesan di atas, kamu bisa melakukan transfer tanpa harus susah-susah pergi ke ATM ataupun ke teller bank. Ini bisa jadi satu cara jika kamu ingin transfer ke bank lain.

  1. Mobile Banking

Kalau cara ini, adalah yang termudah dari kedua cara yang telah dituliskan di atas. Kamu bisa melakukannya sambil rebahan atau saat lagi bersantai. Syarat awal yang harus dipenuhi sama dengan kedua cara yang ada di atas, kamu harus melakukan registrasi dan mengaktifkan fitur mobile banking agar bisa melakukan transaksi dengannya.

Untuk melakukannya, dikatakan mudah karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank yang kamu gunakan. Bisa BCA mobile, BRImo, Livin’ by Mandiri, BNI mobile banking, dan aplikasi mobile banking lainnya.

Setelah mengunduhnya, kamu hanya tinggal membuka aplikasi tersebut. Lalu cari menu yang selanjutnya menunjukkan pada perintah untuk transfer. Dan jangan lupa untuk pilih opsi ke Bank Lain sesuai dengan nomor rekeing tujuan kamu. Setelah itu, cari bank yang akan kamu tuju.

Kemudian, masukkan nomor rekening tujuan transfer serta lanjutkan ke tahap memasukkan nominal uang yang ingin kamu transfer. Setelah itu dilanjutkan dengan memasukkan nomor PIN milikmu dan sisanya kamu hanya tinggal menunggu pesan pemberitahuan berupa SMS dari nomor resmi bank yang kamu gunakan.

Biasanya SMS meminta konfirmasi terkait transfer yang dilakukan. Kamu hanya tinggal mengikuti beberapa instruksi yang nantinya diberikan. Kemudian, tunggu lagi sampai kamu mendapatkan pemberitahuan bahwa transfer yang dilakukan sudah berhasil.

Inilah cara ketiga yang tentu praktis dan mudah untuk dilakukan. Tapi tak hanya tiga cara, berikut ini adalah cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan.

  1. Internet Banking

Cara keempat yang bisa digunakan adalah internet banking. Hal ini merupakan layanan yang diberikan oleh bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Kamu bisa melakukannya di PC, laptop, ataupun di smartphone yang kamu miliki. Dan tentu, perangkat tersebut harus terhubung ke internet.

Untuk bisa melakukannya, jangan lupa untuk mendaftar aktivasi internet banking yang diabntu oleh teller bank. Setelah proses aktivasi, biasanya kamu akan diberikan user id dan password yang digunakan untuk login ke dalam akun internet banking milikmu.

Kemudian, kamu harus masuk ke website resmi e-banking milik bank. Setelah itu, masukkan user id dan password yang sebelumnya telah diberikan oleh bank. Kemudian, kamu pilih saja opsi untuk transfer ke bank lain. Dan kemudian, masukkan kode One Time Password(OTP) yang diperoleh dari token. Setelah itu, jangan lupa untuk logout akun e-banking yang kamu miliki, ya!

Itu adalah berbagia cara transfer ke bank lain yang bisa kamu gunakan. Tentunya, cara penggunaannya sangat mudah dan praktis. Dan dengan adanya artikel ini, semoga bermanfaat bagi kamu, ya!

Related posts