Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android dengan Aplikasi

  • Whatsapp
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android dengan Aplikasi

Kehilangan file-file penting yang disimpan dalam android tentu membuat sebagian bahkan semua orang kesal. File yang hilang terkadang tidak sengaja dihapus karena suatu insiden ataupun sengaja dihapus lantaran tidak pernah berpikir bahwa file tersebut sangat dibutuhkan di kemudian hari. Tapi jangan khawatir, saya akan memberikan cara mengembalikan file yang terhapus di android.

Kalau kamu nggak mau ribet dan cara rumit untuk mengembalikannya, ada loh cara mudah untuk mengembalikan file yang hilang itu. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Playstore dan bisa kalian unduh tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Ada beberapa teknologi yang hadir untuk keperluan ini. Beberapa pengembang aplikasi ada yang menyediakan program untuk keperluan pengembangan file yang terhapus. Aplikasi terbaik yang direkomendasikan untuk kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :

Aplikasi dan Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

  1. 4EXT Recovery

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah 4EXT Recovery. Langkah-langkah untuk memulihkannya yakni pertama, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah mengunduhnya, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.

Layar awal yang akan kamu lihat adalah jendela yang meminta izin untuk mengakses file penyimpanan di android yang kamu miliki. Setelah kamu mengizinkan, maka akan muncul beberapa menu dengan latar belakang hitam dan tulisan berwarna putih.

Di dalamnya ada pilihan untuk Online Install, Update, Recovery, Themes and More, Power Menu, dst. Jika kamu ingin melakuka proses pemulihan terhadap file yang hilang, pilih menu Recovery.

Dalam fitur Recovery, ada fitur Restore yang akan membuatmu bisa mengembalikan file yang diinginkan. Lakukan Scan terlebih dahulu dan setelahnya, klik restore jika ingin proses pengembalian file yang terhapus.

Akan tetapi, untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mengeluarkan uang agar fitur ini bisa aktif. Walaupun harus mengeluarkan sedikit uang, tapi aplikasi ini cukup worth sebagai harga yang harus dibayar untuk mengembalikan file penting. Apalagi jika file itu sangat kamu butuhkan untuk kelanjutan karir kamu. Biaya yang dikeluarkan terasa tidak ada apa-apanya dibanding kelanjutan karirmu.

  1. Dumpster

Cara untuk mengembalikan file yang terhapus di android kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Dumpster. Caranya juga tergolong mudah dan hampir sama dengan aplikasi pertama.

Kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu aplikasi Dumpster di Google Play Store. Penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah dan sederhana karena kamu nggak perlu ribet untuk root android yang kamu miliki.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah aplikasi ini bisa mengembalikan file yang terhapus jika sebelumnya kamu telah menginstall Dumpster di android. Jika sebelumnya kamu belum pernah menginstallnya, kamu belum bisa mengembalikan file lama yang kamu butuhkan.

Penggunaan aplikasi ini sangat praktis, karena kamu hanya tinggal membukanya. Dan, disana telah disediakan list file yang telah kamu hapus setelah melakukan pemasangan program ini di android milikmu.

Ada banyak opsi yang bisa kamu pilih untuk memulihkan file; All Files, Images, Videos, Audio, Documents, Folder, Apps, dan lain sebagainya. Kamu hanya tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. untuk mengembalikannya kamu hanya tinggal menekan sedikit lama untuk memilih file dan tinggal klik Restore.

Jika kamu belum menemukan file yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan Deep Scan Recovery agar semakin banyak file yang bisa dideteksi saat proses pemindaian berlangsung.

  1. Penggunaan Google Photos

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk me-recover file yang terhapus adalah dengan menggunakan Google Photos. Aplikasi ini biasanya sudah merupakan bawaan yang terdapat dalam android pada umumnya.

Tentang penggunaannya, Google Photos bisa digunakan jika kamu telah mengizinkan pencadangan otomatis di awal penggunaan smartphone. Dan aplikasi ini bisa digunakan hanya saat terhubung dengan WiFi.

Jika kamu sudah mengizinkan pencadangan otomatis dari Google Photos, saat kamu ingin untuk mengembalikan file yang kamu hapus, caranya sangat mudah. Yakni dengan mencari fitur Trash pada aplikasi. Dan untuk prosesnya, kamu hanya tinggal menekan tombol Restore.

Yang perlu kamu ingat tentang penggunaan aplikasi ini adalah fitur Trash hanya bisa recover file yang dihapus tidak lebih dari 60 hari. Jika lebih, maka file akan otomatis hilang dan kamu tidak bisa mengembalikan file yang diinginkan.

  1. Menggunakan DiskDigger

Metode keempat yang bisa kamu gunakan adalah dengan aplikasi DiskDigger. Cara penggunannya cukup mirip dengan aplikasi pertama tadi. Kamu hanya perlu menginstallnya dan membukanya setelah instalasi selesai.

Hanya ada sedikit perbedaan dalam aplikasi ini. Kamu hanya bisa menggunakan Basic Scan dalam proses pemindaian file yang terhapus. Jika kamu ingin menggunakan Full Scan atau Deep Scan, kamu harus melakukan root terlebih dahulu. Perbedaan mendasar dan Basic Scan dan Full Scan adalah kedalamannya dalam memindai.

Fitur Basic Scan tentu lebih rendah kemampuannya dibandingkan Full Scan. Tapi tenang, dengan Basic Scan saja kamu bisa mudah kok menemukan file yang terhapus.

  1. Undeleter Recover Files & Data

Aplikasi kelima yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah Undeleter Recover Files & Data. Akan tetapi, aplikasi ini mengharuskan kamu untuk melakukan root terhadap HP android yang kamu miliki. Proses root yang dilakukan adalah demi mendapatkan hak akses tidak terbatas agar kinerja aplikasi bisa maksimal.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama kamu harus mengunduhnya terlebih dulu. Setelah itu akan muncul jendela tentang permintaan aplikasi untuk mengizinkan root. Lalu, kamu harus mencari folder tempat dimana file tersebut terhapus.

Kamu akan diberikan dua pilihan; Journal Scan dan Deep Scan. Ada perbedaan dalam dua pilihan ini. Journal Scan akan melakukan pemindaian terhadap seluruh file, foto, video, sampai SMS. Tapi Deep Scan, hanya akan melakukan pemindaian terhadap file yang kamu pilih saja.

Pilih salah satu dan klik Scan. Dan, kamu tinggal menunggu hasilnya. Setelah beberapa file muncul, pilihlah file yang memang kamu butuhkan dan ingin kamu pulihkan.

Itu adalah rekomendasi aplikasi di android yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Namun, jika kamu belum puas dan ingin menggunakan cara yang lebih efektif, lebih baik gunakan software yang membutuhkan PC dalam proses pemulihannya.

Rekomendasi Software PC Untuk Mengembalikan File Yang Hilang

Ada beberapa program yang bisa kamu gunakan di PC ataupun laptop yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan beberapa aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengembalikan file yang terhapus adalah Dr.Fone, Recuva, EaseUS MobiSaver.

Ketiga aplikasi tersebut dianggap cukup efektif untuk mengembalikan file-file yang terhapus. Bahkan dari android yang baru direparasi lantaran rusak. Semoga saran ini membantumu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *