Cara Melacak HP Android yang Hilang Dalam Keadaan Mati

  • Whatsapp
cara melacak hp android yang hilang dalam keadaan mati

Apakah kamu termasuk orang yang pernah kehilangan smartphone atau HP? Kalau iya, pasti saat kehilangan smartphone tersebut kamu panik dan kebingungan untuk mencarinya. Apalagi terkadang HP yang hilang masih dalam keadaan mati. Untuk mencarinya, tentu kamu butuh pengetahuan tentang cara melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati.

Saat ini, HP memang merupakan barang yang setiap hari tidak pernah lepas dari genggaman. Dengan beragam kecanggihan yang dikembangkan, kini HP bisa digunakan untuk beragam keperluan. Dengan HP, beberapa kegiatan seperti mengecek e-mail, membeli barang, dan bahkan untuk mengecek saldo keuangan bisa dilakukan dengan barang kecil nan canggih ini.

Read More

Momen kehilangan HP, tentu akan membuat kamu panik lantaran tingkat ketergantungan yang sangat tinggi. Apalagi kalau HP yang kamu miliki cukup mahal dan kamu beli dengan hasil keringatmu sendiri. Kehilangan HP bisa membuat harimu suram dan gelap. Dan, semoga saja, kejadian ini jangan sampai dialami.

Jika terjadi, kamu jangan khawatir. Sekarang ini sudah ada metode yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pelacakan terhadap HP yang hilang dan dalam keadaan mati.

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati Dengan Google Maps

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Mengapa Google Maps? Karena di dalamnya masih ada alamat email yang terkait dan bisa kamu gunakan untuk melacak HP yang hilang. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Kamu harus membuka aplikasi Google Maps terlebih dahulu
  2. Kemudian pilih tiga garis yang ada pada pojok kiri atas
  3. Setelah itu, klik Tambahkan Akun
  4. Kamu bisa langsung menambahkan akun email yang sebelumnya pernah kamu gunakan di dalam HP android yang hilang
  5. Tekan tombol Berikutnya
  6. Masukkan password yang kamu gunakan untuk email tersebut
  7. Setelah itu klik Setuju
  8. Lalu akan muncul opsi di kanan atas berupa segitiga kecil
  9. Tekan linimasa kamu dan tekan Ok
  10. Setelah proses ini selesai, Google Maps akan secara otomatis menunjukkan lokasi dan posisi HP kamu yang hilang
  11. Selesai

Itu adalah cara yang bisa digunakan untuk menemukan HP android kamu yang hilang. Memang, cara yang digunakan cukup rumit jika dibandingkan dengan menemukan HP yang hilang dalam keadaan hidup. Jika kamu kehilangan HP dalam keadaan hidup, ada beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menemukan posisinya.

Cara Menemukan HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Hidup

Ada kurang lebih tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan HP yang hilang. Namun ingat, cara ini hanya bisa kamu gunakan saat HP yang hilang masih dalam keadaan hidup karena ia membutuhkan feedback dari HP tersebut.

  1. Menggunakan Google Android Device Manager (ADM)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menemukan HP yang hilang dalam keadaan hidup adalah dengan menggunakan Google Android Device Manager yang kemudian disingkat Google ADM. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan serta gratis yang telah disediakan oleh Google dengan fungsi menemukan atau melacak HP yang hilang.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi yakni GPS dalam HP kamu yang hilang berada dalam kondisi aktif. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Langkah pertama kamu harus menggunakan smartphone lain atau PC dan juga laptop untuk login ke dalam Google ADM
  • Setelah kamu melakukan proses login, klik Accept
  • Secara otomatis, Google ADM akan menampilkan nama dari perangkat atau gadget yang sebelumnya terhubung dengan email kamu
  • Pilihlah nama smartphone atau gadget kamu yang hilang
  • Kemudian, kamu akan ditampilkan tempat dan lokasi smartphon atau HP yang hilang berada

Jika lokasi belum atau tidak pernah muncul, kemungkinan besar smartphone kamu yang hilang mengalami kerusakan sistem dan HP kamu mati total. Namun jangan panik, masih ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

  1. Menggunakan Whatsapp

Selain fitur chatting, Whatsapp juga bisa digunakan untuk menemukan HP yang hilang. Ada cara tertentu yang harus kamu lakukan untuk penggunaannya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Whatsapp yang telah terinstal
  • Kemudian, kamu harus mencari kontak atau nomor telepon yang digunakan untuk Whatsapp dari smartphone yang sedang kamu cari
  • Masuk ke ruang chatting seperti biasa kamu lakukan saat mengirim pesan
  • Kemudian, klik ikon Lampiran dengan beberapa opsi; kamera, galeri, dokumen, audio, kontak, dan kontak
  • Pilih opsi Lokasi dan tekan Berbagi Lokasi Terkini
  • Setelah kamu menekan Bagikan Lokasi Terkini kamu akan mendapatkan informasi lanjutan.
  • Pilih opsi Lanjut
  • Kemudian pilih opsi jangka waktu pembagian lokasi akan berlaku. Pilih yang paling lama yaitu opsi 8 jam
  • Tekan Selanjutnya
  • Setelah itu akan muncul lokasi yang telah kamu bagikan ke nomor Whatsapp dari HP yang hilang
  • Untuk melacaknya, klik lokasi yang sebelumnya telah dibagikan. Kemudian, tekan Lokasi Terkini
  • Jika sudah, secara otomatis HP kita yang hilang akan menerima lokasi tersebut
  • Cara selanjutnya adalah langsung saja tekan Dapatkan Arah dan kamu akan ditampilkan arah oleh Google Maps. Sisanya, kamu tinggal mengikuti arah yang telah diberikan

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan smartphone yang hilang dengan menggunakan Whatsapp.

  1. Menggunakan Aplikasi

Nah, ada lagi nih cara yang efektif untuk mencari smartphone yang hilang. Yakni dengan menggunakan aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis dari Play Store ataupun App Store. Apa saja aplikasinya?

Pertama, aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Find My Device. Ini adalah aplikasi yang populer digunakan untuk mencari smartphone yang telah hilang. Selain menemukan lokasinya, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengunci smartphone hilang dengan remote dari jarak jauh untuk mengurangi resiko terburuk yang mungkin saja terjadi.

Tapi harap diingat, smartphone yang hilang harus tetap terkoneksi dengan internet. Caranya sangat mudah. Kamu bisa mendownloadnya melalui tempat mendownload aplikasi atau juga bisa dengan membukanya lewat browser. Ini bisa dilakukan di smartphone ataupun di PC ataupun laptop. Bebas mau menggunakan yang mana.

Caranya adalah tinggal menyalakan Find My Device di smartphone atau PC dan laptop. Dan, secara otomatis kamu akan diberikan tempat dimana HP kamu berada. Kamu juga akan ditampilkan prosentase baterai, aktif atau tidaknya GPS, dan beberapa opsi seperti mengapus perangkat, deringkan perangkat, dan juga kunci perangkat.

Pilihlah salah satu opsi dari yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu.

Kedua, aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Find My Mobile. Ini bisa ditemukan dalam HP Samsung lantaran merupakan aplikasi bawaan. Cara untuk menggunakannya cukup mudah yakni dengan masuk ke Setting, lalu klik Biometrics and Security, dan langsung tekan Find My Mobile kemudian pilih opsi Send Last Location.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Remote Unlock untuk mengendalikan HP kamu yang hilang dari jarak jauh.

Dan, itulah beberapa cara melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati maupun hidup. Semoga bermanfaat!

Related posts