Aplikasi Paylater Terbaik di Indonesia dan Perkembangannya, Cek Dulu Disini!

by Ruli Setiawan
aplikasi paylater terbaik

Diantara Anda mungkin sudah banyak yang mendengar tentang sebuah program pembiayaan terbaru yang dikenal dengan sebutan Paylater. Lantas apa sajakah aplikasi paylater terbaik yang sudah beredar di Indonesia dan bagaimana perkembangannya?

Nah, sebelum kita membahas semua itu, kita akan membahas terlebih dahulu tentang paylater itu sendiri. Paylater merupakan sebuah sistem pembiayaan terbaru yang dibuat oleh marketplace dengan tujuan memudahkan aktivitas pembelanjaan customer.

Konsepnya customer bisa membeli barang apapun yang diinginkan dan melakukan pembayaran di kemudian hari dengan tenor yang sudah ditentukan. Jadi seperti mencicil untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan di marketplace tersebut.

Lebih lanjut tentang sistem paylater, perkembangannya dan aplikasi paylater terbaik yang bisa digunakan dapat Anda simak ulasan di bawah ini!

Aplikasi Paylater Terbaik di Indonesia

Traveloka Paylater

traveloka paylater

Sumber : Traveloka

Salah satu aplikasi yang menggunakan paylater adalah Traveloka. Bahkan Traveloka bisa dibilang merupakan e-commerce pertama yang mengenalkan sistem paylater dengan taglinenya “Liburan dulu, bayar kemudian”.

Traveloka Paylater merupakan suatu pembiayaan liburan dari Traveloka yang memudahkan customer untuk liburan kemana saja dan kapan saja yang dia inginkan tanpa perlu takut bokek karena pembelian tiket pesawat dan hotelnya bisa dilakukan kemudian hari.

Mengenai bagaimana cara mengaktifkan Traveloka Paylater, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda buka Traveloka App. Jika belum punya Anda bisa download dulu di Play Store atau App Store
  • Setelah itu pilih PayLater
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan dengan cara mengisi data pribadi, keluarga dan pekerjaan.
  • Siapkan KTP Anda dan satu dokumen pendukung lain seperti SIM, kartu BPJS, kartu KK atau bisa juga NPWP.
  • Tunggu proses verifikasinya berlangsung maksimal 1 jam kerja. Pastikan kontak Anda dan keluarga yang bisa dihubungi memang dapat dihubungi dalam kurun waktu tersebut.
  • Setelah disetujui, aktifkan akun dan mulai gunakan paylater dari Traveloka untuk melakukan pemesanan apapun yang Anda inginkan.

Di Traveloka Paylater, limit meminjamnya disesuaikan dengan penghasilan. Anda juga perlu memenuhi syarat memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah per bulan. Tenggang waktu atau tenor cicilannya mulai dari 1 – 12 bulan. Anda bisa pilih tenor cicilan yang tidak memberatkan Anda.

Aplikasi Cicil

Bagi mahasiswa, laptop dan smartphone yang mendukung kegiatan kuliah merupakan hal yang penting dipenuhi. Hanya saja, sampai saat ini tak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan untuk membeli laptop atau barang lain yang mendukung kegiatan kuliah.

Nah, untuk menjawab rasa dilema mahasiswa, Cicil hadir menawarkan sistem pembiayaan pembelian produk dengan cara mencicil. Mahasiswa bisa mendapatkan barang yang mereka butuhkan dan bisa dibayar di kemudian hari sesuai dengan tenor yang ditentukan.

Namun, Cicil tidak memberikan fasilitas pembiayaan secara cuma – cuma, tetap ada syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Beberapa syarat mahasiswa yang juga harus dipenuhi untuk bisa mengajukan pinjaman pembelian suatu produk diantaranya profil akademis, IPK dan nilai mahasiswa.

Mengenai darimana Cicil bisa mendapatkan keuntungan atas program pembiayaan yang disediakan, Cicil tidak menggunakan sistem bunga. Akan tetapi Cicil menggunakan pedoman biaya margin penjualan atas harga barang yang dibeli. Kemudian margin dan harga barang dibayarkan melalui skema cicilan flat per bulan sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

Mengenai berapa biaya margin, besarannya berbeda – beda tergantung pada profil debitur, harga barang, uang muka serta jangka waktu pelunasannya.

Aplikasi Kredivo

aplikasi kredivo

Sumber : Kredivo

Saat ini Kredivo menjalin kerja sama dengan berbagai macam e-commerce yang ada di Indonesia seperti diantaranya JD.id, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, serta berbagai macam merchant yang lain sehingga Kredivo bisa digunakan sebagai program pembiayaan belanja baik secara online atau secara offline.

Untuk menggunakan layanan Kredivo, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau Apple App Store dan lakukan pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Jika kita bandingkan antara Kredivo dengan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang lain, tentu saja Kredivo dinilai unggul karena tingkat bunga terhitung ringan dan bebas dari biaya pendaftaran serta biaya tahunan.

Dengan Kredivo, Anda bisa memilih sekaligus dua metode pembayaran yaitu metode pembayaran dalam 30 hari pelunasan dengan biaya layanan 1% dari nilai transaksi. Atau Anda juga bisa menggunakan metode pembayaran dengan skema cicilan dari 3 – 12 bulan yang bunganya dihitung sebesar 2,95% setiap bulannya.

Akulaku

akulaku paylater

Sumber : Akulaku

Sebagai salah satu aplikasi paylater terbaik di Indonesia selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk Anda adalah Akulaku. Akulaku merupakan penyedia cicilan pembelian barang tanpa kartu kredit sekaligus menjadi e-commerce yang dapat membantu Anda membeli berbagai macam barang yang Anda impikan.

Akulaku menyediakan plafon kredit instan sampai dengan lebih dari 5 juta rupiah dengan bunga harian mencapai 0,9%. Dalam pembelanjaan melalui Akulaku, Ada bisa belanja di merchant yang bekerjasama dengan Akulaku baik secara online atau pun offline.

Atau jika memang ada barang yang tersedia di e-commerce Akulaku dan menurut Anda cocok untuk Anda gunakan, Anda bisa membeli langsung di e-commerce Akulaku tersebut dengan membayar uang muka.

Jika pemesanan barangnya disetujui, barang akan segera dikirim ke alamat Anda. Namun jika tidak mendapat persetujuan, uang muka yang Anda sudah bayarkan akan segera dikembalikan ke rekening Anda dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan Akulaku sebagai tempat belanja Anda sekaligus memanfaatkan program pembiayaan dengan limit up to 5 juta dari Akulaku, Anda bisa download app ini segera.

Download aplikasi Akulaku sekarang juga di Google Play Store atau di App Store. Anda juga perlu mengajukan limit kredit dengan cara mengisi data diri dan informasi pekerjaan Anda. Jika di Acc, Anda bisa langsung berbelanja dalam program Akulaku yang tersedia.

Home Credit

home credit

Sumber : home credit

Home Credit merupakan suatu perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan kredit secara instan bagi nasabah yang ingin berbelanja secara offline atau pun online di Home Credit. Mengenai produk apa saja yang mendapat pembiayaan dari Home Credit terbatas pada perangkat rumah tangga, gadget, alat elektronik, atau perangkat furniture saja.

Jadi kalau Anda ingin kredit produk lain selain itu di Home Credit masih belum bisa dilakukan. Dalam pengajuannya, Anda hanya perlu memilih barang dari toko mitra dan bisa melakukan pengajuan di Home Credit.

Anda akan butuh kepastian diterima atau ditolak pembelian dan pengajuan pembiayaan Anda tak butuh waktu lama. Hanya dalam kurun waktu 3 – 5 menit, Home Credit akan memberikan informasi kepada Anda.

Ovo Paylater

ovo paylater

Sumber : OVO Paylater

Aplikasi ovo Paylater ini merupakan sebuah dompet digital yang disediakan oleh salah satu penyedia keuangan dan bekerjasama dengan Tokopedia. Fitur aplikasi Paylater Ovo dihadirkan dengan tujuan utama untuk memudahkan pelanggan yang berbelanja di Tokopedia.

Hanya saja, tidak seperti yang kami sebutkan sebelum – sebelumnya, paylater dari Ovo hanya bisa Anda gunakan di Tokopedia saja. Anda tidak bisa menggunakan untuk berbelanja di marketplace lainnya. Bahkan untuk Anda yang menjalankan sistem bisnis afiliasi di beberapa marketplace pun tak bisa menggunakan Ovo yang memang diprogram khusus untuk Tokopedia.

Oh ya, sebagai informasi menarik bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis afiliasi, sekarang sudah banyak lho marketplace yang menawarkan sistem bisnis afiliasi kepada Anda. Dengan mereka, Anda tidak hanya bisa berbelanja namun juga bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang Anda jalankan.

Baca Juga : 7 Marketplace yang Jalankan Sistem Bisnis Afiliasi Terbaik di Indonesia

Oke balik lagi dengan sistem paylater Ovo, untuk metode pembayaran yang bisa dilakukan adalah dengan cara mencicil yang bisa dilakukan dengan membayar di indomaret, melalui virtual account, memanfaatkan mobile banking, internet banking atau via transfer di ATM terdekat. Semua bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Bagi Anda yang masih belum mengaktifkan Ovo paylater, cara aktivasinya mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama download aplikasi Tokopedia.
  • Jika sudah mendownload, selanjutnya buka aplikasi Tokopedia yang sudah Anda download tadi
  • Login ke akun Tokopedia. Jika Anda belum punya akun, Anda bisa daftar akun Tokopedia lebih dulu.
  • Klik menu akun di bagian pojok bawah
  • Selanjutnya klik tombol aktifkan sekarang
  • Tunggu SMS kode verifikasi ke nomor Ovo Anda.
  • Setelah itu Anda bisa langsung masukkan kode verifikasi yang Anda sudah dapatkan
  • Selang beberapa waktu, terdapat kotak dialog yang mengharuskan Anda mengupload KTP
  • Upload KTP Anda yang sudah Anda siapkan
  • Isi identitas sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Tunggu proses aktivasinya berlangsung. Mengenai proses aktivasi kurang lebih butuh waktu sekitar 1 jam.
  • Kemudian lakukan pengecekan kembali di aplikasi Tokopedia, jika berhasil Anda akan temukan tombol atau link “Aktifkan Sekarang!” sudah tidak ada lagi. Namun jika masih ada, maka Anda tunggu sebentar lagi.
  • Jika sudah aktif, Anda bisa belanja dengan Ovo Paylater.

Gopay

gopay

Sumber : Gopay

Tak mau ketinggalan dengan yang lain, Gojek menyediakan sistem pembiayaan paylater juga yang disebut dengan Gopay. Melalui aplikasi pembiayaan Gopay, Anda bisa menikmati semua fasilitas gojek mulai dari go-ride, go-car, go-food dan yang lainnya dengan sistem bayar belakangan.

Untuk mengaktifkan aplikasi paylater gopay dari Gojek, caranya cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pada kolom cara pembayaran, Anda pilih saja langsung akses “Paylater” sebagai metode pembayaran Anda.
  • Kemudian klik tombol titik yang terdapat di sebelah kanan metode pembayaran, ubah metode pembayaran ke Paylater
  • Untuk pemakaian pertama kali, akan ada perkenalan dengan PayLater dan ringkasan cara penggunaannya.
  • Klik langsung akses “Coba Sekarang” untuk menyelesaikan transaksi yang Anda lakukan.

Perkembangan Aplikasi Paylater di Indonesia

Sistem belanja paylater atau sistem belanja yang menerapkan konsep belanja dulu bayar belakangan awalnya diremehkan. Awalnya banyak orang yang takut dengan sistemnya karena sebagian orang merasa akan dibebankan bunga yang tinggi dan adanya sistem tidak transparan di belakangnya.

Akan tetapi kemudian dengan sosialisasi terus menerus yang dilakukan, sistem belanja paylater mudah digunakan. Pihak penyedia layanan juga menyosialisasikan klaim bahwa sistem bunga tidak dibebankan kepada customer jika pembayaran tidak lebih dari 3 bulan. Bahkan ada yang sampai menawarkan sistem bunga 0 – 0,2% saja.

Pihak penyedia layanan juga memberikan jaminan bahwa tidak ada biaya – biaya yang tidak diketahui oleh customer ketika pembayaran sehingga customer tidak perlu ragu lagi dalam penggunaan hak paylaternya di sebuah marketplace. Mereka tidak akan mengalami masalah pembengkakan pembiayaan.

Dengan semua kemudahan tersebut, pada akhirnya kini semakin banyak marketplace yang menyediakan sistem paylater. Bahkan banyak marketplace yang sukses dengan sistem tersebut. Sistem tersebut terbukti dapat meningkatkan pembelanjaan customer di marketplace mereka. Mungkin Anda tertarik untuk mencoba?

Anda bisa menggunakan salah satu dari aplikasi paylater terbaik di Indonesia yang kami sudah sebutkan sebelumnya. Dapatkan pengalaman yang menarik dan menyenangkan bersama mereka!

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: