16 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
16 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur. Meski begitu, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan.

Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

16 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Kunyit

Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Selain beberapa nutrisi di atas, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ini Dia Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh 

Berkat kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, kunyit memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti :

1. Mengurangi Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis.

Namun, bila Anda ingin menggunakan ekstrak kunyit untuk mengobati penyakit ini, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Meredakan Rasa Gatal Pada Kulit

Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Anda bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal ini.

4. Meringankan Gangguan Menstruasi

Bagi kamu para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

5. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

6. Mencegah Kanker

Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas kunyit dalam mencegah penyakit kanker.

7. Mengurangi Depresi

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

8. Mengatasi Masalah Kulit

Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit, seperti jerawat, eksim, penuaan dini, dan psoriasis.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan, seperti mencegah penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, dan menjaga kesehatan mata. Namun, semua ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya bagi kesehatan tubuh.

Kunyit juga diklaim bisa digunakan sebagai obat usus buntu. Namun, klaim ini hanyalah mitos. Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah secara medis yang membenarkan hal tersebut.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

10. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

11. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

12. Obat Alergi

Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

Dua kandungan tersebut menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

13. Menangkal Bakteri Jahat

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri jahat. Bagi kamu yang sering merasa sakit perut atau mengalami keracunan makanan dan bakteri jahat, kamu bisa minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan.

Bukan hanya itu, kandungan pada kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut kita dan organ intim wanita.

14. Penawar Racun

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama pada gigitan ular. Karena kunyit mampu menghambat aktivitas bisa ular pada darah, menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

15. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika kamu penderita diabetes cobalah mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada arah.

Selain itu, juga dapat meningkatkan insulin dan mebuat gejala diabetes jadi lebih mudah ditangani.

16. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu memperkuat imun dan mengetasi infeksi, mengonsumsi air kunyit juga bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Jadi, cocok untuk kamu yang tengah menjalani diet.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus mengombinasikan sari kunyit dengan asam Jawa.

Efek Samping Mengonsumsi Kunyit

Sampai saat ini, belum ditemukan adanya efek samping dari penggunaan kunyit pada dosis rendah. Penelitian juga mencatat bahwa tidak terjadi efek samping pada orang yang mengonsumsi kunyit 490 mg per hari selama seminggu.

Walau demikian, konsumsi kunyit yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Ada beberapa efek samping yang dapat timbul bila kunyit dikonsumsi secara berlebihan, seperti:

  • Gangguan pencernaan, seperti perut kembung, penyakit asam lambung, dan diare
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Ruam pada kulit
  • Risiko terkena kanker usus dan kanker hati

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh memang cukup banyak. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Hindari konsumsi kunyit secara berlebihan, baik dalam bentuk segar maupun suplemen.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen kunyit, pilihlah suplemen yang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya.

Bila Anda ingin mengonsumsi kunyit sebagai pendamping pengobatan penyakit tertentu, terutama kunyit dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter guna mencegah terjadinya interaksi obat atau munculnya efek samping. Dengan demikian, manfaat kunyit pun dapat Anda peroleh secara maksimal.

Related posts