9 Cara Cek No Rekening Semua Bank dengan Praktis dan Cepat!

cara-cek-no-rekening

Bagi sebagian orang, mengingat nomor rekening bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika nomor rekeningnya panjang. Ternyata, nomor rekening tidak perlu diingat karena cek nomor rekening bisa dilakukan dengan mudah.

Teknologi yang semakin berkembang, mempermudah pengecekan nomor rekening. Namun, Anda perlu memahami apa itu nomor rekening, sebelum mengetahui bagaimana cara mengeceknya.

Banyak orang sering membicarakan tentang nomor rekening, tapi apa sebenarnya pengertian dari nomor rekening? Nomor rekening merupakan nomor yang dipakai untuk melakukan penarikan dan penyetoran uang di bank.

Nomor rekening digunakan untuk melakukan seluruh aktivitas keuangan di bank. Semua nasabah memiliki nomor rekening berbeda-beda satu orang dengan lainnya.

Anda harus melakukan pendaftaran rekening di kantor bank terlebih dahulu, sebelum mendapatkan nomor rekening. Kemudian setelahnya, nomore rekening baru bisa digunakan untuk bertransaksi. Pembukaan nomor rekening harus menyertakan data diri yang sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga.

Fungsi Nomor Rekening

Fungsi-Nomor-Rekening

Anda bisa melakukan cek no rekening secara mandiri jika lupa nomor rekening pribadi. Selain itu, Anda juga bisa mengecek nomor rekening orang lain yang dicurigai sebagai penipu.

Keberadaan nomor rekening sangat penting. Namun sebenarnya, apa saja fungsi nomor rekening?

  • Media bertransaksi secara perbankan
  • Alat pembayaran
  • Sebagai cara untuk mengirim dan menerima uang
  • Persyaratan utama pengajuan pinjaman
  • Syarat untuk mengajukan program perbankan

Jumlah Digit pada Nomor Rekening

Jumlah-Digit-pada-Nomor-Rekening

Jumlah nomor digit di setiap bank berbeda-beda. Tentu cara cek no rekening juga tidak sama. Berikut ini beberapa daftar jumlah digit nomor rekening sejumlah bank ternama.

NO NAMA BANK JUMLAH DIGIT NOMOR REKENING
1. BRI 15
2. BCA 10
3. Mandiri 13
4. BTN Syariah 10
5. BTN 16
6. Muamalat 10
7. Bank OCBS NISP 12
8. BNI 10
9. Danamon 10
10. Bukopin 10

Tidak hanya jumlah digitnya saja yang berbeda, namun setiap bank memiliki cek no rekening yang berbeda-beda pula.

Cara Cek Nomor Rekening

Beberapa orang yang lupa nomor rekeningnya, melakukan cek nomor rekening bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya.

1. Cek nomor rekening di buku tabungan

Cek-nomor-rekening-di-buku-tabungan

Semua nasabah yang sudah memiliki nomor rekening, pasti memiliki buku tabungan. Anda bisa melakukan pengecekan nomor rekening melalui buku tabungan yang diberikan oleh pihak bank. Biasanya, nomor rekening lokasinya ada di halaman pertama buku tabungan.

Di buku tabungan tersebut, Anda tidak hanya bisa cek no rekening pribadi, tapi juga dapat melihat beberapa informasi lain seperti kantor cabang pembuatan rekening. Anda juga bisa mendapat informasi terkait nama pemegang rekening sesuai dengan KTP.

Alamat pemilik dan tanggal pembukaan rekening juga dapat dilihat di bagian informasi buku. Selain itu, nomor seri buku tabungan juga bisa dilihat di bagian depan halaman pertama.

2. Cek nomor rekening melalui mesin ATM

Cek-nomor-rekening-melalui-mesin-ATM

Cara cek no rekening BRI juga bisa dilakukan di mesin ATM. Mesin ATM tidak hanya dapat digunakan untuk mengambil dan mengirim uang, namun bisa cek nomor rekening. Apalagi, mesin ATM bisa ditemukan dengan mudah, sehingga berbagai transaksi dapat dilakukan kapan saja.

Anda bisa menggunakan menu mutasi rekening untuk cek nomor rekening. Dalam histori transaksi, nomor rekening pemilik bisa diketahui. Kalau Anda masih bingung, bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Masukkan kartu ATM ke mesin dan masukkan nomor PIN pribadi Anda
  • Pilih menu mutasi rekening. Apabila menu mutasi rekening tidak ada, Anda bisa tekan menu lainnya untuk mencari menu mutasi.
  • Nomor rekening Anda dan beberapa transaksi sebelumnya akan muncul di layar.

3. Cek Nomor Rekening Melalui E-Banking

Cek-Nomor-Rekening-Melalui-E-Banking

E-banking adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh Bank untuk mempermudah transaksi. Semua nasabah berhak menggunakan e-bank. Anda perlu mendaftar terlebih dahulu agar bisa menikmati fasilitas e-banking. Silahkan datang ke kantor cabang terdekat untuk mendaftar.

Banyak fitur yang disediakan di layanan e-banking, salah satunya cek no rekening pribadi. Ketentuan untuk cek nomor rekening setiap bank berbeda-beda. Sehingga ada baiknya Anda bertanya kepada costumer servis saat mendaftarkan e-banking.

Namun jika Anda hanya ingin melakukan aktivasi untuk transaksi nonfinancial, cukup melakukannya melalui ATM saja. ID dan passord bisa langsung diperoleh dari registrasi ATM. Maksud dari transaksi nonfinancial adalah cek no rekening, jumlah saldo dan melihat histori transaksi.

Tetapi, jika ingin mengaktifkan ebanking untuk kebutuhan transaksi finansial, bisa langsung mengunjungi kantor cabang bank terdekat. Siapkan data-data seperti KTP/SIM/Passport sebagai bukti tanda pengenal yang sah.

Anda juga harus memiliki alamat email dan nomor telepon untuk aktivasi akun. Pastikan nomor telepon dan email aktif. Selain itu, jaringan internet pada hp yang digunakan untuk mengakses ebanking harus kuat.

Cara cek no rekening BCA berbeda dengan bri. Demikian pula dengan cara cek nomor bni tidak sama dengan Danamon. Semuanya memiliki cara dan karakter sendiri-sendiri.

4. Cek nomor rekening melalui internet banking

Cek-nomor-rekening-melalui-internet-banking

Cek nomor rekening melalui internet ini hampir sama dengan e-banking. Anda harus mendaftar terlebih dahulu agar akun internet banking di aktivasi. Apabila sudah di aktivasi, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terkait rekening pribadi di bagian halaman pertama.

Salah satu informasi yang bisa diperoleh adalah nomor rekening. Selain itu, juga ada banyak informasi lainnya yang akan memudahkan Anda mendapat info rekening.

5. Cek nomor rekening dari mobile banking

Cek-nomor-rekening-dari-mobile-banking

Mobile banking adalah layanan lain dari bank untuk mempermudah nasabah. Transaksi perbankan bisa dilakukan dalam smartphone. Mobile banking jadi aplikasi yang canggih dan hanya bisa diakses apabila ada jaringan internet.

Mobile banking berbeda dengan ebanking karena bentuknya sebuah aplikasi. Anda perlu mendownload aplikasi dari playstore atau apple store. Namun mobile banking dan ebanking sama-sama harus diaktivasi melalui kantor cabang terdekat.

Setelah melakukan aktivasi, Anda tinggal log in dan memilih m-BCA. Anda bisa melakukan cek no rekening BCA di mobile banking BCA, melihat saldo dan berbagai fasilitas lainnya.

6. Cek nomor rekening melalui call center

Cek-nomor-rekening-melalui-call-center

Layanan call center berbagai bank hadir setiap saat. Bahkan, beberapa menyediakan layanan call center 24 jam dalam 7 hari. Anda dapat menghubungi setiap saat apabila membutuhkan bantuan terkait info rekening.

Biasanya, nasabah akan menghubungi call center untuk melakukan pemblokiran nomor di luar jam kantor. Selain itu, Anda juga bisa bertanya tentang nomor rekening pribadi melalui layanan call center.

Berikut nomor call center bank yang dapat dihubungi untuk cek no rekening.

NO NAMA BANK NO CALL CENTER
1. BTN 1500 286
2. MANDIRI 1400
3. BRI 14017 / 1500 017
4. BCA 1500 888
5. BNI 1500 046
6. CIMB Niaga 14041
7. OCBC NISP 1500 999
8. Muamalat 1500 016
9. Citi 6999
10. BTPN 1500 300
11. Danamon 67777 / 1500-090

7. Cek nomor rekening langsung datang ke kantor bank

Cek-nomor-rekening-langsung-datang-ke-kantor-bank

Bank ternama di Indonesia memiliki beberapa kantor cabang di seluruh wilayah Tanah Air. Sehingga, Anda akan mudah menemukan kantor cabang sesuai rekening bank yang dimiliki. Anda bisa mengunjungi kantor langsung apabila ingin cek no rekening pribadi.

Syarat untuk melakukan pengecekan nomor rekening melalui kantor cabang adalah dengan menunjukkan KTP asli. Anda tidak bisa melakukan pengecekan apapun tanpa menunjukkan KTP asli.

Fungsi KTP ini untuk memvalidasi data dan memudahkan petugas untuk melakukan pencarian data rekening. Perlu diingat, Anda harus datang ke kantor bank sesuai rekening yang dimiliki. Misalnya ingin cek no rekening BNI, maka harus datang ke kantor cabang bank BNI.

Pengecekan rekening atau informasi apapun hanya dapat diperoleh sesuai dengan rekening bank yang dimiliki. Kantor bank BCA tidak bisa melayani cek no rekening BRI.

8. Cek nomor rekening dari bukti transfer

Cek-nomor-rekening-dari-bukti-transfer

Cara lain untuk cek nomor rekening adalah dari bukti transfer. Anda bisa mendapatkan nomor rekening orang lain dari kertas yang keluar dari mesin ATM saat transfer.

Di beberapa bank, Anda bisa melihat nomor rekening pribadi, namun tidak semua bank menyediakan layanan tersebut.

9. Cek nomor rekening di rekening koran

Cek-nomor-rekening-di-rekening-koran

Apakah Anda termasuk orang yang sering mencetak rekening koran? Apabila iya, maka cara cek no rekening bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya, di rekening koran akan muncul dengan jelas nomor rekeningnya.

Di rekening koran, Anda bisa melihat semua transaksi yang sudah dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Rekening koran juga bisa dijadikan sebagai bukti laporan keuangan Anda pribadi.

Perbedaan Nomor Rekening dengan Nomor ATM

Perbedaan-Nomor-Rekening-dengan-Nomor-ATM

Banyak orang mengira bahwa nomor rekening sama dengan nomor ATM. Padahal keduanya adalah benar-benar berbeda. Nomor rekening tertera pada buku tabungan, sedangkan nomor ATM tertera pada kartu ATM.

Anda bisa membedakan nomor rekening dan nomor ATM dengan menyimak beberapa hal berikut ini.

  • Nomor rekening penting untuk melakukan transaksi, baik setoran maupun transfer
  • Nomor rekening ada pada buku tabungan, tapi nomor ATM ada di kartu
  • Nomor bank sebagai identitas bank penerbit dan pemilik sah kartu ATM tersebut
  • Apabila Anda memiliki nomor rekening pasti memiliki nomor ATM, akan tetapi tidak berlaku sebaliknya.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa bank tidak mencetak nomor rekening pada kartu ATM? Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tindak kejahatan. Apabila orang tidak bertanggung jawab tahun nomor rekening Anda, bisa saja disalahgunakan.

Website untuk Melacak Nomor Rekening

Website-untuk-Melacak-Nomor-Rekening

Anda bisa melacak nomor rekening melalui website. Dengan fasilitas ini, Anda bisa mengecek nomor rekening pribadi maupun cek nomor rekening orang lain. Akan tetapi, jangan pernah melakukan penyalahgunaan terhadap nomor rekening orang lain.

Selain akan merugikan orang lain, Anda juga bisa kena pidana atau hukuman karena mengakses data orang lain jika menyalahgunakan rekening orang lain.

Melalui kecanggihan teknologi yang semakin pesat, cek no rekening bisa dilakukan hanya melalui website saja.

Cek no rekening di website yang sudah disediakan oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pelaporan tindak criminal. Apabila Anda pernah merasa tertipu, bisa melaporkan nomor rekening tersebut ke website pemerintah tersebut.

Cek no rekening sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Beberapa cara yang sudah diberikan di atas bisa Anda praktekkan. Dengan mengetahui nomor rekening, Anda bisa melakukan transfer dana dengan mudah dan efisien.

 

Referensi :

Related posts