17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah tak perlu diragukan lagi. Bahan alami yang sudah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit ini dipercaya dapat menyehatkan wajah. Tertarik mencobanya? Yuk, simak cara merawat wajah dengan minyak zaitun.

Agar kulit bisa senantiasa terlihat lebih sehat, bersih, dan menawan, Anda perlu melakukan perawatan kulit yang baik, mulai dari pembersihan (cleansing), pengelupasan kulit (exfoliating), dan melembapkan kulit (moisturizing).

17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Anda tidak harus menjalani perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimia setiap waktu. Terkadang, perawatan rumahan dapat diterapkan dan hasilnya juga tak kalah baik.

Salah satunya perawatan kulit yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Perawatan ini sederhana, efektif, dan aman bagi kulit. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami untuk wajah Anda selama beberapa waktu. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Menghaluskan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk menghaluskan wajah ada dalam kandungan squalene yang tinggi Squalene adalah suatu bagian dari kelompok molekul yang diproduksi secara alami oleh sel-sel kulit. Tetapi, jumlah squalene yang diproduksi tubuh Anda menurun seiring bertambahnya usia. Produksi squalene secara maksimal terjadi pada masa remaja lalu berang-angsur melambat pada usia 20an hingga 30an. Akibatnya, kulit Anda menjadi lebih kering dan kasar.

Jadi, mengoleskan minyak zaitun di wajah dapat membuat wajah menjadi ekstra halus karena terhidrasi dengan kandungan squalene dalam minyak zaitun. Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat. Penggunaan  minyak zaitun secara teratur juga dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang.

2. Pelembap

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun tanpa tambahan bahan apa pun sebagai pelembap, wajah agar kulit tampak lebih sehat dan cerah. Berkat kandungan vitamin, lemak, dan antioksidan di dalamnya, minyak zaitun dapat memberikan kelembaban ekstra dan mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya kulit kering.

Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun langsung ke kulit wajah dengan tangan atau bola kapas. Gunakan handuk atau kain lembut untuk menghilangkan sisa-sisa minyak berlebih di wajah.

3. Membersihkan Make Up dan Riasan

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai merek atau produk pembersih make up. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun murni sebagai pembersih wajah alami (cleansing oil) untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, debu, sel-sel kulit mati, dan sisa make up di wajah.

Kulit yang bersih dan cerah kemudian akan membuah wajah Anda tampak lebih putih. Cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun tersebut cukup mudah untuk dilakukan, yaitu taruh 1–2 sendok teh minyak zaitun di telapak tangan atau kapas, lalu bersihkan riasan wajah dengan lembut.

Setelah itu, gunakan lap basah yang hangat untuk menyeka minyak dengan lembut atau cuci wajah dengan pembersih wajah, jika Anda ingin melakukan metode double cleansing. Lalu, keringkan wajah dengan handuk lembut dan oleskan pelembap wajah.

4. Masker Wajah

Cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun bisa Anda coba dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan jus lemon. Langkah-langkahnya adalah:

  • Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun extra virgin dengan 1–2 sendok teh jus lemon.
  • Oleskan campuran masker pada wajah dengan lembut.
  • Diamkan masker di wajah selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Sebelum mengoleskan masker ke wajah, Anda sebaiknya mencuci muka dengan air dan pembersih wajah terlebih dahulu, agar masker bisa menyerap lebih baik ke kulit.

5. Perawatan Bekas Luka dan Kerutan

Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah terpapar sinar matahari.

6. Membantu Menghilangkan Stretch Marks

Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit. Cukup pijat minyak yang tidak diencerkan ke dalam bekas luka atau campur dengan perasan jus lemon untuk mengatasi area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena jaringan parut. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch mark.

7. Mempersempit Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang lebar akan membuat wajah terlihat kurang menarik dan nampak tua. Untungnya, salah satu manfaat minyak zaitun adalah kemampuannya mengecilkan pori-pori wajah.

Jika kamu mengalami ini, segera oleskan wajah dengan minyak zaitun. Hal ini diseabkan karena minyak zaitun mengandung zat linoleic yang mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat kamu jadi lebih terlihat muda.

8. Obat Jerawat Alami

Kesal dengan jerawat yang selalu muncul di wajah? Jangan khawatir, Toppers sebab kini kamu bisa mengatasi masalahmu lebih cepat.

Salah satu caranya adalah dengan mengusapkan minyak zaitun ke wajah secara rutin. Asal kamu tahu, minyak zaitun memiliki khasiat sebagai obat jerawat alami berkat kandungan vitamin, anti racun dan infeksi, anti bakteri serta anti inflamasi.

9. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengonsumsi makanan yang dicampur minyak zaitun atau meminumnya secara langsung, akan sangat efektif menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun, memiliki efek dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk memasak suatu makanan.

10. Mengatasi Jerawat

Minyak zaitun dipercaya dapat menyembuhkan jerawat karena di dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E adalah vitamin yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, sifat anti-inflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat, lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang selama 10 menit, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci muka dengan air hangat dan lap dengan handuk kering, setelah itu, lakukanlah pijatan sekali lagi sampai pori-pori kulit terasa lebih terbuka. Lakukanlah ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

11. Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Bulu mata yang panjang dan tebal kerap diidam-idamkan kaum hawa. Kandungan vitamin E yang berguna bagi kesehatan kulit dan rambut ini akan memicu tumbuhnya bulu mata. Pertumbuhan dan kesuburan bulu mata otomatis akan meningkat setelah penggunaan minyak zaitun ini.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskannya di sekitar bulu mata dengan hati-hati, jangan sampai mengenai mata.

12. Menebalkan Alis

Minyak zaitun mengandung nutrisi, yaitu vitamin E. Vitamin E akan memelihara kesehatan rambut dan menyuburkan rambut. Dengan gabungan ini, maka kamu akan memiliki alis yang lebat dan alami. Perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar murni dan alami atau belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ini ke alis kamu sambil dipijat perlahan agar minyak zaitun menyentuh akar rambut alis kamu. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukannya setiap hari menjelang tidur, biarkan saja semalaman, lalu cuci di esok paginya.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun cara memperindah rambut dengan penggunaan obat kimia tentu akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi ialah patah-patah, mudah rontok, kering, dan bercabang.

Dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut kamu. Selain itu juga akan membuat rambut kamu semakin tebal dan bersinar secara alami. Bagi kamu yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

14. Melembapkan dan Mencerahkan Bibir

Ketika bibir menghitam, tentunya kamu akan merasa kurang percaya diri, kan? Setiap orang pasti ingin memiliki bibir merah merona yang sehat dan segar. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Ada kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

15. Membersihkan Sisa Kotoran Telinga

Kotoran telinga memang kerap mengganggu kenyamanan dan kurang mempercantik diri. Kalau kamu memiliki banyak kotoran telinga yang menumpuk, maka gunakan minyak zaitun untuk membersihkannya. Minyak zaitun akan mengangkat kotoran telinga yang mengerak sehingga mudah keluar. Selama 3-4 malam berturut-turut, teteskan sedikit minyak zaitun di telinga sebelum tidur.

16. Menghilangkan Kutil di Wajah

Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sayangnya, ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah sakit. Untuk menghilangkan kutil, kamu bisa menggunakan minyak zaitun, lho.

Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukanlah sehari 3 kali, yakni pada pagi hari, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

17. Mengatasi Mata Panda

Mata panda biasanya terjadi ketika saat begadang atau kurang tidur. Mata panda adalah kondisi menghitamnya area kelopak mata. Hal tersebut memang terkesan sangat mengganggu penampilan. Tapi untuk menghilangkan kondisi mata panda, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati ketika mengoleskannya, jangan sampai mengenai mata. Lakukan rutin agar maksimal hasilnya.

Namun, Jangan Sembarangan Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah

Memang sudah jadi rahasia umum kalau minyak zaitun memiliki kegunaan yang bermanfaat untuk wajah. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan kalau Anda memiliki tipe kulit yang sensitif. Terutama juga kalau wajah Anda berjerawat dan mengalami masalah dermatitis.

Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu bisa membuat kulit semakin meradang ataupun mengalami alergi.

Dalam studi tersebut mengungkapkan jika menggunakan minyak zaitun pada bayi mungkin saja jadi pemicu eksim di kemudian hari. Apalagi, jika di dalam keluarga Anda memiliki riwayat eksim sebelumnya .

Ada baiknya, Anda melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak ini. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah secara optimal.

Coba gosok beberapa tetes minyak zaitun di tangan Anda, amati perubahan atau sensitivitas kulit setelahnya. Jika dalam 24-48 jam tidak ada reaksi, Anda aman untuk menggunakannya. Namun, jika ada reaksi seperti kulit memerah atau gatal, sebaiknya jangan menggunakan minyak zaitun untuk wajah Anda.

Related posts