Investasi Emas Di Pegadaian–Emas dinilai masih menjadi salah satu intrument investasi yang paling menguntungkan selain investasi lain, seperti saham, reksa dana, deposito, rumah dan sebagainya. Walau tidak sebesar keuntungan yang dihasilkan ketika kita berinvestasi di instrument investasi yang lain. Tapi paling tidak investasi emas paling minim resiko.

Saat ini, sudah cukup banyak cara untuk berinvestasi emas. Salah satunya dengan mengunakan layanan yang diberikan oleh perusahaan negara seperti Pegadaian. Namun tentu, kita sangat menginginkan bagaimana investasi yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan akhirnya bisa memberikan keuntungan di masa depan.

Baca : 4 Kesalahan Investasi Emas Yang Harus Dihindari, Agar Tidak Merugi.

Lalu bagaimana cara sukses investasi emas di Pegadaian?

Pegadaian memiliki beberapa cara yang ditawarkan agar semua bisa  melakukan investasi emas di Pegadaian. Yuk simak penjelasannya berikut.

1. Kredit Emas

Cara pertama untuk bisa investasi emas di Pegadaian, kamu bisa melakukannya dengan cara mencicil atau kredit emas di Pegadaian. Silahkan dating langsung ke kantor Pegadaian terdekat untuk melakukan transaksi kredit emas yang kamu inginkan.

Untuk program kredit emas di Pegadaian ini, di awal yang harus kamu lakukan adalah membayar uang muka atau DP sebesar 20-30 persen dari nilai emas yang kamu pilih. Kemudian, kamu bisa memilih atau menentukan jangka waktu cicilan antara 1 bulan hingga 36 bulan dan jumlah cicilan.

Tenor cicilan ini berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan. Setelah menentukan semua itu dan cicilan dilunasi, kamu bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan. Selain dengan cara dating ke kantor Pegadaian terdekat, jika kamu tidak sempat dan mau lebih simple bisa melakukan transaksi kredit emas secara online, dengan mengunjungi website Pegadaian.

Pada zaman dahulu, para orang tua sering membeli emas sebagai salah satu bentuk investasi. Terkadang mereka membelinya dalam bentuk kalung, gelang, atau bahkan gigi. Menyimpan emas dinilai lebih efektif untuk menjaga nilai kekayaan dibandingkan dengan menabung dalam bentuk uang.

Ternyata, pelajaran dari orang tua di masa lalu tersebut masih relevan hingga saat ini. Emas bisa menjadi intrument investasi yang tidak saja menguntungkan karena harganya yang terus meningkat, investasi emas juga sangat minim resiko. Sayangnya, harga beli yang terus meningkat sehingga tidak semua orang akhirnya bisa beli emas untuk investasi.

Namun, Pegadaian telah memberikan jalan kemudahan untuk berinvestasi emas, caranya adalah dengan kredit emas. Jika kamu belum begitu mengenal kredit emas, ada baiknya kamu menyimak beberapa strategi kredit emas yang menguntungkan berikut ini.

1. Rencanakan Keuangan kamu

Berdasarkan beratnya, emas memiliki harga yang berbeda. Semakin berat emas yang kamu beli, harga rata-rata per gram yang kamu dapatkan pun bisa lebih murah. Namun, tentu saja hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah ketersediaan dana yang kamu miliki saat ini serta kemampuan untuk membayar cicilan selama beberapa bulan ke depan. Pastikan dana awal sebagai uang muka dan perkiraan pembayaran cicilan bisa kamu penuhi hingga cicilan emas kamu bisa lunas tepat waktu.

2. Cek Harga Emas

Meskipun cenderung terus mengalami kenaikan, ada kalanya emas juga mengalami penurunan harga. Untuk mendapatkan harga beli yang lebih rendah, kamu perlu rajin-rajin mengecek harga emas melalui situs Pegadaian atau lewat aplikasi Sahabat Pegadaian. Saat harga sudah tinggi, kamu mungkin bisa menjualnya. Jadi, untung lebih banyak, kan?

3. Pilih Jangka Waktu Kredit

Semakin panjang jangka waktu kredit, semakin besar pula biaya tambahan yang perlu kamu keluarkan. Nah, supaya tidak dikenai tambahan biaya lebih banyak lagi, sebaiknya kamu memilih kredit emas jangka pendek saja.

4. Kebutuhan Mendesak

Sebelum melunasi cicilan, emas kamu akan tersimpan dengan aman di Pegadaian atau bank tempat kamu mengajukan kredit emas. Nah, apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana karena ada kebutuhan yang mendesak, tetapi cicilan kredit emas kamu belum lunas, kamu bisa memanfaatkan dana sejumlah cicilan yang sudah kamu bayar. Dalam hal ini, emas tersebut berperan sebagai jaminan atas pinjaman kamu.

5. Setelah Lunas

Jika sudah berhasil melunasi kredit emas, itu berarti kamu sudah bisa memiliki emas tersebut sepenuhnya beserta sertifikatnya. Supaya emas tersebut aman, kamu bisa memanfaatkan jasa penitipan emas dengan biaya yang sangat terjangkau di Pegadaian.

Setelah itu, kamu bisa memulai kredit emas kembali. Akan tetapi, jika di tengah jalan kekurangan biaya untuk membayar cicilan, kamu bisa menggadaikan emas pertama yang kamu titipkan.

Setelah semua cicilan lunas dan emas yang tergadai terbayar, kamu bisa memulai kredit emas kembali. Dengan demikian, jumlah tabungan emas kamu bisa terus bertambah. Tentu saja, harga emas yang terus meningkat setiap tahun menjadi tanda bahwa nilai tambah investasi kamu juga turut membesar.

Dengan begitu, kredit emas menjadi solusi tepat untuk kamu memiliki emas, serta menjadi jalan bagi kamu yang selama ini kesulitan untuk disiplin menabung atau menyisihkan dana investasi masa depan.

Jadi, sudah siapkah kamu investasi emas di Pegadaian?

2. Tabungan Emas

Berbeda dengan cara pertama, dimana kita melakukan pembayaran dengan cara mencicil, jika lunas baru mendapatkan emas nya. Untuk tabungan emas ini sebaliknya, kita menitipkan emas kita untuk selanjutnya disebut sebagai tabungan dan bisa di cairkan atau di Tarik. Selayaknya ketika kita menabung uang di bank. Menyetorkan uang dan bisa menarik uang tersebut.investasi emas di pegadaian dengan sistem tabungan emas

Berapa minimal besaran atau berat yang bisa di tabung di Pegadaian?

Tentu semakin besar semakin bagus, namun dengan berat 0,01 gram pun kita bisa melakukan tabungan emas di Pegadaian. Lalu bagaimana dengan ketentuan harga emas, ketika mencairkan? Nah, harga emas yang ada di tabungan emas akan disesuaikan dengan harga ketika transaksi dilakukan kali pertama dan kamu akan menabung mulai berat emas terendah. Jika kamu ingin mencairkan tabungan emas maka harganya akan disesuaikan dengan saat itu.

Jadi yang dimaksud tabungan emas, adalah menggunakan emas menjadi tabungan, dan beberapa lembaga keuangan seperti bank justru sekaligus menyediakan fitur asuransi pada tabungan emas ini.

Anggap saja setiap bulannya, kamu akan menabung satu gram emas. Nah, secara rutin selama beberapa tahun, tabungan tentu akan mengalami peningkatan jumlah, sehingga dapat kamu jadikan “modal” untuk beragam kebutuhan, seperti uang muka rumah, kendaraan, berangkat haji, dana pendidikan, dan masih lagi.

Apa Keuntungan Investasi Emas Di Pegadaian dengan program tabungan emas?

Adapun keuntungannya, tabungan kamu tidak akan terdampak inflasi. Nilainya akan tetap utuh, bahkan bisa meningkat kendati terdapat inflasi di produk atau justru nilai mata uang. Kenapa bisa seperti itu? Karena harga emas yang tetap akan dikonversi dalam gram dan rupiah. Di sisi lain, tabungan emas juga dapat kamu manfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Gadai Emas

Menggadaikan emas berarti kamu menitipkan emas kepada pihak penerima gadai, dan kamu mendapatkan uang dari hasil taksir emas kamu. Uang yang kamu butuhkan akan tetap bisa kamu terima, sementara emas kamu tetap bisa kamu tebus/ambil kembali di lain waktu. Hal seperti ini dapat dengan mudah kamu lakukan di Pegadaian.

Pegadaian memberikan kamu pelayanan yang memudahkan proses gadai emas setiap harinya. Selain itu, dengan menggadaikan emas di Pegadaian, emas kamu akan tetap aman sampai kamu kembali menebus emas tersebut.

Nantinya emas kamu akan ditaksir nilainya oleh juru taksir. Mereka akan memberikan harga yang pantas untuk kondisi emas kamu. Jangan kaget, biasanya nilai taksir emas akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga emas per hari itu. Dan nilai gadai yang diberikan oleh Pegadaian hanya berkisar antara 80 persen – 90 persen dari harga emas.

Jika kamu melakukan proses gadai emas di Pegadaian, kamu akan diberikan perincian harga cicilan yang bisa kamu bayarkan untuk menebus emas kamu. kamu bisa membayar cicilan hingga waktu tertentu, sesuai yang telah ditentukan. Namun, ini bukanlah masalah jika kamu akan melunasi biaya tersebut pada waktu sebelum jatuh tempo.

Nah, dengan begitu gadai emas menjadi solusi tepat investasi emas kamu tetap utuh, disaat kamu sedang memerlukan uang dadakan tanpa harus menjual emas kamu. Namun, perlu di ingat nila peminjaman yang kamu dapatkan dari gadai emas hanya sebesar 85% dari harga emas kamu sebenarnya. Misalkan, harga emas kamu ditaksir senilai Rp 1 juta maka dana pinjaman yang kamu dapatkan sebesar Rp 850.000.

Ketentuan lama gadai emas di Pegadaian paling lama empat bulan, tapi tetap bisa diperpanjang dengan ketentuan tambahan biaya sewa. Di Pegadaian Syariah kententuan biaya gadai dihitung per 10 hari masa pinjaman, sedangkan Pegadaian konvensional per 15 hari. Tidak saja dikenakan biaya gadai, tapi juga bakal dikenakan biaya administrasi.

Gadai emas menjadi salah satu solusi cepat dan aman dalam mengatasi masalah keuangan kamu. Bukan hanya sebagai instrumen investasi, emas dapat kamu gadaikan untuk mendapatkan modal bisnis serta modal investasi lainnya.

Lalu bagaimana caranya apabila kita ingin gadai emas di Pegadaian? Yuk simak tips dan cara gadai emas di pegadaian berikut:

1. Untuk bisa gadai emas, tentu kamu harus punya emas. Nah, silahkan siapkan emas yang ingin kamu gadai serta identitas kamu yang masih berlaku. Jangan lupa pula surat kelengkapan dari emas kamu, seperti kuitansi atau sertifikat emas. Karena bank atau Pegadaian biasanya minta kelengkapan surat dari emas tersebut.

2. Pahami bahwa emas kamu akan ditaksir harganya dan mendapatkan pinjaman hanya sekitar 85% dari nilai taksiran tersebut. Emas kamu dihargai Rp1 juta, namun kamu hanya akan mendapatkan pinjaman senilai Rp850.000,00.

3. Kamu mesti pahami dan mengetahui ketentuan besaran biaya gadai serta bunganya, yang akan kamu tanggung. Biasanya bunga akan dihitung per 15 hari dan dikenakan biaya sebesar 1,15% dan per 30 hari dengan dikenakan 2,3%. Jadi semakin lama jangka waktu gadai yang kamu pilih, tentu semakin besar bunganya.

4. Catat jangka waktu peminjaman ini di pegadaian yang biasanya berlaku selama 4 bulan. Selama kurun waktu tersebut, bila kamu memiliki uang bisa disetorkan ke pegadaian sewaktu-waktu. Ini bisa mengurangi jumlah utang dan bunganya di akhir periode saat jatuh tempo.

5. Pahami besar biaya pelunasan gadai emas ini. kamu memiliki kewajiban untuk melunasi utang pada saat jatuh tempo perjanjiannya.

Jadi kamu harus membayar sejumlah uang gadai dan ditambah lagi bunga serta biaya administrasi yang disesuaikan dengan biaya sewa modal.

6. Ketahui ada saat jatuh tempo. Bila kamu belum bisa melunasi sisa pinjaman tersebut, kamu bisa memperpanjangnya untuk jangka waktu 4 bulan berikutnya dan seterusnya.

7. Jangan sampai terlewatkan periode masa tenggang. Bila kamu tidak memperpanjang perjanjian, emas kamu akan di lelang oleh pihak pegadaian. Dalam Surat Bukti Kredit tanggal jatuh tempo dan tanggal lelang sudah tercantum. Jadi perpanjangan jangan sampai melewati masa lelang, agar Emas kamu aman.

Nah, itulah 7 cara gadai emas, yang akan menjadi solusi cepat untuk dapat uang tanpa harus mengurangi intrumen investasi kamu. Jadi, tidak ada salahnya, jika mendadak butuh duit, gadaiin aja emas kamu di Pegadaian.

Lalu apa saja manfaat dari menggadaikan emas ini bagi bisnis dan investasi kamu?

1. Nilai kenaikan emas cenderung lebih tinggi dari inflasi, oleh karenanya bisa digunakan sebagai pelindung asset bagi mereka yang memilih risiko investasi yang konservatif.

2. Emas yang digadaikan dapat digunakan sebagai alat investasi jangka pendek dana menengah. Sebagai contoh dana darurat, misalnya dana pendidikan jangka pendek.

3. Selain itu investasi emas yang digadaikan pun bisa untuk investasi jangka panjang bahkan bisa lebih maksimal dengan kenaikan harga yang lebih tinggi. Sebagai contoh untuk kebutuhan naik haji, membeli rumah, menikah, dan rencana pendidikan anak.

4. Dengan pinjaman 85% dari nilai emas kamu sebenarnya, rasanya sudah cukup lumayan bisa digunakan untuk awal modal usaha kamu. Dengan uang gadai ini kamu sudah memiliki usaha yang bisa dikembangkan, lalu hasil dari usaha dan bisnis kamu ini bisa digunakan untuk menebus emas yang digadaikan tersebut.

Demikian ulasan tentang gadai emas ini agar bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan saat kamu hendak berinvestasi dengan emas ini. Sebaiknya kamu perlu menyesuaikan gadai emas ini dengan kebutuhan. Jika kamu bertujuan menggunakan emas ini sebagai investasi penuh, sebaiknya kamu membeli emas dalam ukuran besar.

4. Arisan Emas

Cara lain investasi emas di Pegadaian adalah melalui cara arisan logam mulia di Pegadaian. Jika belum bisa melakukan investasi secara individu atau ingin investasi secara kelompok, cara investasi emas melalui Arisan Emas di Pegadaian ini sangat cocok buat kamu.

Layaknya arisan lainnya, pengundian bisa dilakukan setiap bulan untuk mendapatkan satu keping emas dengan berat minimal 1 gram, atau sesuai kesepatan dengan kelompok. Tidak usah kuatir dengan harga emas yang fluktuatif, pada program arisan emas, Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga tidak terpengaruh dengan harga emas yang kadang naik, kadang turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here