Apa sih bedanya Unicorn, Decacorn, Hectocorn ?

by Ruli Setiawan

Masih ingat dengan kejadian di Indonesia baru-baru ini yang antusias dengan istilah “unicorn” yang digunakan oleh salah satu kandidat presiden dalam debat presiden untuk pemilu April. Apakah Anda tahu apa itu unicorn?

Unicorn di sini bukan kuda yang cantik dari mitologi ini, ya! Unicorn dalam hal ini mengacu pada istilah yang ditemukan di dunia startup.Bagi mereka yang menyukai dunia pemula, istilah unicorn sangat akrab dengan dua istilah lain, yaitu decacorn dan hektocorn.

Ini sebenarnya adalah istilah yang diciptakan oleh Aileen Lee, yaitu seorang kapitalis ventura. Dia menyebutkan istilah itu pada 2013. Namun sebelum membahas istilah yang ada di dunia startup, tahukah kamu apa itu startup ?

Start-up adalah wirausahawan yang secara umum diklasifikasikan sebagai perusahaan baru yang berkembang pesat dan yang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan mengembangkan model bisnis yang terkait dengan produk, layanan, proses atau platform inovatif. Definisi startup tersebut adalah definisi yang diusulkan oleh Wikipedia.

Selanjutnya, yuk kita simak perbedaan antara Unicorn, Decacorn dan Hectacorn berikut.

Startup Unicorn

Istilah Licorne atau Unicorn adalah istilah terintegrasi untuk perusahaan baru dengan nilai kapitalisasi lebih dari satu miliar. Dalam hal ini, satu miliar dinyatakan dalam dolar. Jika Anda merujuk ke artikel yang dilaporkan oleh Venture Beat, setidaknya ada 229 startup saat ini dalam kategori ini.

Semua perusahaan ini berlokasi di berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat, Cina, India, Jerman, dan bahkan Indonesia. Nah, perusahaan yang mencapai tingkat Unicorn di Indonesia ini meliputi:

Go-Jek. Aplikasi online yang diluncurkan oleh Nadiem Makarim pada 2010. Yang bagus adalah Go-jek ini hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun sebelum akhirnya mendapatkan status Unicorn. Ini fakta yang membanggakan, karena untuk mencapai level Licorne, rata-rata startup membutuhkan setidaknya 6 tahun. Bukalapak adalah pasar yang pembiayaan dan penjualannya cenderung konsisten.

Traveloka. Startup ini didirikan oleh Ferry Unardi, lulusan Harvard Business School dan meraih gelar MBA. Setelah lulus dari Harvard, Ferry berinisiatif untuk membuka aplikasi reservasi tiket pesawat. Pada bulan Desember tahun yang sama, aplikasi Ferry Unardi menangani setidaknya dua juta pencarian tiket pesawat.


Tokopedia. Startup ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison pada tahun 2009. Startup ini menikmati pendanaan yang signifikan melalui banyak investor. Bahkan, startup toopedia ini telah disebut-sebut sebagai startup dengan catatan pendanaan terbesar di Indonesia.


Uber, Pada 2016 menempati posisi pertama di unicorn. Untuk menembus level Licorne itu sendiri, startup harus melalui serangkaian proses dan waktu yang lama.

Ketika kita berbicara tentang Venture Beat, dibutuhkan setidaknya enam tahun bagi startup untuk mencapai tingkat Unicorn ini. Juga periksa informasi menarik lainnya tentang cara memenangkan persaingan dalam bisnis online dan pendapat tentang peluang bisnis online praktis dengan media sosial. Anda tidak harus selalu menjadi eksekutor tapi bisa menjadi investor juga. Cek artikel 10 Investasi terbaik yang bisa dilakukan

starup unicorn

Decacorn

Istilah berikutnya adalah decacorn, yakni level sebuah start up atau usaha yang telah memiliki valuasi usaha sebesar 10 miliar dolar atau setara dengan 141 triliun rupiah. Start-up global yang masuk dalam kategori dekakorn yakni:

  1. Dropbox
  2. SpaceX
  3. Uber
  4. Pinterest
  5. Airbnb
  6. WeWork
    Dan sebagainya

Hectocorn

Kemudian datang Hectocorn, yang mewakili level tertinggi dari startup. Agar perusahaan baru dapat terkategori dalam level Hectocorn, maka nilai perusahaannya harus lebih dari seratus miliar dolar. Di Indonesia saja, masih di level Licorne yang mengarah ke decacorn. Hari ini Ant Financial, senilai $ 150 miliar, berada di puncak startup ini.

Jadi siapa pemilik Ant Financial? pemiliknya adalah pendiri Alibaba.com, Jack Ma. Nah itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan startup yang berada pada level unicorn, decacorn, tetapi juga hektocorn.

Selanjutnya, adalah kapan kamu akan naik level? atau kamu baru saja mau memulai atau baru memulai usaha kamu? yuk tetap fokus dan semangat untuk bisa segera naik level. Bagi kamu yang baru mau mengawali sebuah start up bisa coba gali 17 Ide Bisnis Online Yang Bisa Dimulai Sekarang dan jangan lupa baca juga Tip menjadi entrepreneur / wirausaha sukses agar start up mu segera bisa naik level.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: