10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

10-Ide-Bisnis-Rumahan-Modal-Kecil-yang-Menjanjikan

Bisnis rumahan merupakan salah satu lahan kerja yang paling menggiurkan selama masa pandemi. Banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja menjadikan jenis usaha ini cukup diminati. Namun tak semua bisnis bisa berhasil dan mendapatkan untung besar.

Dengan modal yang tak seberapa, bisnis rumahan menjanjikan bisa langsung dijalankan. Untuk bisa meraih omset yang besar dibutuhkan kerja keras dan cerdas. Pengenalan produk mesti dilakukan dengan maksimal agar bisa menarik banyak pembeli.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan

Keuntungan-Menjalankan-Bisnis-Rumahan

Kebanyakan orang enggan melakoni bisnis ini karena untung yang didapatkan tidak langsung besar. Selain itu ada juga yang beranggapan harus memiliki bakat bisnis jika ingin membuka bisnis rumahan online. Lebih enak kerja kantoran karena gaji yang didapatkan sudah pasti.

Faktanya, jika bisnis rumahan yang dijalankan bisa sukses, untung yang diperoleh bisa berkali-kali lipat dari gaji pegawai kantoran. Selain itu ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan membuka bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah:

1. Modal Kecil

Jenis bisnis yang dijalankan di rumah sangat beragam. Misalnya saja bagi Anda yang suka memasak. Bisa membuka usaha catering ataupun warung makan.

Untuk modal yang dibutuhkan sangat kecil karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan masak. Anda bisa menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah. Modal hanya digunakan untuk membeli bahan makanan saja.

2. Bisnis yang Menyenangkan

Bisnis rumahan untuk pemula sebagian besar dimulai dari hobi. Contohnya untuk yang suka mengajar bisa membuka les privat di rumah. Bagi yang senang otomotif, dapat mencoba usaha bengkel.

Begitu juga untuk Anda yang gemar menjahit, tak ada salahnya membuka jasa menjahit ataupun desain baju. Jika usaha tersebut dilakukan dengan perasaan senang dan tanpa beban, maka hasil kerja akan lebih maksimal.

3. Tidak Perlu Biaya Transport dan Makan

Karena semua dikerjakan di rumah, jadi tidak akan ada biaya tambahan untuk transportasi ataupun makan. Berbeda dengan pekerja kantoran yang harus mengeluarkan dana ekstra untuk hal tersebut. Keuntungan yang didapat jadi lebih awet karena tidak dipergunakan untuk biaya lainnya.

4. Peluang yang Menjanjikan

Di masa pandemi ini segala sesuatu dilakukan dari rumah secara online termasuk belanja. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh pelakon bisnis rumahan untuk memperoleh pundi-pundi uang dalam jumlah besar.

Apapun jasa atau barang yang ditawarkan, dipastikan akan laku jika dipasarkan secara online. Tak ada salahnya memberikan pelayanan tambahan misalnya seperti jasa antar agar dapat menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

10 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Banyak Untung

Menjadi seorang pebisnis bisa dimulai dari mana saja termasuk dari rumah. Modal yang diperlukan juga tak begitu besar bahkan ada beberapa bisnis rumahan yang bisa dijalankan bermodalkan ratusan ribu rupiah,

Untuk Anda yang sedang mengalami kesulitan mendapatkan penghasilan tambahan. Atau bahkan saat ini sedang tak bekerja karena masa pandemi. Tak perlu risau karena ada beberapa bisnis menjanjikan yang bisa dikerjakan dari rumah. Diantaranya adalah:

1. Admin Media Sosial atau Jasa Pembuat Konten

Admin-Media-Sosial-atau-Jasa-Pembuat-Konten

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah kemampuan dalam bidang desain grafis, pembuatan video, dan keahlian menulis. Selain itu juga harus aktif mengunggah portofolio dan menciptakan hasil kerja yang menarik.

Seiring dengan meningkatnya pengguna social media, kebutuhan akan jasa pembuat konten pun makin tinggi. Jangkauan bisnis rumahan di masa pandemi ini pun sangat luas. Klien bisa berasal dari mana saja termasuk luar negeri. Sementara pengerjaannya hanya dilakukan di rumah saja.

2. Menjual Jajanan Tradisional

Menjual-Jajanan-Tradisional

Untuk bisa menarik banyak konsumen, ciptakan ide yang unik. Menjual makanan cepat saji ataupun jenis kue itu sudah biasa. Persaingannya pun cukup ketat karena banyak pebisnis yang mencoba lahan tersebut.

Bagi yang hobi memasak dan gemar mencoba aneka jajanan, cobalah berjualan jajanan pasar. Bisnis ini cukup menjanjikan dan diburu banyak konsumen. Selain bisa mendapatkan untung besar. Anda juga turut andil dalam melestarikan jajanan pasar agar tidak punah.

3. Guru Les Privat

Guru-Les-Privat

Di masa pandemi ini, banyak sekolah yang mengeluarkan kebijakan belajar online. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membuka les privat.

Jika Anda suka mengajar dan senang dengan anak kecil, cobalah membuka les privat di rumah. Jenjang pengajaran bisa dari SD hingga SMA. Bisnis rumahan ini bisa mendatangkan untung besar terlebih jika jumlah murid yang ikut les sangat banyak.

4. Agen Asuransi

Agen-Asuransi

Ingin kerja di rumah dengan jam kerja fleksibel serta gaji yang cukup besar? Menjadi agen asuransi menjadi pilihan yang tepat. Cara menjadi agen asuransi sangat mudah, tinggal daftarkan diri dan ikuti pelatihan singkatnya.

Sistem kerja profesi ini adalah dengan menjual produk asuransi. Penawaran produk bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertatap muka dengan klien. Komisi yang didapat perbulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah bergantung pada penjualan produk dan banyaknya mitra yang bergabung.

5. Kursus Online

Kursus-Online

Punya passion di bidang pendidikan? Kenapa tidak coba membuka kursus online saja. Keterampilan yang diajarkan pun beragam. Mulai dari bahasa asing, desain grafis, menyanyi, matematika, hingga olahraga.

Kursus online bisa dibuka secara mandiri. Promosi dapat dilakukan melalui sosial media. Selain itu, Anda juga bisa bergabung sebagai mitra pengajar di platform kursus online yang sedang populer saat ini.

6. Laundry Sepatu

Laundry-Sepatu

Sepatu merk tertentu dengan taksiran harga yang fantastis membutuhkan sistem perawatan dan pencucian yang benar. Kesempatan ini bisa dijadikan peluang untuk membuka laundry sepatu.

Per pasang sepatu yang dilaundry, tarifnya mulai dari 100 ribu hingga 200 ribu. Bergantung pada model sepatu tersebut. Jika perharinya Anda mencuci 10 pasang sepatu, omset yang diperoleh sudah mencapai jutaan rupiah.

7. Isi Ulang Pulsa

Isi-Ulang-Pulsa

Walaupun pelakon bisnis rumahan ini sangat banyak jumlahnya, namun Anda tak perlu berkecil hati. Itu karena kebutuhan akan pulsa juga meningkat. Saat ini jumlah pengguna smartphone semakin bertambah. Bahkan satu orang bisa memiliki telepon pintar lebih dari satu.

Penjualan pulsa bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan saldo yang besar kecilnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Meski untungnya kecil, tapi jumlah penjualan per harinya pasti banyak. Dengan begitu omset yang didapatkan juga besar jumlahnya.

Selain berjualan pulsa, Anda juga bisa membuka jasa lainnya. Misalnya jual beli handphone bekas atau bahkan membuka usaha fotokopi.

8. Cuci Motor

Cuci-Motor

Bisnis rumahan anak muda ini juga bisa mendatangkan banyak untung. Mudahnya lagi, jasa cuci motor dapat dibuka di depan rumah. Dengan bermodalkan uang sebanyak 1 jutaan untuk membeli peralatan, omset yang diperoleh bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Tak perlu skill yang terlalu tinggi. Kerapihan dan kebersihan dalam bekerja menjadi tolak ukur usaha rumahan ini. Pelayanan kepada konsumen juga harus maksimal agar mau menggunakan jasa Anda lagi.

9. Angkringan

Angkringan

Tempat nongkrong untuk semua kalangan ini bisa menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Angkringan menjual berbagai macam makanan, mulai dari nasi, gorengan, sate, dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu menyediakan tempat yang luas di depan rumah. Untuk makanan yang dijual, bisa memasak sendiri atau membeli dari pedagang lain. Angkringan identik dengan harga yang ramah kantong. Sebab itulah jenis usaha ini tak pernah sepi pembeli.

10. Dropshipper

Dropshipper

Hanya bermodalkan kuota internet serta kemampuan menjual produk, untung bisa mudah didapatkan. Menjadi dropshipper tidak memerlukan dana untuk membeli produk. Yang harus dilakukan adalah menjual barang ke konsumen.

Kemampuan memasarkan produk sangat diperlukan untuk memulai usaha ini. Untung yang diperoleh berdasarkan pada banyaknya barang yang dijual. Jadi semakin banyak konsumen yang berhasil digaet, makin besar pula untungnya.

Tips Cerdas Memulai Bisnis Rumahan

Tips-Cerdas-Memulai-Bisnis-Rumahan

Meski terlihat mudah, namun faktanya menjalankan bisnis dari rumah cukup sulit. Beberapa pelakon usaha malah harus berhenti di tengah jalan karena menderita kerugian. Ada juga yang bisnisnya tutup sebab sepi pembeli.

Untuk yang ingin mencoba bisnis rumahan ini, sebaiknya persiapkan mental dahulu. Meski diterpa cobaan seperti masalah finansial, Anda harus tetap bisa bertahan. Berikut ini adalah tips cerdas memulai bisnis dari rumah. Diantaranya adalah:

1. Tentukan Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan hal dasar yang sangat menentukan kesuksesan bisnis. Rencana jangka panjang pun harus dimiliki agar dalam menjalankan bisnis mempunyai arah yang jelas. Dengan penyusunan visi dan misi yang baik, tujuan pebisnis dapat mudah tercapai.

2. Siapkan Modal

Menyiapkan modal menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memulai sebuah usaha. Besar sedikitnya tergantung dari jenis bisnis yang akan dikelola,

Untuk memperoleh modal usaha, bisa ajukan pinjaman ke bank. Bagaimanapun juga, tak ada bisnis yang bisa berjalan tanpa modal sepeserpun. Dengan modal yang cukup, pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah dan lancar.

3. Tentukan Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu yang tepat juga berperan dalam menentukan sukses tidaknya bisnis rumahan yang dikelola nantinya. Contohnya untuk usaha berjualan kue kering, sebaiknya dimulai saat hari raya Lebaran maupun Natal.

4. Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Menjajakan produk yang unik dan belum pernah dijual di tempat manapun tentu akan menarik perhatian banyak konsumen. Jika kesulitan menemukan produk baru, sebaiknya lakukan modifikasi pada produk yang sudah ada.

Misalnya menjual kopi kekinian, hamburger berbentuk donat, bakso dengan isian berbagai rasa, dan masih banyak contoh lainnya.

5. Tentukan Teknik Pemasaran

Di masa pandemi saat ini pemasaran secara online menjadi cara yang tepat. Selain murah dan mudah digunakan, penggunaan sosial media juga memberikan hasil yang maksimal.

Bisa juga dengan bergabung dengan platform marketplace yang sedang populer saat ini. Dengan menjadi bagian dari platform tersebut, konsumen lah yang akan mencari produk Anda. Meski begitu, promosi harus berjalan terus supaya produk yang dijual semakin populer.

6. Siapkan Kebutuhan Bisnis

Selain keuangan, kebutuhan operasional juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat menjalankan usaha di rumah. Keperluan operasional berkaitan dengan proses pembuatan produk, penjualan, hingga pemasaran.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, sebaiknya gunakan software akuntansi. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa didownload secara gratis. Dengan memakai aplikasi ini, proses pembukuan menjadi lebih mudah.

Tipe bisnis rumahan sangat beragam dan bisa berasal dari berbagai bidang. Jenis usahanya juga cukup menjanjikan dengan modal minimalis. Tak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat karena usaha ini dijalankan di rumah dengan memanfaatkan garasi, teras rumah, ataupun halaman.

 

Lihat Juga :

 

Referensi :

  1. rsddrsoebandi.id
  2. dekranasdadkijakarta.id
  3. topijelajah.com
  4. wikidpr.id
  5. finland.or.id
  6. cides.or.id
  7. pcpm35rekrutmenbi.id

Related posts