5 Cara Cek NPWP Online Mudah Terbaru 2020

by Ruli Setiawan

Cara Cek NPWP Online—Nomor Pajak Wajib Pajak atau NPWP wajib dimiliki oleh setiap individu atau badan usaha yang telah berpenghasilan. Ketentuan wajib pajak ini telah diatur oleh undang-undang nomor 16, tahun 2009.cara cek npwp online

Jadi bagi kamu yang telah bekerja atau telah memiliki usaha, wajib untuk memiliki NPWP. Bagaimana jika belum memiliki, segeralah untuk membuatnya. Tidak usah bingung bagaimana cara membuatnya, sebab cara membuat NPWP saat ini sudah sangat mudah dan gratis tanpa dipungut biaya. Apabila masih bingung cara membuat NPWP, kamu bisa membacanya di artikel kami sebelumnya yang sudah kami publish. NPWP Tidak saja wajib dimiliki, namun dengan NPWP kamu akan mendapatkan banyak manfaat terutama untuk kepentingan administrasi dalam pelayanan umum, atau membuat rekening tabungan di bank.

Secara umum ada 2 cara untuk melakukan cek nomor NPWP ini, yakni cara cek nomor NPWP online dan offline. Banyak alasan untuk mengecek nomor NPWP, misalkan saja untuk kepentingan pihak yang akan memproses dokumen persyaratan perizinan dan lain sebagainya. Kemajuan teknologi telah banyak memberikan kemudahan tidak saja saat membuat NPWP, tapi kita juga bisa melakukan cek nomor NPWP secara online. Jika tidak ingin melakukan cek NPWP secara online maupun kamu juga bisa melakukannya secara offline.

Untuk melakukan pengecekan nomor NPWP secara offline, kamu bisa melakukannya dengan cara datang langsung ke kantor pajak dan disana kamu akan dibantu oleh petugas pajak.

Sedangkan untuk cara cek nomor NPWP online, kamu bisa terus melanjutkan membaca artikel berikut.

Cara Cek NPWP Online

Selain untuk cek nomor NPWP secara online kamu juga bisa mengetahui, apakah NPWP kamu masih aktif atau belum. Karena NPWP merupakan nomor yang bersifat rahasia, maka hanya yang personal yang bersangkutan saja yang dapat mengaksesnya. Cara ini bisa digunakan untuk cek NPWP pribadi, sedangkan untuk cek NPWP perusahaan, admin belum pernah punya pengalaman.

Berikut 5 cara cek NPWP online mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Cara Cek Nomor NPWP Online Melalui Aplikasi DJP

Apabila kamu sebelumnya pernah membuat NPWP secara online, maka dipastikan kamu bisa melakukan cek NPWP kamu secara online di situs resmi DJP. Caranya pengecekannya sebagai berikut.

Pertama silahkan masuk ke aplikasi DJP

Lalu, silahkan masuk dengan memasukan akun yang sama saat pendaftaran.

Selanjutnya kamu akan dibawa ke dashboard.

Nah, ketika didalam dashboard kamu akan melihat identitas dan nomor NPWP kamu, apabila tidak muncul, berarti nomor NPWP belum aktif.

Apabila NPWP kamu belum aktif, maka kamu harus datang ke kantor pelayanan pajak untuk meminta konfirmasi.

2. Cara Cek Nomor NPWP Melalui Website Resmi

Cara selanjutnya untuk cek NPWP secara online kamu bisa melakukannya melalui website resmi pajak di ereg.pajak.go.id, caranya.

1. Silahkan kunjungi situs ereg.pajak.go.id
2. Kemudaian silahkan isi kolom NPWP secara lengkap dan benar. Selanjutnya, pointer mouse otomatis berpindah ke kolom Email. Tunggu beberapa detik.
3. Apabila nomor NPWP kamu masih aktif, kolom nama akan mendeteksi pemiliknya. Namun, jika sebaliknya tidak muncul, maka kamu harus mendatangi kantor pelayanan pajak untuk memastikan status nomor NPWP kamu.

3. Cara Cek NPWP Melalui Kring Pajak (1500200)

Selain melalui aplikasi atau web site resmi pajak, kamu juga bisa melakukan cek NPWP dengan cara menghubungi call center pajak di nomor 1500200. Tidak saja untuk cek nomor NPWP, melalui kring pajak 1500200, kamu juga bisa mencari informasi seputar pajak.

4. Cara Cek Nomor NPWP Melalui Faksimile

Cara cek NPWP dengan menggunakan faksimile mungkin sudah tidak telalu familiar, namun cara ini masih bisa kamu gunakan, sebab Dirjen Pajak ternyata masih menyediakan layanan terkait informasi pajak, keluhan seputar NPWP, termasuk cara cek nomor NPWP, dengan menggunakan faksimile. Pasalnya, mesin faksimile memfasilitasi pengiriman pesan melalui surat yang salinannya akan diterima DJP.

Lalu berapa nomor facsimile yang harus dihubungi? Nah, kamu bisa menguhubungi nomor 021-5251245. Tapi perlu diketahui, bahwa pesan kamu tidak bisa langsung dibalas dalam waktu itu juga, melainkan akan dibalas berselang dua sampai lima hari setelah pengiriman.

5. Cara Cek Nomor NPWP Melalui Email

Cara cek NPWP terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan cara menggunakan email. Saran kami, sebaiknya kamu gunakan cara ini dibandingkan menggunakan facsimile. Sebab melalui Email, pesan kamu akan dibalas lebih cepat ketimbang faksimile. Kamu juga bisa menuliskan identitas dengan jelas dan lengkap sehingga memudahkan pengecekan. Setelah kamu selesai menuliskan identitas dan pesan yang dituju, misal ingin mengetahui cara cek nomor NPWP. Setelah itu kirim ke alamat Email pengaduan@pajak.go.id.

Nah, itulah 5 cara cek NPWP online atau mengetahui informasi terkait NPWP dan pajak yang bisa kamu lakukan. Tapi bagaimana apabila ternyata NPWP kita hilang, apa yang harus kita lakukan. Jika demikian, yang harus kamu lakukan adalah langsung ke kantor pelayanan pajak terdekat, untuk meminta cetak ulang NPWP kamu, jika memang kamu sudah terdaftar sebelumnya. Nanti, akan dibantu petugas pajak, tapi sebelumnya kamu harus mengisi formulir dan melampirkan dokumen seperti fotokopi KTP. Dan untuk biaya mencetak ulang kartu NPWP yang hilang, adalah gratis.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: