Kelebihan, Cara Daftar SMS Banking Permata, dan Formatnya

by Ihsan
Kelebihan, Cara Daftar SMS Banking Permata, dan Formatnya

SMS banking Permata kini dilengkapi dengan navigator. Layanan ini mempermudah seluruh transaksi perbankan hanya melalui SMS. Semua informasi dapat masuk langsung ke menu pesan singkat di smartphone.

Jika Anda adalah nasabah bank permata, maka mengaktifkan layanan ini adalah satu keharusan. Sebab fasilitas ini akan memudahkan Anda dalam bertransaksi tanpa harus bergantung pada kantor cabang terdekat atau mesin ATM.

Terlebih, layanannya juga berbeda dengan layanan serupa dari bank lainnya. Sebab di sini, setiap ada transaksi keluar masuk, Anda akan memperoleh notifikasi yang langsung bisa dicek melalui HP.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai fasilitas bertransaksi via SMS di bank permata secara lebih detail. Selamat menyimak sampai akhir untuk mengetahui lebih jauh.

Kelebihan atau keuntungan SMS banking Permata

Permata merupakan salah satu perbankan swasta yang cukup berkembang di Indonesia. Perkembangannya memang tak sepesat BCA. Namun, bank satu ini tetap menjadi pilihan sebagian besar nasabah baik untuk menabung maupun meminjam dana.

 kelebihan atau keuntungan sms banking permata

Sebagai bank yang berkembang, jumlah ATM-nya memang sudah cukup tersebar di beberapa daerah. Tapi tak bisa dibandingkan dengan BCA, mandiri, apalagi BRI yang ATM-nya menjamur dan di setiap daerah ada.

Maka untuk menyiasati keterbatasan ATM ini, Anda harus memiliki pintu lain untuk bertransaksi agar bisa digunakan sewaktu-waktu.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh Permata adalah SMS banking Navigator. Dengan layanan ini, para nasabah bisa bertransaksi tanpa harus mengandalkan mesin ATM.

Anda bisa melakukan banyak hal melalui layanan ini, di antaranya adalah:

  1. Cek saldo.
  2. Cek tagihan dan pembayaran mitra (Telkom, PLN, ACC, HP, Palyja, atau sumber kredit lain).
  3. Membayar tagihan kartu kredit.
  4. Cek kurs valuta asing.
  5. Mengecek 3 transaksi terakhir.
  6. Transfer sesama bank.
  7. Transfer antar bank.
  8. Perubahan rekening utama.
  9. Lock & unlock Permata Mobile.

Sebagian besar fitur yang ditawarkan SMS banking ini hampir sama dengan SMS banking BII. Yang unik, fasilitas ini juga dilengkapi dengan Navigator. Yakni notifikasi atau pemberitahuan pada saat terjadi transaksi. Berikut ini beberapa keuntungannya yang unik:

SMS pengingat

Yakni pesan yang akan diterima ke nomor HP terdaftar setiap kali ada transaksi di rekening.

Info rekening tabungan

Nasabah juga mendapatkan pesan yang berisi mutasi setiap kali ada transaksi debit dan kredit dengan jumlah minimal Rp 500.000,-.

Info Giro

Setiap kali ada credit note masuk atau tolakan kliring dengan nominal minimal Rp 500.000,- nasabah akan mendapatkan pemberitahuan lewat pesan.

Cara daftar SMS banking Permata

Karena fitur dan kemudahannya di atas, banyak sekali nasabah yang berbondong-bondong mau mendaftarkan diri pada layanan berbasis pesan teks ini. Jika Anda juga mau mendaftar, pastikan untuk menyiapkan syarat dan melalui tahapannya dengan baik.

cara daftar sms banking permata

Syarat pendaftaran

Berikut ini beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi SMS navigator Bank Permata:

  1. Nasabah harus memiliki rekening tabungan atau Giro di bank Permata.
  2. Membawa buku rekening.
  3. Membawa kartu identitas diri seperti KTP, SIM, KITAS dengan nama sesuai dengan nama di buku rekening.
  4. Memiliki ponsel baik GSM maupun CDMA dengan nomor HP aktif.
  5. Membawa kartu ATM sesuai dengan rekening yang mau didaftarkan.

Pendaftarannya bisa dilakukan lewat:

  1. ATM.
  2. Aktivasi di kantor cabang terdekat.

Registrasi SMS banking permata via ATM

Pertama, silakan lakukan registrasi melalui ATM permata terdekat dengan langkah sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM di slotnya dengan posisi yang benar.
  2. Input PIN ATM.
  3. Pada layar ada menu Registrasi, silakan klik.
  4. Klik menu Permata Mobile.
  5. Input nomor HP aktif yang ingin didaftarkan pada kotak yang tersedia.
  6. Mesin akan mengeluarkan struk yang dapat digunakan untuk aktivasi.
  7. Silakan ikuti proses sampai selesai.

Aktivasi melalui kantor cabang terdekat.

Setelah Anda melakukan registrasi melalui ATM, silakan datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa persyaratan dokumen di atas.

Kemudian, masuklah ke kantor cabang dan ambil antrean ke customer service. Tujuannya adalah untuk meminta bantuan aktivasi layanan SMS banking Permata.

Anda mungkin perlu mengisi formulir pengajuan registrasi dan aktivasi sehingga bisa memakai layanan ini untuk bertransaksi secara finansial. Sebab pendaftaran melalui ATM saja biasanya hanya dapat mengaktifkan fitur non finansialnya.

Bila nomor antrean Anda sudah dipanggil, silakan maju dan sampaikan jenis bantuan apa yang dibutuhkan dari CS. Petugas siap membantu sampai layanan benar-benar siap untuk dipakai.

Cara kedua ini sebenarnya tak hanya untuk aktivasi saja. Sejak awal pendaftaran, Anda juga bisa meminta bantuan CS agar lebih aman.

Jadi, jangan sungkan untuk meminta tolong petugas jika memang Anda membutuhkannya.

Format SMS banking Permata

Berikut ini adalah beberapa format SMS yang bisa dipakai untuk bertransaksi menggunakan SMS banking.

format sms banking permata

  1. Cek saldo, INQ (spasi) BAL.
  2. Mutasi rekening, INQ (spasi) TRX.
  3. Tagihan kartu kredit, INQ CC (spasi) Nomor Kartu (spasi) Tanggal Lahir format DDMMYYYY.
  4. Isi pulsa, TOP UP HP (spasi) nomor HP (spasi) RP (spasi) nominal pengisian.
  5. Untuk transaksi pembayaran secara umum memakai format PAY dilanjutkan dengan mitra dan nomornya. Misalnya, tagihan kartu kredit, PAY CARD (spasi) nomor KK (spasi) RP (spasi) Nominal.
  6. Bayar tiket garuda, PAY GA (spasi) kode bayar.
  7. Bayar cicilan mobil, PAY ACC (spasi) nomor kontrak.
  8. Tagihan AETRA pakai format PAY AETRA (spasi) nomor pelanggan.
  9. Pembayaran uang sekolah dengan format PAY ID (spasi) kode sekolah+NIM (spasi) RP (spasi) nominal pembayaran.
  10. Transfer dana ke sesama permata, formatnya TRF TO AC (spasi) nomor rekening (spasi) RP (spasi) nominal.
  11. Transfer online ke bank lainnya (khusus untuk yang tergabung dalam ALTO, PRIMA, dan ATM bersama), formatnya TRF TO BANK (spasi) nama bank atau kode bank (spasi) nomor rekening (spasi) RP (spasi) nominal.

Selain format-format di atas tentu masih banyak format penulisan SMS lainnya. Misalnya untuk mengubah nomor rekening utama, pembayaran PLN, pembayaran PAM, motor (FIF), dll.

Setelah diketik, jangan lupa kirimkan SMS-nya ke nomor 3399. Kemudian ikuti arahan dari isi pesan masuk sampai informasi yang Anda butuhkan diterima dengan baik.

Biaya SMS banking Permata

Selain informasi di atas, nasabah juga harus tahu bahwa layanan ini tidak gratis karena menyedot pulsa. Ada biaya layanan yang harus dibayarkan saat mengirim dan menerima pesan informasi.

Untuk biaya SMS bankingnya disesuaikan dengan nomor HP yang didaftarkan. Biayanya tergantung biaya SMS dari providernya.

Khusus untuk navigator yang berisi notifikasi setiap kali ada transaksi masuk dan keluar, Anda harus membayar biaya bulanan sebesar Rp 7.900,-. Tarif ini dikenakan di bulan ketiga sejak Anda mendaftarkan layanannya.

Biaya SMS banking permata navigator di atas tidak termasuk untuk rekening priority. Sementara pemegang PermataBintang dan PermataME tarif bulanannya adalah Rp 2.500,-. Pemegang rekening Preferred yang gratis biaya bulanan hanya khusus rekening utama atau primary saja.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: