20 Cara Membuat Rekening BRI: Simpedes, Mahasiswa, Syariah

by -174 views

Alur cara membuat rekening BRI ternyata cukup mudah dipahami oleh para nasabah perbankan tersebut. Melalui berbagai jenis rekening BRI yang ditawarkan, ternyata langkah pembuatan rekeningnya tak menutut cara yang rumit kok. Anda tetap bisa membuatnya dengan mudah dan simpel baik melalui cara offline maupun online.

Cara membuat rekening BRI baik untuk simpedes, tabungan haji, britama, maupun junio ternyata tidak membutuhkan waktu yang lama. Proses yang singkat ditambah dengan pelayanan yang baik membuat produk bank BRI 2020 banyak diminati oleh nasabah. Informasi rinci terkait cara membuat rekening BRI tersebut dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

3 Cara Buka Rekening BRI Online 2020 yang Bisa Dicobabuka rekening bri online 2020

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa cara membuat rekening BRI yang bisa dilakukan oleh nasabah baru. Meski demikian kali ini Anda akan diajak untuk memahami cara membuat rekening BRI online gratis untuk beberapa produk perbankan tersebut.

1.      Cara Membuat Rekening BRI Untuk Pelajar

Sudah sepantasnya budaya menabung harus digalakkan sejak usia dini untuk melatih sifat hemat pada anak. Melihat peluang tersebut, kini banyak ditemui beberapa perbankan yang mulai menawarkan produk tabungan yang sesuai. Bank Rakyat Indonesia melalui produk BRI simpel pun telah mempermudah cara membuat rekening BRI bagi kalangan pelajar agar gerakan tersebut semakin meluas dan banyak peminatnya. Untuk informasi lengkapnya terkait cara membuat rekening BRI online untuk pelajar bisa disimak pada penjelasan berikut.

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.
  2. Mempersiapkan fotokopi kartu identitas diri. Disebabkan karena faktor usia yang masih masuk kategori pelajar maka cara membuat rekening BRI tanpa KTP bisa dilakukan pada produk ini. Anda hanya perlu melampirkan fotokopi kartu pelajar beserta/ surat keterangan dari sekolah alih-alih fotokopi KTP.
  3. Uang yang digunakan sebagai setoran awal sejumlah Rp 5.000.
  4. Serahkan semua hal tersebut ke petugas dan tunggu proses selesai.

2.      Cara Membuat Rekening BRI Simpedes

Cara membuat rekening BRI produk simpedes terbilang cukup mudah dan simpel. Hal ini menyesuaikan sasaran dari produk tersebut yakni mahasiswa dan kalangan di berbagai daerah. Syarat buka rekening BRI simpedes sama dengan syarat cara membuat rekening BRI untuk mahasiswa yakni terdiri atas:

  1. Setoran awal sejumlah Rp 100.000.
  2. Mengisi formulir pendaftaran pembukaan rekening.
  3. Melampirkan fotokopi identitas diri dan NPWP.
  4. Harus berusia minimal 17 tahun.

Setelah Anda menyiapkan beberapa syarat cara membuat rekening BRI produk simpedes. Selanjutnya Anda harus mengikuti prosedur cara membuat ATM BRI untuk mahasiswa seperti penjelasan berikut.

  1. Siapkan dokumen yang telah disebutkan sebelumnya.
  2. Kunjungi kantor cabang BRI terdekat dan pergi ke bagian customer service.
  3. Sampaikan maksud tujuan untuk membuat rekening dan ATM BRI.
  4. Ikuti semua prosedur yang diinstruksikan dan tunggu hingga proses selesai.

Panduan Cara Membuat Rekening BRI Syariah Onlinecara membuat rekening bri syariah online

Selain produk tabungan konvensional, BRI pun menyediakan produk syariah. Untuk macam-macam tabungan BRI tipe syariah ini terdiri atas simpanan pelajar, tabungan haji, dan tabungan faedah. Cara membuat rekening BRI syariah tersebut tentu memiliki perbedaan dalam beberapa poin. Sehingga penting bagi Anda untuk menyimak penjelasan berikut ini.

1.      Syarat dan Ketentuan Buka Rekening BRI Syariah Online

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat rekening BRI produk syariah. Terlebih dahulu Anda harus paham apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut persyaratan umum dari produk BRI syariah yang wajib dipenuhi.

  1. Fotokopi kartu identitas diri beserta NPWP yang dimiliki. Sedangkan untuk beberapa produk bank BRI 2020 seperti simpanan pelajar tidak mengharuskan keduanya. Anda hanya perlu melampirkan fotokopi kartu pelajar dan fotokopi KK.
  2. Menyiapkan setoran awal sesuai dengan jenis produk. Untuk produk simpanan pelajar setoran awalnya adalah Rp 1.000, tabungan haji Rp 50.000 dan tabungan faedah adalah Rp 100.000.
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan pihak perbankan.

2.      Cara Membuat ATM BRI Syariah yang Wajib Dipahami

Setelah memahami syarat yang harus dipenuhi dalam proses cara membuat rekening BRI. Kali ini Anda pun harus paham bagaimana teknis cara membuat rekening BRI online khususnya pada produk syariah.

  1. Anda bisa mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.
  2. Ambil nomor antrean menuju customer service guna pembuatan dan pengisian formulir pendaftaran. Namun untuk pengisian formulir tersebut Anda pun bisa melakukannya secara online dengan membuka website resmi BRI di www.bri.co.id.
  3. Ikuti proses yang dijelaskan oleh customer service, lazimnya berkenaan dengan biaya admin, saldo minimal, maupun besaran saldo minimal BRI setelah transfer harus tersisa berapa.
  4. Tunggu proses cara membuat rekening BRI selesai, yang ditandai dengan penerimaan buku tabungan dan ATM.

Baca juga : Kartu Kredit BCA: Aktivasi, Batas Limit, dan Keuntungannya

Pertanyaan Umum Seputar Cara Membuat Rekening BRI

Sama halnya seperti saat Anda akan mengikuti proses cara membuat rekening BRI. Ternyata setelah proses selesai pun akan tetap ditemui berbagai macam pertanyaan seperti berikut ini.

1.      Berapa Rentang Beda Biaya Admin Untuk Tiap Jenis ATM BRI?

Dalam pembahasan cara membuat rekening BRI, salah satu hal yang sering ditanyakan adalah biaya admin yang dibebankan tiap bulannya. Perlu diketahui bahwa untuk besarannya berbeda-beda tergantung jenis produk. Untuk produk simpedes dikenakan biaya sebesar Rp 5500 per bulan, sedangkan britama bisa mencapai Rp 11.000. Hal ini menjadi salah satu perbedaan britama dan simpedes yang cukup mudah dianalisa disamping perbedaan lain yang turut mewarnai.

2.      Bisakah Buka Rekening BRI Online Tanpa NPWP Sebagai Lampiran?

Sesuai dengan pembahasan terkait cara membuat rekening BRI sebelumnya, Anda tentu sudah paham bahwa ada produk yang membebaskan persyaratan dokumen NPWP. Dengan kata lain Anda tetap bisa membuka rekening BRI tanpa menggunakan NPWP. Contohnya hal ini berlaku untuk produk BRI simpel.

3.      Syarat Buka Rekening BNI Apakah Sama dengan BRI?

Meski secara umum beberapa persyaratan dokumen sama dengan teknis cara membuat rekening BRI. Ada baiknya Anda tetap memperhatikan beberapa kemungkinan kebijakan lainnya, sehingga silakan kunjungi customer service terkait di kantor cabang terdekat.

4.      Biaya Administrasi Untuk Jenis Kartu ATM BRI Warna Hitam Berapa?

Setelah mengikuti rangkaian cara membuat rekening BRI Anda pun akan memperoleh tabungan beserta ATM. Untuk jenis kartu ATM BRI premium yang identik dengan warna hitam, Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi atau gratis. Namun, syaratnya Anda harus memiliki rekening britama bisnis dengan setoran awal Rp 10.000.000.

5.      Adakah Cara Menghabiskan Saldo ATM BRI Menjadi Rp 0?

Untuk mendapatkan informasi lengkap Anda bisa menanyakannya ke pihak customer service ketika mengikuti panduan cara membuat rekening BRI. Namun, sejauh ini Anda bisa menghabiskan saldo dengan cara menarik tunai di ATM atau melakukan penutupan rekening tabungan.

 

Rangkaian informasi terkait cara membuat rekening BRI tersebut semoga dapat menambah informasi dan wawasan Anda terkait produk tabungan dari perbankan plat merah tersebut. Penjelasan lain mengenai cara menabung di bank BRI melalui teller dapat Anda simak dengan menambah referensi bacaan yang relevan. Semoga bermanfaat.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *