Mencegah Penularan Penyakit Tuberkulosis, Bagaimana Caranya?

  • Whatsapp
Mencegah Penularan Penyakit Tuberkulosis, Bagaimana Caranya?

TBC (Tuberkulosis)

TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosisTBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah.

Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini ditularkan dari percikan ludah yang keluar penderita TBC, ketika berbicara, batuk, atau bersin. Penyakit ini lebih rentan terkena pada seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah, misalnya penderita HIV.

Mencegah Penularan Penyakit Tuberkulosis, Bagaimana Caranya?

Langkah-Langkah Pencegahan TBC

Ada beberapa tips untuk meminimalisir risiko penularan TBC dengan tindakan-tindakan pencegahan TBC, seperti :

1. Hindari Kontak Langsung

Menghindari kontak langsung dengan penderita TBC adalah salah satu hal terpenting dalam pencegahan TBC. Jika Anda tidak dapat menghindari kontak dengan mereka, kenakan masker dan sarung tangan.Ingat, gantilah masker secara berkala dan buang di tempat sampah. Apabila Anda yang menderita TBC, hindari tempat-tempat yang ramai supaya Anda tidak menyebarkan penyakit ini kepada orang lain.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu langkah pencegahan TBC lainnya adalah menerapkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 4-5 porsi sayuran dan buah setiap hari.

3. Menerapkan Kebiasaan Sehat

Menerapkan kebiasaan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir adalah bentuk dari pencegahan TBC. Selain itu, saat batuk atau bersin, sebaiknya tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu.Langkah ini memang sederhana, namun sangat penting agar Anda tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

4. Rajin Berolahraga

Usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari. Tak perlu olahraga yang berat, Anda cukup melakukan jogging selama 45 menit.Dengan melakukan olahraga, sirkulasi darah menjadi lancar sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan terbebas dari segala penyakit, seperti TBC.

5. Memiliki Ventilasi yang Memadai

Bakteri penyebab TBC dapat menyebar lebih mudah dalam ruangan yang kecil dan tertutup karena tidak ada sirkulasi udara.Jika ventilasi di rumah kurang memadai, cobalah untuk membuka jendela supaya kualitas udara di dalam rumah menjadi baik dan sinar matahari juga bisa masuk ke dalam rumah.

6. Diagnosis Sejak Dini

Pencegahan penyebaran TBC akan efektif bila dilakukan diagnosis dan pengobatan sejak dini. Seseorang dengan penyakit TBC dapat menularkan bakteri kepada 10-15 orang setiap tahunnya. Bisa kamu bayangkan bagaimana penyebarannya bila tidak dilakukan pengobatan?

7. Vaksin BCG

Ini merupakan langkah pencegahan TBC paling dini yang bisa Anda lakukan pada anak. Jangan lewatkan pemberian vaksin BCG agar anak Anda memiliki kekebalan terhadap bakteri penyebab TBC.

8. Gunakan Masker Saat Berada di Tempat Ramai

Penularan tuberkulosis bisa melalui udara saat penderita bersin atau batuk. Upaya untuk mencegah paparan bakteri TBC masuk ke dalam tubuh dapat dilakukan dengan menggunakan masker di tempat umum.

9. Waspada dengan Pengidap TBC di Sekitar Anda

Memiliki keluarga atau tetangga yang menderita tuberkulosis bukan berarti harus dijauhi. Hal yang terpenting adalah mengetahui sumber penularan dan menghindarinya. Karena penyakit ini menular melalui droplet, penderita sebaiknya menggunakan masker, membuang dahak di tempat yang dapat langsung dialiri air (jangan di jalanan), menutup mulut ketika batuk atau bersin, serta tidak berganti-ganti alat makan dengan orang yang sehat.

10. Ketahui Apakah Anda Berisiko

Jika Anda termasuk berisiko, maka harus lebih waspada terhadap penyakit ini. Berikut beberapa golongan orang yang lebih berisiko terkena TBC :

  • Orang dengan imunodefisiensi (HIV/AIDS)
  • Pecandu narkoba dan alkohol
  • Orang yang tinggal di daerah padat penduduk dan panti jompo
  • Orang yang sering berkontak dengan penderita tuberkulosis
  • Tenaga medis
  • Turis yang datang ke negara dengan angka kasus tuberkulosis yang tinggi
Itulah beberapa langkah pencegahan TBC yang bisa Anda lakukan. Pada dasarnya, TBC merupakan penyakit yang bisa disembuhkan jika diobati dengan benar.Oleh karena itu, semakin cepat TBC terdeteksi, semakin besar potensinya untuk sembuh. Ketika sudah didiagnosis menderita TBC, pasien harus mengikuti semua prosedur pengobatan dengan teratur dan biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Related posts