Cara Bisnis Dagang Orang China yang Bisa Ditiru Agar Usahamu Berkembang Pesat!

Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, setiap orang tentu ingin agar bisnisnya berkembang pesat. Jika Anda juga menginginkannya, Anda bisa tiru cara bisnis dagang orang China yang mengantarkan mereka ke puncak kesuksesan.

Ya, seperti yang selama ini kita tahu bersama bahwa orang China kebanyakan sukses dengan apapun bisnis yang dijalankan. Hal tersebut tentu memantik rasa penasaran dan rasa ingin tahu orang – orang tentang bagaimana cara mereka menjalankan roda bisnisnya tersebut.


Jika Anda pun salah satu orang yang ingin tahu orang China dalam menjalankan roda bisnisnya hingga sukses besar, berikut informasi tentang cara bisnis dagang orang China yang Anda harus simak!

Cara Bisnis Dagang Orang China yang Bisa Ditiru

Cermat memilih produk dan penetapan harga

pengadaan produk dan penetapan harga

Jika yang kita bahas adalah bisnis dagang, maka hal utama yang penting di perhatikan dalam bisnis yang dijalankan adalah soal produk dan penetapan harga. Orang China sangat pandai dalam hal ini. Mereka mampu memberikan produk dengan kualitas yang lebih baik dari harga.

Itulah yang selalu mereka terapkan dalam prinsip dagang mereka yaitu memberikan yang terbaik agar pelanggan loyal dengan usaha yang dijalankan. Jika pelanggan sudah loyal tentu membuat mereka kembali memesan tidaklah sulit.

Sementara bagi Anda yang sudah memiliki niat untuk berbisnis namun masih belum punya pandangan tentang ide bisnis yang akan Anda geluti, Anda bisa tambah referensi Anda sedari sekarang.

Baca : 17 Ide Bisnis Online yang bisa dimulai dari Sekarang

Mengelola modal dengan bijak

Modal menjadi hal yang perlu dipikirkan ke arah kemana akan dibawa. Jangan sampai Anda sudah menyiapkan modal namun Anda tidak memanfaatkan modal tersebut dengan baik karena tentu hal tersebut akan menjadi hal yang merugikan Anda dan membuat apa yang Anda rintis gagal.


Nah, Anda harus tahu bahwa prinsip dagang orang Tionghoa yang mereka percaya adalah meminimalisir keluarnya modal. Jadi mereka selalu bersikap hati – hati dalam pengelolaan modal yang mereka punya. Mereka akan benar – benar bertanggung jawab dengan modal yang dimiliki dan akan dikeluarkan sesuai dengan pos – pos yang benar – benar dibutuhkan.

Mengatur keuangan dengan rapi

Jika modal sudah dikeluarkan sesuai dengan pos – posnya masing – masing, yang selanjutnya diperhatikan adalah arus perputaran uang. Hal ini penting karena tanpa arus perputaran uang yang sehat bisa dipastikan bahwa suatu usaha tidak akan sukses.

Jadi seperti apa mengelola dana uang masuk dan mengelola dana uang keluar benar – benar diperhatikan dan dihitung secara terperinci.

Berorientasi terhadap masa depan

berorientasi terhadap masa depan

Orang China tidak akan pernah berpikir untuk hari ini saja. Melainkan mereka juga memikirkan tentang apa yang akan dilakukan dua hari lagi, dua tahun lagi atau bahkan 20  tahun lagi.

Dana yang sudah mereka dapatkan dari arus perputaran uang di bisnis akan dikembangkan menjadi bisnis baru lagi tidak didiamkan begitu saja atau malah dihabiskan untuk membeli barang yang tidak berguna.

Berbagai ide bisnis dagang lain akan menjadi ide terbaik yang mereka jalankan dari dana yang sudah mereka sisihkan dan siapkan.

Selain mereka akan memutar dana yang dimiliki untuk menjadi bisnis baru lagi, mereka juga akan menggunakan uang yang sudah dihasilkan tersebut untuk investasi. Namun dalam memilih instrument investasi pun mereka tidak asal comot atau asal pilih.

Mereka akan pahami dulu apa keuntungan yang mereka dapatkan, resiko seperti apa yang mereka tanggung dan sebagainya. Dengan begitu jika pun mereka menggunakan uang untuk investasi, mereka sudah tahu kelebihan dan kekurangannya sehingga tidak akan pernah sampai salah pilih.

Memiliki manajemen administrasi yang baik

Cara bisnis dagang orang China yang juga tak kalah menarik untuk dibahas adalah bagaimana mereka memanajemen administrasi dengan sebaik mungkin. Mereka mampu memanajemen keuangan dengan baik dan membukukannya dalam administrasi yang sangat baik.

Hal tersebut terbukti dengan pembukuan yang orang China lakukan. Jika kita mampir ke tempat usaha orang China, akan sangat jarang kita mendengar mereka kehabisan stok, mengalami kesulitan financial, atau kehabisan modal.

Mereka selalu terdepan dalam soal administrasi sehingga semua tercatat dengan baik. Apa – apa yang sekiranya sudah kurang sedikit stoknya akan mereka isi sehingga tidak mengecewakan pelanggan. Setiap pelanggan bertanya, mereka selalu siap dengan semua jawabannya.

Selalu belajar terus dan terus

Orang China tidak pernah puas. Memiliki satu keahlian, mereka akan mencoba untuk belajar keahlian yang lain. Ini juga yang menjadi cara orang China untuk tumbuh berkembang terus dari waktu ke waktu.

Orang China tidak akan pernah takut untuk memulai dan bertanya atas apa yang menjadikan mereka merasa penasaran. Mereka suka bertanya informasi yang mereka kurang pahami dan dari semua jawaban yang mereka dapatkan tersebut, mereka memetik pelajaran untuk dijalankan di masa kini dan masa yang akan datang.

Modal giat dan semangat belajar yang dimiliki itulah kemudian bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari – hari mereka. Terlebih dalam dunia bisnis yang dijalankan. Kemudian berbagai ilmu itulah yang mereka kaji sehingga nantinya bisnis yang mereka jalankan bisa sukses dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Selalu berusaha membangun jaringan bisnis

membangun jaringan bisnis

Orang China juga sangat memikirkan jaringan bisnis mereka. Orang China selalu punya semangat Guanxi yang merupakan semangat untuk mengembangkan dan melindungi sumber pendapatan keluarga secara berkesinambungan melalui jalinan relasi.

Dengan semangat ini yang terbangun di tengah – tengah mereka, hal  tersebut menjadikan orang China selalu mampu membangun jaringan yang luas dan potensi yang sangat besar dalam perkembangan bisnisnya.

Dalam menambah jaringan sendiri, orang – orang China sangat menentang praktek usaha isolasi atau memperkuat diri sendiri dan mengabaikan yang lain. Mereka saling menjual dan membeli produk antar sesama, saling bertukar informasi dan saling pinjam meminjam uang satu sama lain. Jika ada masalah, mereka juga menjadi pribadi yang memikirkan solusi bersama – sama.

Memiliki strategi marketing yang tepat

Orang China paham tentang strategi marketing seperti apa untuk membuat produknya laku keras di pasaran. Dengan bekal itulah mereka bisa menghasilkan potensi keuntungan yang sangat besar.

Concern dari strategi marketing yang dijalankan oleh orang China terdiri atas tiga aspek yaitu aspek produk yang baik, penetapan harga yang pas dan target market yang sesuai.

Dengan ketiga concern tersebut, senapan orang China akan mudah sampai dan meluncur pesat sehingga membuat mereka mendapat keuntungan yang maksimal. Oh ya, kelebihan lain dari orang China adalah mereka merupakan orang – orang yang pandai dalam hal menangkap peluang bisnis.

Mereka biasanya berbisnis dan cara bisnis dagang orang China adalah melakukan apa yang mereka suka dan apa yang mereka cintai.

Pengusaha yang tahan banting

Prinsip bisnis dagang orang China yang selanjutnya adalah selalu tahan banting. Mereka bahkan rela mengorbankan berbagai aspek mulai dari tenaga, waktu sampai dengan uang untuk bisnis yang mereka bangun.

Orang China juga merupakan pribadi yang memiliki mental baja. Mereka tidak pernah down atau menyerah bahkan walau sudah banyak masalah yang mereka hadapi. Jiwa tahan banting mereka tersebut juga diaplikasikan dalam stamina mereka.


Mereka selalu berusaha menjaga stamina dan kesehatan secara berkesinambungan karena mereka sadar tanpa kesehatan dan stamina yang terjaga, mereka tidak mampu mengurus semua bisnis yang sudah dibangun.

Selain tips diatas, berbagai tips sukses untuk berwirausaha lainnya bisa Anda baca : 11 Tips Sukses Berwirausaha

Itulah bagaimana orang China sukses dengan bisnis mereka yang berkesinambungan. Semoga informasi tentang cara bisnis dagang orang China diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Salam wirausaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *