Banjir Order! Cara Daftar Akun OLX Gratis/Premium di HP/PC

by -643 views

Daftar akun OLX bisa pakai email, no. HP, Google, atau Facebook. Anda bisa melakukan registrasi lewat HP dan PC dengan tahapan yang mudah.

Di sini, Anda bisa membeli dan menjual barang bekas ke seluruh area di Indonesia dengan variasi produk yang beragam. Mulai dari mobil, motor, barang elektronik, fashion, furnitur, hingga rumah pun bisa. Tak ada pengecualian.

Syaratnya hanya satu, barang yang dijual masih layak pakai atau masih bisa digunakan.

Yang paling penting juga, baik saat bertindak sebagai penjual maupun pembeli, prinsip kejujuran harus diutamakan agar tidak terjadi penipuan dan kerja samanya bisa saling menguntungkan.

Sekilas tentang OLX Indonesia

Pada dasarnya, OLX bukanlah sebuah situs jual beli online layaknya Shopee atau Tokopedia. Ini adalah situs iklan baris di mana para penggunanya bisa memasang iklan secara gratis dan dilihat oleh pengguna lain.

 Sekilas tentang olx indonesia

Artinya, jika Anda sedang menjalankan sebuah usaha yang baru berdiri, maka silakan pasang iklan di OLX secara gratis. Kalaupun belum ada bisnis, maka situs ini membuka peluang usaha yang selebar-lebarnya buat para penggunanya.

Nah, yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada transaksi jual beli dengan pembayaran secara langsung di OLX.

Model transaksinya dapat berubah dari online menjadi offline dengan ditandai oleh pertemuan antara penjual dan pembeli secara face to face.

Bila terjadi deal antara penjual dan pembeli, barulah proses pembayaran akan terjadi. Metode pembayaran yang dipilih juga berdasarkan atas kesepakatan bersama. Apakah mau cash atau transfer langsung antar bank.

Sejarah OLX Indonesia

OLX Indonesia dulunya bernama tokobagus.com. Pembuat atau pendirinya adalah Remco Lupker dan Arnold Sebastian Egg. Mereka berdua mendirikan Tokobagus.com pada tahun 2005 di Bali.

Setelah berjalan sekitar 9 tahun, tepat pada tanggal 20 Mei 2014 berubahlah nama Tokobagus.com menjadi olx.co.id atau OLX Indonesia.

Sejak saat itu, geliat OLX cukup pesat. Hal ini terlihat saat mereka mengumumkan bahwa berniaga.com akan merger dengan OLX pada tahun 2014. Proses merger ini selesai pada bulan Januari 2015 lalu.

Aplikasi OLX bisa diunduh lewat Play Store dan App Store

Untuk memudahkan para pengguna, apk OLX juga tersedia di beberapa platform. Khusus untuk Google Play Store, sudah ada unduhan sebanyak 10 juta lebih dengan rating mencapai 4,3 dari jutaan ulasan yang masuk.

Sampai saat ini, jeroan aplikasinya juga terus di-update. Terakhir, interface-nya jadi user friendly. Mudah dioperasikan dalam satu dua kali klik.

4 Pilihan cara membuat login akun OLX

Ada 4 pilihan cara yang dapat diambil untuk buat akun OLX, berikut ini adalah opsinya:

gambar pilihan cara membuat login akun olx

Google

Opsi registrasi OLX Indonesia yang pertama adalah melalui akun Google. Jika Anda memilih cara ini, maka Anda akan langsung diminta memasukkan alamat email dan password gmail. Opsi ini akan membuat akun Google Anda tersinkron dengan OLX.

Facebook

Pengguna juga dapat memilih login with facebook di situs pemasangan iklan ini. Anda tinggal memasukkan email dan password FB sehingga bisa tersinkron dengan cepat.

Nomor HP / Telepon

Jika Anda memilih daftar akun OLX menggunakan nomor HP atau telepon, maka pastikan nomor teleponnya aktif dan bisa menerima SMS. Sebab pada saat proses pendaftaran, Anda akan mendapatkan SMS berisi kode verifikasi untuk mengaktifkan akun.

Email

Opsi keempat ini bisa diambil oleh pengguna email selain Google. Misalnya yahoo.com atau yang lainnya.

Pastikan email masih aktif dan Anda bisa mengaksesnya dengan cepat. Sebab pada saat proses registrasi, OLX akan mengirimkan kode verifikasi yang harus di-input secara benar agar proses verifikasi akun berhasil sepenuhnya.

2 Cara daftar OLX gratis

Seluruh registrasi di situs pemasangan iklan baris ini gratis dan dapat dilakukan pakai HP atau PC. Step by stepnya bisa disimak di bawah ini:

Cara mendaftar dan membuat akun di OLX lewat HP

Jika Anda memakai HP untuk melakukan registrasi, maka silakan unduh dulu aplikasinya di App Store atau Google Play Store. Tergantung perangkat Anda iPhone atau android.

Misalnya Anda adalah pengguna HP android, maka lakukan cara di bawah ini:

  1. Buka Play Store yang ada di smartphone.
  2. Pada kolom pencarian, silakan ketik OLX.
  3. Di daftar hasil pencarian paling atas akan muncul aplikasi OLX yang sedang Anda cari, silakan klik.
  4. Klik instal.
  5. Tunggu proses selesai. Jika sudah, silakan klik buka.

Setelah aplikasi terbuka, Anda harus memulai proses registrasi dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih salah satu opsi metode pendaftaran, misalnya: Login/Daftar dengan Email.
  2. Jika email yang ada di android lebih dari satu, maka akan muncul pilihan email yang ada. Silakan klik akun email yang ingin disinkronkan dengan OLX. Jika mau pilih email lain, silakan klik Tidak Satu Pun di Atas.
  3. Setelah Anda memilih emailnya, maka OLX akan mengirimkan kode verifikasi melalui email. Jadi bukalah inbox email dulu untuk mengetahui kode verifikasi.
  4. Kalau sudah tahu kode verifikasinya, silakan kembali ke aplikasi OLX dan masukkan kodenya.
  5. Buat kata sandi dengan minimal karakter berjumlah 6 dan merupakan kombinasi antara huruf dan angka.
  6. Ulangi password yang sudah dibuat untuk mengonfirmasi. Lalu klik lanjut.
  7. Isikan profil dan informasi-informasi yang diperlukan, klik lanjut hingga proses selesai.

Selamat! Nama pengguna Anda sudah siap. Sekarang silakan login lalu ubah detail akun dengan masuk ke menu pengaturan.

Menggunakan OLX pencarian

Ketika sudah login, Anda bisa memanfaatkan kolom pencarian yang ada di bagian atas untuk mulai menjelajah. Silakan ketikkan kata kunci, lalu cari.

Pada saat melakukan pencarian, Anda bisa mengatur mau mencari di daerah mana. Apakah yang ada “di dekat saya” atau “alamat lain”. Aplikasi akan memberikan dua pilihan ini.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan layanan lokasi yang ada di smartphone.

Cara daftar akun OLX lewat PC

Anda juga bisa melakukan registrasi melalui PC. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara daftar akun olx lewat pc

  1. Buka situs OLX.
  2. Klik Login/Daftar.
  3. Pilih email, telepon, google, atau facebook untuk mendaftar. Misal: email.
  4. Masukkan email.
  5. Klik lanjut.
  6. Email akan menerima kode verifikasi. Cek inbox dan masukkan kode verifikasinya. Proses berlanjut jika kode verifikasinya benar.
  7. Buatlah kata sandi dan konfirmasi. Lanjutkan proses.
  8. Beri foto profil atau isikan informasi yang diperlukan. Klik lanjut sampai selesai.

Langkah ke delapan ini bisa di-skip. Jadi, Anda bisa mengubah profilnya nanti-nanti. Tidak harus saat proses pendaftaran dilakukan.

Cara daftar OLX Premium

Pada dasarnya, OLX memang jadi situs iklan gratis. Namun, saat ini para pengguna juga bisa mengatur supaya iklan yang dipasang bisa nongol di bagian teratas halaman pencarian.

Caranya adalah dengan membayar harga iklan agar jadi premium. Pembayarannya nanti diambil dari saldo akun dan masing-masing produk yang diiklankan memiliki tarif masing-masing.

Cara beli kuota iklannya adalah:

  1. Login ke akun lewat aplikasi.
  2. Pilih akun saya.
  3. Klik Beli Paket & Pesanan Saya.
  4. Ketuk Beli Paket.
  5. Pilih kategori dan lokasi kemudian klik Tampilkan Paket.
  6. Akan muncul banyak pilihan yang bisa dicentang. Silakan pilih dan setelah itu Lihat Keranjang.
  7. Jika sudah silakan klik Bayar.

Silakan pilih metode pembayaran seperti Doku, ATM / bank, Indomaret, atau Alfamart. Bayarlah sesuai dengan metode yang telah dipilih dan nominalnya.

Bila sudah berhasil, maka iklan Anda akan muncul di halaman pencarian sesuai dengan paket bisnis yang diambil.

Demikian informasi tentang cara daftar akun OLX yang mudah baik via HP maupun PC. Selamat mencoba dan perkuat bisnis dengan memasang iklan di sini.

About Author: Ihsan

Gravatar Image
Menyukai dunia digital marketing dan sedang mendalami ilmu SEO, SMM dan juga Branding. Mencari ide dengan menulis dan mempunyai ketertarikan dengan bidang investasi, bisnis, keuangan dan teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *