Belilah paket usaha yang mudah laris agar cepat BEP. Jangan salah pilih waralaba supaya untung ratusan juta rupiah dan bisnis jadi lancar.

Kami yakin, saat pertama kali berpikir untuk mengambil sebuah peluang bisnis, Anda tentu akan berhitung secara matematis. Perhitungan dilakukan secara detail mulai dari modal, profit margin, hingga kemungkinan waktu yang diperlukan supaya bisa balik modal.

Jika Anda memilih bisnis waralaba, maka secara umum perhitungan ini sudah diperkirakan oleh pemilik franchise. Namun sayang, estimasi ini kadang meleset karena berbagai faktor, termasuk di antaranya pemilihan lokasi usaha.

Selain lokasi usaha, pemilihan produk waralaba juga memegang peran penting. Kadang, produknya memang sulit laku atau untungnya sangat kecil sehingga butuh waktu lama buat BEP.

Untuk itu, Anda perlu membuka diri terhadap berbagai pilihan paket usaha yang ada di Indonesia. Mempelajarinya satu per satu dapat menjadi upaya pertama sebelum proses seleksi dilakukan.

Kami akan membahas beberapa paket bisnis yang dapat dijadikan opsi atau pilihan. Selamat menyimak.

Paket usaha kecil

Untuk memulai usaha dengan modal kecil, Anda bisa mengunjungi beberapa situs marketplace, salah satunya Shopee. Di sana tersedia banyak sekali penjualan barang secara paket yang kemudian bisa dijual ulang. Berikut ini beberapa opsinya:

Paket usaha rumahan, jualan es krim modal 26 ribuan

Paket usaha kecil es krim

Salah satu peluang usaha yang laris adalah produk grosir es krim. Pada paket usaha es ini, Anda akan mendapatkan 200 gram bubuk es krim atau bahan baku siap pakai, 50 sendok kayu, 50 paper cup karakter lucu, dan 50 tutup cup karakter kartun.

Dengan bahan ini, Anda bisa membuat 50 es krim dan menjualnya kepada anak-anak di lingkungan sekitar tempat tinggal. Harga jualnya sekitar Rp 2.000,- per cup.

Kalau dihitung-hitung untungnya secara kasar adalah:

  1. Penjualan total: Rp 2.000,- x 50 = Rp 100.000,-
  2. Modal awal Rp 26.000,-
  3. Penghasilan kotor = Rp 100.000,- – Rp 26.000,- = Rp 74.000,-.

Penghasilan di atas belum dikurangi biaya operasional berupa listrik untuk memakai mixer dan jasa untuk membuat produknya.

Paket usaha baju

Selain es krim, di Shopee juga ada paket usaha lainnya, yakni baju dan pakaian. Biasanya, paket bisnis semacam ini memungkinkan Anda untuk membeli baju secara grosir dengan harga yang murah.

Contoh pakaian yang dijual adalah:

  1. Baju serian 500rb dapat 25 baju.
  2. Baju branded anak harga 1 juta dapat 50 pcs bisa retur.
  3. Paket usaha hijab.
  4. Perlengkapan bayi, dll.

Yang perlu Anda pertimbangkan adalah ketersediaan modal, passion, dan gaya hidup orang di lingkungan tempat tinggal Anda.

Hal ini karena biasanya cara menjual barang semacam ini adalah langsung dijual ke teman atau ke tetangga. Langkah ini sangat cocok buat Anda yang mau membangun usaha kecil-kecilan dari rumah.

Jika Anda memang belum ada modal yang banyak, maka memulai bisnis dropship baju juga bisa jadi solusi yang baik.

Paket usaha waralaba makanan dan minuman

Cara tersimpel untuk menjalankan bisnis adalah dengan membeli franchise. Hal ini karena usaha waralaba biasanya sudah memiliki nama atau sudah dikenal. Anda pun bisa mendapatkan perlengkapan usaha langsung dari pemilik waralaba sehingga tak perlu ribet lagi.

Selain itu, bisnisnya juga mudah laku dan cepat untung. Hal ini dibuktikan dari beragam kisah sukses dari pemilik atau orang-orang yang membeli franchise-nya.

Nah, jika membahas soal usaha yang mendatangkan banyak keuntungan, maka tentu tak bisa dipisahkan dari bisnis makanan dan minuman.

Ya, jualan makanan dan minuman memang memiliki profit margin yang besar. Angka margin keuntungannya bahkan bisa mencapai 100% tergantung pemilik kedai atau warung mau ambil untung berapa.

Kalaupun ingin mengambil untung yang mepet, maka biasanya masih bisa diambil di angka 40% atau 50%. Jadi memang masih sangat menguntungkan.

Oleh karena itu, jangan heran bila banyak sekali paket bisnis waralaba yang berkonsep makanan dan minuman di Indonesia.

Meski menguntungkan, bisnis makanan dan minuman ini tetap memiliki risiko. Risikonya adalah saat produknya tak habis terjual.

Bila ini terjadi, maka produk akan basi dan mau tidak mau harus dibuang. Hasilnya, pebisnis bisa menderita rugi.

Maka dari itu, Anda harus mengikuti tips memilih usaha makanan dan minuman dengan cermat serta menemukan apa yang cocok untuk dijual di lokasi usaha yang sudah disiapkan. Pertimbangkan juga bagaimana pesaing di daerah tersebut.

Berikut ini pilihan paket waralaba makanan dan minuman bermodal kecil dan sudah terkenal sehingga kans untuk laris sangat besar:

Paket usaha makanan

Jika Anda tertarik dengan usaha makanan, pilihan waralabanya bisa dicek di bawah ini:

Martabak atau terang bulan mini (Martabak mini rainbow)

Paket usaha waralaba makanan dan minuman

Modal yang dibutuhkan sekitar Rp 5,7 juta. Franchise ini ada sejak 2013 dan layak dicoba karena konsepnya menarik dan mengundang banyak pembeli.

Fried chicken – Chicken Popop

Bisnis ini dibuka dengan modal sekitar Rp 6,2 juta. Estimasi BEP-nya adalah sekitar 3 bulan saja.

Pisang nugget kece

Butuh dana minimal Rp 5,8 juta untuk menjajal bisnis pisang nugget kece ini. Harga bisa meningkat sesuai paket yang diambil.

Donat bakar

Donat bakar ini membutuhkan modal Rp 7 juta. Investasinya bersifat seumur hidup karena tidak perlu royalty fee.

Candy crepes

Jika ingin memilih peluang ini, silakan sediakan dana sekitar Rp 6,7 sampai Rp 9,8 juta. Dengan dana ini, modal diestimasikan bisa BEP dalam 1 sampai 2 bulan saja asal tepat sasaran.

Chickenin

Usaha yang berdiri sejak 2016 ini membutuhkan modal sekitar Rp 9,8 juta. Dengan uang ini, Anda bisa mulai berjualan camilan ayam tepung kekinian yang lezat.

Endogmu

Produk yang dijual di antaranya sosis telur gulung. Sangat cocok diterapkan di sekitar perumahan dan dekat sekolah. Modalnya hanya sekitar Rp 3,9 juta dengan estimasi BEP minimal 1 sampai 2 bulan saja.

Selain waralaba di atas, Anda juga bisa mencoba franchise makanan di bawah ini:

  1. Burger Brambang dari Jakarta Selatan.
  2. Daddys Takoyaki dari Jakarta Selatan.
  3. Nasi bakar kusuka dari Batu, Jawa Timur
  4. Bakso Pejuang dari Purwokerto.
  5. Tahu gila dari Yogyakarta, dll.

Saat melakukan seleksi produk makanan, pastikan pilihannya bisa sesuai dengan selera masyarakat sekitar.

Paket usaha minuman

Ada banyak sekali pilihan usaha berbasis minuman dingin atau es. Hampir semuanya bermodal ringan, jadi Anda tinggal menyesuaikan dengan passion, lokasi usaha, dan kemampuan modalnya:

Minuman es teh

Ada banyak sekali usaha waralaba yang menjual es teh, contohnya adalah teh Poci, TongTji, dll. Modal dan paketnya berbeda-beda. Jadi, cari informasi sebanyak-banyaknya bila memang Anda sudah menentukan pilihan.

Ice cream AICE

Ini adalah salah satu es krim kekinian yang dijual dengan harga murah sehingga mampu bersaing untuk mendapatkan pembeli. Modalnya sangat ringan, hanya sekitar Rp 2,5 juta saja.

Lima warna (dalgona, Boba, Chocolate Signature Drink)

Lima warna tergolong sebagai paket usaha terbaru yang hits. Produk yang dijual sempat viral di media sosial.

Untuk membuka usaha ini, Anda cukup menyediakan dana sekitar Rp5 juta. Karena hits, BEP nya bisa cepat sekitar 1 sampai 3 bulan saja.

Wano Boba Tea

Bisnis ini juga tergolong baru sebab baru muncul sekitar tahun 2018. Modalnya hanya sekitar Rp 5,9 juta saja dengan estimasi BEP 2 bulanan.

Mom Milk Express

Meski agak mahal, peluang usaha ini boleh dicoba sebab lain dari yang lain. Harga franchise-nya adalah sekitar Rp 19 jutaan.

Selain minuman di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa franchise minuman di bawah ini:

  1. Cha Go Cha.
  2. Fremilt Thai Tea.
  3. Chaphoria.
  4. Mobo Thai Tea.
  5. Kase, dll.

Harga franchise-nya bermacam-macam dengan estimasi BEP yang berbeda. Kenali dengan detail sebelum benar-benar mantap menentukan pilihan.

Selain bisnis waralaba sebagaimana disampaikan di atas, Anda juga bisa membuka usaha minuman dan makanan sendiri di rumah.

Bila modalnya kecil, silakan mulai buka usaha pinggir jalan terlebih dulu. Mungkin bisa dengan membuka kedai kopi atau bisnis kuliner lainnya.

Paket usaha jasa

Selain makanan dan minuman, usaha yang bisa mendatangkan banyak keuntungan adalah yang bergerak di bidang jasa. Contohnya adalah laundry, persewaan mainan, dan lain-lain.

Paket usaha jasa

Berikut ini contoh paket usaha waralaba di bidang jasa:

Clothes laudry

Ini adalah bisnis laundry yang memerlukan modal awal sekitar Rp 17 jutaan. Paket usaha laundry ini sudah ada sejak 2013 dan berkembang cukup baik di lingkungan rumah tangga.

Bamboo laundry

Kalau mau buka laundry dengan modal yang lebih kecil, silakan pilih Bamboo Laundry. Usaha ini bisa dibuka dengan modal Rp 13 jutaan. Bamboo Laundry termasuk dalam paket usaha terbaru sebab ada sejak tahun 2019.

Rafa rental world

Rafa rental world sejenis bisnis rumahan yang unik. Peluang usaha yang menjanjikan ini bergerak dalam bidang persewaan perlengkapan mainan anak dan balita dengan modal Rp10 juta. Paket usaha ini sudah ada sejak tahun 2009 dan terus berkembang sampai sekarang.

Itulah berbagai pilihan paket usaha murah yang bisa Anda pilih. Agar bisa sukses berbisnis dan memperoleh laba ratusan juta rupiah, teruslah semangat, telaten, dan rajin berdoa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here