Mau Investasi Emas? Pahami Dulu 5 Keuntungan dan Kerugiannya, Sebelum Menyesal.

by Ruli Setiawan

Konon salah satu investasi yang aman adalah investasi emas, selain investasi tanah dan benda perhiasan lainnya. Namun tentu kamu mesti memahami dahulu sebelum melakukan investasi. Jangan sampai sudah terlanjur mengambil keputusan dan sudah berjalannya investasi akan membuat kamu menyesal di tengah perjalanan.investasi emas

Nah, sebelum kamu melakukan investasi emas ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa investasi emas, apa keuntungan dan kekurangan investasi emas? Serta seperti apa sih investasi emas yang benar sehingga akan menghasilkan keuntungan yang berlimpah buat kamu. Yuk, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan investasi emas?

Investasi emas adalah kegiatan bisnis dengan menggunakan logam mulia atau emas. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa emas merupakan simbol kekayaan yang memiliki nilai yang sangat terlindungi. Secara tradisional investasi emas dilakukan dengan menjadikan emas sebagai perhiasan yang biasa dipakai atau cukup di simpan di lemari saja.

Investasi emas secara tradisional mengharuskan seorang investor untuk langsung beli emas secara fisik ke toko emas atau institusi yang menjual emas secara fisik. Nah, hari ini untuk melakukan investasi emas tidak lagi harus membeli secara fisik. Kita bisa menabung emas atau investasi emas secara online dengan cara menabung pada institusi yang menyediakan tabungan emas, salah satunya adalah pegadaian.

Alasan Investasi Emas.

Tentu sebelum kita investasi akan mencari pertimbangan-pertimbangan tertentu agar investasi yang kita lakukan memberikan keuntungan maksimal dikemudian hari. Salah satu alasan berinvestasi emas tentu keungtungan yang ditawarkan. Berikut, kerugian dan keuntungan investasi emas.

Apa Keuntungan Investasi Emas?

Bagi para perencana keuangan tentu akan sangat menyarankan Anda untuk berinvestasi emas. Sebab berinvestasi emas ini cukup banyak keuntungan yang akan dirasakan oleh seorang investor. Berikut beberapa keuntungan ketika kita investasi emas.

1. Investasi emas lebih aman dibandingkan dengan investasi yang lain, sebab harga emas tidak tergerus oleh inflasi. Tidak saja itu investasi logam mulia akan sangat melindungi privasi Anda, sebab hanya investor yang tahu berapa banyak emas yang sudah dibelinya.

2. Investasi logam mulia jauh lebih menguntungkan, karena sangat jarang harga emas turun. Bahkan sering kali harga logam mulia terus naik setiap tahunnya. Seperti kita tahu bahwa emas adalah kekayaan alam yang terbentuk secara alami dan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga persediaannya cukup terbatas.

3. Dinilai dari sisi manapun logam mulia emas ini sangat likuid, artinya sangat mudah untuk di rubah menjadi uang tunai atau cash. Jika sedang ada keperluaan mendadak yang membutuhkan uang secara cepat, bagi seorang investor emas tinggal membawa emasnya ke toko emas, maka dalam hitungan menit sudah uang anda sudah bisa cair.

4. Modal untuk berinvestasi emas sangat terjangkau. Sebab kita bisa membelinya sesuai dengan kemampuan keuangan yang kita miliki. Selain itu di investasi ini kita tidak dipengaruhi oleh faktor internal ataupun gejolak ekonomi yang sedang terjadi. Bahkan kepemilikannya penuh sehingga tidak mungkin diinvestasi orang lain.

Kerugian Investasi Emas

Sebenarnya tidak ada kerugian yang sangat signifikan ketika kita memutuskan untuk investasi menggunakan emas, namun kita juga tahu bahwa setiap investasi itu pasti ada resikonya. Termasuk ketika kita memutuskan untuk membeli emas, berikut beberapa kerugian jika kita investasi logam mulia, jika tidak memperhatikan beberapa hal.

1. Tidak Memeriksa Kemurnian Emas, ini bisa sering terjadi apabila kita berinvestasi emas dengan cara membeli perhiasan. Sangat mungkin apabila perhiasaan yang kita beli bercampur dengan bahan lain, sehingga emas tidak murni lagi. Jadi, jika investasi tujuannya ada baiknya Anda langsung belie mas batangan, karena sangat terjaga kemurniannya.

2. Tidak Memiliki Tempat Penyimpanan yang Memadai, emas merupakan logam mulia yang sangat mudah dibawah atau dipindahkan. Ini yang menjadikan emas memiliki resiko mudah hilang atau di curi orang lain. Sehingga jika memang Anda memutuskan untuk berinvestasi emas, sebaiknya sudah menyiapkan tempat yang aman atau bisa juga dengan menyewa tempat penyimpanan di institusi yang menyediakan seperti pegadaian atau bank.

3. Tidak Membandingkan Harga Emas, Jangan terburu-buru untuk membeli emas apalagi dalam bentuk perhiasan tanpa Anda melakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Jangan sampai ternyata penjual menaikkan harga emas terlalu tinggi dan Anda terlanjur untuk membelinya. Tentu ini akan sangat merugikan Anda, ketika akan menjualnya kembali. Maka, sangat penting untuk memantau pergerakan harga emas.

4. Tujuan Investasi yang Salah, jika Anda membeli emas dalam bentuk perhiasan agar terlihat menarik saat datang ke pesta tentu ini bukanlah tujuan investasi yang baik. Karena tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan di masa depan. Jadi jika kamu memutuskan berinvestasi emas sebaiknya, langsung belie emas batangan dan minimal mendiamkan selama 2 tahun agar bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih baik.

5. Tidak Memantau Harga Emas, naik turunnya harga emas menjadi peranan penting kapan saat yang tepat untuk membeli dan menjual emas. Oleh karena itu, sebagai investor Anda harus memastikan membeli emas saat harga rendah dan menjualnya saat harga telah meningkat.

Baca : 5 Hal Penting Yang Mesti DI Perhatikan Sebelum Mulai Investasi.

Tips Investasi Emas Bagi Pemula?

Sesuai dengan tujuan investasi, yakni mendapatkan keuntungan di masa depan. Maka kita mesti memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan berinvestasi emas. Berikut beberapa tips investasi emas bagi pemula.

1. Cek Harga Emas, pastikan Anda mendapatkan harga terbaik saat memutuskan untuk membeli emas.

2. Pilih Cara Investasi, jangan sampai salah pilih cara investasi emas karena jika salah memutuskan akan sangat merugikan Anda.

3. Pilih Cara Penyimpanan, pastikan Anda telah memiliki tempat penyimpanan yang aman agak tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Waktu Mencairkan Emas, jangan salah waktu saat hendak menjual atau mencairkan emas Anda. Carilah waktu yang tepat, seperti saat harga emas tinggi baru lakukan pencairan emas Anda.

Nah, setelah memahami apa itu investasi emas termasuk kerugian dan keuntungan serta tips cara berinvestasi emas bagi pemula diatas semoga dengan begitu anda bisa tepat dalam memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menyimpan emas Anda.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: